0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Webinar: Definisi, Pengobatan, Jenis, Dan Hal Yang Perlu Diketahui Lainnya

Di era pandemi seperti saat ini, kata “Webinar” niscaya akan sering kau dengar, khususnya di media sosial dan media online yang lain. Namun, bergotong-royong apa sih yang dimaksud dengan webinar?

Nah, untuk memperjelasnya, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas hal-hal perihal webinar yang mungkin perlu kamu pahami, mulai dari pengertian, jenis, faedah, sampai peluang bisnis yang mampu dijadikan selaku harapan menjanjikan. Penasaran? Yuk kita simak tolong-menolong.

Apa itu Webinar?

Webinar merupakan akronim dari web seminar, yaitu suatu seminar yang dijalankan lewat situs web serta berbasis internet.

Peserta yang mengikuti seminar ini pada nantinya tidak perlu datang dan bertatap wajah dengan sang penyelenggara, karena sepenuhnya dijalankan secara online.

Teknik yang dilaksanakan yaitu dengan pembicara yang membagikan materi seminar melalui media elektronik yang dipakai, selaku contoh adalah laptop yang diikuti dengan aplikasi pendukung.

Sementara itu, pesertanya juga diharuskan untuk menggunakan aplikasi yang serupa, sehingga bisa saling terintegrasi dan terkoneksi.

(Baca Juga: Lebih Baik Bimbel Online atau Offline?)

Sebagai contoh, sebuah webinar dilakukan melalui aplikasi zoom, maka seluruh penerima yang mengikuti pelatihan tersebut juga diharuskan memakai zoom agar bisa mengikuti seminar.

Dengan pandemi Covid-19 yang masih menghantui sebagian besar negara di dunia, tak terkecuali Indonesia, webinar ini menjadi banyak digandrungi oleh penduduk luas selaku salah satu aktivitas yang cukup produktif sembari menghabiskan waktu di rumah.

Manfaat Webinar

Di abad pandemi seperti dikala ini, pastinya mengikuti seminar online akan menawarkan sejumlah manfaat, khususnya bagi penerima yang mengikuti. Nah, beberapa manfaat dari mengikuti webinar itu sendiri adalah sebagaimana berikut ini:

  • Hemat Biaya

Mengikuti seminar online terperinci kau tak perlu mengeluarkan ongkos lebih untuk transportasi, sehingga hal tersebut menciptakan pengeluaran menjadi lebih hemat.

Ditambah lagi, rata-rata seminar online juga menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau alasannya sang penyelenggara tak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa daerah dan konsumsi.

  • Fleksibel

Waktu penyelenggaraan seminar online condong fleksibel, sebab tidak terpaku pada jam kerja maupun jam operasional gedung yang mereka sewa.

Selama kau memiliki koneksi internet yang stabil, maka mampu ditentukan kau mampu tetap mengikuti pelatihan dimanapun dan kapanpun.

  • Dapat Berinteraksi dengan Banyak Orang

Walaupun kau tidak berjumpa langsung dengan penerima lainnya, namun kamu tetap bisa berinteraksi dengan aktif dengan mereka melalui daring.

Bahkan, banyak pelatihan online yang tidak memberlakukan tatap paras antar peserta, namun mereka tetap mampu mengobrol dan berinteraksi lewat chat box yang disediakan.

  • Peluang untuk Belajar Langsung

Biasanya, banyak pelatihan online yang memberikan bahan ataupun video hasil webinar terhadap peserta lainnya, sehingga materi-materi tersebut bisa dibaca dan dipelajari kembali.

Nah, hal ini terperinci akan menciptakan topik pembelajaran yang gres dibahas bisa tetap berguna dalam jangka waktu usang bagi para penerima itu sendiri.

Jenis-jenis Webinar

Walaupun memiliki satu arti, adalah web seminar atau seminar online, namun nyatanya webinar memiliki banyak sekali jenisnya lho, ialah yaitu:

  • The Lead-Generation atau Sales Webinar

Webinar satu ini umumnya diselenggarakan oleh para pebisnis yang sedang mempromosikan produk yang tengah dijual.

Nah, tujuan dari jenis pelatihan online satu ini yakni untuk mengembangkan jumlah leads atau sekelompok orang yang kesengsem pada produk atau layanan bisnis yang tengah disediakan.

Ketika ingin mengikuti pelatihan ini, maka akseptor akan diminta untuk mendaftarkan diri dan email melalui situs web, yang mana sesudah itu, sang penyelenggara gres akan memperlihatkan kanal ke webinar atau modul yang sekiranya akan diperlukan dikala seminar berlangsung.

Disini, penyelenggara juga berkesempatan untuk menjual produk atau jasa yang dimiliki ke penerima yang mengikuti seminar, dengan timbal balik yang didapat yaitu berupa konten gratis, atau yang disebut sebagai quid pro quo.

  • The One-Off For-Profit Webinar

Jika ingin mengikuti seminar ini, maka umumnya penerima akan diminta pribadi membayar ketika melakukan registrasi.

Namun, keunggulan yang akan kau dapat juga tak tanggung-tanggung lho, mulai dari pembicara yang sudah professional, topik bermutu, serta ‘laba’ berupa ilmu yang cocok dengan duit yang kamu keluarkan.

  • The Multi-Module Webinar atau Webinar Series

jenis yang terakhir yaitu webinar series yang bisa dibilang ialah yang terbaik. Sebab, pelatihan online satu ini diselenggarakan lazimnya lebih dari satu episode, dengan klarifikasi topik secara komprehensif.

Cara Kerja Webinar

Jika kau datang ke sebuah pelatihan, maka umumnya kau diharuskan tiba ke lokasi yang sudah diputuskan di awal.

Namun, hal ini berlainan dengan webinar, yang mana kamu cuma diharuskan siap atau stand by pada waktu yang sudah ditetapkan.

Selain itu, kau juga tak perlu mengeluarkan biaya alasannya adalah mampu mengikuti pelatihan dimanapun dan kapanpun, selama mempunyai perangkat teknologi dan terusan internet yang stabil.

Biasanya, pihak penyelenggara webinar akan menawarkan susukan berupa link untuk setiap peserta yang mendaftar.

Sehingga, yang perlu dilakukan hanyalah dengan mengklik link tersebut dan tunggulah sampai sang penyelenggara mengawali seminar mereka.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Mengikuti Webinar

Terdapat 5 hal yang perlu kamu rencanakan untuk mengikuti webinar, yaitu yakni:

  • Memiliki Perangkat Teknologi (Laptop atau Komputer)

Sebenarnya, kau bisa memakai smartphone untuk mengikuti seminar online ini. Hanya saja, lebih dianjurkan memakai laptop atau komputer alasannya memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.

  • Browser yang Sudah Terinstall

Biasanya, mengikuti seminar online juga membutuhkan akses pada browser. Agar tidak mempunyai hambatan, diusulkan untuk memakai beberapa pilihan browser, mirip Chrome, Firefox, atau Safari.

  • Koneksi Internet

Koneksi internet ialah salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki dikala mengikuti webinar.

Sebab, seluruh proses pembelajaran akan dilakukan melalui online streaming. Sehingga, pastikan bahwa kamu mempunyai terusan internet dengan kecepatan dalam keadaan prima.

  • Speaker atau Headset

Agar pembicaraan topik selama pelatihan mampu terdengar dengan terang, maka kamu akan membutuhkan speaker atau headset.

Headset bisa kau gunakan saat sedang berada di luar rumah, sementara speaker mampu kamu gunakan saat sedang berada di rumah.

  • Email Aktif

Terakhir yaitu email yang aktif. Biasanya, saat melaksanakan registrasi untuk mengikuti webinar, kau akan diharuskan untuk menunjukkan email aktif.

Hal ini bertujuan semoga pihak penyelenggara bisa lebih gampang untuk mengirimkan link untuk seminar, modul atau topik pembahasan, serta sertifikat, bila ada.

(Baca Juga: Tempat Kuliah Online Murah)

Perlu dikenali bahwa, sebagian besar webinar biasanya bersifat berbayar, meskipun ongkos yang dibebankan jauh lebih terjangkau apabila ketimbang seminar offline.

Nah, semoga pembayaran menjadi lebih mudah dan mudah, gunakan saja kartu kredit. Ditambah lagi, saat ini pembayaran menggunakan kartu kredit telah bisa dilaksanakan sepenuhnya cuma dengan lewat ponsel lho, yang menjadikannya menjadi lebih ekonomis waktu dan tenaga.

Belum punya kartu kredit, secepatnya olok-olokan saja di CekAja.com. Karena, di CekAja.com terdapat fitur perbandingan yang membuat kau lebih gampang dalam menentukan kartu kredit yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan dan pola hidup.

Selain itu, proses pengajuan yang sepenuhnya dapat dilaksanakan melalui online juga tentunya membuat semuanya menjadi lebih praktis. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera olok-olokan kartu kreditmu hanya di CekAja.com.