0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Memakai Wattpad, Wadahnya Para Penulis Berkarya

Bagi kamu yang bahagia membaca buku dan menulis, cara memakai Wattpad tampaknya menjadi salah satu hal yang perlu untuk dikenali.

Terutama ketika masih dihimbaunya untuk melaksanakan isolasi diri di rumah ditengah pandemi corona yang masih mewabah, menggunakan Wattpad mampu menjadi alternatif terbaik untuk mengisi waktu luang.

Hanya saja, mungkin diantara kau masih belum terlalu familiar dengan Wattpad, terlebih dengan cara menggunakannya.

(Baca Juga: Review Aplikasi Zoom, Aplikasi yang Sedang Ngetren untuk Rapat Online)

Maka dari itu, di dalam peluang kali ini kita akan membahas ihwal cara gampang menggunakan Wattpad untuk pemula, khusus untuk kau yang gemar menulis dan membaca.

Tetapi sebelum kita menuju ke pokok pembahasan, pahami dahulu yuk beberapa kegunaan atau fungsi utama dari aplikasi Wattpad.

Kegunaan Utama Wattpad dan Cara Menggunakan Wattpad

Kegunaan Utama Wattpad

  • Membaca Buku Gratis

Wattpad merupakan aplikasi yang memang terkonsentrasi pada penyedia bermacam-macam bahan bacaan secara gratis.

Hanya dengan mengunduh aplikasinya di ponsel melalui Goole Play Store ataupun mengakses situsnya di internet, kamu sudah bisa menikmati bermacam-macam buku online secara gratis.

Tidak cuma itu saja, bahan bacaan yang ada pun juga mampu disesuaikan dengan genre yang diminati, mulai dari teen fiction, fan fiction, thriller, sampai kisah dengan klasifikasi 18+ pun juga ada.

  • Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Karena banyaknya materi bacaan yang disediakan oleh Wattpad, maka tak aneh kalau aplikasi satu ini juga bisa dipakai selaku media untuk menambah pengetahuan dan pengetahuan. Ingatlah bahwa membaca merupakan pintu ilmu pengetahuan.

  • Wadah untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Jika kau gemar menulis dan ingin bebas berkarya sambil menerima penghasilan pelengkap dan karya menulismu, maka Wattpad mampu dijadikan selaku wadah yang sempurna.

Di Wattpad, kamu akan menerima potensi untuk mampu menandakan karya menulismu kepada banyak orang.

Bahkan, tak jarang lho banyak sekali buku-buku yang berhasil menarik minatpara penerbit alasannya adalah sang penulis yang cukup aktif menggunakan Wattpad. Inilah waktu yang sempurna bagimu untuk bisa mengambarkan bakat di bidang tulis-menulis.

Cara Menggunakan Wattpad

Dilansir dari brilio.net, terdapat 6 langkah cara memakai Wattpad yang bisa dipraktekan dengan begitu mudahnya untuk para pemula, yakni adalah:

1. Akses Wattpad lewat PC atau Smartphone

Langkah pertama dalam cara memakai Wattpad ialah dengan mengunduh aplikasi Wattpad di smartphone maupun membuka situs Wattpad di https://www.wattpad.com/.

2. Melakukan Registrasi dan Memilih Kategori

Langkah berikutnya yaitu dengan melakukan registrasi dan menentukan klasifikasi bacaan. Bagi kau yang sudah mempunyai akun gmail, maka kau mampu login memakai akun gmail yang dimiliki.

Namun bila tidak, maka kamu diharuskan untuk melakukan registrasi apalagi dulu dengan mengisi data diri seperti username, email, password, dan tanggal ulang tahun.

Setelah proses pendaftaran final, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih klasifikasi, apakah kau memakai Wattpad untuk membaca atau menulis.

Jika kamu menentukan klasifikasi “membaca” maka kau bisa bebas membaca seluruh novel-novel yang ada.

Dan jika kau memilih klasifikasi “menulis”, maka kau juga berhak mempublikasikan karya tulismu biar mampu dibaca oleh pengguna Wattpad yang lain.

3. Pembaca di Wattpad

Cara memakai Wattpad bagi kamu yang memilih kategori “pembaca” ialah kamu mampu pribadi menuju ke menu “Discover” dan seleksilah genre novel yang disuka, mulai dari petualangan, romantis, action, dan lain-lain.

Setelah itu, biasanya Wattpad akan memberikanmu beberapa rekomendasi judul buku yang dianggap memenuhi tolok ukur dan kamu senangi.

Nah, apabila usulan buku tersebut tidak ada satupun yang mempesona perhatianmu, maka kamu juga bisa mencari judul-judul novel yang lain.

Tidak hanya itu, kau juga mampu melihat novel yang sedang trending ataupun mengetik eksklusif judul buku yang kamu harapkan di kolom “Search”.

Jika kamu sudah memperoleh buku yang dicari, maka kau yang tinggal klik “Read” dan mulai membaca.

Setiap novel yang kamu baca akan secara otomatis masuk ke dalam “Library” milikmu. Jadi, kalau kamu mampu dengan mudahnya melanjutkan membaca kalau ada buku yang belum sukses kamu selesaikan.

4. Penulis di Wattpad

Lalu, bagaimana cara menggunakan Wattpad untuk penulis? Caranya tak kalah gampang lho. Ketika kamu sudah sukses masuk ke dalam akun Wattpad yang sudah kamu buat sebelumnya, maka kamu bisa eksklusif melihat tombol “Create New Story” yang terletak di ujung sebelah kanan.

Setelah itu, kamu telah mampu eksklusif berkarya. Mulai dari sampul buku, judul, sinopsi, sampai para aksara mampu segera kamu buat berdasarkan imajinasi yang dimiliki.

Untuk sampul bukunya itu sendiri, pihak Wattpad menyarankan untuk membuat sampul buku dengan menggunakan aplikasi Canva biar tidak terlalu sukar, utamanya untuk pemula.

Setiap kisah yang kamu tulis dapat dimasukan ke dalam draft maupun dipublikasikan secara eksklusif.

Nah, jika kau menentukan untuk pribadi mempublikasikannya, maka setiap pengguna Wattpad bisa pribadi membacanya lho.

Jangan lupa juga untuk menentukan genre dari buku yang kamu tulis ya. Karena ini sungguh penting untuk memilih sasaran dari pembacamu itu sendiri.

Selain itu, pastikan pula untuk mendeskripsikan ceritamu sebagus mungkin, supaya para pembaca menjadi kepincut.

5. Bergabung dan Aktif di Dalam Komunitas

Jika kamu masih merupakan pemula, maka sebaiknya bergabunglah ke dalam komunitas pembaca maupun penulis di Wattpad.

Usahakanlah untuk aktif, sebab dari sanalah kamu bisa menerima banyak ilmu-ilmu gres perihal dunia Wattpad itu sendiri.

Kamu dan pengguna lainnya bisa saling memberikan sumbangan sekaligus berdiskusi tentang bacaan-bacaan favorit satu sama lain.

Selain itu, dengan sering berinteraksi dengan sesama pengguna, kau juga mampu mendapatkan sobat dan relasi baru, yang tidak menutup kemungkinan akan memberikanmu peluang gres di dunia tulis-menulis.

6. Tips Agar Karya di Wattpad Mendapatkan Banyak Pembaca

Setelah mengenali cara memakai Wattpad yang gampang untuk pemula, maka berikutnya kau juga perlu mengetahui wacana beberapa kiat biar karya tulis yang kamu buat bisa mendapatkan banyak pembaca. Beberapa tipsnya yaitu sebagaimana berikut ini:

Buatlah Judul yang Menarik

Meskipun ada pepatah yang mengatakan “Don’t Judge a Book by Its Cover” tetapi tetap saja tidak dapat dipungkiri bahwa judul dan sampul buku yang menarik memang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain menarik, jangan lupa juga untuk menciptakan judul yang mampu merepresentasikan dongeng novelmu secara keseluruhan, biar gampang diingat oleh pembaca.

Bagikan Tulisan ke Media Sosial

Jika kau menggunakan media umum mirip Instagram, Twitter, atau Facebook, jangan malu untuk bagikan link tulisanmu di akun media umum.

Link bisa kau masukan ke dalam bio akun media umum semoga sahabat-teman, anggota keluarga, ataupun followers-mu bisa melihatnya.

Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan pembacamu bisa makin bertambah. Meskipun cara satu ini tergolong tidak mudah dan cenderung memerlukan waktu yang relatif lama, namun tidak ada salahnya untuk berusaha. Karena biasanya perjuangan tidak akan mengkhianati hasil.

Aktif Memberikan Feedback pada Pengguna Lain

Jika kau ingin tulisanmu mendapatkan feedback dari pengguna lain, maka kamu juga harus rajin untuk memperlihatkan feedback terhadap pengguna lain.

Siapa tahu, sang penulis akan turut membaca ceritamu juga dan membawa serta pembaca lainnya.

Konsisten dalam Menulis

Ketika kau memutuskan untuk mulai membuat karya di Wattpad, maka dikala itu pula kau juga mesti siap untuk konsisten.

(Baca Juga: Orang-orang Ini Berhasil Menjadi Kaya Karena Menulis)

Ditambah lagi bila telah mempunyai pembaca, jangan pernah membuat mereka kecewa karena mesti menanti terlalu usang untuk part berikutnya, apalagi jikalau ceritamu justru berhenti di tengah-tengah tanpa ada kelanjutannya.

Jadi, cara menggunakan Wattpad tidak terlampau susah, bukan? Yuk cari tahu lagi aneka macam gosip yang lain perihal lifestyle, finansial, hingga informasi terkini di CekAja.com.