0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Usulan 5 Channel Youtube Buat Berguru Masak Dengan Mudah

Sejak diterapkannya proposal melakukan pekerjaan dari rumah, tentu banyak dari kau yang mempunyai waktu lebih banyak untuk memasak kuliner di rumah. Apalagi di tengah bulan bulan pahala mirip sekarang ini, menyiapkan hidangan berbuka puasa tentu semakin mengasyikkan bila dilakukan bersama anggota keluarga.

tips masak hemat saat psbb

Bagi yang gemar memasak, tentu tidak akan kekurangan ide dan kreativitas untuk mengutak-atik hidangan kuliner dan minuman yang akan dibentuk setiap hari. Tapi buat yang jam terbang di dapurnya masih rendah, hal tersebut bisa bikin pusing. Pasti sering timbul pertanyaan, hari ini buka puasa pakai apa ya?

Ujung-ujungnya, karena tidak mampu membuat sendiri sajian yang diinginkan untuk berbuka puasa, kamu harus merogoh dompet lagi untuk berbelanja masakan dan minuman dari luar. Otomatis, pengeluaran kau di bulan bulan ampunan jadi membengkak.

Nah, untuk mempermudah kau mendapatkan pandangan baru memasak, tidak ada salahnya mantengin 5 channel YouTube bimbingan mengolah makanan khas Indonesia berikut ini.

Tenang saja, CekAja telah memilihkan channel YouTube yang pemiliknya mengolah makanan dengan materi baku dan alat masak sederhana kok. Bahan-bahan yang memang saban hari bisa kita beli di tukang sayur langganan kita, bukan yang menggunakan bahan-materi masakan ala restoran mewah. Kita simak yuk daftarnya:

1. Abu Tosca – teknik videonya bikin betah nonton hingga akhir

Abu Tosca - Rekomendasi 5 Channel YouTube Buat Belajar Masak dengan Mudah

Channel bimbingan mengolah masakan terbilang gres di YouTube, tepatnya baru bergabung semenjak 13 Agustus 2019 lalu. Andhranouf, pemilik channel Abu Tosca mengklaim channel panduan memasaknya sangat sesuai bagi siapapun yang mau belajar mengolah masakan.

Walaupun Andhranouf mengaku dirinya bukanlah seorang koki, tetapi channel Abu Tosca sendiri cukup produktif dalam menciptakan konten. Tercatat telah ada 55 video kuliner yang mampu kau tonton di channel Abu Tosca, dan sudah ditonton sebanyak 26,83 juta kali.

Beberapa video kuliner channel Abu Tosca yang paling banyak ditonton antara lain:

  • Resep Olahan Tahu dan Telur – Cocok Banget Buat Anak Kost (ditonton 8,6 juta kali);
  • Ternyata Enak BGT!!! Resep Nasi Dicampur Telur Viral di Korea (ditonton 5,8 juta kali);
  • Enaknya Gak Wajar – Resep Indomie Campur Kuah Susu (ditonton 1 juta kali);
  • Olahan Telur, Kol dan Wortel yang Lezat – Resep Masakan Cina Fuyunghai (ditonton 773.243 kali);
  • Membuat Telur Gulung ala Korea – Ternyata Semudah Ini (ditonton 680.124 kali), dan
  • Resep Masakan Telur Paling Enak – Buka Puasa jadi Menyenangkan (ditonton 624.537 kali).

Selain karena hidangan yang dibuatnya sungguh gampang untuk kau pola di rumah, Andhranouf tampaknya sungguh mengerti teknik pengambilan gambar dan editing video. Sehingga mampu menonjolkan estetika dalam mengolah masakan, yang membuat penonton betah untuk melihat video sampai akhir.

Tidak heran jumlah subscribers-nya pun terbilang cukup banyak untuk channel panduan mengolah masakan yang belum genap berumur 1 tahun, yakni 307 ribu subscribers.

2. Cooking With Hel – jagonya bikin kudapan dan minuman ngehits

Cooking With Hel - Rekomendasi 5 Channel YouTube Buat Belajar Masak dengan Mudah

Sesuai nama channel YouTube-nya, Cooking With Hel diatur oleh seorang ibu rumah tangga yang akrab dipanggil Hel. Meski telah membuka akun ini semenjak 16 Desember 2011 lalu, Hel gres aktif membagikan video panduan memasaknya dalam tiga bulan terakhir.

Sebanyak 42 video masakan Hel di rumah, sudah ditonton sebanyak 19,75 juta kali dan berhasil menggaet 178 ribu subscribers.

(Baca juga: 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa)

Berbeda dengan Abu Tosca, channel Cooking With Hel banyak memberikan ide mengolah masakan kue-kue dan minuman ringan yang mudah dibuat.

Beberapa video buatannya yang terlihat menggiurkan antara lain:

  • Dessert lezat tanpa oven mudah buatnya. Cheesecake oreo lumer (ditonton 1,44 juta kali);
  • Susu goreng keju, cemilan yummy cheesy banget (ditonton 3,88 juta kali);
  • Milo lava cake, dessert enak gampang buatnya (ditonton 3,7 juta kali);
  • 2 materi saja, camilan coklat ini enakkkk banget. Condensed milk chocolate truffle (ditonton 1,06 juta kali);
  • Telur gabus keju, camilan lezat mudah buatnya. Ide kudapan manis idul fitri tanpa oven (ditonton 752.210 kali);
  • Es krim oreo 3 materi saja, dibentuk ala es krim singapur (ditonton 575.822 kali); serta
  • Ngafe dirumahaja, dalgona coffee booming dan eksperimen dengan matcha dan milo (ditonton 3,2 juta kali).

3. Sahabat Ragam – berguru masak kaya rempah Nusantara

Sahabat Ragam - Rekomendasi 5 Channel YouTube Buat Belajar Masak dengan Mudah

Channel YouTube ini dikelola oleh Yudi Akbari yang memulai channel Sahabat Ragam semenjak 20 April 2017 dan sudah mengunggah lebih dari 100 video yang ditonton sebanyak 11,14 juta kali.

Bukan cuma video bimbingan memasak, Yudi juga menyelipkan video budpekerti istiadat dan tradisi khas Jambi di channel YouTube-nya sehingga mampu mempesona 101 ribu subscribers.

Beberapa video bimbingan mengolah makanan dari Sahabat Ragam yang mampu kau coba di rumah, antara lain:

  • Rahasia Nasi Uduk Super Enak (ditonton 823.704 kali);
  • Ayam Goreng Asam Manis Pedas Mentega, Nikmat Sedapnya Pedas Gila (ditonton 453.740 kali);
  • Tumis Tahu Daun Kemangi, Sedap Gurihnya Enak Banget (ditonton 386.100 kali);
  • Oseng Terong Ikan Asin, Edan Nikmat Bener Makan Nafsu Banget (ditonton 326.157 kali); serta
  • Rahasia Sambal Pecel Lele Enak Gila (ditonton 317.476 kali).

4. Resep Dapur Mantul – cocok buat emak-emak, berguru masak 3 menu sekaligus dalam 1 video

Resep Dapur Mantul - Rekomendasi 5 Channel YouTube Buat Belajar Masak dengan Mudah

Sebanyak 156 ribu orang telah memencet tombol subscribe dari channel YouTube Resep Dapur Mantul. Channel YouTube yang diatur oleh seorang ibu rumah tangga sejak 10 Februari 2019 ini cocok banget buat kamu yang akan mencar ilmu mengolah masakan, yang sedang gundah mau masak apa, hingga yang sedang mencari pandangan baru masakan-masakan rumahan yang sederhana.

“Video masak di channel ini dibuat dengan perlengkapan seadanya, saya memakai kamera smartphone saya untuk merekam video-video masak di channel ini,” ujar sang ibu pemilik channel tersebut, tanpa menyebutkan namanya.

Meskipun cuma berbekal kamera ponsel, tetapi sang ibu tersebut sangat produktif menciptakan konten loh. Tercatat ada 102 video tutorial mengolah makanan yang sudah ditonton 16,79 juta kali oleh pengguna YouTube.

(Baca juga: Resep Masakan Berbahan Dasar Salmon yang Mudah Dibuat dan Enak)

Bahkan uniknya lagi, seringkali dalam satu video Resep Dapur Mantul mengajarkan cara memasak 3 sajian sekaligus. Oiya, semua bahan-materi

Beberapa video kuliner dari Resep Dapur Mantul yang paling banyak ditonton, antara lain:

  • Bosen Makan Ayam Goreng? Yuk Cobain Resep Olahan Ayam Super Nikmat Ini! (ditonton 3,2 juta kali);
  • Masak hemat 3 hidangan (part 7): sayur sawi bakso, telur dadar sosis wortel, tahu isi pedas (ditonton 1,21 juta kali);
  • Gak Ada Bosennya! 3 Menu Masakan Sederhana Sehari-hari (Masak Hemat 3 menu #26): Tumis keciwis, bakwan mie instan, ikan kapasan kriuk pedas (ditonton 812.126 kali);
  • Masak hemat 3 hidangan (Part 4) – Resep masakan rumahan murah meriah: semur ati ampela, martabak tahu, tumis kacang panjang tempe (ditonton 802.465 kali);
  • Masak ekonomis 3 sajian (Part 13) – Menu masakan rumahan murah meriah: sop oyong bakso sosis, teri kacang bumbu balado dan tempe mendoan (ditonton 697.162 kali).

5. Cocopaw Cooking – masakan rumahan, minuman, camilan, cake, semua ada!

Cocopaw Cooking - Rekomendasi 5 Channel YouTube Buat Belajar Masak dengan Mudah

Channel YouTube minim isu pemiliknya ini pertama kali bergabung di YouTube pada 14 Mei 2017, namun baru mulai memproduksi video panduan memasak tahun lalu.

Selama 1 tahun tersebut, setidaknya ada 70 hidangan kuliner rumahan, minuman, kudapan, sampai cake yang dibuatkan videonya oleh Cocopaw Cooking. Seluruh video tersebut telah ditonton sebanyak 5,43 juta kali, dengan penonton setia 74.100 subscribers.

Kalau dilihat dari hidangan serta teknik pengambilan gambar video mengolah masakan yang dibuatnya, Cocopaw Cooking merupakan variasi ciamik dari channel Abu Tosca serta Cooking With Hel.

Tidak hanya banyak membuat sajian makanan dan minuman kontemporer, Cocopaw Cooking juga berani diadu kemampuannya dalam meracik kuliner tradisional.

Beberapa video mengolah masakan Cocopaw Cooking yang laku ditonton dan mampu kamu coba di rumah, ialah:

  • Bikin Puding Cheesecake dari Roti Tawar Dijamin Enak Banget (ditonton 1,33 juta kali);
  • Makan Super Simple dan Hemat – Sup Telur Tomat (ditonton 999.549 kali);
  • Resep Indomie Goreng Nyemek Dijamin Bikin Nagih (ditonton 441.476 kali);
  • Resep Tongseng Sapi Super Simpel – Tanpa Santan (ditonton 2.974 kali).

Itu tadi 5 channel di YouTube yang bersungguh-sungguh memproduksi video tutorial mengolah masakan yang bisa kamu teladan di rumah. Semoga kamu makin hebat mengolah masakan ya, alasannya adalah bukan mustahil sebuah dikala nanti kau mampu memulai channel YouTube masak mengolah makanan sendiri dan memberi gagasan orang lain.

Untuk modal permulaan berbelanja kamera DSLR, tripod, hingga perlengkapan memasaknya manfaatkan saja layanan tunjangan online dari UangTeman yang bisa kamu usikan secara mudah lewat CekAja.com.

Tenang saja, UangTeman sungguh terpercaya dan mampu diandalkan kok. Meminjam duit dari UangTeman dijamin aman alasannya adalah telah terdaftar sebagai peer to peer lending resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).