0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Urutan Tanda-Tanda Biasa Pada Pasien Covid-19, Beserta Tipe Gelajanya!

Bertanya-tanya, apakah badan kau terinfeksi Covid-19 atau tidak? Begini urutan gejala lazim pada pasien Covid-19, yang wajib dikenali!

Pasalnya, selama kurang lebih enam bulan, Covid-19 telah melanda Indonesia, bahkan telah menelan korban meninggal dunia, yang cukup tinggi.

Sehingga, wajar jika kau merasa mengajukan pertanyaan-tanya, apakah di dalam bulat negara dengan masalah Covid-19 cukup tinggi, kamu pernah terjangkit virus ini.

Banyak Pasien Covid-19 Tanpa Gejala (OTG)

Terlebih, pasien dengan tanpa tanda-tanda juga banyak dialami di Indonesia. Sehingga, badan mereka tidak merasakan gejala, seperti yang disebut dalam urutan tanda-tanda lazim pada pasien Covid-19.

Namun, secara umum dikuasai pasien OTG dialami oleh remaja atau anak muda, yang memang mempunyai kekebalan badan lebih baik, dan belum memiliki riwayat penyakit kronis yang lain.

Gejala Covid-19 Bisa Dialami Tergantung Kondisi Tubuh Pasien

Seperti yang dikenali, penyakit mematikan ini mampu menimbulkan banyak sekali gejala. Sehingga, urutan gejala umum pada pasien Covid-19, wajib dikenali selaku acuan.

(Baca Juga: 8 Olahraga yang Aman ketika Pandemi)

Namun, kembali lagi, semua tanda-tanda yang timbul lazimnya berbeda-beda setiap orang. alasannya adalah tidak semua akan mengalaminya, tergantung dari berbagai aspek juga.

Dilansir dari health.detik.com, sebuah penelitian dari University of Southern California (USC), berupaya menciptakan model urutan tanda-tanda yang mungkin muncul pada pasien Covid-19.

Penelitian ini pun dijalankan, dengan membandingkan data pasien Covid-19 dan data pasien yang terinfeksi penyakit lain, seperti SARS, MERS, serta influenza.

Informasi Tentang Gejala Sangat Berguna, Agar Pasien Cepat Mengenali Gejala Corona

Bukan tanpa alasan sebuah observasi tersebut dibuat, alasannya adalah observasi yang dibentuk oleh Peter Kuhn diperlukan mampu membantu pasien dan tenaga medis, untuk mampu lebih singkat mengenali tanda-tanda Corona.

Dilansir Medical News, dari health.detik.com, mengenali urutan tanda-tanda adalah hal penting, utamanya saat memiliki banyak penyakit yang bisa saling tumpang tindih, contohnya wabah flu yang dibarengi dengan Covid-19.

Sehingga, di sini dokter dan perawat mampu menentukan langkah tepat, untuk pasien, supaya kondisinya mampu menjadi lebih baik.

Lantas, apa saja urutan tanda-tanda lazim pada pasien Covid-19? Yuk, buat kau yang merasa bertanya-tanya wacana hal ini, berikut hasil studi urutan gejala lazim Covid-19, yang mungkin mampu terjadi dari jurnal medis Frontier Public Health.

Urutan Gejala Umum pada Pasien Covid-19

1. Demam

Urutan gejala lazim pada pasien Covid-19, yang paling biasa terjadi yakni demam atau panas.

Biasanya, suhu tubuh pasien Covid-19 bisa meraih 37,5 derajat celcius ke atas. Sehingga, kalau kau demam, segeralah minum obat, jangan berkegiatan, dan isolasikan diri sampai panas mereda.

2. Batuk

Seperti yang dikenali, bahwa virus ini menyerang selaput lendir, yang ada di jalan masuk pernapasan. Sehingga, batuk mampu menjadi urutan tanda-tanda biasa pada pasien Covid-19 berikutnya.

3. Sakit Tenggorokan, Sakit Kepala, dan Nyeri Otot

Tidak hanya batuk, virus yang menjangkit kanal pernapasan, juga mampu mengakibatkan sakit tenggorokan, dengan rasa kering dan panas.

Bahkan, saking sakitnya di bagian tenggorokan sebab peradangan, kepala dan otot juga jadi ikut sakit.

4. Mual dan Muntah

Berbeda dengan tanda-tanda Covid-19 di negara lain, di Indonesia tanda-tanda yang dialami pada pasien Covid-19 tidak biasa, adalah mual dan muntah.

Dilansir dari health.grid.id, sebuah observasi menyampaikan bahwa gejala ini disebut gastrointestinal, yang ialah peradangan dinding jalan masuk pencernaan, terutama pada lambung dan usus.

Sehingga, mampu mengakibatkan gejala mual dan muntah. Dalam penduduk awan, kondisi ini juga lazimdisebut “muntaber”.

5. Diare

Tidak cuma mual muntah, gangguan pencernaan mirip diare juga melanda para pasien Covid-19 di Indonesia.

Bahkan, tanda-tanda nyeri perut dan diare terjadi pada 7,5 persen pasien Covid-19 di Indonesia, menurut laporan BNPB.

6. Kehilangan Indera Penciuman dan Hilang Indera Perasa

Hampir sama mirip sedang flu, yang merepotkan untuk mencium aroma, begitu pula dengan tanda-tanda pada pasien Covid-19.

Namun, ternyata ada perbedaan di antara kehilangan indera penciuman pada pasien Covid-19 dengan pasien pengidap flu.

Dilansir BBC, inovasi ini didapatkan bahwa pada pasien Covid-19, kehilangan indera penciuman ini, condong datang-tiba dan parah.

Selain itu, hidung mereka juga tidak sedang tersumbat atau berair, sehingga pasien masih bisa bernapas lega. Berbeda dengan pasien flu, yang sulit bernapas sehingga sulit juga untuk mencium sesuatu.

Nah, sebab tidak semua pasien Covid-19 memiliki urutan tanda-tanda biasa yang sama, mungkin dengan mengetahui tipe-tipe Covid-19 berikut ini, juga bisa bantu kau semoga kondisinya tidak makin parah.

Dilansir dari enervon.co.id, berikut hasil penelitian dari para ilmuwan di King’s College London, yang mengungkapkan bahwa ada enam tipe Covid-19, yang bekerjasama dengan gejala, serta tingkat keparahannya.

6 Tipe Gejala Covid-19

  • Tipe Seperti Flu Tanpa Demam

Untuk gejala Covid-19 tipe ini, pasien akan mencicipi tanda-tanda mirip sakit kepala, penciuman berkurang, batuk, sakit tenggorokan, suara serak, dan nafsu makan menyusut.

  • Tipe Seperti Flu Disertai Demam

Dalam tipe ini pasien akan merasakan gejala mirip pusing, penciuman berkurang, nafsu makan menyusut, sakit tenggorokan, suara serak dan demam.

  • Tipe Gastrointestinal

Mayoritas terjadi di Indonesia, di tipe ini pasien akan mencicipi gejala mirip pusing, penciuman berkurang, nafsu makan menurun, diare, sakit tenggorokan, nyeri dada tanpa batuk.

  • Tipe Parah Tingkat Satu, Fatigue

Di tipe ini pasien mungkin akan mengalami tanda-tanda seperti pusing, penciuman menyusut, batuk, demam, bunyi serak, nyeri pada dada, mengalami fatigue, merasa lelah.

  • Tipe Parah Tingkat Dua, Merasa Kebingungan

Di tipe para tingkat dua ini, pasien mengalami mirip pusing, penciuman berkurang, nafsu makan menurun, batuk, demam, bunyi serak, sakit tenggorokan, nyeri pada dada, merasa letih dan kebingungan, serta nyeri otot.

  • Tipe parah tingkat tiga, perut dan pernapasan

Yang terakhirnya, yakni di tipe tingkat tiga, pasien akan mengalami tanda-tanda mirip sakit kepala, penciuman menyusut, nafsu makan menurun, batuk, demam, bunyi serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, merasa lelah, kebingungan, nyeri otot, sesak nafas, diare, dan nyeri lambung.

(Baca Juga: Corona Tanpa Gejala, Bagaimana Cara Deteksinya?)

Nah, itu ia beberapa isu terkait urutan gejala biasa pada pasien Covid-19, yang wajib diketahui.

Jangan lupa selalu jaga kesehatan, jaga kebersihan, rajin basuh tangan, pakai masker, dan miliki asuransi kesehatan, untuk melindungi kamu serta keluarga, dari Covid-19 dan penyakit lainnya, serta risiko kerugian finansial.

Terlebih, di kurun pandemi mirip ini, badan bugar tanpa tanda-tanda, tak menjamin kau bisa kebal kepada Covid-19.

Maka dari itu, sebelum telat, secepatnya miliki asuransi kesehatan terbaik, untuk diri sendiri dan juga keluarga.

Butuh Asuransi Kesehatan yang Tepat? Ajukan Saja di CekAja.com!

Mau punya asuransi kesehatan terbaik, yang mampu diadaptasi dengan kebutuhan dan juga kondisi finansial kamu? Ajukan saja di CekAja.com!

CekAja.com, juga menawarkan banyak produk asuransi kesehatan, dari banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan terkemuka Indonesia, seperti Cigna, PFI Mega Life, dan Ciputra Life.

Yuk, olok-olokan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, sekarang juga, cuma di CekAja.com!