0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Monetisasi Akun Youtube Untuk Mendapatkan Pundi-Pundi Uang

Untuk kau yang ingin mencoba peruntungan mencari penghasilan dari saluran satu ini, cara monetisasi akun Youtube mungkin menjadi salah satu hal yang paling dicari.

monetisasi akun youtube

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Youtube itu sendiri untuk saat ini merupakan platform video paling besar di dunia.

Berawal dari menyediakan aneka macam berita dan hiburan dalam bentuk video, seiring berjalannya waktu Youtube mulai beralih fungsi selaku wadah penduduk luas untuk berkarya sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan serta menandakan eksistensi diri terhadap dunia luar.

Bahkan, Youtuber (istilah untuk orang yang membuat video Youtube) juga menjadi salah satu profesi yang mulai digandrungi oleh banyak orang.

Namun, walaupun kau bebas berkarya dan mengekspresikan kreativitas video yang diinginkan, membuat konten Youtube nyatanya juga dihentikan sembarangan.

Karena, seluruh video yang akan ditayangkan di Youtube harus mengikuti aturan dan kebijakan yang berlaku.

Youtube memiliki patokan kualifikasi yang mesti diikuti biar channel kalian mampu bergabung ke dalam Program Mitra Youtube dan mampu membantumu dalam menciptakan uang.

(Baca Juga: Top 10 Pendapatan Youtuber Indonesia Terbanyak)

Salah satu caranya yaitu dengan menyediakan berbagai fitur menarik, mirip Advertising Revenue, fitur Keanggotaan, dan fitur jual-beli merchandise official yang sepenuhnya bisa kau manfaatkan untuk mendapatkan pundi-pundi duit.

Hanya saja, fitur-fitur tersebut ternyata tidak bisa dipakai oleh sembarang orang. Hanya mereka yang telah memiliki ribuan subscriber-lah yang mampu memanfaatkannya.

Nah, inilah salah satu tujuan dari monetisasi akun Youtube, yakni menciptakan susukan yang kamu buat mampu dimanfaatkan untuk menciptakan pundi-pundi duit.

Hanya saja, mungkin diantara kamu masih ada yang belum tahu ihwal bagaimana cara monetisasi akun Youtube.

Maka dari itu, di dalam peluang kali ini kita akan membahas wacana cara monetisasi akun Youtube yang perlu kau pahami.

Namun sebelum kita menuju ke pokok pembahasan, yuk ketahui dulu kira-kira apa sih yang dimaksud dengan monetisasi akun Youtube?

Apa itu Monetisasi Akun Youtube?

Dilansir dari baktikominfo.id, monetisasi itu sendiri mampu diartikan selaku aktivitas yang bertujuan untuk mengakibatkan suatu susukan atau platform yang kau miliki dapat menghasilkan pundi-pundi uang.

Sebenarnya ungkapan “monetisasi” tidak cuma berlaku pada Youtube saja, melainkan juga pada platform digital yang lain mirip blog dan akun media umum.

Lalu, bagaimana monetisasi dilaksanakan? Nah, monetisasi dilakukan dengan cara mengizinkan iklan untuk tampil atau tayang di platform tersebut dengan suatu harga tertentu.

Jika blog, channel Youtube, ataupun akun media umum yang kau miliki telah menerima beribu-ribu pengikut, maka pihak iklan berhak memberikan sejumlah bayaran biar mereka mampu menayangkan iklan di susukan yang kamu miliki itu.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan ini makin sering dibicarakan, terutama untuk pengguna jalan masuk Youtube, alasannya adalah komersialisasi itu sendiri memang bersifat sah dan mempunyai mekanisme tertentu.

Setiap iklan yang tayang di terusan Youtube pada nantinya akan dikenakan tarif dan menjadi penghasilan bagi sang pemilik channel.

Cara Monetisasi Akun Youtube

Setelah mengenali perihal pemahaman dari monetisasi, maka kini saatnya untuk mengetahui ihwal cara monetisasi akun Youtube yang kau miliki.

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, monetisasi akun Youtube tidak mampu dijalankan secara bebas.

Kamu selaku pemilik terusan diharuskan untuk memenuhi beberapa tolok ukur terlebih dahulu. Maka dari itu, dalam cara monetisasi akun Youtube, terdapat tiga langkah yang mesti kau lalui, ialah:

1. Memenuhi Kriteria yang Ditetapkan

Langkah pertama dalam cara monetisasi akun Youtube, kamu diharuskan untuk memenuhi tolok ukur atau syarat yang sudah diputuskan. Diantaranya yakni:

  • Memiliki minimal 1.000 subscriber

Subscriber ialah sebutan untuk pengguna Youtube yang mengikuti terusan atau channel milik seseorang, sehingga beliau dapat mengenali kapan sang pemilik susukan mengunggah video terbaru yang bisa ditonton.

Maka dari itu, jika kau memiliki sebanyak 1.000 subscriber, maka secara tidak pribadi kau juga sudah mempunyai pangsa pasar atau orang-orang yang bersedia menonton konten yang kau buat.

Syarat satu ini diharapkan selaku jaminan bahwa apabila pihak pengiklan menayangkan iklan di terusan Youtube tersebut, maka iklan akan disaksikan oleh kurang lebih 1.000 orang. Tentu hal satu ini sangat menguntungkan bagi sang pengiklan itu sendiri.

  • Memiliki sedikitnya 4.000 menit waktu tonton

Cara monetisasi akun Youtube satu ini untuk menentukan bahwa creator yang sudah mempunyai subscriber sebanyak 1.000 orang ini ialah kreator yang berdedikasi untuk menunjukkan yang terbaik terhadap konten yang beliau buat sekaligus sebagai pengguna aktif Youtube.

Karena, tak sedikit oknum-oknum yang justru menjajal melakukan kecurangan terhadap sistem dengan membuat akun imitasi guna memenuhi patokan sekurang-kurangnyasubs ini.

Nah, setelah kau sukses menyanggupi kedua syarat yang sudah diputuskan tersebut, maka berikutnya pihak Youtube akan melaksanakan peninjauan tentang apakah susukan tersebut layak untuk dijadikan kawasan beriklan. Setelah ditentukan, barulah susukan resmi dimonetisasi.

Sang pemilik jalan masuk akan mampu segera mendapatkan sejumlah uang yang dikirim secara rutin oleh pihak Youtube selaku pengelola media.

2. Memenuhi Ketentuan Konten

Perlu dikenang bahwa cara monetisasi akun Youtube tidak cuma berhenti sampai disitu saja lho.

Selanjutnya kau juga harus memenuhi konten yang telah ditetapkan. Pihak Youtube akan senantiasa mendorong para kreator untuk menciptakan konten yang original, menarik, dan bermutu.

Terdapat pula beberapa larangan yang diberikan untuk setiap kreator, diantaranya seperti tidak mengunggah ulang konten milik orang lain yang memiliki hak cipta, mirip musik, postingan, video, dan sejenisnya, konten yang mengandung SARA dan pornografi.

Dan jika sang pemilik terusan melanggar ketentuan yang ada, maka hal tersebut akan berakibat pada pemblokiran sehingga akun tidak dapat dimonetisasi lagi.

Selain itu, pelanggaran hak cipta juga berisiko menghadapi tuntutan aturan yang mampu berakibat pada sebuah konsekuensi tertentu.

Tidak hanya itu, jumlah penghasilan yang kau peroleh dari Youtube sepenuhnya juga akan dipengaruhi oleh jumlah subscriber, jumlah view, jumlah video, dan durasi dari video itu sendiri.

Idealnya, kian banyak jumlah view dan subscriber yang dimiliki, maka akan bertambah banyak pula iklan yang masuk.

Semakin banyak iklan yang masuk, maka akan semakin banyak pula penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

3. Aktifkan Iklan di Youtube

Langkah terakhir dalam cara monetisasi akun Youtube yakni dengan mengaktifkan iklan semoga dapat memonetisasi akun atau terusan milik kamu, adalah dengan cara:

  • Buka aplikasi Youtube Studio
  • Klik menu > Video
  • Pilih video yang ingin kamu monetisasi atau matikan iklannya
  • Klik ikon edit
  • Klik tab monetisasi
  • Untuk menghidupkan atau mematikan iklan pada video tertentu, maka klik tombol “Monetize with Ads”
  • Jika kamu menggunakan tata cara pencocokan Konten ID Youtube, maka ikuti saja petunjuk di layar untuk mengatur atau mengubah kebijakan penggunaan
  • Jika ingin mengaktifkan iklan, sesuaikan format iklan dan jeda iklan. Kamu hanya bisa mengaktifkan jeda iklan sebelum atau setelah video
  • Klik “Simpan”

Nah, kini kau telah tahu kan bahwa cara monetisasi akun Youtube memang tidak sesederhana yang kita kira.

(Baca Juga: Tak Harus Jadi Selebgram, Ini Cara Lain Dapatkan Uang dari Instagram)

Namun, kalau kamu memiliki harapan yang berpengaruh untuk mampu menghasilkan pundi-pundi duit dari Youtube, senantiasa ingatlah bahwa perjuangan tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Sembari menimbang-nimbang konten yang mau kamu buat di terusan Youtube, yuk baca juga isu mengenai lifestyle, finansial, dan isu terkini yang lain di CekAja.com.