0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tips Berbelanja Sepeda Bekas, Mengikuti Tren Gak Mesti Mahal!

Aktivitas bersepeda kini mulai kembali digandrungi oleh semua kalangan usia. Nah, kalau kamu pengin mengikuti tren ini namun enggak memiliki cukup dana, kenapa tak membeli yang second saja? Tidak perlu takut merugi loh, makanya simak dahulu kiat membeli sepeda bekas berikut yang sudah dirangkum CekAja dari banyak sumber.

Tips Membeli Sepeda Bekas

Kelebihan Sepeda dibandingkan Transportasi Lainnya

Pasca karantina mampu berdiri diatas kaki sendiri, sekarang seluruh masyarakat Indonesia mampu kembali beraktivitas namun tetap dengan protokol kesehatan. Menariknya, ketika memasuki fase “new normal” ini, banyak orang yang mulai kembali menggemari kegiatan bersepeda, baik di pagi, sore maupun malam hari.

Tak hanya menyehatkan badan, bersepeda diyakini mempunyai kelebihan lain yang membuatnya berlainan bila daripada transportasi pada umumnya. Apa sajakah itu?

  • Hemat uang, alasannya tidak perlu mengeluarkan dana sedikitpun
  • Bebas dari kemacetan kemudian lintas
  • Tidak pusing mencari tempat parkir
  • Tidak membutuhkan materi bakar
  • Tidak mencemari udara
  • Kecepatannya lebih baik ketimbang kendaraan beroda empat, terutama dalam keadaan macet
  • Ringkas untuk dibawa kemana saja
  • Tidak membutuhkan SIM
  • Mengurangi tertekan dan mengencangkan otot paha

(Baca Juga: Daftar Sepeda Lipat Murah yang Bisa dibeli)

5 Tips Membeli Sepeda Bekas

Sebelum berbelanja sepeda bekas, ada baiknya kau mengetahui beberapa kiat berikut agar keputusan yang diambil tidak disesali di lalu hari.

Berikut tips membeli sepeda bekas yang dirangkum CekAja dari banyak sumber.

1. Tentukan jenis sepeda yang ingin dibeli

Tentukan jenis sepeda yang ingin dibeli

Dalam kiat membeli sepeda bekas, pertama-tama yang harus kau lakukan yakni memilih jenis sepeda yang ingin dibeli. Sehingga, kau mampu mempersiapkan dananya entah dengan cara menabung atau mengajukan pemberian kilat.

Mengetahui jenis sepeda yang ingin dibeli juga bisa menciptakan kau mengerti dan menyesuaikan kegunaan dari sepeda tersebut dengan keperluan. Misalnya, kau cuma ingin mengikuti tren, bermakna belilah jenis sepeda wisata yang umum digunakan sebagai pendukung gaya hidup saja.

2. Bandingkan harga

Bandingkan harga

Tidak hanya membeli sepeda baru saja yang harganya harus dibandingkan terlebih dahulu, tetapi juga sepeda bekas. Jangan berasumsi hanya alasannya harga murah memiliki arti kamu mampu menyepelekan hal ini. Hitung-hitung kamu bisa berguru menghargai uang yang dimiliki dan menjadi lebih cerdas dalam berbelanja barang bekas, mirip sepeda.

Nah, pada poin ini yang harus kamu pahami yakni bagaimana caranya kamu membandingkan harga pasaran sepeda. Jangan sampai nantinya, kamu berbelanja sepeda bekas dengan harga tinggi melampaui harga sepeda baru atau bahkan setara. Kalau mirip ini, yang ada justru kamu bakal merugi sebab membeli sepeda bekas dibandingkan dengan sepeda keluaran terbaru.

Untuk membandingkan harga, kamu bisa mencari referensinya apalagi dahulu lewat beberapa situs perdagangan sepeda, atau paling tidak meminta rekomendasi dari temen dan toko-toko sepeda yang mungkin kamu tahu.

Ingat, yang membedakan harga sepeda gres dan sepeda bekas bukan menurut merek, jenis maupun tahun pembuatannya. Melainkan spare part yang ada pada sepeda tersebut.

Biasanya penjual sudah mengupgrade spare part agar pantas dipakai, dan karena hal inilah harga sepeda bekas mengalami kenaikan. Tips membeli sepeda bekas ini bakal sungguh menolong kamu mendapatkan jenis sepeda yang tidak hanya sesuai kebutuhan namun juga keadaan keuanganmu.

3. Cari tahu identitas pedagang

Cari tahu identitas penjual

Tidak cuma membandingkan harga, dalam kiat berbelanja sepeda bekas berikutnya yang perlu dimengerti yaitu bagaimana kau mencari tahu identitas si pedagang . Soalnya nih, jikalau kamu enggak mengenali identitas terang si penjual, bukannya sepeda yang kau dapat malahan menjadi kerugian. Enggak ingin kan hal ini terjadi?

Maka dari itu, kamu bisa mulai mencari nama si pedagang , alamat email, nomor telepon atau mungkin toko fisik yang dimilikinya lewat internet, sebagai cara menganalisa kualitas dari si penjual.

Pastikan juga kamu sudah membaca review dari para pembeli dan rating yang diberikan pada si penjual, jika dia mempunyai platform khusus perdagangan sepeda bekas.

(Baca Juga: 5 Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya)

4. Cek fisik sepeda

Cek fisik sepeda

Kalau sudah memilih pilihan, berikutnya yang perlu kamu kerjakan yaitu mendatangi toko jual beli sepeda tersebut. Tujuannya agar kamu mampu langsung mengevaluasi kondisi sebetulnya dari sepeda yang ingin dibeli, apakah terdapat bagian yang cacat atau tidak. Terlebih dari segi bodi dan spare part.

Usahakan untuk tidak ragu melemparkan sejumlah pertanyaan terhadap penjual. Soalnya tips berbelanja sepeda bekas yang satu ini bakal sungguh menolong kamu dalam memilih opsi semoga penyesalan tak tiba di final.

Ketika mengecek keadaan fisik sepeda, perhatikan beberapa bagiannya, di antaranya seperti:

  • Periksa suspensi depan apakah masih berfungsi atau tidak
  • Periksa stang utamanya saat dibelokkan
  • Periksa roda depan dan belakang
  • Cek rem, apakah kabel-kabelnya masih manis dan pakem atau tidaknya
  • Cek gear depan, apakah giginya masih manis atau ada yang mengalami kerusakan
  • Cek rantai, berkarat atau tidak

5. Coba nego harga

Coba nego harga

Apabila cek fisik sepeda sudah dijalankan, terakhir yang perlu kau lakukan ialah menawar harganya kembali. Mengingat, sepeda yang kau beli ini yakni barang second, yang mungkin masih terdapat kelemahan walaupun tidak seberapa.

Ingat, segala keputusan pembelian tergantung di kau. Jika merasa kurang cocok, enggak perlu terburu-buru untuk membelinya. Akan tetapi kalau si pedagang mendapatkan tawaranmu, itu berarti kau mampu eksklusif membayar sepeda tersebut, dan menggunakannya untuk menunjang aktivitasmu sehari-hari.

Ingin Beli Sepeda Bekas Tapi Dana Masih Kurang?

Kamu kesusahan menabung untuk berbelanja sepeda bekas? Atau duit yang dimiliki masih belum memenuhi impian dengan harga sepeda yang diinginkan? Kreditin saja dengan menggunakan produk dukungan kilat.

Lewat derma kilat ini, kamu mampu menerima dana tunai dalam waktu cepat di mana tentunya syarat yang diminta jauh lebih praktis. Tak perlu takut merugi, terlebih kalau kau hanya memakai tunjangan ini untuk menutupi kekurangan dana yang dimiliki.

Masih bingung mesti meminjam dana di mana? CekAja.com solusinya! Melalui layanan ini, kamu bisa membandingkan produk-produk sumbangan kilat yang sudah menjadi kawan unggulan, seperti Kredivo, UangTeman, dan JULO.

Hebatnya lagi, sesudah membandingkan kamu dapat pribadi apply secara online di CekAja tanpa perlu mengakses situs pemberian tersebut. Lewat CekAja, pengajuannya jauh lebih simpel dan dengan berbagai penawaran menarik. Yuk, tunggu terlebih? Segera usikan bantuan kilat di CekAja.com dan dapatkan sepeda idamanmu!