0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

tips Beli Saham Dengan Kartu Kredit, Apakah Mampu?

Di awal 2019 sempat terdengar kabar jika Bursa Efek Indonesia (BEI) menyiapkan pembelian saham memakai kartu kredit. Bagi orang yang memahami dan paham dunia saham, rencana BEI tersebut mungkin terdengar abnormal. Pasalnya, cara beli saham dengan kartu kredit, apakah mampu?

Cara Beli Saham dengan Kartu Kredit, Apakah Bisa?

Cara Beli Saham dengan Kartu Kredit

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa tahun lalu Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan pengkajian atas planning pembelian saham memakai kartu kredit.

Hadirnya planning ini ditujukan untuk menciptakan para penanam modal bisa membeli saham memakai kemudahan pendanaan dari perbankan, yang lalu pengembalian dananya mampu dikerjakan dengan cara cicilan.

Namun tidak cuma itu, rencana tersebut juga dibuat oleh BEI supaya mampu mengembangkan jumlah transaksi yang dilaksanakan di pasar modal Indonesia.

Karena intinya, tujuan penggunaan kartu kredit untuk transaksi hingga saat ini pun tidak dibatasi.

Terlebih bila melihat teori investasi, tidak ada peraturan mutlak yang mengontrol sumber dana yang dipakai untuk saham harus lah dana yang berasal dari dana langsung dan bukan utang.

Sehingga dapat disimpulkan, bahwa berbelanja saham menggunakan kartu kredit diperbolehkan dan sah-sah saja, selama penanam modal memahami dengan baik segala risiko yang mungkin terjadi.

(Baca Juga: Tips Investasi Saham yang Menguntungkan)

Saat ini, peminjaman dana juga sudah di fasilitasi dengan transaksi margin. Di mana, transaksi tersebut ialah suatu kemudahan yang diberikan terhadap investor untuk bisa membeli saham dengan nilai yang lebih besar dari modal.

Hanya saja, transaksi margin ini pemanfaatannya masih terbatas, alasannya cuma diberikan kepada nasabah yang memiliki kekayaan higienis lebih dari Rp1 miliar, serta memiliki pendapatan tahunan lebih dari Rp200 juta.

Tidak hanya itu, saham-saham yang dibeli memakai fasilitas margin pun masih sungguh terbatas.

Sehingga, transaksi menggunakan fasilitas margin ini hanya mampu dilaksanakan oleh orang-orang tertentu saja.

Namun sebelum membeli saham dengan kartu kredit, ada baiknya kalau kamu mengamati beberapa hal di bawah ini, untuk menangkal kemungkinan terjadinya kerugian.

Adapun beberapa hal yang mesti diperhatikan, di antaranya yakni:

  • Kamu harus siap dana untuk melunasi hutang kartu kredit yang dipakai
  • Kamu harus mempersiapkan dana darurat yang tepat dengan profilmu
  • Pastikan kamu menggunakan dana kartu kredit sesuai dengan maksudnya, ialah ingin trading atau berinvestasi
  • Hindari penggunaan dana simpanan, karena hanya akan menghancurkan cash flow

Apabila kau telah mengenali dan menyiapkan beberapa hal tersebut, maka dapat dibilang kamu telah siap untuk menjajal berbelanja saham dengan kartu kredit dan segala kemungkinan jadinya.

Risiko Beli Saham dengan Kartu Kredit

Pada pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui bahwa cara beli saham dengan kartu kredit ternyata mampu dijalankan.

Maka dari itu, di pembahasan kali ini kau akan mengenali risiko-risiko apa saja yang mungkin terjadi saat kamu berbelanja saham dengan kartu kredit.

Pasalnya, berbelanja saham menggunakan kartu kredit sama halnya dengan berinvestasi memakai duit hasil meminjam atau hutang.

Karena, kartu kredit mempunyai ketetapan beban dan bunga yang mesti dibayarkan setiap bulan nya. Sementara, keuntungan yang dihasilkan saham tidak pasti setiap bulannya.

Untuk itu, kau selaku investor tentu mesti menimbang-nimbang bagaimana caranya semoga setiap bulan saham mampu memberikan laba lebih, yang dapat digunakan untuk mengeluarkan uang cicilan kartu kredit setiap bulannya.

Terlebih, beban dari kartu kredit yang mesti dibayarkan secara tidak langsung memaksa kau selaku penanam modal untuk menargetkan keuntungan yang harus diperoleh setiap bulannya. Padahal, saham akan lebih baik dijalankan untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, risiko yang mau dihadapi jika kau berbelanja saham dengan kartu kredit ialah kemungkinan terjadinya cash flow.

Karena mirip yang dikenali, kartu kredit merupakan jenis derma konsumtif yang mempunyai bunga tinggi.

Sehingga, kemungkinan terjadinya cash flow sangat besar kalau kamu tidak bisa mengontrolnya dengan baik.

Hal tersebut tentu sangat berisiko bagi kamu dan penanam modal lainnya yang berencana melaksanakan investasi jangka panjang. Sebab, beban bunga kartu kredit sifatnya pendek.

Ketika kamu bermaksud untuk investasi jangka panjang menggunakan kartu kredit, maka beban bunga yang akan dikenakan pun kian besar.

Sementara, keuntungan yang kamu peroleh dari investasi jangka pendek belum bisa menutupi ongkos-ongkos kartu kredit yang kamu gunakan. Cukup rumit bukan?

(Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membeli Saham)

Belum final hingga disitu, risiko lainnya yang mesti kamu hadapi ialah kemungkinan terjadinya over leverage.

Yang mana, hal ini mampu saja terjadi alasannya adalah setoran modal yang masuk ke sekuritas belum pasti dibedakan sumber dananya, apakah cash atau tidak.

Oleh sebab itu, dengan segala risiko yang mampu terjadi ini kau telah seharusnya bisa memperhitungkan, apakah berbelanja saham memakai kartu kredit yaitu pilihan yang tepat dan cocok untukmu.

Keuntungan Beli Saham dengan Kartu Kredit

Setelah mengetahui beberapa hal terkait cara beli saham menggunakan kartu kredit dan segala kesannya, kini saatnya untuk kamu mengetahui keuntungan dari membeli saham dengan kartu kredit.

Sejatinya, dengan membeli saham memakai kartu kredit, kamu selaku investor bisa memanfaatkan saat-saat di pasar modal dikala dana belum tersedia.

Caranya adalah dengan dibayarkan apalagi dulu memakai kartu kredit, lalu kamu membayarnya dengan cara mencicil di setiap bulannya atau dikala dana tersedia.

Hanya saja, hal itu dapat menjadi suatu keuntungan apabila kamu bisa melunasinya dengan sempurna sesuai jangka waktu yang telah diputuskan. Tetapi apabila kau lalai, hal itu justru akan membawa musibah nantinya.

Namun, bila kamu merasa sudah sangat paham wacana cara beli saham dengan kartu kredit dan segala risiko yang mungkin terjadi, maka kau bisa langsung mencobanya.

Terlebih, diluar manfaatnya dalam saham, kartu kredit menawarkan banyak akomodasi dan manfaat yang bisa kau nikmati, loh.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin mencoba beli saham menggunakan kartu kredit namun belum memilikinya, kau bisa pribadi ejekan lewat CekAja.com.

Pasalnya, CekAja.com mempunyai berbagai macam produk kartu kredit terbaik yang bisa kau pilih sesuai keperluan. Kaprikornus, tunggu terlebih? Yuk, olok-olokan sekarang!