0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Terapi Tulang Belakang Dengan Berenang Penting Dijamin Aman

Bagi kau yang memiliki problem pada tulang belakang, nyatanya berenang mampu menjadi salah satu terapi yang dapat kau lakukan, loh! Menariknya, terapi tulang belakang dengan berenang ini juga kadang kala disarankan oleh para dokter. Meski begitu, apakah terapi ini telah pasti kondusif untuk dijalankan?

Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Terapi Tulang Belakang dengan Berenang

Sejatinya, terapi tulang belakang dengan berenang yang dianjurkan para dokter, aman untuk dilakukan asalkan sesuai dengan takaran dan aturannya.

Pasalnya, berenang membuat punggung mendapatkan terapi secara alami dari air kolam renang.

Tidak hanya itu, terapi tulang belakang dengan berenang juga menjadi solusi bagi kau yang menderita sakit saraf kejepit.

Di mana, saraf kejepit merupakan sebuah kondisi yang terjadi akhir adanya gangguan saraf, dan mengakibatkan penonjolan lapisan atau bantalan permukaan ruas tulang belakang. Lapisan dan alas tersebut lah yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit yang hebat.

Maka dari itu, untuk menangani hal tersebut kau bisa melakukan terapi tulang belakang dengan berenang. Karena, berenang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi rasa nyeri kronis.

Untuk tahap awal, kamu bisa mencoba berenang sebanyak satu kali dalam seminggu. Kemudian, untuk tahap berikutnya, kamu bisa menambahkan acara berenang menjadi dua kali dalam sepekan untuk menerima hasil yang optimal.

Namun, sebelum kamu menetapkan untuk terapi tulang belakang dengan berenang, ada baiknya jikalau kamu melakukan konsultasi apalagi dulu dengan dokter, apakah boleh melakukannya atau tidak.

Kalau pun diperbolehkan, ada baiknya kamu berenang sesuai dengan ajuan yang diberikan. Sehingga, kamu tidak sembarang berenang dengan gaya yang kamu inginkan.

Tetapi, jikalau kau melakukannya tanpa proposal dokter, mungkin hal itu justru akan menciptakan kondisi tulang belakang mu menjadi kian parah.

Karena pada dasarnya, berenang sebagai terapi tulang belakang memang lebih ditujukan untuk orang-orang yang memiliki nyeri kronis.

Sedangkan, untuk orang yang terkena sakit tulang belakang secara datang-datang, terapi ini kurang ampuh jika dikerjakan.

(Baca Juga: Kupas Tuntas Trik Sederhana untuk Mencegah Badan Bungkuk)

Manfaat Berenang untuk Terapi Tulang Belakang

Jika di pembahasan sebelumnya kamu telah mengetahui sekilas informasi ihwal terapi tulang belakang dengan berenang, maka di pembahasan kali ini kau akan mengetahui beberapa faedah yang mampu kamu dapatkan dari terapi tersebut.

Adapun beberapa manfaat dari berenang selaku terapi tulang belakang, di antaranya:

  • Sebagai terapi fisik
  • Meredakan nyeri tulang belakang kronis
  • Menghilangkan tertekan di semua persendian
  • Meningkatkan kekuatan otot penyangga tulang belakang
  • Menguatkan lapisan atau bantalan tulang belakang yang cedera
  • Dan lain sebagainya.

Gaya Berenang untuk Terapi Tulang Belakang

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa gaya berenang dalam terapi tulang belakang menjadi salah satu faktor penentu tingkat kesembuhan sakit tulang belakang. Di mana, tidak semua gaya berenang cocok dan mampu dipakai.

Maka dari itu, di bawah ini ialah tiga gaya berenang yang paling kondusif untuk dipakai dalam terapi tulang belakang, yang diantaranya akan diulas sebagai berikut.

1. Gaya Mengapung atau Gaya Punggung

Gaya Mengapung atau Gaya Punggung - Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Gaya pertama untuk terapi tulang belakang dengan berenang yakni gaya mengapung. Gaya yang acap kali disebut sebagai gaya punggung ini bisa menghemat beban badan ketika bergerak. Pasalnya, di dalam air tubuh terasa lebih ringan sebab terbantu dengan tekanan air.

Tidak hanya itu, berenang dengan gaya mengapung juga membuat punggungmu menjadi lebih kalem.

Sehingga, rasa sakit pada cedera tulang belakang menjadi berkurang, dibandingkan ketika kamu berbaring di atas kasur.

2. Gaya Bebas

Gaya Bebas - Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Berikutnya adalah gaya bebas yang digunakan untuk terapi tulang belakang dengan berenang. Gaya bebas ini menjadi salah satu gaya yang paling banyak disarankan, karena tidak memakai lengkungan punggung.

Terlebih, gaya renang yang satu ini sangat gampang untuk dikerjakan. Sebab, kau hanya perlu mengulurkan kedua tangan ke dalam air dengan posisi jari-jari tangan terbuka, kemudian mulai ayunkan layaknya mendayung sampan.

Setelah itu, di saat yang berbarengan kamu mampu mulai menggerakan kaki dengan gerakan menendang, menggunakan tenaga dari pinggang. Gerakan kaki kanan dan kiri secara bergantian.

Kemudian, agar tubuh tetap stabil dan pernapasan tersadar dengan baik, jangan lupa untuk memutar pundak dan pinggang mengikuti ayunan tangan.

Apabila tangan mengayun ke arah kanan, maka kamu juga harus memutar bahu dan pinggang ke arah kanan, begitu pun sebaliknya.

3. Gaya Kodok

Gaya Kodok - Terapi Tulang Belakang dengan Berenang Ini Dijamin Aman

Gaya kodok nyatanya juga menjadi salah satu gaya, yang bisa digunakan untuk terapi tulang belakang dengan berenang.

Hal tersebut dikarenakan, gaya kodok tidak terlalu banyak menggunakan punggung sebagai rujukan untuk bergerak.

Justru sebaliknya, gaya kodok ini lebih fokus kepada penggunaan kekuatan kedua kaki, dengan tangan menghadap ke arah depan. Sehingga, kemungkinan terjadinya risiko cedera suplemen sungguh kecil.

Tips Aman Berenang untuk Terapi Tulang Belakang

Sebelum mulai melaksanakan terapi tulang belakang dengan berenang, ada baiknya bila kamu mengetahui beberapa kiat apalagi dahulu, semoga kegiatan berenang berjalan tanpa hambatan dan sesuai dengan prosedur yang dianjurkan.

Untuk itu, di bawah ini CekAja.com telah merangkum beberapa tips aman berenang untuk terapi tulang belakang, yang di antaranya ialah:

  • Melakukan pemanasan sebelum berenang dan pendinginan sehabis berenang
  • Menggunakan kacamata renang untuk melindungi mata dan mengurangi terjadinya gerakan yang tidak sempurna pada kepala, dikala mata sedang menahan air
  • Menggunakan pelampung untuk mempertahankan kestabilan dan postur tubuh ketika berenang jika diharapkan
  • Menggunakan alat bantu pernapasan selam
  • Gunakan gaya renang yang sempurna, yang tidak membuat rasa nyeri makin parah dan minim resiko
  • Gerakan badan ke samping, lalu jaga dagu supaya tetap masuk dikala menawan napas dikala gaya bebas, dengan tujuan untuk meminimalisir jumlah gerakan dan tekanan yang terjadi pada leher dikala berenang
  • Didampingi oleh instruktur khusus terapi tulang belakang selama acara berenang berjalan

(Baca Juga: Hati-hati! Lima Penyakit Ini Timbul Karena Sakit Punggung)

Nah, kini kamu telah mengetahui beberapa informasi terkait terapi tulang belakang dengan berenang. Mulai dari isu dasar, faedah, gaya renang hingga tips kondusif berenang untuk terapi tulang belakang.

Bagi kamu yang menderita penyakit tulang belakang dan ingin mencoba terapinya, info-gosip di atas bisa kamu jadikan tumpuan dan bimbingan sebelum melakukan terapi tulang belakang.

Pasalnya, penyakit tulang belakang bukan lah penyakit biasa, sehingga pengobatannya pun membutuhkan waktu serta biaya yang ekstra.

Untuk itu, menjaga kesehatan dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan terbaik menjadi hal penting yang harus kamu kerjakan.

Sebab, asuransi kesehatan menjamin hampir semua biaya pengobatan yang kamu perlukan. Kaprikornus, untuk kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, secepatnya ejekan lewat CekAja.com. Yuk, usikan kini!