0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Wajib Tahu! Penting Dia 7 Faedah Jomblo Dari Sisi Finansial

Bagi sebagian orang, menyandang status jomblo mungkin tampakmemalukan dan menyedihkan. Namun bergotong-royong, status jomblo mempunyai banyak faedah dari segi finansial, loh! Lantas, apa saja faedah jomblo dari sisi finansial tersebut? Pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak gotong royong!

Wajib Tahu! Ini Dia 7 Manfaat Jomblo dari Sisi Finansial

7 Manfaat Jomblo dari Sisi Finansial

Banyak dari kamu yang mungkin belum mengenali, bahwa status jomblo menunjukkan banyak faedah dari sisi finansial.

Mulai dari peluang menabung yang lebih besar, hingga terbebas dari risiko membludaknya tagihan kartu kredit.

Selain itu, masih banyak lagi faedah jomblo dari segi finansial yang bisa kau nikmati, yang di antaranya akan CekAja ulas selaku berikut.

1. Bisa Menyisihkan Uang untuk Menabung

Manfaat pertama yang mampu kamu nikmati di antaranya, ialah kamu bisa menyisakan lebih banyak uang untuk ditabung.

Pasalnya, kamu tidak harus menciptakan anggaran khusus untuk berbelanja beberapa keperluanmu dan pasangan.

Seperti contohnya, untuk membeli hadiah saat pasangan ulang tahun, wisuda, anniversary kekerabatan, liburan, makan nonton dan lain sebagainya.

Dengan begitu, gaji atau duit yang kau miliki akan utuh dan 70 persennya mampu kau gunakan untuk menabung.

Jika disimulasikan mungkin akan seperti ini, dalam satu kali pacaran kau akan menghabiskan uang sebesar Rp300 ribu. Apabila dalam satu bulan kau berjumpa empat kali, maka penghitungannya:

4 x Rp300 ribu = Rp1,2 juta

Dapat dibayangkan, total ongkos yang mesti kau keluarkan untuk pacaran dalam satu bulan sebesar Rp1,2 juta. Cukup besar bukan? Sebagai jomblo, kamu tidak harus mengeluarkan dana sebesar itu.

Terlebih, dana tersebut juga mampu kamu alihkan untuk ditabung atau dipakai dalam kondisi darurat.

2. Uang yang Dimiliki Bisa untuk Investasi

Manfaat jomblo dari sisi finansial yang kedua adalah kau bisa menggunakan uang yang kau miliki untuk berinvestasi. Karena dengan berinvestasi, kamu pun satu langkah lebih maju untuk mencapai kehidupan yang makmur.

Kamu mampu coba untuk berinvestasi di bidang saham, reksadana, maupun obligasi. Melalui investasi, duit yang kamu miliki pun berada di posisi aman bahkan memberikan keuntungan yang berlipat ganda, jika kamu serius, konsisten dan pintar dalam menganalisis pertumbuhan ekonomi.

3. Memiliki Lebih Banyak Waktu untuk Produktif

Manfaat jomblo dari segi finansial yang selanjutnya yaitu kau bisa mempunyai lebih banyak waktu untuk produktif. Hal tersebut dikarenakan, kamu tidak mempunyai waktu khusus atau acara untuk bertemu dengan pasangan.

Sehingga, kamu bisa mempergunakan waktu luang untuk melaksanakan pekerjaan sampingan dan lain sebagainya.

Sebab, dengan melakukan pekerjaan sampingan, kamu tidak hanya mendapat penghasilan suplemen, tetapi juga mengisi waktu luangmu dengan lebih produktif.

Tidak cuma itu, sebagai jomblo kau pun bisa lebih konsentrasi meniti karier tanpa mesti memberatkan pasangan.

Seperti yang diketahui, banyak orang menetapkan untuk pindah kerja, cuma alasannya adalah pasangannya tidak baiklah dengan pekerjaan yang sedang ditekuni saat ini.

(Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Menyenangkan untuk Jomblo)

4. Terbebas dari Risiko Berhutang

Ketika kamu memutuskan untuk menjalin korelasi dengan orang lain, tentukan kamu mempunyai kemampuan finansial yang mumpuni.

Jangan sampai saat telah menjalin kekerabatan, kau rela berhutang hanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan perihal pacaran.

Saat menjalin relasi, kamu pasti harus mengajak pasanganmu pergi untuk quality time, setidaknya satu kali dalam sepekan.

Entah untuk makan, nonton bioskop, atau sekedar jalan-jalan keliling kota hanya untuk menghabiskan waktu bareng .

Semua aktivitas tersebut tentu membutuhkan ongkos yang besar dan menyedot kantong bukan? Belum lagi bila pasanganmu hanya ingin pergi ke tempat-daerah yang bagus dan glamor, kau sudah niscaya sakit kepala memikirkan bagaimana cara menerima sejumlah duit untuk bisa menyanggupi harapan pasanganmu.

Salah satu cara yang mungkin terlintas di kepalamu yakni berhutang. Kamu bisa saja meminjam duit ke sahabat, saudara bahkan layanan penyedia bantuan online.

Apabila ke depannya kamu tidak mampu mengeluarkan uang hutang-hutang tersebut, tentu ini menjadi sebuah musibah.

5. Memiliki Kemampuan Mengatur Keuangan yang Baik

Manfaat jomblo dari segi finansial yang kelima ialah kamu telah niscaya mempunyai kemampuan mengatur keuangan yang baik. Bagaimana tidak, kamu bisa mengalokasikan duit yang kamu miliki untuk kebutuhan-keperluan di abad depan.

Namun, bila kamu memiliki pasangan, semua dana yang telah dialokasikan tersebut sebagian besarnya mungkin akan terkikis untuk berbelanja kebutuhan pasangan.

Seperti misalnya, memberi hadiah untuk anniversary, kado ulang tahun pasangan bahkan rewards untuk dirimu sendiri karena sudah bersusah payah.

Untuk itu, menyandang status jomblo sejatinya sungguh menggembirakan, tidak cuma dari segi finansial namun juga dari psikologis.

Hal tersebut dikarenakan, tidak ada yang melarang atau mengomel, kalau kau melaksanakan hal-hal yang tidak sesuai dengan cita-cita pasangan.

6. Bisa Tampil dan Kaprikornus Diri Sendiri

Nyatanya, selaku jomblo kamu pun memiliki keleluasaan berekspresi dalam bertingkah maupun berpenampilan. Kamu bisa tampil sesuai cita-cita dan pertanda jati dirimu yang sesungguhnya.

Hal semacam itu mungkin tidak akan kamu dapatkan jika mempunyai pasangan. Pasalnya, kamu secara tidak eksklusif dituntut untuk tampil tepat di depan pasangan. Kamu tidak mau mempermalukan pasangan dengan pakaian dan riasan yang gunakan.

Tidak hanya itu, kau pun memiliki rasa gengsi dan aib bila tampil apa adanya. Sehingga, kau mencari cara untuk mampu tampil menawan, dengan membeli makeup dan pakaian mahal, supaya mampu tampil percaya diri. Sangat menyibukkan bukan?

Untuk itu, selaku jomblo kamu sungguh mujur sebab tidak perlu terlalu memusingkan hal-hal semacam itu. Kamu bisa bebas berekspresi dan tampil apa adanya sesuai dengan jati diri.

7. Terbebas dari Tagihan Kartu Kredit yang Membludak

Manfaat jomblo dari segi finansial yang terakhir ialah kamu bisa terbebas dari risiko membludaknya tagihan kartu kredit.

Karena mirip yang dikenali, kartu kredit memberikan sederet laba dan kemudahan untuk para penggunanya.

Tetapi bila digunakan dengan tidak bijak, semua keuntungan dan kemudahan tersebut justru berujung bencana alam.

Terlebih kalau kau pacaran, kau mungkin akan memakai kartu kredit untuk hal-hal yang tidak terlampau penting.

Seperti misalnya, berbelanja barang-barang glamor untuk pasangan, traktir makan di kedai makanan mahal, dan lain sebagainya.

Namun, jika kamu jomblo hal itu tidak akan terjadi. Kamu justru mampu mempergunakan fasilitas yang diberikan kartu kredit untuk berbelanja keperluan rumah yang harganya cukup mahal, dengan memanfaatkan fasilitas cicilan 0 persen. Selain itu, kamu juga mampu menggunakannya untuk modal usaha. Lebih berguna bukan?

Tips Mengatur Keuangan untuk Jomblo supaya Cepat Mapan

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui beberapa manfaat jomblo dari segi finansial, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengenali tips mengatur keuangan untuk jomblo semoga cepat mapan. Adapun kiat-tips menertibkan keuangan tersebut di antaranya, adalah:

Berani Berinvestasi

Siapa di sini yang tidak tahu, bahwa dengan berinvestasi kau bisa menerima laba berkali-kali lebih besar dari menabung yang umum kau kerjakan.

Terlihat dari banyaknya jutawan di dunia yang kariernya sukses di usia muda, karena mempunyai investasi.

Maka dari itu, sebagai jomblo kamu mesti berani berinvestasi agar cepat mapan. Kamu bisa mulai mencobanya melalui saham, reksadana, obligasi korporasi, Surat Berharga Negara (SBN) dan lain sebagainya.

Namun, sebelum menetapkan untuk berinvestasi, ada baiknya bila kamu mempelajari terlebih dulu hal-hal yang berkaitan dengan investasi, keuangan negara dan dunia, perkembangan ekonomi dan lainnya.

Hal itu berkhasiat untuk melatih daya analisismu dalam berinvestasi. Selain itu, kau juga perlu mengenali terlebih dulu tujuan dari kau melakukan investasi, semoga bisa memilih jenis investasi yang tepat dan sesuai dengan tujuanmu.

Mengetahui Tujuan Keuangan

Tips selanjutnya adalah kau perlu mengenali apa mimpi dan tujuan kehidupanmu ke depannya. Karena, dengan tujuan tersebut kamu bisa fokus mengatur keuangan, supaya dapat mewujudkan semua mimpi. Selain itu, kau pun tidak akan gampang menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Hilangkan Kebiasaan Boros

Agar cepat mapan, kau juga harus menghilangkan kebiasaan menghambur-hamburkan duit atau boros.

Khususnya bagi kau, para jomblo yang tak jarang mempergunakan momen sendirinya untuk menikmati hidup dengan menghambur-hamburkan duit.

Terlebih begitu mendapatkan honor, biasanya mereka akan gampang tergiur untuk berbelanja ataupun menghabiskannya untuk bersenang-senang bareng kerabat, dengan alibi “mumpung masih jomblo”.

Meski hal tersebut tidak salah dan dihentikan, tetapi ada baiknya kamu memakai uang tersebut untuk kebutuhan lain yang lebih penting dan menghalangi frekuensi “senang-bahagia”.

Pisahkan Tabungan yang Dimiliki

Tips terakhir yang perlu kamu pahami dan lakukan adalah memisahkan tabungan yang kamu miliki atau membuat klasifikasi tabungan. Sebab, banyak dari jomblo mempunyai simpanan yang berantakan.

Para jomblo tak jarang cuma mempunyai satu rekening simpanan untuk semua keperluan. Mulai dari kebutuhan makan, ongkos, sampai kebutuhan darurat yang lain.

Maka dari itu, biar tabunganmu tidak berserakan dan pengaturan keuanganmu tanpa kendala, kau bisa membuka rekening tabungan gres khusus investasi.

(Baca Juga: Ketahui Sifat INTP pada Jomblo)

Karena dengan membuka tabungan , secara tidak langsung kau sudah satu langkah lebih maju dari orang-orang yang lain. Pasalnya, tabungan dapat membantumu merencanakan kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Terlebih untuk para jomblo, ketimbang uang yang kau miliki dibiarkan begitu saja, lebih baik dipakai untuk membuka tabungan lewat CekAja.com.

Karena di sana, terdapat berbagai jenis simpanan periode sekarang yang bisa kamu jadikan pilihan. Makara, tunggu terlebih? Yuk, segera buka simpanan lewat CekAja.com demi periode depan yang cerah!