0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Klaim Token Listrik Gratis Terlengkap Beserta Ketentuannya

Tidak hanya dari segi kesehatan, pandemi Covid-19 di Indonesia juga menawarkan imbas jelek, bagi ekonomi masyarakat dan negara. Tidak adanya penghasilan, menciptakan sebagian masyarakat sukar untuk bertahan hidup. Bagusnya, sekarang pemerintah mulai memberikan keringanan, dengan menawarkan donasi berupa cara klaim token listrik gratis, terhadap penduduk .

cara klaim token listrik gratis terlengkap beserta ketentuannya

Kebijakan tersebut setidaknya telah pernah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, pada simpulan Maret 2020 lalu. Kebijakan tersebut juga akan berlaku selama tiga bulan, mulai dari April, Mei, dan Juni.

Pemerintah Siapkan Dana Rp3,5 T untuk Token Listrik Gratis

Setidaknya pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar Rp3,5 triliun, demi bisa membantu merenggangkan beban penduduk di tengah pandemi Covid-19 ini.

Tidak cuma itu, akomodasi klaim token listrik gratis, selama tiga bulan ini mampu diperoleh 24 juta konsumen PLN, yang menggunakan daya 450 VA.

Sedangkan untuk pelanggan PLN yang memakai 900 VA bersubsidi, juga akan diberikan dispensasi, ialah berupa potongan harga 50 persen selama tiga bulan, kepada 7 juta konsumen.

Ketentuan Klaim Token Listrik Gratis dari PLN

Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara klaim token listrik gratis dari PLN, mari simak ketentuan lengkapnya apalagi dulu.

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi)

Ketentuan Klaim Token Listrik Gratis dari PLN

1. Pelanggan dengan klasifikasi reguler atau pascabayar, maupun prabayar

Meski mampu diperoleh oleh dua kategori pelanggan di atas, namun prosedur untuk menerima klaim token listrik gratis antara konsumen pascabayar dan prabayar berbeda. Berikut perbedaan mekanismenya:

  • Pelanggan Pascabayar (450 VA)

Diketahui, pelanggan PLN dengan kategori pascabayar, merupakan pelanggan yang bisa memakai listrik dulu, gres bayarnya belakangan. Sehingga, berapapun pelanggan tersebut memakai listrik, dia tidak butuhmembayarnya selama 3 bulan berturut-turut.

  • Pelanggan Prabayar (450 VA)

Kebalikannya dengan pelanggan pascabayar, pelanggan prabayar, pasti akan membayar dulu ongkos listrik sesuai keperluan, baru mampu menggunakannya. Di kebijakan ini, pelanggan prabayar akan mendapatkan token listrik gratis selama tiga bulan.

Namun, untuk besaran token grati sendiri, akan diberikan setara pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Kaprikornus, besaran token yang diberikan, tentunya akan diadaptasi dengan keperluan, dan tidak akan kelemahan

2. Pelanggan 900 VA Hanya Dapat Diskon 50%

Jika konsumen 450 VA mampu mendapatkan klaim token listrik gratis 100 persen, nyatanya tidak untuk para pelanggan PLN yang memakai 900 VA. Karena, mereka cuma mampu mendapatkan diskon 50 persen.

Selain itu, tidak semua pelanggan 900 VA, bisa menikmati diskon 50 persen. Karena, jumlahnya dibatasi, dan hanya ada 7 juta pengguna daya 900 VA bersubsidi, yang hendak menerima belahan.

Untuk mekanisme tunjangan diskonnya, juga hampir sama dengan prosedur klaim token listrik gratis, pada pengguna 450 VA. Di mana pembagiannya dibedakan sesuai dengan klasifikasi pelanggan, pascabayar dan prabayar.

Selain itu, dari 7 juta pengguna PLN berdaya 900 VA, tidak semuanya mampu mendapatkan diskon. Pasalnya, potongan harga 50 persen yang diberikan, terhadap pelanggan 900 Va yang bukan kelompok Rumah Tangga Mampu (RTM).

Nah, sudah tahu ketentuan cara klaim token listrik gratis dari PLN bukan? Dari situ, kamu mampu tahu, apa kamu merupakan salah satu pelanggan, yang bisa menemukan kebijakan tersebut atau tidak.

Cara Klaim Token Listrik Gratis dari PLN

Jika, kau merasa memenuhi ketentuan kebijakan di atas, kamu mampu pribadi menjajal cara klaim token listrik gratis dari PLN ini. Bagaimana caranya? Yuk, simak rangkumannya berikut ini.

Setidaknya ada dua cara klaim yang mampu kau lakukan, adalah lewat situs web PLN dan Whatsapp PLN. Berikut cara klaim token listrik gratis untuk pengguna daya 450 VA, dan diskon 50 persen untuk pengguna daya 900 VA:

1. Cara Klaim Token Listrik Gratis Via Website PLN

  • Pertama, kamu buka situs resmi PLN di www.pln.co.id
  • Masuk ke sajian “Pelanggan”, dan menuju ke pilihan “Stimulus Covid-19”
  • Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
  • Token gratis akan ditampilkan di layar
  • Masukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID konsumen.

2. Cara Klaim Token Listrik Gratis Via Whatsapp PLN

  • Pertama buka aplikasi Whatsapp
  • Chat Whatsapp ke nomor 08122-123-123
  • Kirim pesan dengan mengetik no ID Pelanggan
  • Whatsapp PLN akan secara otomatis, menampilkan format pengisian, untuk menerima token gratis
  • Ikuti petunjuknya, dengan mengetik angka, alasannya PLN akan membalasnya mirip ini:

” Halo Electrizen

– Ketik 1 untuk berita Listrik Gratis/Diskon Stimulus Covid-19

– Ketik 2 untuk Baca Meter Mandiri pemakaian listrik (pascabayar)

Hotline PLN (instruksi area) 123″

  • Setelah menjawab dengan angka 1, PLN kemudian membalas agar pengguna memasukkan nomor ID konsumen. Lalu akan muncul mirip ini:

“Halo Electrizen, pemerintah memperlihatkan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA & Diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA Subsidi (sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) dan pelanggan Bisnis dan Industri 450 VA.”

“Silakan masukan ID konsumen/nomor meter Anda ya?”

  • Tak butuh waktu usang, token gratis dari PLN pribadi timbul, mulai dari isu bulan, nomor token, RP token, jenis transaksi (gratis/potongan harga stimulus PSBB)
  • Setelah kamu mendapatkan berita tersebut, kau mampu pribadi masukkan oken gratis tersebut ke meteran yang sesuai ID konsumen

(Baca Juga: Cara Menghemat Listrik Paling Efektif)

Sudah Coba Klaim Tapi Tak Lolos?

Ada banyak hal yang bisa membuat pengajuan klaim token listrik gratis kamu tak lolos. Jika tak lolos, kamu tidak akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan lewat OVO sampai 19 Juni 2020 (bagi konsumen pascabayar), maka kamu dinyatakan belum mendapatkan bantuan pada bulan berjalan.

Hal tersebut pun sama bagi pelanggan prabayar, alasannya bila tidak tertera pemberian dikala cek situs di situs web PLN, maka kamu juga dinyatakan tidak lolos verifikasi.

Berikut alasan mengapa kamu tidak lolos menerima bantuan klaim token listrik gratis:

  • Format ID pelanggan PLN tidak sempurna
  • Informasi yang diisi tak sesuai dengan bukti foto yang diunggah
  • Foto yang diunggah tidak sesuai dengan undangan info, yang mesti dipenuhi

Akan namun, bagi kamu yang belum lolos, masyarakat masih diberikan kesempatan untuk mengajukan lagi pada bulan selanjutnya.

Nah, itu dia beberapa info terkait bagaimana cara klaim token listrik gratis dari PLN. Adapun kebijakan pemerintah atas keringanan pembayaran listrik ini, memang sangat membantu dari sisi keuangan masyarakat, yang sangat terkena pengaruh Covid-19.

Akan namun, buat kamu yang tak mau keadaan keuangan keluarga menjadi ancaman besar, terlebih di tengah pandemi Covid-19 mirip ini, maka wajib banget buat kau, untuk ikut asuransi kesehatan. Mengapa?

Asuransi kesehatan mampu menjadi alat perlindunganmu, baik ketika kamu jatuh sakit balasan virus corona atau penyakit lainnya.

Pasalnya, ketika kamu sakit, keuangan keluarga akan tetap aman, tanpa memecah konsentrasi finansial yang sudah dibangun, untuk kebutuhan lain, seperti bayar listrik, PDAM, dan lain-lain.

Yuk, secepatnya ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!