0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tips Memelihara Kucing Anggora Biar Bulunya Tetap Lembut Dan Menawan

Meowholic niscaya telah enggak aneh lagi dengan kucing ras anggora. Jenis ini memang banyak dicari alasannya bulunya yang super lebat dan juga lembut. Namun untuk perawatannya sendiri, kucing yang termasuk manja ini dianggap sukar-susah gampang. Makanya, penting bagi kau buat kepoin tips memelihara kucing anggora berikut ini.

tips memelihara kucing anggora

Diantara jenis kucing yang lain, kucing anggora merupakan primadona bagi meowholic khususnya di Indonesia.

Betapa tidak, bulunya yang lembut dengan bentuk badan mayoritas panjang dan langsing, membuat kucing anggora banyak dicari untuk dijadikan peliharaan.

Selain itu, faktanya kucing anggora juga dikenal lebih senang berdekatan dengan pemiliknya.

Kucing jenis ini sangat aktif terutama dikala bermain dan membutuhkan perhatian lebih dibandingkan dengan kucing yang lain.

Sehingga tak heran, jikalau kebanyakan pecinta kucing menganggap kalau memelihara kucing anggora itu bukanlah masalah gampang.

Terutama kau harus tetap mempertahankan dan merawat kesehatan badan serta bulunya biar kucing tetap tampaklucu nan menawan.

Nah, sebelum membicarakan lebih jauh perihal kiat memelihara kucing anggora, sebaiknya ketahui dulu ciri-ciri dari kucing anggora orisinil agar nantinya enggak salah membeli. Mengingat kucing jenis ini mempunyai kesamaan rupa dengan kucing persia.

Ciri-ciri Kucing Anggora Asli

Untuk membedakan dengan jenis kucing lainnya, berikut ciri-ciri dari kucing anggora yang perlu kau pahami dan dijadikan patokan dikala ingin membelinya.

  • Memiliki bentuk kepala segitiga terbalik

Bila dilihat sekilas, tidak ada perbedaan yang mencolok pada bagian kepala kucing anggora dengan jenis lainnya.

Namun bergotong-royong kucing jenis ini memiliki bentuk kepala yang unik, yaitu segitiga terbalik dengan bagian atas kepala lebar, hidung mancung, serta kedua indera pendengaran yang membentuk segitiga saling berdekatan.

Begitu pula dengan bulu pada bab kepalanya, yang mana relatif tidak terlampau panjang dan berlainan dari jenis kucing persia.

  • Bentuk tubuhnya langsing dan struktur tulang terlihat

Umumnya, bentuk tubuh pada kucing anggora ialah langsing dan panjang. Dimana bab tulang belakangnya sedikit lebih tinggi ketimbang bab depan tubuh si kucing.

Bahkan dikala anggora mengalami kenaikan bobot tubuh yang banyak, kucing ini tetap mempunyai tonjolan tulang yang terlihat terang.

  • Bentuk kaki jenjang

Beralih dari bentuk badan, berikutnya kucing anggora rata-rata mempunyai bentuk kaki yang jenjang alias tinggi.

Dengan begitu, ketika beliau berjalan, bentuk kaki yang jenjang dan badan yang langsing serta bulu mempesona, terperinci saja membuat kucing anggora terlihat lucu bagi semua orang yang memeliharanya.

  • Berbulu lebat menyesuaikan ekspresi dominan

Ciri berikutnya dari kucing anggora yang tak kalah unik adalah bulunya lebat tetapi tergantung dari demam isu.

Ya, pertumbuhan bulu pada kucing anggora memang dapat diubahsuaikan dengan kondisi cuaca di lingkungan beliau tinggal.

Misal pada cuaca dingin, bulu kucing anggora bakal lebih singkat tumbuh dan relatif halus. Berbeda halnya dikala cuaca panas, yang mana perkembangan bulu justru lambat sehingga tampakpendek.

  • Bulu ekornya dapat mengembang

Bila dilihat lebih erat, bulu ekor kucing anggora itu sangat tebal dan lebat dibandingkan bab kepala.

Bahkan, hampir semua jenisnya memiliki bulu ekor yang mampu mengembang dengan sendirinya seperti mirip ekor musang. Sangat unik dan lucu bukan?

(Baca Juga: Memelihara Kucing dikala Hamil Berbahaya? Jangan Khawatir, Ini Cara Amannya)

Tips Memelihara Kucing Anggora

Selain ciri-ciri fisik, kucing anggora juga mempunyai aksara yang bahagia diajak bermain dan aktif.

Jenis kucing ini juga sangat suka jika berada erat dengan pemiliknya. Bagaimana? Tertarik memelihara kucing anggora?

Sebelum itu, simak dulu tips memelihara kucing anggora berikut ini mirip yang dilansir dari berbagai sumber, biar tetap higienis dan bulunya lebat terawat.

1. Siapkan kandang yang luas

Enggak perlu memiliki kandang glamor dengan bermacam-macam peralatan mumpuni untuk merawat kucing anggora, alasannya adalah bantu-membantu ras yang satu ini hanya membutuhkan sangkar luas. Mengingat, karakteristiknya yang aktif dan gemar bermain.

Sementara untuk ihwal kebersihan kandang, kau mampu membersihkannya seminggu sekali.

Hal ini guna menjaga kesehatan si kucing dari kuman maupun penyakit yang biasanya menempel pada sangkar yang kotor.

Selain itu, sediakan pula pasir zeolit di dalam sangkar untuk digunakan sebagai ganjal maupun daerah buang air kucing anggora.

Soalnya, pasir tersebut selain dapat di recycle juga banyak tersedia di pet shop.

Namun sayangnya, pasir zeolit ini mempunyai kelemahan yang mana tidak menggumpal ketika terkena kotoran dari buang air si kucing.

Sehingga penting bagi kamu untuk sering mengubah pasir tersebut idealnya tiga hari sekali.

2. Rutin menyisir bulu sekurang-kurangnyadua hari sekali

Tips memelihara kucing anggora yang berikutnya yakni dengan berkala menyisir bulunya sekurang-kurangnyadua hari sekali.

Hal ini bukan tanpa argumentasi, mengenang kucing anggora diketahui selaku salah satu ras kucing yang mempunyai bulu lebat utamanya pada bagian ekor.

Agar bulu kucing anggora tetap tampakmenarik, kamu mampu memakai sisir metal dengan bentuk bergerigi panjang yang banyak dijual di pet shop.

Selain gunanya untuk mempertahankan penampilan si kucing, dengan berkala menyisir bulunya bakal meminimalisir risiko tertelan hairball atau bola bulu yang dapat menyumbat akses pencernaan kucing.

3. Dimandikan tiap dua bulan sekali

Khusus kucing anggora, kamu tidak mampu memandikannya berkala sepekan sekali atau bahkan dua hari sekali ya.

Karena dalam tips memelihara kucing anggora yang tepat yakni mandikan si kucing minimal dua bulan sekali.

Memandikan kucing anggora secara berkala justru membuat bulunya rontok, akhir terlalu ringkih.

Perlu dikenang pula, dikala si kucing dimandikan, gunakan shampo anti rontok yang mengandung vitamin A dan B1, salah satunya mirip D&C Shampo.

4. Bersihkan pula anggota tubuhnya

Satu lagi tips memelihara kucing anggora yang dihentikan kamu lewatkan, yakni membersihkan indera pendengaran, kuku, dan juga gigi.

Untuk bab telinga, kamu mampu menggunakan cotton ball setidaknya dua ahad sekali.

Karena jikalau tidak dibersihkan secara rutin, kucing anggora mampu mengalami dilema kesehatan seperti tuli yang dianggap paling kerap menyerang ras ini.

Apabila sudah dibersihkan, maka bab dalam indera pendengaran akan tampak berwarna pink dan tidak lagi mengeluarkan anyir amis.

Tapi berlainan kondisinya bila pendengaran masih terlihat gelap, yang bermakna masih ada sisa kotoran menempel di dalamnya.

Khusus bagian kuku, kamu mampu merawat kebersihannya dengan berkala memangkas kuku si kucing setiap dua minggu atau satu bulan sekali.

Enggak perlu menenteng kucing anggoramu ke salon loh, kau bisa kerjakan pemotongan kukunya sendiri dengan cara potong kuku bagian luar saja yang berwarna putih.

Sedangkan untuk bab gigi, bisa diajarkan apalagi dulu pada kucing anggora milkmu supaya beliau sudah biasa.

Kamu mampu mengoleskan pasta gigi khusus kucing mirip Bioline dan Virbac C.E.T. Ingat, gunakan pula sikat gigi halus yang memang didedikasikan khusus menyikat gigi kucing anggora.

5. Perhatikan dan jaga pola makan si kucing

Obesitas menjadi salah satu dilema yang sering dihadapi oleh semua jenis kucing.

Sehingga penting halnya pula buat kau menerapkan tips memelihara kucing anggora yang satu ini.

Ya, mempertahankan pola makan si kucing sangat direkomendasikan untuk menghemat problem kesehatan yang berhubungan dengan bobot tubuhnya.

Sesuai dengan anjuran, kau bisa memberi kucing anggoramu porsi kuliner yang mengandung 40 persen atau bahkan lebih protein.

Berikan makanannya 2 kali dalam sehari, saat pagi dan sore hari.

Ingat, jangan lebih dari itu, alasannya adalah asupan yang diberi dalam jumlah banyak justru bakal menciptakan kucing anggora kekenyangan dan memiliki potensi obesitas.

6. Pemeriksaan medis secara bersiklus

Sebagai upaya memperpanjang umur kucing anggora, kamu dapat melakukan investigasi secara rutin ke dokter binatang walaupun si kucing dalam kondisi sehat.

Di sana, kucing anggora milkmu bakal diberikan vaksin yang sempurna untuk berkembang kembangnya, dimana idelanya kucing anggora mampu bertahan hidup selama 10 sampai 18 tahun.

7. Beri perhatian lebih

Tips memelihara kucing anggora yang terakhir yakni dengan senantiasa memberikannya perhatian dan kasih sayang.

Karena jenis kucing yang satu ini memiliki sifat manja kepada pemiliknya. Ia bahkan sangat bahagia jika diajak bermain bareng .

Jika tidak diberi kasih sayang, kucing anggora lazimnya akan pertanda pergeseran sikap yang drastis.

Makanya sebelum memelihara kucing anggora, pertimbangkan dahulu apakah kamu bisa merawat dan memberikannya perhatian maupun kasih sayang secara terus-menerus.

Jika tidak, seharusnya pelihara saja jenis kucing yang lain.

Makara, apakah kamu bisa untuk menerapkan tips memelihara kucing anggora di atas?

Untuk memudahkanmu selama merawat kucing kesayangan, bisa gunakan kartu kredit ketika membeli aneka macam peralatan yang diperlukan.

Tingkat kebutuhan yang kian meningkat terang saja membuat harga jualnya pun meroket.

Maka dari itu, Kredivo hadir sebagai penyelesaian instan bagi penduduk yang ingin berbelanja berbagai kebutuhan hidup tanpa mesti pusing menimbang-nimbang besaran ongkos yang dikeluarkan.

Melalui platform ini, kamu bisa melakukan belanja tanpa kartu kredit atau meminjam dana tunai cepat.

Hanya butuh waktu 1 menit, maka Kredivo akan eksklusif memproses cicilan kau.

Tertarik? Lengkapi dahulu syarat dan dokumen yang diminta, antara lain seperti:

  • Berstatus WNI dengan menambahkan bukti KTP dan swafoto diri
  • Pengajuan kredit harus berusia sekurang-kurangnya18 tahun dan optimal 60 tahun
  • Berdomisili Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang, Sukabumi, Bali, Cirebon, Malang, dan Makassar
  • Menyertakan bukti daerah tinggal hubungkan dengan akun e-commerce
  • Berpenghasilan minimum Rp3 juta
  • Menyertakan bukti penghasilan dengan hubungkan akun internet banking dari rekening honor atau NPWP