0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Memakai Sipp Online, Dari Pendaftaran Hingga Cetak Laporan

Bisa memudahkan para karyawan dalam mengorganisir laporan mutasi data kepesertaan, aplikasi SIPP (Sistem Informasi Pelaporan Peserta), sudah mulai dipakai oleh banyak perusahaan di Indonesia. Tergolong baru, apa kamu telah tahu bagaimana cara memakai SIPP online? Yuk cari tahu di sini!

Cara Menggunakan SIPP Online, dari Registrasi hingga Cetak Laporan

Apa Itu SIPP Online?

Sebelum membicarakan cara memakai SIPP online, mari kita mengenal terlebih dahulu perihal aplikasi SIPP online berikut ini.

SIPP online merupakan sebuah aplikasi milik Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, di mana berfungsi untuk mengurus data tenaga kerja akseptor BPJS Ketenagakerjaan, yang sungguh mudah diakses.

Berbeda dengan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan ialah suatu perlindungan yang dibentuk oleh pemerintah, yang dikhususkan untuk para pekerja, baik karyawan, wiraswasta, buruh, sampai profesional.

Nah, alasannya zaman kini teknologi sudah mulai mutakhir, dan bisa membuat segala hal jadi gampang, pemerintah alhasil menciptakan aplikasi SIPP online.

Layanan ini dibuat untuk membantu sebuah perusahaan, dalam mengelola BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki para karyawan mereka.

Kelebihan Aplikasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mengetahui cara menggunakan SIPP online, sebaiknya cari tahu dahulu apa yang menjadi keunggulan aplikasi ini. Hal tersebut dijalankan supaya kau tidak galau ketika menggunakannya nanti.

(Baca Juga: Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan)

  • Karena bersifat online, sehingga gampang untuk digunakanan kapan saja dan di mana saja.
  • Tidak seperti saat daftar pribadi ke kantor cabang BPJS, di aplikasi ini kamu mampu melaksanakan registrasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat, selama dokumen patokan sudah dipenuhi oleh akseptor dan diupload oleh pengelola data tenaga kerja.
  • Aplikasi dibentuk dengan tata cara user friendly, sehingga bisa memudahkan bagian human resource untuk mengurus data karyawan yang didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Jika mempunyai kendala dalam mengelola data karyawan, kamu bisa eksklusif menelepon customer care maupun relationship officer, di nomor 1500910.

Apa Itu SIPP Online berikut Kelebihan Manfaat dan Cara Menggunakan

Manfaat Aplikasi SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

  • Bisa menginput data baru, mengedit data atau update data, mirip profil tenaga kerja, sampai gosip anggota keluarga. Untuk penambahan nama gres, kamu bisa menentukan secara individu atau massal.
  • Bisa dipakai untuk membuat laporan honor dan monitoring iuran, hingga status pembayaran.
  • Bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Ada beberapa sistem pembayaran yang mampu diseleksi, mulai dari transfer lewat ATM, internet banking, sampai lewat minimarket.
  • SIPP online juga mampu menghalangi adanya potensi kecurangan, alasannya SIPP online akan menampilkan data yang telah tervalidasi. Misalnya dikala ada kegiatan pengambilan Jaminan Hari Tua (JHT) bodong, di mana karyawan seakan-akan keluar dari perusahaan dengan surat informasi palsu biar JHT mampu dicairkan.

Sebelum memakai SIPP online, pastikan kamu terdaftar selaku akseptor BPJS Ketenagakerjaan dahulu ya.

Pasalnya, ketika masuk aplikasi, kau akan mencantumkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan). Berikut cara menggunakan SIPP online, mulai dari registrasi hingga monitoring iuran.

Cara Menggunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

  • Registrasi

Bagi kau kandidat pendaftar, bisa langsung kunjungi situsnya di sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id.

  1. Klik tombol Daftar Login untuk memasuki form pendaftaran
  2. Isi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna. Masukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi. Jika NPP terdaftar, maka otomatis Nama Perusahaan akan terisi, kemudian klik Next
  3. Muncul field Data User Login, kemudian isi Email, Password, dan Ulangi Password. Klik Next
  4. Lalu akan timbul Data User KPJ. Isi Data User KPJ yang berisi field perihal Nomor Peserta (KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Handphone. Kemudian klik Daftar
  5. Verifikasi nomor handphone dan akan mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone yang telah dicantumkan.
  6. Selanjutnya pendaftar akan mendapatkan email untuk aktivasi akun pada aplikasi SIPP. Proses registrasi pun simpulan.

Setelah kamu melakukan pendaftaran, selanjutnya kamu mampu memakai aneka macam macam menu dan fitur dari SIPP online, mulai dari cara tambah tenaga kerja, upload upah, upload tenaga kerja non aktif, hitung iuran, finalisasi, monitoring iuran, sampai laporan.

Cara Menggunakan Menu dan Fitur SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

1. Tambah Tenaga Kerja

  • Pertama klik menu tombol Tambah Taman Kanak-kanak
  • Lalu akan muncul pop up opsi tambah tenaga kerja, Tambah Individu atau Tambah Massal (Upload). Kemudian klik Pilih
  • Jika kau klik Tambah Individu, maka aplikasi akan menampilkan pop up opsi tenaga kerja sudah memiliki KPJ atau belum
  • Selanjutnya jika kamu klik “Sudah”, maka akan muncul field untuk melakukan input KPJ untuk tenaga kerja yang akan didaftarkan. Kemudian klik Lanjut, bila sukses, maka aplikasi akan menampilkan pop up Berhasil
  • Form Tenaga Kerja timbul untuk dilengkapi. Yang pertama mesti dilengkapi adalah Profil Tenaga Kerja. Kemudian klik Lanjut
  • Lakukan pengisian anggota keluarga jika telah memiliki istri maupun anak. Setelah selesai mengisi klik Simpan
  • Aplikasi akan mengirimkan konfirmasi sesuai dengan data-data yang telah diisi. Apabila semua data sudah sesuai, berikutnya klik Simpan dan aplikasi akan memperlihatkan pop up berhasil
  • Untuk menentukan data terekam, kau bisa kunjungi halaman utama lalu pilih LoV peserta baru. Maka aplikasi akan memperlihatkan data peserta baru yang sudah di input
  • Jika kamu pilih hidangan Tambah Massal (Upload), maka aplikasi akan menampilkan form Upload Tenaga Kerja Baru. Untuk melakukan upload data tenaga kerja hal pertama yang harus dikerjakan ialah klik Download Template
  • Aplikasi akan men-download template dalam format excel yang di dalamnya berisi field data-data tenaga kerja baru
  • Setelah itu, kamu mampu langsung melaksanakan upload file template tersebut dengan cara klik Choose File lalu pilih nama template file yang telah di-download. Lalu klik Upload
  • Apabila salah, aplikasi akan memperlihatkan pop up gagal upload. Kemudian akan ditampilkan juga argumentasi kenapa terjadi gagal upload.
  • Setelah melaksanakan perbaikan pada file template, selanjutnya klik Upload Ulang. Aplikasi akan memperlihatkan kembali halaman untuk upload file
  • Apabila data pada file template yang di-upload telah benar maka akan timbul pop up berhasil.

2. Upload Upah

  • Pertama kau klik sajian Upload Upah
  • Aplikasi akan memperlihatkan form Upload Upah Tenaga Kerja. Untuk melaksanakan upload data upah tenaga kerja hal pertama yang mesti dikerjakan ialah klik Download Template
  • Aplikasi akan men-download template dalam format excel yang di dalamnya berisi field data-data upah tenaga kerja
  • Setelah melaksanakan pengisian pada template yang sudah di-download, maka dapat melakukan upload file template tersebut dengan klik Choose File lalu pilih nama template file yang sudah di-download. Lalu klik Upload
  • Apabila data pada file template yang di-upload sudah benar maka akan muncul pop up berhasil

3. Upload Tenaga Kerja Non Aktif

  • Pertama kamu klik menu Upload TK NA,
  • Aplikasi akan memperlihatkan form Upload Tenaga Kerja Non Aktif. Untuk melaksanakan upload data upah tenaga kerja hal pertama yang harus dilaksanakan yakni klik Download Template
  • Aplikasi akan men-download template dalam format excel yang di dalamnya berisi field data-data tenaga kerja non aktif
  • Setelah melaksanakan pengisian pada template yang telah di-download, maka mampu melaksanakan upload file template tersebut dengan cara klik Choose File kemudian pilih nama template file yang sudah di-download. Lalu klik Upload
  • Apabila data pada file template yang di-upload telah benar, maka akan muncul pop up berhasil

4. Hitung Iuran

  • Pertama kau klik menu Hitung Iuran, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Aplikasi akan langsung melakukan proses penghitungan iuran sesuai dengan data jumlah tenaga kerja serta upah perusahaan. Apabila semua data telah sesuai, maka aplikasi akan memperlihatkan pop up sukses
  • Kemudian, akan ditampilkan data jumlah upah+rapel, iuran tenaga kerja, iuran perusahaan, dan jumlah totalnya

5. Finalisasi

  • Ketika proses perkiraan iuran sudah simpulan, selanjutnya kamu klik menu Finalisasi
  • Aplikasi akan memperlihatkan pop up Konfirmasi Finalisasi. Apabila semua uraian yang ada pada pop up tersebut sudah sesuai, maka klik Lanjut Pembayaran
  • Aplikasi akan memperlihatkan kembali pop up untuk menentukan konfirmasi bahwa percaya untuk melakukan finalisasi tenaga kerja. Bila percaya maka klik Ya
  • Setelah itu aplikasi akan menampilkan halaman Informasi Iuran Perusahaan. Pada halaman ini akan ditampilkan Kode Iuran, Nama Perusahaan, dan Bulan
  • Iuran. Perusahaan bisa menentukan akan memakai tata cara pembayaran melalui channel diharapkan

6. Monitoring Iuran

Pada hidangan Monitoring Iuran, aplikasi akan memperlihatkan data iuran perusahaan dan data jumlah total iuran serta status pembayarannya.

(Baca Juga: Cara Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan)

7. Laporan

Nah, untuk hidangan Laporan, akan tersedia sejumlah opsi untuk mencetak laporan F1A (Tenaga Kerja Baru) sampai Perubahan Umur 56 Tahun. Untuk mencetak Laporan formulir terpilih, caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama kami klik hidangan Laporan
  • Pilih salah satu Laporan yang dinginkan: F1A (Tenaga Kerja Baru), F1B (Tenaga Kerja Keluar), F1B (Tenaga Kerja Keluar), F2A (Rincian Upah), F2 (Rincian Iuran), atau Perubahan Umur 56 Tahun, lalu pilih tanggal kemudian klik Download
  • Aplikasi akan memperlihatkan laporan yang diseleksi dan tersedia opsi untuk men-download laporan terpilih tersebut

Nah, itu ia beberapa info terkait SIPP online BPJS Ketenagakerjaan, adalah cara memakai SIPP online mulai dari cara pendaftaran kandidat penerima, mengkalkulasikan iuran hingga mencetak laporan.

Nah, agar kau mendapat kemudahan setiap transaksi pembayaran apapun, kau bisa usikan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan mu. Dengan kartu kredit yang cocok dengan keperluan mu, proses pembayaran akan lebih gampang dan cepat.

Yuk, bagi yang belum punya kartu kredit, olok-olokan secepatnya kartu kredit opsi kau dengan gampang, cuma di CekAja.com!