0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Snmptn 2020, Brawijaya Pertahankan Gelar Universitas Paling Diminati

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020 telah final. Nama-nama siswa yang mujur lolos ke perguruan tinggi negeri (PTN) pilihannya pun sudah diumumkan.

mahasiswa tingkat akhir - CekAja.com

Proses SNMPTN tidak hanya menjadi ajang seleksi bagi para siswa untuk mampu diterima di kampus yang diidam-idamkannya. Seleksi ini juga mampu dijadikan selaku parameter untuk melihat kampus negeri mana yang paling banyak digemari oleh para siswa melalui jalur ini.

Pada tahun ini, sebanyak 489.601 siswa tercatat sebagai akseptor SNMPTN. Dari jumlah total itu, hanya sebanyak 96.496 siswa yang dinyatakan lolos seleksi.

Dengan telah berakhirnya proses SNMPTN 2020, mempunyai arti telah dapat diketahui jumlah peminat atau pendaftar dari setiap kampus negeri di Indonesia. Lantas, universitas mana saja yang menjadi favorit para pelamar seleksi? Berikut ini daftarnya.

1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) mencatatkan rekor sebagai kampus negeri yang paling digemari oleh para siswa pada SNMPTN tahun ini. Berdasarkan laporan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 30.932 siswa mendaftar untuk mampu diterima di kampus ini. Angka itu menyebabkan Universitas Brawijaya selaku perguruan tinggi negeri dengan peminat terbanyak pada SNMPTN tahun ini.

Universitas Brawijaya ialah kampus negeri yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur. Didirikan pada tahun 1963, kampus ini sekarang mempunyai sebanyak 16 fakultas dengan 175 program studi.

Menariknya, Universitas Brawijaya menduduki posisi kedua selaku universitas terbaik di Indonesia pada tahun 2020 versi Times Higher Education (THE) World University Rankings. THE sendiri ialah sebuah lembaga yang kredibel di dunia yang menyajikan data kinerja universitas dan melakukan pemeringkatan.

2. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro menjadi kampus negeri dengan peminat terbanyak kedua pada SNMPTN 2020. Satu nomor di bawah Universitas Brawijaya, kampus yang dikenal dengan sebutan Undip ini dilamar oleh sebanyak 29.316 siswa.

Kampus negeri yang awalnya berstatus perguruan tinggi tinggi swasta ini diresmikan pada tahun 1956 di Semarang, Jawa Tengah. Status negeri mulai disandangnya semenjak tahun 1961.

Memiliki 11 fakultas, Undip menempati rangking ke-4 kampus terbaik di Indonesia berdasarkan data forum 4ICU yang dirilis pada Januari 2020 lalu.

3. Universitas Gadjah Mada

Universitas yang terletak di Yogyakarta ini menempati urutan ketiga selaku kampus dengan jumlah pelamar terbanyak pada SNMPTN 2020. Tercatat sebanyak 25.604 siswa mendaftar untuk dapat berkuliah di kampus almamater Presiden Joko Widodo ini.

(Baca juga: 3 Jenis Beasiswa Masuk Universitas Negeri, Lengkap dengan Persyaratannya)

Universitas Gadjah Mada (UGM) diresmikan pada 19 Desember 1949. Hingga dikala ini, kampus negeri ini mempunyai 18 fakultas, 1 sekolah pascasarjana, dan 1 sekolah vokasi.

4. Universitas Padjadjaran

Terpaut kurang dari 300 pendaftar dibanding UGM, kampus yang terletak di Bandung, Jawa Barat, ini menempati urutan keempat selaku kampus yang paling disenangi pada SNMPTN 2020. Sebanyak 25.305 siswa berkompetisi untuk dapat berkuliah di kampus ini.

Kampus yang dikenal dengan sebutan Unpad ini sudah bangun semenjak 11 September 1957. Hingga kini, Unpad memiliki 16 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Ilmu Komunikasi ialah salah satu fakultas favorit di kampus ini.

5. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi kampus kedua di Semarang yang masuk ke dalam daftar PTN yang paling digemari pada SNMPTN 2020. Dengan jumlah pelamar sebanyak 24.581 siswa, hal itu menempatkan UNNES berada pada urutan kelima.

Berdiri pada tahun 1965, awalnya kampus ini diketahui dengan nama IKIP Negeri Semarang. Pergantian nama menjadi Universitas Negeri Semarang baru dikerjakan pada tahun 1999. Hingga saat ini terdapat 8 pilihan fakultas yang dipilih oleh para kandidat mahasiswa untuk berguru.

6. Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) juga tidak kalah bisa untuk menarik perhatian para siswa di tahun 2020. Terbukti sebanyak 23.204 pendaftar berkompetisi untuk dapat berkuliah di Kampus Bumi Siliwangi ini melalui jalur SNMPTN.

Berdiri sejak 1954, UPI merupakan salah satu kampus yang mengalami metamorfosis sampai menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Sebagaimana UNNES, nama UPI baru menempel pada kampus ini sejak 1999. Awalnya kampus ini berdiri dengan sebutan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru.

7. Universitas Sebelas Maret

Kampus di Jawa Tengah kembali mencatatkan diri selaku kampus yang paling diminati oleh siswa pada SNMPTN 2020. Kali ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) yang diserbu oleh 22.011 pendaftar. Angka itu mengantarkan UNS menduduki peringkat ketujuh.

Sesuai dengan namanya, UNS diresmikan berdiri pada 11 Maret 1976. Hingga kini, kampus yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah, ini mengurus 11 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana.

8. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara atau USU ialah satu-satunya kampus di luar Pulau Jawa yang masuk ke dalam daftar 10 PTN yang paling disenangi pada SNMPTN 2020. Pada seleksi tahun ini, sebanyak 20.859 siswa mendaftar guna bersaing untuk dapat berkuliah di USU.

(Baca juga: Mengenal Keunggulan Universitas Terbuka, Kampus Negeri dengan Biaya Terjangkau)

Terletak di Kota Medan, kampus ini pada tahun 2017 mendapatkan predikat selaku Kampus Hijau ke-11 di Indonesia. Pemeringkatan itu digagas oleh UI Green Metric World University Ranking. Rangking itu memperlihatkan bahwa USU berkomitmen dalam pengelolaan lingkungan hidup demi mendukung terciptanya hidup sehat yang berkesinambungan bagi penduduk sekitar.

9. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperbesar daftar Perguruan Tinggi Negeri yang paling digemari pada SNMPTN 2020 dari kota pelajar Yogyakarta. Sebanyak 20.509 siswa berkompetisi untuk mampu mengeyam pendidikan tinggi di kampus ini.

Didirikan pada 21 Mei 1964, kampus ini awalnya diketahui dengan nama Institut  Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP) Yogyakarta. Hingga balasannya pada tahun 1999 kampus ini mendapat ekspansi mandat menjadi universitas dan beralih nama menjadi Universitas Negeri Yogyakarta. Hingga sekarang, UNY mengurus 7 fakultas dan 1 program pascasarjana.

10. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta merupakan perwakilan kampus di Ibu Kota Negara yang masuk ke dalam daftar 10 PTN yang paling digemari pada SNMPTN 2020. Lewat proses seleksi ini, tercatat sebanyak 18.096 siswa mendaftar agar dapat berkuliah di UNJ.

UNJ didirikan pada 1964 dengan nama permulaan IKIP Jakarta. Pada tahun 2019 lalu, kampus ini menjangkau penghargaan atas prestasinya yang sudah meraih Klaster Mandiri pada Pemeringkatan Perguruan Tinggi Berbasis Kinerja Penelitian yang diberikan oleh Kementerian Riset dan Teknologi.

Itu beliau 10 universitas negeri yang paling digemari oleh siswa pada SNMPTN 2020. Kamu yang diterima masuk SNMPTN sudah siap merantau ke kota tempat kampus baru kau berada pastinya.

Untuk proses berikutnya melakukan daftar ulang mahasiswa baru di universitas tersebut, pastinya kamu dan orang tua mesti mempersiapkan dana yang cukup. Termasuk untuk biaya sewa indekos dan ongkos hidup.

Manfaatkan pemberian berupa kredit tanpa agunan (KTA) dari bank Standard Chartered yang bisa kalian usikan dengan gampang lewat CekAja.com kini juga. Prosesnya cepat karena kau tidak perlu tiba ke kantor cabang bank terdekat, dan syaratnya juga gampang.

Tunggu apa lagi? Manfaatkan KTA Standard Chartered yang mampu kau manfaatkan untuk keperluan pendidikan kini juga!