0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Mengatasi Kaki Lecet Saat Pakai Sepatu, Beserta tips Cegahnya!

Sering mengalami lecet di ujung tumit, saat pakai sepatu? Jangan khawatir, alasannya adalah ada cara mengatasi kaki lecet dikala pakai sepatu secara alami, tanpa tinggalkan bekas luka.

Sepatu gres memang terkadang menciptakan beberapa bab kaki, lecet atau luka. Hal tersebut dikarenakan materi sepatu masih kaku dan keras.

Biasanya, kondisi lecet kaki terjadi di area ujung belakang kaki bersahabat tumit, mata kaki, dan kelingking.

Tidak perlu mengeluh, kamu mampu eksklusif terapkan cara menanggulangi kaki lecet saat pakai sepatu, dengan beberapa cara alami ini, supaya luka tidak kian parah, akhir gesekan sepatu.

Terlebih beberapa cara alami ini, mampu bantu meredakan kondisi lecet pada kaki, dan menjadikannya bisa sembuh lebih cepat.

Namun, sebelum kau mengobati dengan cara mengatasi kaki lecet ketika pakai sepatu berikut ini, semestinya amati hal-hal ini dulu.

Hal yang Dilakukan Sebelum Mengobati Luka Lecet

  • Membersihkan luka dari kotoran bekas ukiran sepatu, dengan air mengalir atau dikompres pakai air hangat
  • Cuci luka memakai sabun yang lembut, mirip sabun bayi
  • Jangan bersihkan luka menggunakan pembersih yang mengandung alkohol, iodine eksklusif di luka terbuka, alasannya adalah mampu menjadikan iritasi dan perih
  • Keringkan area luka dengan handuk, biarkan hingga kering dahulu
  • Hindari luka dari sinar matahari, untuk menangkal hiperpigmentasi kulit permanen

Nah, itu ia beberapa hal yang harus dijalankan sebelum mengobati luka lecet balasan gesekan sepatu.

(Baca Juga: Ini Alasan Sepatu Compass Banyak Dicari Anak Muda)

Meski tergolong luka ringan, lecet alasannya sepatu juga perlu diobati, dan jangan sampai dibiarkan begitu saja, sebab mampu mengakibatkan nanah.

Cara Mengatasi Kaki Lecet dikala Pakai Sepatu

1. Lidah Buaya

Cara mengatasi kaki lecet ketika pakai sepatu yang pertama ialah dengan memakai pengecap buaya.

Lidah buaya memang dikenal selaku obat penyembuh luka pada kulit, dan meredakan peradangan.

Kamu bisa oleskan bagian lendir lidah buaya, pada area kaki yang lecet. Lidah buaya, juga mampu sekaligus menghilangkan rasa sakit dari lecet tersebut.

Jika telah sembuh, namun lecet meninggalkan bekas, kau juga mampu oleskan pengecap buaya terus menerus, untuk menetralisir bekasnya.

2. Pasta gigi

Cara menanggulangi kaki lecet saat pakai sepatu selanjutnya, juga bisa memakai pasta gigi loh.

Pasalnya, pasta gigi memiliki kandungan mirip hidrogen peroksida, soda kue, sampai menthol, yang berfungsi selaku penyembuh luka seperti lecet.

Caranya sungguh mudah, luka lecet yang telah dibersihkan sebelumnya, bisa pribadi kau oleskan pasta gigi tipis-tipis, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, kamu bisa bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut, sampai luka lecet mulai mengering, dan tidak lagi lembap.

3. Es kerikil

Cara menanggulangi kaki lecet saat pakai sepatu selanjutnya, yang tak kalah mudah adalah dengan dikompres es batu.

Es batu bisa mengendorkan luka lecet, sehingga menangkal timbulnya abses atau pembengkakkan.

Selain itu es kerikil juga mampu mengurangi rasa sakit, gata, dan sensasi terbakar, pada kaki lecet baru, karena gosokan yang keras dari pinggir sepatu.

Caranya, kau tinggal ambil es batu, kemudian lapisi dengan kain higienis, dan gosokan pelan-pelan ke bagian lecet.

4. Madu

Selain dengan pasta gigi dan es batu, madu juga bisa dijadikan salah cara menangani kaki lecet ketika pakai sepatu yang cukup efektif.

Karena madu dipercaya mampu menyembuhkan luka, dan menciptakan luka menjadi cepat kering.

Caranya, kau tinggal oleskan saja madu ke area lecet, diamkan selama kurang lebih selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Lemon

Lemon juga dipercaya sebagai pereda lecet, dan menjadi salah satu cara menangani kaki yang lecet, balasan pakai sepatu baru atau kekecilan.

Hal tersebut dikarenakan, lemon bersifat antiseptik, dan mampu menghemat rasa gatal. Bahkan, lemon juga mampu menghemat kemungkinan muncul kan bekas luka, karena lemon mengandung kolagen.

Caranya, oleskan perasan air lemon, memakai kapas, dan biarkan hingga kering. Setelah kering, kamu mampu pribadi bilas dengan air hangat.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga diandalkan menjadi pelembab kulit terbaik, apalagi untuk kulit yang sedang luka, seperti lecet akibat sepatu.

Mengoleskan minyak zaitun ke luka, juga bisa menjadi salah satu cara menangani kaki lecet dikala pakai sepatu, yang ampuh.

Setelah dioleskan di bagian lecet, biarkan sejenak agar minyak bisa menyerap dan memperbaiki jaringan kulit.

Setelah itu, bilas dengan air hangat dan kau mampu ulangi cara tersebut, hingga luka sembuh untuk menghilangkan bekasnya.

Nah, itu beliau beberapa cara menanggulangi kaki lecet ketika pakai sepatu. Memang tak mampu disangkal, kalau hal tersebut kadang masih saja sering terjadi.

Entah alasannya adalah sepatu baru, materi sepatunya, atau ukurannya yang terlalu kecil, dan alasan yang lain.

Nah, agar hal tersebut tidak terulang kembali, ada baiknya, kau mencegahnya dengan beberapa trik berikut ini.

Cara Mencegah Kaki Lecet Akibat Sepatu

  • Menggunakan kaus kaki yang tipis maupun yang tebal alasannya bisa meminimalisir gesekan antara kaki dan sepatu
  • Menggunakan deodoran, supaya kulit kaki terasa lembut dan goresan antara kaki dan sepatu tidak terlampau keras
  • Kompres sepatu dengan es watu, dengan cara masukkan satu kantong es watu ke dalam sepatu dan diamkan semalaman. Ketika pagi, sepatu mampu menjadi lebih longgar
  • Menggunakan lotion, supaya kulit menjadi lunak dan lembab. Sehingga, bisa meminimalkan ukiran keras antara kaki dan sepatu
  • Gunakan plester silikon, yang bisa ditempelkan di ujung sepatu
  • Menggunakan plester luka di kaki, untuk meminimalisir gesekan

Nah, itu ia formasi cara menangkal supaya kaki tidak lecet, saat menggunakan sepatu. Adapun juga sepatu yang kau gunakan memang telah terlalu kecil, semestinya telah tidak dipakai lagi, semoga kaki mu tidak lecet lagi.

Daripada lecet karena sepatu kekecilan, mendingan beli sepatu baru yang lebih nyaman di kaki, dengan ukuran yang pas.

Terlebih ketika ini, sudah banyak loh sepatu yang dibuat, supaya pengguna lebih tenteram saat berjalan. Seperti memakai bantalan yang empuk sampai memakai materi yang premium di pinggiran sepatu.

Kini untuk berbelanja sepatu juga sudah tidak perlu repot lagi, alasannya sudah banyak tersedia di toko online.

Deskripsi barangnya juga sungguh lengkap, mulai dari material, ukuran detail, warna, model, tinggi sol, dan lain-lain.

(Baca Juga: 10 Merk Sepatu Hiking Terbaik)

Namun, untuk mencari sepatu dengan mutu super, pastinya akan mempunyai harga yang lebih mahal. Akan tetapi, kau bisa tetap lebih hemat, kalau berbelanja sepatu gres memakai kartu kredit.

Pasalnya, dengan kartu kredit, kau bisa berkesempatan mendapatkan promo menarik, mirip potongan harga, cashback, hingga cicilan 0 persen.

Yuk, yang Belum Punya Kartu Kredit, Ajukan Sekarang Juga di CekAja.com!

Kartu kredit saat ini telah menjadi bab penting, dalam melakukan transaksi. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, di mana seluruhnya ingin serba praktis dan ekonomis.

Termasuk saat kamu ingin belanja keperluan seperti sepatu baru di toko online. Kartu kredit bisa menjadi penyelamat paling ampuh!

Makara, segera miliki kartu kredit terbaik, sesuai kebutuhan dan keinginanmu, yang bisa diseleksi di CekAja.com, dan ajukan secara online.

Nantinya, kartu kredit pilihanmu, akan pribadi dikirim ke alamatmu, dan kau juga eksklusif mampu membeli sepatu impian di banyak sekali toko online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang ditawarkan CekAja.com, dari banyak sekali bank ternama di Indonesia.

Kaprikornus, tunggu apa lagi? Segera usikan kartu kredit terbaik pilihanmu, cuma di CekAja.com!