0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tips Menentukan Asuransi Rumah Kontrakan, Bisnis Lancar, Aset Kondusif!

Sama dengan rumah eksklusif, rumah kontrakan juga penting untuk didaftarkan asuransi. Asuransi rumah kontrakan, sungguh bermanfaat untuk melindungi rumah, dari banyak sekali macam risiko, seperti kebakaran, rusak balasan musibah, kemalingan, dan lain-lain.

Tips Memilih Asuransi Rumah Kontrakan, Bisnis Lancar, Aset Aman!

Bisnis Kontrakan Kian disenangi dan Sangat Menjanjikan

Tidak cuma itu, kini bisnis rumah kontrakan marak dijalankan oleh sebagian masyarakat. Tidak cuma selaku investasi properti, bisnis rumah kontrakan juga bisa dijadikan sumber penghasilan yang sungguh menguntungkan.

Bahkan, perbulan pemilik kontrakan mampu menghasilkan laba hingga puluhan juta rupiah. Namun, keuntungan tersebut juga tergantung dari akomodasi kontrakan, sampai keadaan bangunan itu sendiri.

Namun, mau bagaimana pun bentuk dan kondisinya, rumah tetap menjadi salah satu aset yang bernilai tinggi. Namun, jika kamu bermaksud untuk mengontrakannya, kamu juga mesti siap dengan segala resiko, yang akan terjadi dengan rumah kontrakan kamu.

Karena, rumah kontrakan tersebut akan dihuni dan dijaga oleh orang lain, tanpa adanya pengawasan langsung dari sang pemilik. Nah, supaya kamu tak khawatir dengan keadaan rumah kontrakan mu, maka berilah santunan yang maksimal dengan memakai asuransi rumah kontrakan.

Pasalnya, kita tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi dengan rumah tersebut ketika sedang dikontrakan ke penyewa. Karena, mampu saja berbagai macam risiko akan menimpa rumah tersebut.

(Baca Juga: Asuransi yang Mengcover Penjarahan Akibat Kerusuhan)

Siap-siap Rugi, Punya Rumah Kontrakan Tanpa Asuransi

Punya Rumah Kontrakan Tanpa Asuransi

Sebut saja salah satu rumah kontrakan kamu menimbulkan kebakaran, dan menjalar ke tempat tinggal kontrakan yang lain. Tentunya seluruh bangunan kontrakan tersebut akan rusak parah. Tidak kecil, kerugian yang mau kamu tanggung juga bisa meraih ratusan juta rupiah.

Bahkan, kerugian juga akan menimpa pihak penyewa kontrakan kau. Karena, semua barang-barang mereka ikut terbakar dan lenyap. Belum lagi risiko yang lain, yang mungkin saja bisa terjadi kapan saja, seperti gempa bumi dan banjir.

Indonesia Termasuk Negara Rawan Bencana Alam

Indonesia Termasuk Negara Rawan Bencana Alam

Seperti yang dikenali, bahwa Indonesia merupakan negara yang termasuk sering mengalami gempa bumi. Sehingga, memiliki asuransi rumah kontrakan bisa menjadi solusi yang sempurna guna melindungi aset properti kamu.

Jangan terlalu perhitungan, asuransi rumah kontrakan juga tergolong murah loh. Kaprikornus kau tidak perlu cemas merugi, alasannya adalah dengan harga premi mulai dari Rp500.000 – Rp1 juta, kamu telah bisa menerima jaminan asuransi satu tahun.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak perusahaan asuransi, yang menunjukkan asuransi rumah kontrakan maupun rumah langsung. Nah, agar tidak salah pilih, yuk simak beberapa tips dikala membeli asuransi rumah kontrakan.

Tips Memilih Asuransi Rumah Kontrakan

1. Pastikan Perusahaan Asuransi Memiliki Kredibilitas yang Baik

Perusahaan Asuransi Memiliki Kredibilitas yang Baik

Tips memilih asuransi rumah kontrakan yang pertama yaitu dengan perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi. Pasalnya, hal ini menyangkut aset berhargamu yang berupa properti.

Pertama, kau mesti menyaksikan bahwa perusahaan asuransi tersebut sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selebihnya, kamu bisa cek segala informasi lengkap ihwal perusahaan di website resminya.

Mulai dari produk yang ditawarkan, premi, rekam jejak, sampai testimoni dari para nasabah. Hal tersebut dilaksanakan, supaya kau tidak tertipu dengan perusahaan asuransi, yang hanya mampu memperlihatkan iming-iming anjuran mempesona, tetapi ujung-ujungnya bisa membuatmu rugi.

2. Baca dan Pahami Kembali Isi Dokumen Polis

Sebelum siap mengajukan asuransi rumah kontrakan yang kamu pilih, akan lebih baik kau baca dan pahami kembali isi dari dokumen polis. Jangan hingga kau salah mengerti dan berujung masalah.

Memang sedikit membosankan, dan rata-rata nasabah senantiasa ingin cepat-cepat tanda tangan dan menyepakati, padahal dokumen polis tersebut berisi poin-poin penting. Bacalah poin-poin tersebut dengan benar, terutama hal-hal yang paling krusial.

Mulai dari data eksklusif tertanggung, data lengkap pemegang polis, jumlah uang pertanggungan, ruang lingkup jaminan, hingga era asuransi.

3. Tidak Menyulitkan, Asuransi Harus Punya Prosedur Klaim yang Jelas

Asuransi Harus Punya Prosedur Klaim yang Jelas

Apapun bidang asuransinya, tergolong asuransi rumah kontrakan, tentukan perusahaan penyuplailayanan tersebut memiliki prosedur klaim yang jelas. Meski kamu sebagai tertanggung tidak mengharapkan risiko terhadap rumah kontrakan kamu terjadi, tetapi isu terkait mekanisme klaim, sangat penting.

Perusahaan asuransi yang bagus, tentunya memiliki tahap klaim yang jelas dan teratur. Jangan hingga, dikala risiko tersebut terjadi, kamu susah untuk mengklaim asuransi, dan malah mengakibatkan masalah gres.

Karena biasanya, klaim dijalankan dengan melaksanakan pengisian formulir permohonan. Jika formulir, syarat dan dokumen, yang diajukan sudah menyanggupi, maka kamu akan mendapatkan kesepakatan.

Namun, bila persyaratan belum terpenuhi dan tidak sesuai patokan, maka kau mesti mengulangi pengajuan permintaan kembali, dari permulaan.

(Baca Juga:Menelisik Arti Manajemen Risiko Asuransi, yang Wajib Diketahui Pebisnis)

4. Membandingkan Nilai Pertanggungan dan Premi yang Akan dibayarkan

Membandingkan Nilai Pertanggungan dan Premi

Tips menentukan asuransi rumah kontrakan yang paling krusial yakni tentang biaya. Di mana kamu harus bisa memahami jumlah dana pertanggungan yang mau kamu terima nantinya.

Di sini sebelum kau mantap mengajukan, tentukan juga untuk membandingkan nilai pertanggungan dan premi yang hendak dibayarkan. Pasalnya, nilai pertanggungan ialah nominal uang yang nantinya akan kamu terima, dikala pengajuan klaim sudah disetujui.

Sedangkan premi, merupakan jumlah setoran tiap bulannya, yang wajib disetorkan tertanggung ke pihak asuransi. Nah, di sini kau lihat kembali apakah premi yang kamu bayarkan nilainya seimbang atau tidak dengan nilai pertanggungan.

Jangan sampai, kamu bayar mahal premi, namun nilai pertanggungan yang ditemukan, tidak seberapa.

Nah, itu dia beberapa isu terkait asuransi rumah kontrakan, beserta tips menentukan produk asuransi yang sempurna. Setelah kamu telah mengenali semua tipsnya, kamu tinggal eksekusi.

Namun, kau tidak butuhmembuka satu per satu website resmi dari banyak sekali perusahaan asuransi pilihanmu. Karena, kau bisa dengan gampang memperoleh aneka macam perusahaan asuransi, beserta isu lengkapnya, cuma di satu situs saja, apa lagi kalau bukan di CekAja.com!

Yuk, cari, bandingkan, dan ajukan secara online, asuransi pilihanmu, cuma di CekAja.com!