0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Wajib! Stok Kuliner Bergizi Yang Mesti Ada Selama Corona

Penyebaran pandemi Covid-19 yang sangat masif di seluruh dunia memaksa kita menghadapi karantina berdikari. Baik mereka yang menunjukkan gejala atau telah terpapar Covid-19 wajib mengisolasi diri di rumah dan menghalangi interaksi mereka dengan orang lain.

Wajib! Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Corona

Namun, bagi mereka yang terbiasa melakukan pekerjaan di luar ruangan dan bertemu dengan orang berlainan setiap harinya, karantina ini niscaya sangat menyiksa. Demi menciptakan suasana isolasi yang lebih tenteram, sejumlah antisipasi mesti dilaksanakan termasuk memiliki persediaan panganan yang bermacam-macam.

Kita bisa mengolah sendiri masakan bergizi di rumah supaya tidak cepat jenuh dan menghindari beli makan diluar. Namun memilih jenis makanan bergizi yang sempurna untuk dijadikan stok dalam lemari es dan dapur itu tidak mudah. Sebab sebagian besar masakan yang kita konsumsi cepat membusuk dalam hitungan hari mirip sayuran dan buah. 

(Baca juga: bisnis-makanan-sehat-di-tengah-pandemi-virus-korona/”>Peluang Bisnis Makanan Sehat Di Tengah Penyebaran Pandemi Virus Korona)

Pilihan lain untuk mempertahankan stok atau persediaan kuliner bergizi selama era karantina yakni makanan kaleng, mulai dari ikan, sayur sampai buah. Seorang pakar nutrisi dan kesehatan dengan praktik swasta yang berbasis di New York City.

Samantha Cassetty, mengungkapkan jikalau masakan bergizi yang harus di stok selama kurun karantina ini idealnya yakni makanan nabati yang mengandung serat bareng dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa yang dapat menjaga kesehatan dan kekebalan badan .

Cassetty menganjurkan banyak sekali item yang tidak hanya yummy dan bergizi. Tetapi makanan yang memungkinkan Anda bertahan dalam waktu yang usang.

Seperti nasi, quinoa, buah-buahan dan sayuran kering atau kalengan, berbagai kacang-kacangan, dan sup kalengan yang rendah sodium. Dia juga menyampaikan bahwa tuna kaleng, salmon, dan sarden menolong menjaga asupan protein.

Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Masa Karantina

Dilansir dari NBC News setidaknya inilah daftar masakan bergizi yang harus di stok dirumah selama kala karantina:

1. Buah dan Sayur

Buah dan Sayur - Wajib Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Corona

Isilah freezer dan dapur Anda dengan buah-buahan dan sayuran. Ambil buah-buahan yang tidak diberi aksesori, dan sayur-sayuran yang tidak dibumbui atau mengandung sedikit natrium. Berikut yaitu beberapa buah dan sayuran untuk ditambahkan ke daftar belanja Anda.

  • Buah yang tahan lama:  pisang, apel, anggur, jeruk, dan clementine. Pisang mentah akan matang selama beberapa hari. Anda juga mampu mengiris dan membekukannya untuk dijadikan makanan ringan atau smoothie dengan perhiasan yoghurt atau susu. 
  • Buah beku: Biasanya di supermarket terdapat setidaknya buah beku mirip nanas, mangga, dan buah persik yang sempurna untuk menciptakan smoothie atau topping yogurt dan oatmeal. Selain serat, buah ini mengandung fitonutrien, yang memainkan tugas penting dalam kesehatan usus dan kekebalan badan.
  • Buah kering beku: Buah kering, beku, memasok vitamin dan mineral dan sangat cocok untuk dijadikan makanan ringan. Buah kering beku yang banyak didapatkan antara lain blueberry kering.
  • Buah kering: Kismis dan manisan mangga, kurma, ara, aprikot, prem, pilihlah salah satunya. 
  • Buah kalengan tanpa pelengkap gula yaitu pilihan yang baik  apel, nanas, pir dan buah persik lazimnya mudah ditemui dalam versi kalengan.
  • Sayuran tahan usang: Sayuran yang mampu bertahan usang lazimnya punya aksara keras diantaranya brokoli, kubis, paprika, dan kembang kol, yang bila tidak dicuci dan diiris, tetap segar selama beberapa hari. Wortel (di dalam lemari es) dan kentang (di atas meja) bertahan lebih lama.
  • Sayuran beku: Ada bayam beku, brokoli, kembang kol, kembang kol, butternut squash, dan kacang hijau. 
  • Sayuran kering: Untuk kombinasi cobalah sayuran kering, seperti bit, wortel, dan kangkung. Ini cara lain untuk mendapatkan nutrisi yang cukup.
  • Sayuran kalengan: Ahli gizi menyimpan masakan kaleng ini untuk makan sehari-hari. Labu kalengan, tomat kaleng, dan zaitun kalengan yaitu beberapa opsi terbaik.

2. Protein

Protein - Wajib Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Corona

Anda ingin memutuskan mendapatkan protein yang cukup sehari penuh untuk mendukung sistem kekebalan badan? Selain ayam, udang dan ikan, berikut adalah beberapa sumber protein yang bisa jadi pilihan 

  • Kacang kacangan: Cari varietas tanpa garam, namun kalau Anda tidak mampu menemukannya, bilas kacang Anda dengan air mengalir. Ini menetralisir sebagian natrium. Persediaan buncis, lentil, kacang hitam dan lainnya, dan jangan mengabaikan masakan kaleng berbasis kacang lainnya, seperti sup kacang polong.

Makanan bergizi ini menyuplai protein dan serat, bersama dengan mineral pendukung kesehatan, seperti magnesium dan kalium. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang secara konsisten makan makanan ini cenderung hidup lebih usang dari mereka yang tidak.

  • Ikan kaleng: Ikan tuna, salmon, dan sarden yaitu pilihan terbaik. Dua takaran makanan laut setiap minggu dan ikan kaleng adalah cara gampang untuk memenuhi keperluan protein tubuh. 
  • Biji: Biji, seperti biji labu, biji rami dan biji chia, menyediakan protein dan juga serat. Tambahkan biji bijian ini ke sereal sarapan Anda (panas atau dingin) atau menggunakannya untuk salad, sayuran tumis atau roti panggang alpukat.
  • Kacang-kacangan: Ambil bermacam-macam kacang, mirip pistachio, pecan, kenari, kacang tanah, dan kacang almond. Anda mampu menggunakannya untuk mengembangkan nutrisi.
  • Kacang kering dan dipanggang: Bersama dengan protein nabati, kuliner ini memasok serat, vitamin, dan mineral. Cari buncis panggang kering, kacang polong, dan edamame. Pastikan tidak memperbesar aksesori bikinan dan natrium berlebih.
  • Keju: Beberapa keju keras, seperti Cheddar, dapat bertahan lebih dari dua ahad selama Anda memastikan untuk menyimpannya dengan benar. Keju parut bisa bertahan lebih usang ketika beku. 
  • Telur: Simpan telur di kartonnya di rak kulkas (bukan di pintu), dengan penempatan yang sempurna telur mampu bertahan selama sekitar tiga minggu. Telur rebus akan tetap bagus di kulitnya selama sepekan. 
  • Susu: Secangkir susu mengandung 8 gram protein – lebih dari sebutir telur. Pilih susu tanpa pelengkap rasa, atau jikalau alergi susu sapi gantilah dengan susu kedelai.

3. Karbohidrat

Karbohidrat - Wajib Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Corona

Karbohidrat yaitu salah satu hidangan harian yang penting kita konsumsi. Selain nasi dan ubi, berikut ialah opsi karbohidrat yang mampu Anda masukkan dalam list stock:

  • Grain: Berbelanja untuk biji-bijian utuh, mirip gandum yang dipotong baja, quinoa, dan beras merah. Grain juga terbilang sungguh tahan usang selama dibungkus dengan benar
  • Pasta: Pasta juga mampu menjadi alternatif dikala Anda jenuh dengan nasi putih maupun beras merah. Olah pasta dengan pemanis keju, herbal dan sayuran untuk membangkitkan selera. 
  • Tepung: Siapkan berbagai macam tepung, mirip tepung buncis, tepung almond dan tepung gandum utuh.  Tepung ini memperlihatkan lebih banyak nutrisi ketimbang tepung putih olahan.
  • Roti: Tidak akan tetap segar di meja, tetapi roti yang diiris dan dibekukan akan bertahan selama berbulan-bulan. Pastikan untuk membeli 100% varietas gandum utuh atau bebas gluten kalau dibutuhkan.
  • Sereal: Gandum utuh, gula komplemen rendah dan sereal kaya akan nutrisi. Tambahkan buah, kacang-kacangan atau biji-bijian, dan hidangkan serela dengan segelas susu.
  • Popcorn: Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa biji-bijian ini sarat dengan antioksidan dan serat. Namun sebab popcorn yaitu pengganti karbohidrat, hindari mengkonsumsi masakan berat sesudah ngemil popcorn ya, sebab mampu mengoptimalkan gula darah Anda.

4. Bumbu Beraroma

Bumbu Beraroma - Wajib Stok Makanan Bergizi yang Harus Ada Selama Corona

Pastikan untuk berbelanja beberapa aromatik seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabe untuk menolong menambah rasa – semua akan bertahan usang di lemari es Anda atau di kawasan yang dingin di rumah Anda.

Persiapan sederhana apa pun akan jauh lebih baik dengan penambahan satu atau lebih dari penambahan rasa yang intens ini. Bawang dan bawang putih dapat disimpan di kawasan yang sejuk, kering, dan gelap dengan ventilasi yang bagus. Jangan menyimpannya di kantong plastik alasannya kelembaban akan mengakibatkan bawang cepat membusuk.

Itulah beberapa masakan bergizi yang mesti Anda jadikan stok ketika abad karantina berdikari. Selain masakan dan minuman, hal lain yang harus tersedia secara lengkap yaitu obat-obatan.

Pastikan pemanis masakan cukup sampai dua minggu kedepan. Jika Anda mempunyai anak, persediaan barang-barang penting mirip popok, susu formula, dan persediaan yang lain.

Seperti beberapa produk kaleng dan botolan seperti susu dan cairan elektrolit ini harus ada dirumah. Dan siapkan obat flu dan batuk untuk mengurangi frekuensi berkunjung ke akomodasi kesehatan.

Selama kala karantina mungkin rasa jenuh akan menerpa, siasati dengan melakukan kegiatan mengasyikkan mirip berolahraga bersama keluarga. Cobalah dan pastikan Anda bergerak sebanyak yang Anda mampu, berjalan-jalan, meregangkan badan atau melakukan yoga, menari di sekeliling ruangan, atau menjajal aplikasi atau video latihan online mampu membantu meminimalisir stres dan membuat Anda tetap sehat.

Pastikan Persediaan Pembersih Rumah Aman

Selain masakan bergizi dan obat-obatan jangan lupa untuk memastikan persediaan pembersih rumah kondusif. Sebab cuma dengan desinfektan dengan kadar alkohol diatas 60% virus Covid-19 mampu mati.

Setelah mempersiapkan stok cairan pembersih rumah, hal yang tak kalah penting ialah menyediakan peralatan mandi dasar tergolong pasta gigi, pencuci muka, pelembab, sampo, kondisioner, pisau cukur, krim cukur, dan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol. 

Deterjen cuci komplemen dan sabun tangan juga penting untuk dimiliki di rumah. Mengenai desinfektan rumah tangga, CDC mengusulkan untuk menggunakan larutan pemutih rumah tangga encer, larutan alkohol dengan setidaknya 70% alkohol, dan desinfektan rumah tangga terdaftar EPA yang paling biasa .

Desinfektan Buatan Sendiri

Namun penggunaan desinfektan buatan sendiri ini mesti dengan variasi yang tepat dan ventilasi yang bagus. Pastikan juga produk tidak melewati tanggal kadaluarsa.

Jangan pernah mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluarsa akan efektif melawan virus corona kalau diencerkan dengan benar.

Rajin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar dapat meminimalkan resiko paparan virus Corona. Selain mempertahankan kesehatan dengan mengganti pola makan dan pola hidup, Anda juga mesti mulai mengurangi konsumsi gula mirip gula putih atau pasir.

Gula komplemen menunjukkan efek buruk bagi tubuh karena dapat mengembangkan kadar glukosa dalam darah yang mampu menurunkan metode imun.

Selain itu rencanakan juga bentuk perlindungan diri lain berupa asuransi kesehatan. Keberadaan asuransi dapat merenggangkan beban ongkos dikala Anda ingin mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Pilih asuransi kesehatan yang mengcover beberapa ganjalan terkait pandemi Covid-19 ini, atau yang mencakup penyakit kritis mirip masalah jantung dan paru. Tidak perlu beli premi yang mahal, terpenting mampu melindungi Anda dan keluarga dengan optimal. Pilih asuransi secara bijak supaya dapat mengambil faedah, mirip di Cekaja.com, selain beragam pilihan asurnsinya, keamanannya pun terjamin sebab sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).