0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Menerima Jurnal Gratis Dan Jurnal Berbayar Secara Gratis

Kamu ialah mahasiswa tingkat selesai, atau peneliti yang sedang memerlukan riset observasi sebelumnya? Nah, mungkin di antara kalian tentu membutuhkan jurnal ilmiah, baik jurnal nasional atau internasional, untuk memperkaya hasil karya tulis. Namun, kebanyakan jurnal ternyata tidak mampu di-download secara gratis, sehingga kamu perlu mengenali cara mendapatkan jurnal gratis, berikut ini.

cara mendapatkan jurnal gratis

Namun, sebelum membahas lebih jauh terkait cara mendapatkan jurnal gratis, mari simak dahulu sedikit info wacana jurnal ilmiah.

Apa Itu Jurnal?

Untuk kamu yang belum memasuki jenjang pendidikan di sekolah tinggi tinggi, mungkin akan sedikit asing dengan perumpamaan jurnal. Jurnal merupakan suatu tulisan khusus yang menampung postingan suatu bidang ilmu tertentu.

Tidak hanya itu, jurnal juga biasa dikeluarkan atau ditulis oleh seseorang yang berkompeten di bidangnya, kemudian diterbitkan oleh suatu instansi atau lembaga. Untuk jurnal ilmiah, merupakan jurnal yang meliputi semua bidang ilmu, seperti Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Humaniora dan lain-lain.

Berbeda dengan perumpamaan jurnal dalam dunia akuntansi, di mana jurnal yang biasa disebut jurnal umum ini merupakan sebuah jurnal (buku besar), yang dipergunakan selaku kawasan melaksanakan pencatatan bagi segala jenis bukti transaksi keuangan.

Jadi, bisa bedakan ya, perumpamaan dari jurnal ilmiah dan jurnal dalam bidang akuntansi. Karena artinya terang berbeda.

(Baca Juga: SNMPTN 2020, Brawijaya Pertahankan Gelar Universitas Paling Diminati)

Apa Ciri-ciri Sebuah Jurnal yang Resmi?

Nah, sebelum kamu mencari jurnal ilmiah dan mengenali cara menerima jurnal gratis, perlu dimengerti juga perihal ciri-ciri suatu jurnal ilmiah yang resmi, dan jangan sampai kau salah download, ialah selaku berikut:

  • Ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan adat keilmuan
  • Memiliki ISSN
  • Memiliki terbitan model online
  • Dikelola secara profesional (ketepatan keberkalaan, ketersediaan petunjuk penulisan, identitas jurnal, dll)
  • Bertujuan menampung atau mengkomunikasikan hasil-hasil observasi ilmiah dan atau konsep ilmiah dalam disiplin ilmu tertentu.
  • Ditujukan kepada penduduk ilmiah/peneliti yang mempunyai disiplin keilmuan yang relevan.
  • Diterbitkan oleh penerbit, tubuh ilmiah/organisasi profesi/ perguruan tinggi dengan unit-unitnya.
  • Bahasa yang dipakai yaitu Bahasa Indonesia dan atau Bahasa Inggris, dengan absurd dalam Bahasa Indonesia.
  • Memuat karya ilmiah dari penulis yang berasal dari minimal dua institusi yang berlawanan.
  • Mempunyai dewan redaksi/editor
  • Jurnal nasional yang menyanggupi persyaratan dari poin 1-10 dan terindeks oleh DOAJ atau laman lain sesuai dengan usulantim pakar Dirjen Dikti diberi nilai yang lebih tinggi dari jurnal nasional, yakni maksimal 15.

Nah, telah tahu kan, bagaimana ciri-ciri atau tolok ukur jurnal ilmiah yang baik dan benar? Hal ini perlu diketahui agar, hasil penelitian mu tidak salah.

Sampai saat ini, ada banyak situs yang menawarkan jurnal-jurnal nasional dan internasional, tetapi tidak seluruhnya gratis. Buat kau para mahasiswa atau peneliti yang memerlukan jurnal, tetapi dengan budget minim, ada baiknya ikuti cara mendapatkan jurnal gratis berikut ini.

Cara Mendapatkan Jurnal Gratis

  1. Cari situs jurnal ilmiah terbaik, yang menawarkan jurnal open access, misalnya mirip situs jurnal selaku berikut:

  • Google Scholar (Nasional dan Internasional)
  • Emerald Insight (Internasional)
  • Sciencedirect (Internasional)
  • Directory of Open Access Journal (Internasional)
  • Elsevier (Internasional)

Dalam situs tersebut, menyediakan bermacam-macam jurnal dari berbagai negara, dan juga dari banyak sekali macam disiplin ilmu pengetahuan.

  1. Setelah kau buka salah satu situsnya contohnya di www.sciencedirect.com, lalu pilih options journals, atau kau mampu tulis tema jurnal yang sedang kamu cari, atau yang berhubungan dengan penelitian mu, di kolom penelusuran.
  2. Setelah menemukan jurnal yang dipilih, klik judulnya, kemudian kamu akan melihat keterangan ‘open access’, dan juga terdapat pilihan ‘Download PDF’ di bagian atas.
  3. Setelah kamu klik ‘Download PDF’ maka jurnal akan otomatis tersimpan di perangkat mu.

Cara Mendapatkan Jurnal Berbayar Secara Gratis

Ada cara menerima jurnal gratis yang lain, yang bisa kamu coba, yakni jika kau mendapatkan jurnal berbayar, namun kau bisa men-downloadnya secara gratis. Begini caranya:

  1. Langkah pertama, lakukan cara yang sama seperti langkah cara menerima jurnal gratis yang pertama, yaitu buka situs jurnal yang diharapkan.
  2. Dilangkah berikutnya ini, bedanya bila kamu menerima jurnal gratis, maka akan ada keterangan eksklusif ‘Download PDF’, seperti cara sebelumnya. Namun, mungkin saja kau mendapatkan jurnal berbayar dengan informasi ‘ Purchase PDF’.
  3. Ketika kamu menerima jurnal berbayar dengan informasi ‘Purchase PDF’, bantu-membantu kau mampu mendowloadnya secara gratis. Kamu tinggal copy URL di page tersebut.
  4. Buka situs http://sci-hub.tw/. Setelah terbuka, paste URL jurnal tadi, kemudian klik enter atau open (yang terdapat gambar kunci).
  5. Ketika sudah menekan enter atau open, maka jurnal eksklusif tersimpan di perangkat.

Bagaimana, mudah bukan? Itu beliau dua cara menerima jurnal gratis, yang mampu kamu coba, beserta gosip ihwal ciri-ciri jurnal resmi yang baik dan benar.

Setelah baca artikel ihwal jurnal ini, bikin kamu jadi ingin lanjut S2 dan S3? Apa salahnya kalau kau memiliki cita-cita tersebut? Terlebih kau menggemari dunia ilmiah beserta penelitian-penelitiannya.

(Baca Juga: Cara Pinjaman Dana Cepat 1 Juta di UangTeman, Praktis Banget!)

Mau Lanjut Pendidikan S2 dan S3 tetapi Tabungan Belum Cukup?

Tak perlu khawatir, karena ketika ini telah banyak acara beasiswa, hingga dukungan dana pendidikan. Jika beasiswa harus memiliki patokan yang merepotkan, kamu mampu loh menjangkau impianmu lanjut S2 atau S3 dengan mengajukan santunan dana pendidikan lewat CekAja.com.

Terlebih, pendidikan ialah hal yang penting bagi keberlangsungan karir kau di dunia kerja. Semakin tinggi pendidikan, maka akan semakin tinggi jabatanmu nanti.

Yuk, secepatnya olok-olokan santunan dana pendidikan yang sesuai dengan keperluan dan kesanggupan finansialmu, cuma di CekAja.com!