0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tips Belanja Irit Saat Pandemi Corona Dan Tips Aman Melakukannya

Tips belanja hemat ketika pandemi Corona tampaknya untuk saat ini sangat penting untuk dilakukan, terutama bagi penduduk Indonesia.

Tips Aman Belanja Saat Corona

Semenjak mewabahnya virus yang ibarat flu ini, banyak orang yang melaksanakan panic buying dan berbelanja berbagai barang yang dianggap aman walaupun belum pasti menjadi prioritas utama.

Nah, melaksanakan persiapan memang sungguh penting, tetapi menimbun barang terlalu banyak di rumah bukanlah hal yang direkomendasikan. Apalagi jikalau sebenarnya kebutuhan kita tidaklah sebanyak yang apa kita belanjakan.

(Baca Juga: Hindari Ini! 7 Benda yang Menjadi Penularan Virus Corona)

Selain membuat stok barang tersebut menjadi menyusut dan menunjukkan pengaruh tidak baik bagi orang lain, berbelanja barang secara berlebihan juga akan menciptakan pengeluaran menjadi lebih boros dan tak terkontrol.

Maka dari itu, ketika masih mewabahnya virus yang cukup mematikan ini, ada baiknya bila kita juga mengenali beberapa tips belanja ekonomis ketika pandemi Corona melanda. Yuk disimak bersama-sama.

Tips Hemat Berbelanja saat Pandemi Corona

1. Membeli Persediaan Makanan Secukupnya

Tips hemat belanja ketika pandemi Corona yang mesti kau perhatikan pertama adalah dengan berbelanja persediaan masakan.

Pastikan bahwa jenis masakan yang kau beli memang merupakan kuliner yang akan sungguh-sungguh kamu makan.

Hindari berbelanja masakan yang tidak kau suka cuma alasannya kuliner tersebut berada disana.

Selain itu, tentukan pula bahwa makanan yang kau beli mencakup seluruh kebutuhan asupan, mulai dari karbohidrat, protein, hingga serat.

Ketika berbelanja persediaan, kau juga tidak perlu panic buying dan membeli dalam jumlah banyak. Lakukan perhitungan apalagi dahulu.

Sebagai acuan kamu ingin membeli persediaan kuliner untuk seminggu, maka belilah yang sekiranya cukup untuk sepekan.

2. Jangan Menimbun Masker

Nah, kiat ekonomis belanja dikala pandemi Corona selanjutnya ialah memperhitungkan pembelian masker.

Kepanikan masyarakat yang diakibatkan oleh virus Corona ini membuat banyak orang justru berlomba-kontes untuk membeli persediaan masker sebanyak-banyaknya.

Hal inilah yang menciptakan persediaan masker di pasaran pun turut menjadi langka. Walaupun melakukan antisipasi sungguh penting, tetapi usahakan untuk tidak berlebih.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengeluarkan pernyataan bahwa penduduk tidak perlu mengenakan masker jika sedang merasa tidak sakit atau tidak sedang merawat orang yang sedang sakit.

Kamu boleh mengenakan masker, namun menguruk masker dalam jumlah banyak di rumah tampaknya bukanlah sebuah prioritas utama.

Perlu diketahui bahwa berbelanja menguruk masker juga mampu membuat pengeluaran rumah tangga semakin membengkak lho.

Ditambah lagi bahwa kedatangan masker yang kian langka juga menciptakan beberapa toko retil, baik itu online maupun offline, justru mengoptimalkan harga masker sampai meroket.

3. Supply Perlengkapan Pembersih

Walaupun diungkapkan bahwa berbelanja masker bukanlah suatu prioritas utama, namun berbelanja persediaan alat pembersih tidak boleh dilupakan.

Meski begitu, perlu dikenang bahwa kau juga tidak perlu berlebih saat berbelanja perlengkapan pembersih.

Penularan virus Corona itu sendiri memang memiliki korelasi yang bersahabat dengan kebersihan, namun sejatinya, perlengkapan pembersih yang kau perlukan saat mewabahnya virus ini hanyalah sabun cuci tangan, hand sanitizer, dan pemutih yang mau kau pakai untuk membersihkan rumah dari basil dan virus.

Kaprikornus, selain ketiga hal yang gres saja disebutkan, kau tidak perlu berbelanja peralatan pembersih yang lain yang dianggap tidak perlu.

Selain itu, membeli perlengkapan pembersih dalam jumlah secukupnya juga merupakan salah satu tips ekonomis membeli saat pandemi Corona yang perlu kamu ingat.

4. Filter Udara

Ada beberapa orang yang merekomendasikan pelembab udara atau filter Hepa sebagai alat untuk mengembangkan kualitas udara serta menghemat risiko penularan virus Corona. Namun, harga dari filter udara itu sendiri cukup mahal dan bisa mengakibatkan memajukan pengeluaran rumah tanggamu.

Selain itu, virus Corona dikatakan tidak dapat tertular dari udara sehingga membeli filter udara itu sendiri juga tampaknya tidak terlampau membantu dalam meminimalisir risiko penularan virus.

5. Memanfaatkan e-commerce atau Situs Belanja Online

Seiring dengan mewabahnya virus Corona yang sangat sensitif kepada kontak fisik, maka banyak orang yang ragu untuk keluar rumah, utamanya kalau dianggap tidak terlampau penting.

Nah, menghadapi hal satu ini, memanfaatkan e-commerce atau situs belanja online bisa dijadikan selaku pilihan terbaik untuk tips belanja hemat dikala pandemi Corona.

Selain kamu tidak butuhkeluar rumah untuk membeli keperluan, kamu juga sekaligus bisa mempergunakan bermacam-macam promo dan potongan harga yang ditawarkan oleh masing-masing toko online.

Tentu saja hal satu ini mampu memperlihatkan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga.

Tips Aman Belanja di Luar Rumah ketika Pandemi Corona

Setelah mengetahui ihwal beberapa tips ekonomis belanja saat pandemi Corona, maka sekarang saatnya kita mengetahui perihal beberapa cara kondusif belanja di luar rumah semoga bisa terbebas dari virus. Beberapa cara yang bisa dikerjakan yakni:

  • Gunakan sarung tangan dan masker

Cara pertama adalah dengan senantiasa mengenakan sarung tangan dan masker. Perlu dimengerti bahwa virus Corona sangat mudah tertular lewat sentuhan.

Maka dari itu, supaya mampu menghemat risiko tertular, cobalah untuk mengenakan sarung tangan, khususnya dikala ingin menjamah barang-barang di toko. Jika perlu, jangan lupa juga untuk mengenakan epilog hidung dan mulut untuk sumbangan extra .

  • Hindari Menyentuh Wajah

Cara kedua yakni untuk tidak menjamah muka, utamanya dikala kamu belum mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Karena menurut pakar kesehatan, virus Corona akan gampang masuk ke dalam badan melalui sentuhan di bagian vital, mirip mata, hidung, dan lisan.

  • Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Selanjutnya yakni dengan eksklusif mencuci tangan menggunakan sabun sesampainya di rumah.

Usahakan untuk tidak menyentuh barang apapun di dalam rumah sebelum kamu mencuci tangan.

Hal tersebut dikarenakan dikala berbelanja, kamu tentunya akan menyentuh barang-barang yang sebelumnya sudah disentuh oleh orang lain.

(Baca Juga: Sabun atau Hand Sanitizer, Mana yang Lebih Efektif?)

Ditambah lagi, jika kau juga menyentuh produk-produk yang berasal dari hewan seperti daging.

Untuk itu, selaku perlindungan tambahan, selain mencuci tangan kau juga bisa memakai hand sanitizer untuk pemanis. Disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun sekurangnya 20 detik.

Nah, jadi kini kamu telah tahu tentang beberapa kiat ekonomis belanja saat pandemi Corona sekaligus beberapa tips aksesori tentang cara aman saat mesti berbelanja di luar rumah.

Ingin kian irit membeli kebutuhan? Jangan lupa untuk segera ajukan kartu kredit di CekAja.com.