0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Menerima E-Fin Serta tips Mengisi Spt Tahunan Online 2020

Mau lapor SPT Tahunan Online 2020, namun belum mendapatkan e-FIN atau nomor identitas wajib pajak langsung? Tenang, untuk mengetahui cara mendapatkan e-FIN ternyata sungguh mudah loh.

cara mendapatkan efin

Namun, sebelum kau sakit kepala enggak karuan alasannya adalah belum punya nomor e-FIN, lebih baik pahami dahulu apa itu nomor e-FIN. Yuk simak informasinya di bawah ini:

Apa Itu Nomor e-FIN?

Nomor e-FIN (Electronic Filing Identification Number) merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Di mana e-FIN ini dibutuhkan untuk wajib pajak, supaya mampu melakukan transaksi online (mirip e-filling) dengan DJP.

Buat kamu yang belum pernah melaporkan pajak tahunan atau SPT Tahunan, mungkin akan merasa ajaib dengan nomor e-FIN ini bukan? Bahkan hingga tidak tahu cara mendapatkan e-FIN, dan harus mencari kemana.

Mengapa nomor e-FIN sangat dicari-cari oleh orang yang ingin melaporkan pajaknya? Pasalnya, e-FIN memungkinkan wajib pajak (orang eksklusif) untuk melaporkan SPT Tahunan secara online dan terenkripsi dengan kondusif dan belakang layar.

Cara Mendapatkan e-FIN (Wajib Pajak Orang Pribadi)

1. Datang ke kantor pajak terdekat

Cara menerima e-FIN yang pertama adalah dengan mendatangi kantor pajak terdekat (di mana saja), mirip Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).

Untuk menerima nomor e-FIN ini kamu wajib tiba sendiri ke kantor pajak, dan tidak dapat diwakilkan atau dikuasakan oleh orang lain.

Selain itu, untuk kamu yang ialah karyawan yang melakukan pekerjaan di suatu perusahaan, permohonan e-FIN mampu dijalankan secara kolektif minimal 20 orang karyawan.

Syaratnya, nama-nama karyawan tersebut telah tercantum pada laporan SPT PPh 21.

2. Mengisi, menandatangani, dan menyerahkan formulir permohonan aktivasi e-FIN

Langkah atau cara menerima e-FIN selanjutnya adalah mengisi formulir yang mampu ditemukan di kantor pajak, dan kamu mampu minta kepada petugas. Formulir juga bisa didapatkan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri dengan mengunduhnya di :

https://www.online-pajak.com/wp-content/uploads/2019/06/form-aktivasi-efin.pdfi

Lalu, mengisi formulir tersebut dengan mengosongkan kolom e-FIN yang ada di dalam formulir tersebut. Karena nantinya petugas KPP yang hendak mengisikannya.

Setelah formulir telah diisi, kau mampu langsung menyerahkannya kepada petugas.

3. Menyerahkan dokumen kependudukan

Selain formulir, ada pula dokumen yang harus kamu serahkan kepada petugas KPP, sebagai bab dari cara menerima e-FIN. Dokumen identitas tersebut di antaranya yaitu:

  • KTP orisinil dan fotokopi (WNI)
  • Paspor/KITAS/KITAP (WNA)
  • NPWP asli dan fotokopi
  • Email aktif (sebagai fasilitas komunikasi pelaksanaan dan keharusan perpajakan selanjutnya.

4. Nomor e-FIN telah diterima, jaga kerahasiaannya serta segera kerjakan aktivasi

Nah, sehabis kau mendapatkan nomor e-FIN dari petugas KPP, berikutnya kamu tinggal melaksanakan aktivasi. Kamu mampu secepatnya kerjakan ativasi e-FIN di situs resmi pajak berikut ini: https://djponline.pajak.go.id/resendlink

(Baca Juga: Macam-macam Pajak di Indonesia yang Perlu Diketahui)

5. e-FIN aktif, kerjakan e-Filling SPT Tahunan Pribadi

Setelah telah tahu cara mendapatkan e-FIN dan telah aktif, selanjutnya buat akun untuk e-filling SPT Tahunan Pribadi dan daftarkan e-FIN kamu di OnlinePajak.

OnlinePajak merupakan aplikasi pajak mitra resmi yang telah disahkan oleh DJP dengan Surat Keputusan No. 193/PJ/2015.

Cara Mengisi SPT Tahunan Pribadi di OnlinePajak

e-FIN telah aktif, berikutnya secepatnya laporkan pajak kamu di aplikasi OnlinePajak. Begini caranya:

  1. Buka dan buat akun di OnlinePajak.
  2. Buat kamu yang belum memiliki akun, silahkan daftar di sini.
  3. Jika sudah ada akun, silahkan pilih sajian “e-filling SPT Pribadi” untuk mengawali mengisi SPT Tahunan.
  4. Isi NPWP Pribadi, dengan klik “Buat Pelaporan Baru”.
  5. Pengisian kolom jumlah pendapatan dalam setahun terakhir.

Nah, untuk memilih SPT/Formulir 1770S atau SPT/Formulir 1770 SS. pilih pertanyaan:

  • Apakah jumlah keseluruhan pemasukan kotor kamu dalam setahun terakhir kurang dari Rp60 juta
  • Lebih dari Rp60 juta atau apakah kau memiliki bisnis.

    Misalnya, kalau kau mempunyai pemasukan kotor lebih dari Rp60 juta dalam setahun, makan akan disediakan Formulir 1770 S.

  1. Lengkapi detail langsung: Selanjutnya kau bisa lengkapi rincian langsung mirip status pernikahan, jumlah tanggungan (kalau ada) dan status kewajiban pajak suami istri, dan lain-lain. Lalu klik “Selanjutnya”.
  2. Lengkapi detail anggota keluarga atau tanggungan (bagi kamu yang sudah menikah, atau memiliki tanggungan).
  3. Isi detail pajak kau: Setelah melengkapi data pribadi dan anggota keluarga, isi juga detail pajak dengan klik “Tambah Form 1721 A1 atau A2”, kemudian isikan detail pajak kau, utamanya 3 kolom berikut ini:

  • Penghasilan bruto
  • Pengurangan penghasilan
  • Bukti potong pajak dari pihak lain

  1. Isi gosip perhiasan: Isi juga gosip pemanis mirip: Penghasilan lainnya, subjek penghasilan yang dikenakan PPh final, penghasilan yang tidak tergolong objek pajak, harta, keharusan/utang (kalau ada). Jika telah, silahkan lewati dengan klik “selanjutnya”.
  2. E-filing SPT Tahunan Pribadi kamu: Nah, kau telah bisa lapor SPT Pribadi secara online atau e-filling. Namun bila jumlah pajak yang mesti kau bayarkan nihil, maka silahkan langsung isikan dulu nomor e-FIN kamu, klik “simpan”, kemudian klik “lapor”.

Itulah isu terkait cara mendapatkan e-FIN, beserta cara mengisi SPT Tahunan Pribadi yang mungkin mampu berguna untuk kau. Selain mengelola pajak demi negara, kamu juga butuh asuransi untuk melindungi diri dan keluarga.

Asuransi kesehatan sampai jiwa, sekiranya sungguh penting untuk dimiliki di setiap keluarga. Pasalnya, akan ada banyak benefit yang bisa kamu rasakan dengan memiliki asuransi.

Yuk, segera daftarkan diri kamu dan keluarga di asuransi pilihanmu. Berbagai informasi produk asuransi juga mampu kau peroleh di situs Cekaja.com. Yuk, tunggu terlebih, secepatnya buka situs Cekaja.com, dan cari asuransi terbaikmu!