0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Cegah Influenza, Penyebab Dan Gejalanya Yang Mesti Diketahui

Sebelum terinfeksi virus influenza, akan lebih baik jikalau kau mengetahui apalagi dulu kiat serta cara cegah influenza. Pasalnya, virus yang terkadang diremehkan ini, ternyata dapat menular ke semua orang, loh!

Ya, influenza atau yang lebih diketahui dengan penyakit flu ini, sejatinya merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh jerawat virus, yang menyerang beberapa bab dan organ tubuh, adalah hidung, tenggorokan dan paru-paru.

Penyakit yang satu ini, biasanya juga terjadi di musim pancaroba, ialah ketika kurun peralihan dari isu terkini panas ke ekspresi dominan hujan, begitupun sebaliknya.

Dan pada musim pancaroba tersebut, daya tahan badan setiap orang menurun, akibat dari cuaca yang tidak menentu. Dengan begitu, maka tak heran apabila pada animo pancaroba, banyak orang yang mengalami flu.

Terlebih, penyebaran virus ini sangat cepat, sehingga ketika 3-4 hari pertama sehabis pengidapnya terinfeksi virus influenza, kemudian berinteraksi dengan orang lain, maka orang tersebut mampu pribadi tertular virus influenza.

Penyebab Influenza

Jika mengatakan wacana penyebab influenza, bergotong-royong telah sungguh terang diketahui, jika penyebabnya adalah virus influenza itu sendiri. Hanya saja, yang membedakannya yakni cara penularannya.

Seseorang mampu tertular virus influenza, dari udara atau benda-benda yang sudah tercemar virus influenza.

Seperti contohnya, dikala seseorang menghirup udara yang telah tercemar virus influenza, dari batuk dan higienis orang yang terinfeksi, maka orang tersebut berkemungkinan besar akan atau telah tertular virus tersebut.

Nah, selain lewat udara, virus influenza juga dapat ditularkan lewat benda, apabila seseorang menjamah benda yang sudah terkontaminasi virus influenza. Penyebaran virus ini pun mampu terjadi, melalui kontak dengan hewan yang terinfeksi virus influenza.

Maka dari itu, sebelum tertular virus influenza, seharusnya kau mencegahnya dengan melaksanakan aktivitas sehat, serta mengenali tips cegah influenza yang ampuh dan mudah dikerjakan.

(Baca Juga: Perbedaan Virus Corona dan Flu Biasa)

Gejala Influenza

Sebelum dipastikan terinfeksi dan menderita penyakit influenza, kau bisa mengetahui apakah kau sudah terinfeksi virus influenza atau belum dari gejalanya. Adapun gejala influenza yang bisa kamu ketahui, di antaranya ialah:

  • Badan terasa pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Bersin
  • Hidung tersumbat atau beringus
  • Nafsu makan menyusut

Apabila kamu merasakan beberapa tanda-tanda flu di atas, maka kau perlu secepatnya beristirahat dengan cukup.

Atau bila kau sudah terinfeksi virus influenza dan setelah dua minggu beristirahat tak kunjung membaik, maka semestinya kau memeriksakannya ke dokter untuk menerima pengobatan.

Tips Cegah Influenza

Mengingat virus influenza mampu menyerang semua orang, baik belum dewasa, sampaumur, remaja bahkan lansia, maka melakukan beberapa cara pencegahan sangat penting.

Untuk mengenali hal-hal apa saja yang perlu dikerjakan, untuk menangkal tertular atau terinfeksi virus influenza, pada peluang kali ini CekAja.com akan memberikan kiat cegah influenza khusus untuk kamu, seperti berikut ini.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Tips cegah influenza yang pertama ialah mengonsumsi makanan bergizi. Sebab, hal ini diketahui mampu membantu tubuh memajukan metode imun, sehingga tidak gampang terserang banyak sekali macam virus, tergolong virus influenza.

Kamu mampu mengonsumsi kuliner, dengan nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Beberapa makanan sehat tersebut, mirip sayur, buah, dan lain sebagainya, yang mempunyai kandungan vitamin dan antioksidan tinggi.

Melansir dari hellosehat.com, Journal of American College of Nutrition menyampaikan, jikalau konsumsi jamur secara rutin, ternyata mampu meningkatkan imunitas badan.

Ini terlihat dari kebiasaan orang yang setiap harinya mengonsumsi jamur shitake, mengalami kenaikan produksi sel limfosit T. Yang mana, sel limfosit T ini berperan dalam memajukan daya tahan tubuh.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kau juga harus minum air putih yang cukup. Tips cegah influenza yang satu ini penting untuk dilaksanakan, biar tubuh terhindar dari kehilangan cairan tubuh .

Selain itu, minum cukup air putih juga secara efektif bantu cegah timbulnya tanda-tanda-tanda-tanda flu, salah satunya ialah sakit tenggorokan.

Untuk orang remaja dengan kondisi badan yang sehat, setiap harinya memerlukan asupan air putih sebanyak dua liter.

Namun berlawanan untuk bawah umur dan penderita gangguan ginjal. Sebab, penderita gangguan ginjal biasanya membutuhkan asupan air putih, yang lebih banyak setiap harinya.

3. Memiliki Waktu Istirahat yang Cukup

Siapa sangka jika istirahat yang cukup dapat menangkal tubuh dari terinfeksi virus influenza? Ya, menjadi bab dari kiat cegah influenza, istirahat yang cukup ternyata secara efektif bisa mengisi stamina dan memajukan kekebalan tubuh.

Apabila badan memiliki imunitas yang baik dengan stamina yang fit, maka badan tidak akan rentan terserang aneka macam jenis virus penyakit, tergolong virus influenza.

Pasalnya, kurangnya waktu istirahat mampu mengakibatkan timbulnya stres, yang mau menurunkan imunitas tubuh, serta menawarkan efek jelek bagi kesehatan.

4. Rutin Berolahraga

Salah satu kiat cegah influenza yang bahu-membahu sangat mudah, tetapi susah dikerjakan yakni berolahraga. Terlebih, bila olahraga dilakukan secara rutin.

Bagi sebagian orang, ini ialah tantangan besar yang mesti dilakukan, alasannya harus melawan rasa malas.

Padahal, olahraga menciptakan tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, sehingga dapat mencegah risiko terinfeksi virus influenza.

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup jogging selama 30-45 menit, sebanyak 3-5 kali setiap minggunya mampu menciptakan badan menjadi lebih sehat, serta metabolisme dan stamina tubuh pun meningkat.

5. Mengurangi Kontak dengan Penderita Influenza

Tips cegah influenza yang kelima yakni meminimalkan kontak langsung dengan penderita influenza. Ini perlu dikerjakan, terutama dikala penderita baru terinfeksi virus influenza di 3-4 hari pertama.

Sebab, waktu tersebut yakni waktu saat kondisi penderita sedang sangat jelek. Maka, sangat penting untuk kamu menghemat kontak pribadi dengan penderita apalagi dahulu, supaya terhindar dari risiko tertular virus influenza.

Selain itu, akan lebih baik bila kamu menyarankan penderita untuk istirahat sampai kondisinya pulih.

6. Gunakan Masker

Menggunakan masker ialah kiat cegah influenza yang juga perlu dijalankan. Penggunaan masker ini tidak cuma berlaku untuk penderita influenza saja, tetapi juga berlaku untuk orang-orang sehat yang ada di sekeliling penderita.

Untuk penderitanya sendiri, penggunaan masker ini ditujukan, agar penderita tidak menularkan virusnya ke orang-orang, benda maupun udara yang ada di sekitarnya.

Semetara untuk orang-orang yang ada di sekitarnya, penggunaan masker berfungsi untuk menghalangi risiko terinfeksi virus influenza, baik dari udara yang dihirup, maupun menyentuh tampang dengan tangan, yang mungkin telah terkontaminasi virus influenza dari benda yang dipegang.

7. Melakukan Vaksin Influenza

Selain enam kiat cegah influenza di atas, kamu ternyata juga bisa loh, menghalangi tertularnya virus ini dengan melakukan vaksinasi influenza.

Menurut Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) tahun 2017, ini merupakan vaksin yang setiap tahunnya direkomendasikan sebanyak satu dosis, untuk kelompok usia 19 tahun hingga dengan usia di atas 65 tahun.

Namun, selain kelompok usia tersebut, vaksinasi ini juga diberikan pada bayi usia 6 bulan ke atas, dan orang-orang yang memiliki risiko tinggi untuk mengalami komplikasi influenza.

Beberapa orang tersebut, di antaranya adalah orang renta, wanita hamil, serta orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan asthma, penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK), kanker, obesitas dan lain sebagainya.

8. Rajin Mencuci Tangan Pakai Sabun

Di urutan kedelapan ada bersungguh-sungguh mencuci tangan pakai sabun. Tips cegah influenza yang satu ini sangat mudah dilakukan, alasannya adalah kau cuma perlu mencuci tangan secara berkala , menggunakan sabun.

Diketahui, tangan merupakan salah satu bagian badan yang menjadi sumber penyakit. Di permukaan tangan sendiri, tercatat ada lebih dari lima ribu kuman yang hidup.

Dengan begitu, orang-orang yang jarang mencuci tangan, akan lebih rentan terserang penyakit. Maka dari itu, untuk mencegahnya, kau bisa mencuci tangan pakai sabun selama 60 detik kemudian bilas dengan air mengalir.

Tetapi apabila di sekitarmu tidak tersedia kawasan cuci tangan, maka kamu bisa membersihkan tangan pakai hand sanitizer selama 30 detik, untuk membunuh basil dan bakteri yang ada di area tangan.

9. Hindari Menyentuh Area Wajah

Mengetahui tangan adalah sumber kuman dan kuman, maka semestinya kamu tidak menjamah area wajah memakai tangan.

Ini merupakan salah satu kiat cegah influenza yang perlu diingat, alasannya adalah kadang-kadang orang-orang tidak sadar menyentuh area tampang, dengan tangan begitu saja.

Sebab, virus influenza ini sejatinya akan menginfeksi badan, dengan cara masuk lewat lapisan mukosa di mata, mulut dan hidung.

Maka dari itu, sebisa mungkin kamu tidak menjamah area paras , utamanya di ketiga bab badan tersebut dengan tangan yang belum dibersihkan.

10. Tidak Merokok

Tips cegah influenza yang terakhir yaitu dengan tidak merokok atau berhenti merokok. Melansir dari cnnindonesia.com, observasi yang dikerjakan di Yale School of Medicine mendapatkan, bahwa paparan asap yang didapatkan dari dua batang rokok selama dua ahad berturut-turut, dapat memicu reaksi berlebih dalam tata cara kekebalan badan.

Selain itu, perokok aktif juga sangat rentan terinfeksi banyak sekali jenis virus, tergolong virus influenza. Apabila seorang perokok terinfeksi virus tersebut, maka imbas yang ditimbulkan nantinya akan lebih parah.

Salah satunya, adalah keadaan kesehatan perokok aktif mungkin akan lebih terancam, daripada orang yang tidak merokok, selama ekspresi dominan penyakit flu.

(Baca Juga: Flu Babi Jenis Baru)

Itulah 10 kiat cegah influenza yang telah dikenali. Semua tips tersebut pastinya sangat berkhasiat, untuk menghalangi mu dari risiko terinfeksi virus influenza.

Sebab, jika telah terinfeksi, maka hampir seluruh bab badan akan terasa sakit dan kamu tidak tenteram beraktivitas.

Maka dari itu, sebelum terkena penyakit influenza, semestinya kau melaksanakan beberapa tips cegah influenza yang sudah CekAja.com berikan.

Kemudian, kamu juga mampu melindungi dengan asuransi kesehatan, biar kau mendapat santunan maksimal.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kau sakit. Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing, mempertimbangkan besarnya biaya yang mesti dibayarkan untuk pengobatan.

Nah, buat kamu yang saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, jangan cemas. Karena sekarang kamu bisa mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan terkemuka dan terpercaya, yang bisa kau pilih sesuai kebutuhan dan kesanggupan finansial.

Tidak hanya itu, mengajukan asuransi kesehatan di CekAja.com pun sangat gampang, cepat dan kondusif, sebab CekAja.com telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, olok-olokan kini!