0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Dapat Kuota Internet Gratis Dari Pemerintah, Gampang Banget!

Cara dapat kuota internet gratis dari pemerintah perlu dikenali para siswa dan pengajar di Indonesia. Pemerintah lewat Kemendikbud akan memberikan subsidi kuota gratis sampai Desember 2020 nanti.

Di kurun pandemi ini, seluruh acara yang memicu perkumpulan yang mengakibatkan hingar bingar terpaksa dilarang guna menekan persebaran Covid-19.

Demikian pula dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun di universitas yang harus diganti dengan metode belajar online. Istilah ini juga disebut dengan kegiatan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Pengajar dan siswa cuma mampu terhubung secara virtual, lewat gadget, aplikasi video call atau chat messanger, dan tentu saja memerlukan kuota internet.

PJJ ini kemudian menjadikan pro dan kontra, karena dinilai kurang efektif, dan menyusahkan siswa untuk mengetahui materi pelajaran yang ada.

Belum lagi dengan kekurangan saluran dan kuota internet, serta kepemilikan gadget bagi sebagian orang. PJJ akan memperbesar ongkos per keluarga untuk memfasilitasi acara belajar mengajar tersebut, yang dinilai memberatkan.

Meskipun begitu, acara PJJ memang diberlakukan sebab argumentasi mencegah persebaran Covid-19 di lingkungan sekolah yang didominasi oleh anak-anak dan orang akil balig cukup akal usia produktif.

(Baca Juga: Tips Cara Menghemat Kuota Internet Agar tidak Cepat Habis)

Kemendikbud Siapkan Rp7,2 Miliar untuk Subsidi Kuota

Karena PJJ masih berlaku sampai sekarang, maka kuota internet sangat penting untuk menunjang PJJ.

Setelah kegiatan PJJ sudah berlangsung 6 bulan lamanya, pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) risikonya mempersiapkan alokasi dana khusus untuk subsidi kuota internet.

Tak tanggung-tanggung, sekitar Rp7,2 miliar disiapkan untuk mengantarkan kuota internet bulanan bagi siswa dan pengajar (guru dan dosen) di tingkat PAUD, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, hingga Perguruan Tinggi.

Kuota internet ini dikabarkan akan diberikan setiap satu kali per sebulan, mulai bulan September 2020 sampai Desember 2020.

Jadi, Kemendikbud akan mensubsidi kuota internetmu selama 4 bulan lamanya. Lumanyan banget, kan?

Lalu, berapa sih besaran kuota internet yang hendak dikirimkan Kemendikbud untuk para siswa dan tim pengajar?

Kabarnya, Kemendikbud memperlihatkan kuota internet gratis 35 GB per bulan untuk siswa, dan 42 GB per bulan untuk guru. Sedangkan untuk para mahasiswa dan dosen akan diberikan 50 GB per bulan.

Rencana pemerintah ini pastinya disambut baik oleh penduduk . Maka dari itu, cara dapat kuota internet gratis dari pemerintah wajib kau pahami.

Syarat Mendapat Kuota Internet Gratis dari Pemerintah

Sebelum mengenali cara mampu kuota internet gratis dari pemerintah, ada beberapa syarat yang erlu kau penuhi untuk menerima kuota tersebut.

Berikut syarat menerima kuota internet gratis dari pemerintah.

Memiliki nomor HP dari semua operator yang aktif di Indonesia, dan mendaftarkannya ke pihak sekolah atau universitasmu.

Memastikan nomor HP tersebut sesuai dengan data siswa dan pengajar yang terdaftar.

Memiliki nomor induk siswa atau pengajar yang terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) oleh Kemendikbud. Seperti Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), nomor induk mahasiswa, atau nomor induk guru dan dosen.

(Baca Juga: 11 Fitur Rahasia WhatsApp Yang Wajib Diketahui)

Cara Dapat Kuota Internet Gratis dari Pemerintah

Ini adalah acara pertama yang dilancarkan oleh Kemendikbud. Jika kamu ketinggalan informasi mengenai, program kuota gratis ini, maka kamu mampu mengikuti abad selanjutnya pada permulaan tahun 2021 nanti.

Berikut ini cara dapat kuota internet gratis dari pemerintah yang hendak dikirimkan pada September 2020 hingga Desember 2020.

1. Pilih Nomor HP yang Akan Didaftarkan

Cara mampu kuota internet gratis dari pemerintah yang pertama yakni dengan menentukan nomor HP yang mau didaftarkan.

Pastikan nomor HP tersebut mempunyai era aktif yang cukup, sehingga bisa menerima kuota internet yang nanti dikirimkan oleh pemerintah.

Seluruh nomor HP dari aneka macam provider dalam negeri mampu kau gunakan. Seperti Telkomsel, Axis, XL, Indosat, dan lainnya.

2. Setorkan Nomor HP Sesuai Nomor Induk

Setelah itu, setorkan nomor HP ke pihak sekolah atau akademi tinggi yang sudah terdaftar selaku calon akseptor kuota internet gratis dari pemerintah.

Di cara dapat kuota internet gratis dari pemerintah ini, kamu harus menyesuaikan nomor HP yang diberikan dengan nomor induk milikmu.

3. Pihak Sekolah Memasukkan Data ke Dapodik

Cara mampu kuota internet gratis dari pemerintah berikutnya adalah dengan menanti proses lanjutan dari pihak sekolah atau perguruan tinggi tinggi terkait.

Pihaknya akan memasukkan data yang telah dikumpulkan ke aplikasi Dapodik yang diunduh di laman www.dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

4. Kepala Sekolah Mengisi Akta Pakta Integritas

Setelah data siswa dan pengajar diisi secara lengkap, sesuai dengan nomor HP dan nomor induknya, maka sekarang pihak kepala sekolah atau pimpinan perguruan tinggi tinggi yang menyepakati pengajuan kuota internet gratis tersebut.

Mereka diharuskan mengisi pakta integritas, sebelum data tersebut diproses lebih lanjut oleh pihak Kemendikbud.

Jika sudah disetujui, maka pihak sekolah atau perguruan tinggi tinggi akan mengirim data tersebut.

5. Pusdatin Kemendikbud Menyortir Nomor HP Sesuai Provider

Kini, tata cara mampu kuota internet gratis dari pemerintah telah hingga ke pihak Kemendikbud. Data yang sudah diterima oleh Kemendikbud kemudian dikelompokkan sesuai dengan providernya.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendikbud melakukannya agar kuota internet gratis dari pemerintah lebih gampang dikirim.

6. Kuota Akan Dikirim Langsung

Cara dapat kuota internet gratis dari pemerintah telah selesai dilakukan. Maka kau tinggal menanti kuota internet itu dikirimkan eksklusif ke nomor HP yang sudah kau daftarkan.

Proses pendaftaran dan pendataan kuota internet gratis dari pemerintah pada periode September hingga Desember 2020 ditutup pada 11 September 2020 lalu.

Tetapi, akan ada masa selanjutnya yang bisa dibarengi oleh lebih banyak siswa dan pengajar di Indonesia.

Itulah sistem dapat kuota internet gratis dari pemerintah. Selain mempergunakan kuota gratis ini, kau juga mampu membayar paket internet secara berdikari dengan kartu kredit.

Pembayaran dengan tata cara cicilan akan meringankanmu dalam menjalankan banyak sekali peran sekolah maupun peran pekerjaan di rumah yang membutuhkan kuota internet.

Kini, kau mampu menerima saran kartu kredit terbaik lewat perbandingan dari CekAja. Tak cuma itu, pengajuan kartu kredit di CekAja juga sungguh mudah.

Kamu cuma perlu mengisi formulir online, dan menunggu tim CekAja mengelola pengajuan kartu kredit.

Yuk, peroleh anjuran kartu kredit terbaik dan olok-olokan cuma melalui CekAja!