0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Menciptakan Telur Asin Dan Potensi Usahanya

Cara menciptakan telur asin dan peluang usahanya mungkin tidak banyak dilirik orang-orang. Padahal, kesudahannya cukup menjanjikan kalau kamu tahu cara memasarkannya dengan baik.

Ada cara gampang dalam membuat telur asin dengan alat dan bahan sederhana. Berikut penjelasannya!

Telur asin dikenal di Indonesia selaku produk olahan telur angsa yang dijadikan kuliner atau lauk pauk.

Konsumsinya semakin enak jikalau dimakan dengan nasi panas. Cara membuat telur asin dan peluang usahanya wajib kau pahami semoga kau mampu membuat sendiri dan meraup pendapatan suplemen.

Kandungan Telur Asin

Sebelum mengetahui cara menciptakan telur asin dan peluang usahanya, ada beberapa kandungan penting dalam sebutir telur asin. Telur asin mengandung 137 kalori yang berisikan:

  • 10 gram lemak
  • 165 miligram potassium
  • 656 miligram kolesterol
  • 1 gram karbohidrat
  • 10 gram protein
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Asam amino

Manfaat Telur Asin

Cara menciptakan telur asin dan kesempatan bisnisnya akan semakin laku kalau kau sendiri mempromosikan produk dengan menambahkan manfaat dari kandungan telur asin.

Dari berbagai kandungan di atas, terdapat faedah telur asin. Yakni selaku berikut:

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama
  • Mengurangi kram perut

Namun begitu, kandungan garam pada telur asin menjadikannya memiliki kadar sodium yang tinggi.

Telur asin juga tinggi kolesterol, di mana setiap satu butir telur asin terkandung 300 miligram hingga 600 miligram kolesterol.

Sedangkan kadar kolesterol yang diperlukan insan setiap harinya hanya 300 miligram. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi telur asin tidak terlalu sering dan dalam takaran yang sewajarnya.

Agar lebih gampang mengendalikan kandungan dalam telur asin, lebih baik kamu mengenali cara menciptakan telur asin dan kesempatan bisnisnya.

Selain mampu menciptakan dan mengonsumsinya sendiri, kamu juga bisa membuka usaha dan menjajakan produk telur asin untuk meraup laba.

(Baca Juga: Manfaat Telur Setengah Matang dan Bahayanya Bagi Kesehatan)

Cara Membuat Telur Asin dan Peluang Usahanya

Sebelum membaca lebih lanjut perihal cara membuat telur asin dan peluang usahanya, perlu diketahui dulu bahwa menciptakan telur asin berisikan aneka macam teknik.

Ada yang bubuk gosok, serbuk arang, dan bahkan serbuk watu bata. Tetapi, ada juga cara membuat telur asin yang gampang dengan cara merendam di dalam cairan garam tanpa pertolongan bahan lain seperti serbuk-serbuk tersebut.

Cara mudah ini bisa membantumu menciptakan telur asin dengan irit alat dan bahan, tetapi tetap menghasilkan telur asin yang bagian kuningnya berwarna oranye, bertekstur pekat, masir, dan creamy.

Berikut ini klarifikasi mengenai cara menciptakan telur asin dan potensi bisnisnya. Siapkan alat dan materi terlebih dulu.

Bahan-bahan:

  • 10 butir telur angsa
  • 1 liter air
  • 200 gram garam halus
  • Air seperlunya sebagai isian pemberat

Alat:

  • 1 buah kantong plastik
  • 1 Wadah besar yang digunakan untuk merendam telur selama 14 hari

Cara Membuat Telur Asin Termudah

Berikut ini cara membuat telur asin yang pasti gampang dan anti-ribet.

1. Cuci telur bebek hingga higienis

Cara menciptakan telur asin yang pertama yaitu dengan mencuci telur dengan air bersih secara berulang supaya kebersihannya terjamin.

Pastikan semua kotorannya hilang dari permukaan kulit, jangan biarkan ada sisa kotoran. Setelah itu, lap telur menggunakan kain higienis sampai kering.

2. Larutkan garam dan air

Caranya dengan mendidihkan air sebanyak 1 liter di atas kompor, lalu masukkan garam dan aduk sampai larut dengan tepat. Matikan api, lalu biarkan air larutan garam hingga dingin dengan suhu ruangan.

3. Buat pemberat

Sebelum merendam telur dengan air garam, cara menciptakan telur asin berikutnya yang mesti dilakukan ialah menciptakan dahulu pemberat yang terbuat dari kantong plastik berisi air.

Pemberat ini dibutuhkan semoga telur tidak mengapung di rendaman air garam.

4. Rendam telur dengan air garam

Siapkan wadah untuk merendam telur. Susun terlebih dahulu telur belibis ke dalam wadah tersebut, kemudian masukkan air garam yang sudah disiapkan sebelumnya.

Proses permulaan perendaman telur ini menciptakan telur akan mengapung, maka dari itu tentukan air meredam semua bagian telur dan bagian atas tumpukan telur ditimpa dengan pemberat.

Barulah siram air garam ke dalam wadah. Tutup wadah yang berisi telur dan air garam dengan penutup wadah yang rapat dan kedap udara.

(Baca Juga: Segini Jumlah Telur yang Aman Dikonsumsi Dalam Sehari)

5. Rendam selama 14 hari

Biarkan telur terproses menjadi telur asin dengan rendaman air garam selama 14 hari. Proses pengasinan ini akan mengganti rasa pada bab putih dan kuning telur menjadi lebih asin yang tersebar merata.

6. Angkat dan rebus telur

Setelah menanti selama 14 hari, kau bisa mengangkat telur dari larutan garam, kemudian rebus telur di dalam air yang sudah mendidih selama 15 menit.

7. Telur asin siap dihidangkan

Proses merebus telur adalah cara membuat telur asin yang terakhir. Kini, kau bisa menyajikan telur asin sebagai lauk atau dijadikan saus salted egg sebagai bumbu kuliner lainnya.

Telur asin yang telah jadi bisa disimpan di dalam chiller lemari es, dan infinit disimpan sampai 1 bulan ke depan. Sebelum mengonsumsinya, seharusnya panaskan apalagi dahulu dengan rendaman air panas.

Peluang Usaha Telur Asin

Jika membicarakan cara membuat telur asin dan kesempatan usahanya, bergotong-royong pemasaran telur asin cukup luas dengan hasil yang menguntungkan.

Kamu bisa memasarkan telur asin ke toko milik sendiri, atau dijual ke tempat tinggal makan, konsumen online lewat berbagai e-commerce, atau ke restoran yang membutuhkan materi baku telur asin untuk sajian masakannya.

Sebab seperti yang kita ketahui, semenjak dua tahun terakhir, hidangan dengan saus telur asin atau salted egg sedang diminati pelanggan.

Banyak pedagang masakan yang menyuguhkan hidangan ini dan diminati banyak konsumen.

Saus salted egg ini yang dibuat dari kuning telur asin yang diolah menjadi cairan saus dengan bumbu penyedap yang lain.

Nah, kamu mampu menjual produk telur asin yang kau buat ke sasaran konsumen ini.

Kemudian, kalau memeriksa keuntungan penjualan telur asin, dengan cara membuat telur asin yang sangat mudah di atas, modal yang diharapkan hanya sekitar Rp2500 per butir.

Sedangkan kau bisa menjualnya mulai harga Rp3000 sampai Rp4000 per butir.

Telur asin yang mampu disimpan dalam waktu satu bulan juga tidak mengecewakan menguntungkan, karena kalau ada sisa produk yang belum laris masih bisa kamu jual hingga beberapa hari ke depan.

Yang paling penting, berikan tanggal asumsi kadaluarsa semoga kualitas telur asin terjaga sampai ke tangan konsumen.

Butuh Modal Usaha? Ajukan KTA Saja!

Itulah info lengkap perihal cara membuat telur asin dan peluang usahanya. Jika kau terpesona membuka usaha telur asin, modal mampu kau peroleh dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Jenis derma ini memungkinkanmu mendapatkan pemberian pemberian dana tanpa perlu menjaminkan aset apapun. Suku bunga yang disediakan juga masih terjangkau, dengan masa tenor yang bisa kamu pilih.

Pengajuan KTA dari banyak sekali penyedia pinjaman mampu kau kerjakan lewat CekAja.com.

Semua transaksi perbandingan dan pengajuan dijamin terpercaya, alasannya CekAja.com telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini saatnya membandingkan dan ejekan KTA untuk berbagai kebutuhanmu.