0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tips Berhemat Setelah Lebaran, Dompet Kondusif Silaturahmi Tetap Jalan

Tidak seperti lebaran umumnya, di lebaran tahun ini tampaknya kamu mesti dituntut extra irit. Mengapa? Pasalnya, ada beberapa keperluan yang harus kau prioritaskan, di tengah pandemi Covid-19 yang belum selsai ini. Namun, tidak perlu cemas akan pengeluaran yang masih tak terkontrol, alasannya adalah beberapa kiat berhemat sehabis lebaran ini, mampu membuatdompetmu tetap kondusif, dan silaturahmi tetap jalan.

Gunakan satu dompet - Ini Jurus Aman dan Hemat Belanja Dari rumah Saat PSBB Dihentikan

Adapun jika kamu merasa keuangan sedang tidak baik-baik saja, lebih baik kau tidak perlu membeli hal-hal yang tidak begitu penting di lebaran tahun ini. Pasalnya, hal tersebut mampu menolong dalam menerapkan kiat berhemat sesudah idul fitri nanti.

Hal-hal yang Tidak Begitu Penting Dilakukan ketika Idulfitri Tahun Ini

  • Membeli baju idul fitri

Karena kau bisa memakai baju lebaran sebelumnya yang masih manis.

  • Mudik

Berhubung pemerintah Indonesia juga melarang adanya aktivitas mudik di idul fitri tahun ini, itu artinya pengeluaranmu mampu sedikit lebih aman. Kamu jadi tidak perlu membeli tiket transportasi, dan lain-lain.

Lagi pula, kau tidak mesti pulang kampung setiap tahun bukan? Kamu juga bisa pulang kampung di tahun selanjutnya, atau bisa mudik disaat keuanganmu sedang aman. Karena menjalankan silaturahmi lewat sosial media pun telah cukup menolong melepas rindu.

  • Masak sendiri makanan idul fitri di rumah, dan masak secukupnya

Karena di idul fitri kali ini, tidak diusulkan untuk bertamu atau mendapatkan tamu, jadi kau mampu menciptakan kuliner sendiri di rumah dengan takaran yang sederhana. Sehingga, kau tidak perlu repot-repot memesan catering, membeli kudapan manis idul fitri yang banyak, dan lain-lain.

Lebih baik dananya dialokasikan ke simpanan, untuk kebutuhan yang lebih penting.

  • Tak perlu memaksakan memberi THR

Seperti yang dimengerti, saat ini kondisi ekonomi negara hingga di dalam keluarga mungkin sedang tidak sehat. Sehingga, jika kau merasa kurang dalam hal finansial, kau tidak perlu memaksakan untuk mampu memberikan THR ke keluarga, sanak saudara, sampai tetangga.

Atau kamu mampu tetap memberikannya, namun dengan nominal yang lebih dipangkas. Ya, hitung-hitung berinfak dan tetap mampu membahagiakan keluarga.

Lantas, bagaimana kalau keuanganmu malah semakin jelek sehabis lebaran? Tak perlu cemas, yang berlalu biarkanlah berlalu. Yang terpenting, ketika ini kau mesti bisa mengendalikan pengeluaran dengan mengikuti kiat berhemat sesudah lebaran berikut ini.

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi di Kehidupan Sehari-hari)

Tips Berhemat Setelah Lebaran

1. Memeriksa dan Mengatur Keuangan Kembali

Memeriksa dan Mengatur Keuangan Kembali - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Tips berhemat setelah lebaran yang pertama adalah dengan memeriksa dan mengontrol keuangan kembali. Pasalnya, sesudah lebaran mungkin keadaan keuangan agak sedikit tak terkontrol, demi tetap bisa merayakan dengan suka cita.

Nah, setelah itu tekadkan diri kamu untuk memulai mengatur kembali keuangan dari permulaan. Misalnya, dengan mengontrol duit belanja, duit untuk menabung, investasi, untuk keperluan utama dan lain-lain.

Hal tersebut dilakukan agar alokasi dana bisa tersusun dengan baik. Sehingga, jika kamu membutuhkan dana, kamu mampu memakai dana sesuai penyusunan rencana, dan tidak terpecah.

2. Melunasi Semua Hutang

Melunasi Semua Hutang - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, penghasilan seseorang mungkin saja tidak sama seperti bulan-bulan sebelumnya, yang full tanpa pecahan. Dengan adanya pemotongan gaji, beberapa kebutuhan pun mungkin tidak mampu kau beli.

Dengan adanya hal tersebut, mungkin beberapa orang memilih untuk meminjam dana ke beberapa forum keuangan atau bahkan ke keluarga, teman dan kerabat. Kegiatan tersebut memang sangat menolong, tetapi perlu diingat kembali, bahwa kau juga harus melunasi hutang-hutang tersebut secara tepat waktu.

Terlebih, hal ini juga termasuk dalam kiat berhemat sesudah idul fitri, yang bisa membuat kondisi finansial mu kembali sehat. Jika, mendapatkan penghasilan lebih, sebaiknya kamu tutupi dahulu hutangmu semoga tidak menjadi persoalan di kemudian hari. Setelah itu, kau gres mampu mengawali lagi mengatur keuangan untuk kebutuhan yang lain.

3. Membatasi Pengeluaran Harian dan Bulanan

Membatasi Pengeluaran Harian dan Bulanan - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Tips berhemat sehabis idul fitri berikutnya adalah dengan cara membatasi pengeluaran harian dan bulanan. Jika sebelumnya kamu dengan bebas membeli sesuatu yang penting maupun tidak penting, kali ini kau harus benar-benar menyaring apa saja hal-hal penting yang wajib dibeli.

Untuk pengeluaran harian, mungkin kamu bisa memprioritaskan berbelanja materi pangan atau materi pokok. Untuk pengeluaran bulanan, kau bisa mengutamakan berbelanja token listrik, bayar kontrakan atau cicilan rumah, pulsa handphone, hingga bensin.

Batasi pengeluaran yang tidak penting, di mana stop dulu membeli barang-barang keinginan kau, dan belilah barang-barang yang menjadi kebutuhan kau.

4. Prioritaskan Membeli Kebutuhan Penting

Prioritaskan Membeli Kebutuhan Penting - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa sebaiknya kau mengutamakan berbelanja barang-barang yang penting. Misalnya makanan, bahan pokok, obat-obatan, vitamin, masker, dan alat-alat kesehatan yang lain.

Terlebih, kini mempunyai badan yang sehat menjadi hal yang mahal. Tidak mau bukan, bila kau mementingkan berbelanja baju baru, tetapi kamu kelaparan sampai sakit?

Makara, manfaatkan penghasilan yang kau miliki untuk membeli kebutuhan yang penting. Karena saat ini, mencari kerja susah, dan kondisi ekonomi negara sedang menurun.

(Baca Juga: Trik Menghemat Belanja Bulanan Bagi IRT di Tengah Merebaknya Corona)

5. Sisihkan Pendapatan untuk Menabung atau Investasi

Sisihkan Pendapatan untuk Menabung atau Investasi - Tips Berhemat Setelah Lebaran

Penting juga bagi kamu untuk selalu menyisakan sedikit pemasukan untuk ditabung atau diinvestasikan. Cara tersebut menjadi kiat berhemat setelah lebaran, yang sangat membantu memulihkan kondisi finansial sehabis idul fitri.

Sehingga, kalau kamu butuh dana darurat, kamu mampu memakai dana tabunganmu. Atau, bila kamu ingin lebaran tahun depan lebih baik dari tahun ini, dana investasi bisa kau rasakan di idul fitri tahun-tahun berikutnya.

Nah, bagaimana? Sangat menolong bukan kiat-kiat berhemat sehabis idul fitri di atas? Kuncinya, kau hanya perlu konsisten dan tekun. Niscaya, kondisi keuanganmu sehabis idul fitri bisa pulih seperti sedia era.

Nah, bila kau kesusahan untuk memilih jenis simpanan atau investasi yang cocok, kamu bisa intip situs CekAja.com. Karena, di CekAja.com ada banyak opsi produk finansial, yang bisa membantumu untuk memulihkan keadaan finansial.

Kamu bisa mencari produk investasi, bantuan dana untuk modal perjuangan mengawali bisnis, asuransi untuk melindungi dari risiko penyakit, sampai kartu kredit untuk membantumu berhemat saat bertransaksi.

Yuk, kunjungi situsnya, dan dapatkan gosip selengkapnya, cuma di CekAja.com!