0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Trik Menuntaskan Suasana Awkward Tanpa Menyinggung Lawan Bicara

Sebagai makhluk sosial pasti kita sering berinteraksi dengan orang lain. Nah, interaksi itu tidak senantiasa berlangsung mulus, tanpa gangguan, dan menggembirakan.

cara menghibur istri marah

Kadang kala ada juga suasana kaku, canggung, alias “awkward” yang membuat kita jadi bingung mesti berbuat apa. Kalau mau langsung pergi begitu saja, takutnya malah musuh bicara atau orang di sekitar kita jadi tersinggung.

Para psikolog sudah membagikan beberapa trik berguna nih untuk menanggulangi atau mengakhiri situasi awkward. Bisa dibilang ini yaitu “hack” dalam menanggulangi sikap alamiah manusia.

Hack ini berbentukgerakan yang sempurna dan pintar yang tidak akan menghemat kesan baik dari diri kamu. Justru hack ini akan menyelamatkan kamu dan bahkan orang-orang di sekitarmu dari suasana yang kurang menggembirakan.

1. Ketika orang lain terlalu banyak bicara

Sangat masuk akal dikala kau merasa kesal dan sejujurnya males ketika mesti berhadapan dengan orang yang terlalu banyak bicara. Dia terus-jalan masuk bicara tanpa henti dan bahkan tanpa memberi kesempatan kepada orang lain untuk bicara atau memberik pendapat.

Dalam suasana seperti itu, kau pasti gundah mesti berbuat apa. Di satu sisi kamu sudah kesal dan ingin secepatnya pergi, di segi lain kamu tidak bisa eksklusif pergi begitu saja atau meminta dia untuk diam.

Jika kamu secara jelas-terangnya meminta orang tersebut untuk membisu, beliau mungkin akan tersinggung. Cara terbaik untuk menghentikannya adalah dengan menjatuhkan apapun yang ada di tanganmu kecuali ponsel ya atau kamu mampu mengetuk sesuatu di sekitarmu.

Tindakan ini akan menciptakan lawan bicaramu terjaga bahwa ia sudah bicara terlalu lama dan terlampau banyak. Setelah itu ia pun akan mulai merasa tidak nyaman dan lalu akan berhenti bicara.

2. Ketika kau merasa gugup

Daripada kau garuk-garuk kepala atau gigitin kuku kamu sendiri, ada hal yang lebih baik dilaksanakan untuk menanggulangi rasa gugup. Kamu bisa mengunyah permen karet.

Bagaimana mampu terjadi? Otak manusia secara alamiah akan merasa lebih tenteram dan hening ketika sedang makan.

(Baca juga: 10 Pertanyaan yang Sering Muncul di Sesi Interview Kerja)

Saat kamu mengunyah permen karet, bahwasanya kamu sedang “menipu” otakmu sendiri supaya lebih damai dan relaks. Tenang, kau tidak harus mengunyahnya selama terjadi obrolan penting kok.

Metode yang satu ini bisa kau kerjakan beberapa ketika sebelum kau melaksanakan konferensi penting. Kunyah dulu sampai hening, barulah kamu buang dan siap untuk menghadapi momen yang mungkin cukup menegangkan.

3. Ketika berhadapan dengan konsumen yang murka

Menghadapi pelanggan yang murka yaitu hal yang cukup awkward walaupun bekerjsama kau tidak melakukan kesalahan. Kamu pengen murka balik tetapi mustahil dilakukan.

Jika kau membisu, pasti konsumen itu akan makin semena-mena dan mungkin bisa membahayakan gambaran toko kamu. Rasanya memang serba salah sekali.

Sebagai trik, kamu bisa meletakkan beberapa kaca di belakang dan sekeliling geraimu. Tujuannya semoga pelanggan dan kamu sendiri bisa melihat paras dikala sedang marah.

Secara alamiah, kita tidak akan suka ketika melihat diri kita sedang menunjukkan wajah marah sebab kita juga tidak pernah menggemari paras orang lain dikala murka-murka. Dengan begitu, beling akan membantu pelanggan untuk lebih tenang dan bisa ngobrol dengan baik-baik.

4. Ketika kau terganggu dengan lagu yang terus terngiang di kepala

Kamu niscaya pernah mengalami momen di mana kamu terus-terusan dihantui oleh suatu lagu hingga kau merasa terusik. Biasanya sih suatu jingle iklan atau lagu yang bekerjsama tidak kamu sukai.

Lagu itu terus-terusan terngiang meski kau tidak sedang memikirkannya atau mendengarkannya. Ada bab yang secara terus menerus kamu ulang dan bikin kau kesel sendiri.

(Baca juga: Sifat 12 Zodiak Lengkap Beserta Ulasan Terbaru 2020)

Untuk mengatasinya, kamu bisa menyanyikan dari permulaan hingga simpulan. Jangan biarkan bagian tertentu saja yang menghantuimu.

Menyanyikan bagian terakhir dari lagu tersebut akan menciptakan otak kamu berpikir bahwa lagu itu sudah selesai dan kamu akan berhenti menyanyikannya.

5. Ketika kamu sedang bernegosiasi dan mungkin akan mengalami perdebatan

Momen ini akan sering terjadi dalam bisnis. Kamu harus bernegosiasi dengan klien, atasan, dan banyak pihak yang lain. Dalam bernegosiasi tentu tidak senantiasa bertemu dengan orang yang menggembirakan. Sesekali pasti ada suasana awkward.

Jika ada kemungkinan kau akan bernegosiasi dengan orang yang kaku, ada trik yang bisa kau lakukan. Daripada duduk berhadapan atau berseberangan, lebih baik kamu duduk tepat di sampingnya.

Cara ini akan membuat ia merasa bahwa kau ada di pihaknya. Trik ini juga akan menghindarkan kamu dari momen dimarahi. Dia justru akan merasa asing saat mesti marah atau berteriak ke kamu yang posisinya cukup akrab dengan beliau.

Praktis bukan trik yang bisa kamu kerjakan demi mengatasi situasi yang awkward? Trik itu mampu kau kerjakan dengan bebas tanpa harus ada yang dirugikan atau merasa tersinggung.