0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Tetap Ke Gym Ketika Wabah Corona, Amankah?

Menjaga kesehatan dikala wabah Corona berjalan adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi, virus Covid-19 ini ialah endemik di seluruh penjuru negara, bukan hanya di Indonesia saja.  Berolahraga, merupakan salah satu cara untuk mempertahankan stamina supaya tetap fit. Banyak orang suka berolahraga di gym, amankah ke gym dikala wabah Corona berlangsung?

Tetap ke Gym Saat Wabah Corona, Amankah?

Virus corona dimengerti menyerang tata cara pernafasan dan orang dalam keadaan sehat yang tertular tidak memiliki tanda-tanda. Meski demikian, orang yang tampaksehat tersebut, masih bisa menularkan virus corona kepada orang lain. Sementara jikalau stamina maupun daya tahan tubuhnya baik, tubuhnya mampu menyembuhkan diri sendiri. Imun tubuh akan menyesuaikan, dan besar kemungkinan orang telah mempunyai imun sendiri, sehingga kemungkinan kambuh akan sungguh kecil.

Sementara gym yang merupakan daerah berolahraga adalah salah satu kawasan yang berisiko tinggi mampu menularkan aneka macam virus maupun bakteri, mengenang banyak orang yang menjamah dan berolahraga menggunakan alat gym secara bersamaan. Tidak semua orang akan basuh tangan, dan belum tentu juga kawasan tersebut sudah steril dari virus.

Gym ialah kawasan yang cukup tepat untuk menjadi salah satu lokasi penyebaran virus alasannya disana banyak keringat yang menyebabkan permukaan alat gym menjadi lembab. Selain itu, banyaknya orang yang berkumpul dan melaksanakan aktivitas bareng adalah hal yang ketika ini dihentikan oleh otoritas pemerintah setempat. Oleh karena itu, menyingkir dari pergi ke gym bahu-membahu ialah langkah yang lebih kondusif dalam menyingkir dari virus Corona, terlebih mengenang tingginya resiko yang mampu kamu hadapi. Akan Tetapi, bila tetap ingin berolahraga di gym, kau tetap bisa melakukannya dengan melakukan serangkaian kiat berikut semoga tetap aman.

Tips Aman Berolahraga di Gym

1. Gunakan Sarung Tangan

Untuk mencegah menempelnya virus dari aneka macam peralatan gym, kamu bisa memakai sarung tangan. Pasalnya, tanganmu yaitu anggota badan pertama yang menempel pada alat-alat olahraga yang tersedia, dan peralatan tersebut tentunya juga telah dipegang oleh puluhan orang yang lain, yang belum pasti mereka tidak tertular virus. Karenanya, memakai sarung tangan yaitu upaya untuk menangkal virus maupun bakteri melekat. Jangan lupa cuci tangan segera sesudah kau melepas sarung tangan.

2. Bawa Hand Sanitizer

Pastikan kau juga membawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi, salah satunya ke gym. Hand sanitizer bisa membantumu untuk membersihkan tangan sementara, sebelum kau memegang alat gym, maupun sesudah berolahraga. Selain itu, bila kau suka menggunakan handuk dikala nge-gym, maka hindari memegang handuk ke arah muka. Sebab banyak orang yang tidak sadar menyentuh tampang selama beberapa kali. Padahal, seperti yang diketahui bahwa virus Corona ini akan melekat di tangan dan mampu menyerang pribadi kalau kita lupa mencuci tangan kemudian menyentuh paras .

3. Membawa Semprotan Desinfektan

Beberapa gym mungkin akan membersihkan peralatannya secara terencana, namun tak ada salahnya kalau kamu menenteng cairan desinfektan. Saat ini kau mampu membuat cairan desinfektan sendiri dengan menggunakan larutan desinfektan yang dijual bebas. Pasalnya, mirip yang kita pahami, virus corona ini mampu bertahan di benda mati sampai tiga jam. Menyemprotkan cairan desinfektan pada alat-alat gym sebelum kita gunakan ialah salah satu upaya semoga olahraga di gym mampu tetap kondusif.

4. Cuci Tangan Setelah Gym

Setelah berolahraga tentukan kamu mencuci dengan higienis tanganmu dengan sabun dan air mengalir selama sekurang-kurangnya20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan sebelum maupun sesudah gym. Jangan lupa untuk melakukan gerakan basuh tangan yang benar agar mampu membunuh bakteri dan virus yang melekat di tangan.

5. Pergi ke Gym di Jam Sepi

Jika kamu sudah sudah biasa ke gym, niscaya kamu juga hafal kapan waktu berolahraga di gym yang ramai, maupun waktu yang sepi.  Sebaiknya, pilih hari dan jam tertentu dimana tidak banyak orang yang berolahraga di gym langgananmu. Dengan demikian, kau akan terhindar dari kerumunan banyak orang. Sehingga, kamu dapat melaksanakan social distancing. Jadi, meski kau berolahraga dan berjumpa banyak orang, sebaiknya batasi juga sentuhan fisik.

6. Hindari ke Gym Saat Sakit

Sebaiknya jangan pergi ke gym jikalau kamu sedang sakit, demam, pilek maupun flu. Lebih baik istirahat di rumah semoga tidak menularkan penyakit ke orang lain.  Selain itu, bila kamu sedang sakit, otomatis daya tahan tubuhmu sedang kurang baik. Sehingga jika kau tetap keluar rumah untuk ke gym, mampu jadi sakitmu itu tidak sembuh, malah kian memburuk. Makara, hindari ke gym ketika kau sedang sakit, ya. Istirahat di rumah dan makan makanan yang bernutrisi biar sakit cepat pulih.

Itulah beberapa tips supaya kamu mampu tetap kondusif saat olahraga di gym. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan dan jangan hingga menularkan virus ke orang lain, ialah salah satu cara agar wabah segera selsai. Jika kamu ingin lebih aman, maka berolahraga di rumah ialah solusi yang tepat saat virus corona ini merebak. Sebab, banyak juga daerah gym yang memilih untuk menutup gymnya semoga meminimalkan konferensi banyak orang. Namun ada juga beberapa tempat gym yang membatasi beberapa orang saja yang boleh masuk dan berolahraga, tentunya hal ini untuk kebaikan kita bersama, dalam melawan virus corona.

Buat kamu yang ingin berolahraga dengan kondusif, kau bisa tetap berolahraga di rumah tanpa harus datang ke gym. Tidak semua olahraga meningkatkan stamina ini harus melulu menggunakan perlengkapan gym. Kamu bisa melakukan beberapa gerakan sederhana dengan melihat tutorial yang ada di youtube atau media sosial lainnya. Sebab, tak mampu ditampik bahwa berolahraga ialah hal yang diperlukan oleh banyak orang.  Berikut ini merupakan gerakan olahraga sederhana yang mampu kau lakukan di rumah bareng keluarga, maupun sendiri:

1. Naik Turun Tangga

Meskipun terlihat sepele, gerakan naik turun tangga ini cukup aben kalori. Dengan naik turun tangga, otot kaki dan tulangmu jadi berpengalaman dan makin berpengaruh.

2. Push Up

Pasti sudah tak gila dengan push up. Gerakan push up ini juga gampang dikerjakan. Kamu mampu memulainya dengan berbaring tertelungkup, kemudian mengangkat badan dengan menggunakan dua tangan, dorong besar lengan berkuasa-kuat dari posisi berbaring hingga tangan tegak lurus dari badan. Lakukan berulang kali saja, tubuhmu bakal berkeringat.

3. Sit Up

Olahraga sit up ini menjadi banyak andalan para wanita untuk mengencangkan otot perut, kesudahannya perut pun jadi nggak gendut dan menggelambir. Cara melakukannya juga sangat mudah, kamu cukup berbaring di lantai, kemudian letakkan tangan di belakang kepala, lalu angkat dan biarkan tubuh dalam posisi duduk, setelah itu, berbaring lagi, dan duduk lagi. Pastikan kakimu dalam posisi tertekuk.

4. Squat

Squat yaitu olahraga yang cukup ringan, namun akan memberikan efek yang cukup besar pada pinggul dan kakimu. Caranya juga mudah, pertama berdirilah dengan kaki yang lebih lebar dari bahu, tentukan pinggulmu sejajar di atas lutut dan rentangkan lengan lurus, biar sejajar dengan permukaan tanah. Kedua telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian, posisi berikutnya seperti akan duduk di kursi. Semakin dalam jongkok yang kau lakukan, maka tarikan yang bertumpu pada lutut pun semakin besar lengan berkuasa.

5. Melatih Keseimbangan

Selain beberapa gerakan kardio, kamu juga mampu melatih keseimbangan dengan gerakan yang cukup sederhana. Pertama, posisikan tubuhmu mirip akan merangkak. Jaga punggungmu supaya rata. Kemudian, angkat lengan kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang secara serentak. Setelah itu, arahkan lutut ke arah dada dan siku menjamah lutut.

6. Yoga

Melakukan gerakan Yoga juga mampu membantumu untuk tetap fit dan mengembangkan daya tahan badan. Kamu tidak mesti keluar ke studio yoga, melainkan mampu melakukannya di rumah, misalnya dengan menyaksikan beberapa pola gerakan yoga yang tersedia di youtube.

7. Lari di Tempat

Olahraga satu ini sungguh praktis dan bisa dijalankan oleh siapapun, tergolong orang cukup umur maupun belum dewasa. Kamu juga tidak perlu banyak ruang untuk melakukan lari di kawasan. Cukup lari di satu kawasan saja, selama beberapa menit bakal membuatkalori terbuang dan ngos-ngosan. Badan pun jadi lebih segar dan hawa-hawa mager alias malas gerak hilang saat itu juga. Tak percaya? Coba saja.

8. Berjemur

Selain berolahraga di dalam rumah, kau juga disarankan untuk berjemur minimal tiga kali dalam seminggu semoga terhindar dari virus Corona.  Luangkan waktu 10 sampai 15 menit dikala berjemur. Sinar matahari mengandung vitamin D dan menghirup udara segar di luar rumah juga akan menolong menambah daya tahan badan.

Nah, demikian yaitu beberapa opsi olahraga sederhana yang mampu kamu kerjakan di rumah, agar tetap sehat dan fit. Berolahraga di dalam rumah yaitu pilihan yang sempurna dan lebih aman daripada pergi ke gym dikala wabah corona ini berlangsung. Kamu juga mampu memanfaatkan peralatan olahraga gym yang sederhana seperti sepeda statis atau treadmill kalau sudah mempunyai kedua alat olahraga tersebut. Jika belum, kau bisa melaksanakan beberapa gerakan sederhana di rumah. Pasalnya, peneliti menyebutkan adanya kemungkinan bahwa virus corona ini bisa bertahan di udara selama 10 hingga 30 menit. Sehingga, meminimalisir keluar rumah pastinya akan menyingkir dari paparan dari virus corona.

(Baca Juga: Punya Duit Banyak Gak Bikin Deretan Artis Ini Kebal Corona)

Apabila kamu masih tetap ingin pergi ke gym, maka tentukan pakaianmu tertutup rapat dan gunakan masker. Sebaiknya hindari menggunakan transportasi biasa , dan  pakai kendaraan eksklusif ke gym. Setelah itu, jangan lupa bawa hand sanitizer dan kerjakan protokol basuh tangan dengan benar seperti yang sudah diuraikan dalam kiat aman pergi ke gym. Hal ini ialah salah satu upaya kita untuk melakukan pemberian dari virus corona.

Upaya yang lain yang mungkin mampu kau lakukan yaitu mempunyai asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga dari kemungkinan kerugian financial yang diderita balasan virus corona. Kamu bisa memilih beberapa asuransi kesehatan yang menawarkan santunan terkait hal tersebut. Namun, jangan lupa untuk senantiasa menyaksikan dan membaca polis dengan teliti, termasuk syarat dan biaya premi asuransi kesehatan yang harus dibayarkan. Pastikan sesuai kemampuan, jadi secepatnya bandingkan produk asuransi kesehatan di Cekaja.com dan ejekan sesuai dengan kebutuhanmu.