0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Serba-Serbi Asuransi Kecelakaan Mobil dan Motor Beroda Empat Sport Yang Perlu Dimengerti

Bagi kau penggemar mobil sport, baik itu untuk digunakan sehari-hari maupun yang cuma sebagai koleksi semata, mengetahui asuransi kecelakaan mobil sport tetap menjadi salah satu hal yang perlu untuk dipelajari.

asuransi mobil sport

Mengapa? Selain mobil sport itu sendiri lazimnya mempunyai kisaran harga yang jauh lebih mahal dibandingkan mobil biasa, nyatanya jenis mobil satu ini juga mempunyai asuransi yang berbeda pula, yang mana sebetulnya masih membuat banyak orang keliru.

(Baca Juga: Baru Beli Mobil? Ini Asuransi Mobil untuk Pengendara Baru)

Maka dari itu, dalam mengantisipasi kekeliruan dan kebingungan, sebelum berbelanja mobil sport ada baiknya bila kau juga mengetahui beberapa hal mengenai asuransi kecelakaan mobil sport itu sendiri.

Nah, di dalam peluang kali ini, kita akan membicarakan ihwal serba-serbi asuransi kecelakaan mobil sport yang perlu kau pahami. Apa saja itu?

Perbedaan Asuransi Kecelakaan Mobil Sport dan Mobil Biasa

Dilansir dari situs Finansialku.com, secara lazim perlakukan asuransi kendaraan beroda empat sport dan mobil biasa itu sama.

Hanya saja, kedua mobil ini mempunyai perbedaan harga sparepart yang cukup besar, dan dikarenakan hal itulah, ongkos asuransi yang mesti ditanggung pun juga berlawanan.

Selain itu, walaupun risiko kecelakaan dan pencurian kendaraan beroda empat sport termasuk rendah, namun sayangnya masih sedikit perusahaan asuransi yang bersedia menjaminnya.

Hal tersebut dikarenakan kendaraan beroda empat sport membutuhkan ongkos perbaikan yang cukup mahal dan membutuhkan spare part khusus dan import.

Karena perbaikan jenis kendaraan beroda empat ini cuma mampu dikerjakan di bengkel khusus saja, hal ini bisa dijadikan selaku pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli. Tentunya, kau juga perlu mempersiapkan dana khusus pula.

Jenis Asuransi Kecelakaan Mobil Sport

Tidak cuma untuk asuransi kecelakaan kendaraan beroda empat sport, jenis asuransi yang akan kita diskusikan kali ini juga berlaku untuk mobil biasa.

Pada dasarnya, asuransi mobil atau kendaraan terbagi menjadi dua kategori, adalah asuransi Total Loss Only (TLO) dan asuransi All Risk (Comprehensive). Apa sih perbedaannya?

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO) ialah jenis asuransi kendaraan yang klaimnya baru dapat diajukan apabila terjadi kehilangan secara total.

Dalam arti adalah resiko yang diakibatkan dari pencurian dan kerusakaan bisa diperkirakan mencapai 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian.

Apabila kerusakan yang dialami justru kurang dari itu, maka kau tidak akan mendapatkan ganti rugi atas kerusakan yang terjadi. Mengapa 75 persen?

Angka 75 persen itu diambil alasannya kerusakan kendaraan beroda empat dipastikan tidak dapat dipakai lagi kalau telah mengalami kerusakan sebanyak itu.

Salah satu kelebihan asuransi TLO dibandingkan asuransi All Risk adalah ongkos premi yang relatif lebih rendah, yang mana dengan ongkos yang rendah inilah kamu menjadi mampu mengalihkan dana yang tersedia untuk melengkapi keperluan yang lain, mirip perawatan kendaraan.

Tetapi walau begitu, pastinya pengajuan klaim baru dapat dikerjakan kalau kondisi kendaraan beroda empat sudah benar-benar mengalami kerusakan parah dengan risiko terjadi sangat minim. Sementara itu untuk kecelakaan ringan, maka kamu mesti menanggung ongkos perbaikannya sendiri.

  • Asuransi All Risk (Comprehensive)

Sementara itu sesuai dengan namanya, asuransi all risk atau comprehensive ialah jenis asuransi yang dapat menanggung berbagai risiko secara keseluruhan, baik itu kerusakan ringan, berat, sampai kehilangan.

Meskipun hanya berupa lecet kecil, kamu bisa mengajukannya terhadap asuransi. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari asuransi all risk dibandingkan asuransi TLO.

Tentu saja dengan memiliki asuransi ini kamu akan lebih damai dalam berkendara kemanapun dan kapanpun.

Namun, yang menjadi kelemahan yaitu dalam segi ongkos. Biaya premi untuk jenis asuransi all risk condong lebih mahal kalau ketimbang jenis asuransi TLO.

  • Asuransi Bencana Alam

Memang tidak ada diantara kita yang mampu memprediksi kapan datangnya petaka, seperti banjir, angin topan, badai, dan masih banyak lagi.

Dikarenakan hal itulah, untuk mengantisipasinya maka kau perlu mempunyai asuransi petaka. Apalagi jika barang yang kau miliki berupa mobil sport.

Jaminan untuk asuransi petaka umumnya akan menanggung seluruh kerusakan yang dialami pada kendaraan dan disebabkan oleh angin badai, angin ribut, hujan es, dan banjir.

Selain itu, kau juga mampu mengajukan asuransi apabila kendaraan mengalami kerusakan akibat gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.

Berapa Kisaran Biaya Asuransi Kecelakaan Mobil Sport?

Seperti yang sudah sempat sedikit disinggung sebelumnya bahwa asuransi kecelakan mobil sport dan kendaraan beroda empat biasa mempunyai perbedaan yang menonjol terkait biaya premi.

Hal tersebut dikarenakan sebagian besar spare part kendaraan beroda empat sport berasal dari import yang pastinya juga tidak gampang untuk ditemukan, terutama di Indonesia.

Secara garis besar, ongkos asuransi kecelakaan mobil sport berkisar di atas USD 1000. Namun, pastinya juga diubahsuaikan dengan jenis asuransi yang dipilih sekaligus jenis mobilnya itu sendiri.

Sebagai contoh, mobil Nissan GT-R yang masuk ke dalam salah satu jenis mobil termahal di dunia umumnya mempunyai nilai asuransi sebesar USD 4000 per tahunnya.

Sebaliknya, mobil Honda Odyssey Minivan justru mempunyai nilai asuransi di bawah USD 1.300 per tahunnya.

Memilih Perusahaan Asuransi Kecelakaan Mobil Sport yang Tepat

Dikarenakan kendaraan beroda empat sport yang mempunyai harga relatif jauh lebih mahal dibandingkan mobil biasa, maka kamu juga dilarang asal memilih perusahaan asuransi.

Seluruhnya harus lewat pertimbangan yang mendalam, agar tidak salah dan menyingkir dari terjadinya insiden yang tak dikehendaki.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menentukan sebuah perusahaan asuransi kecelakaan kendaraan beroda empat sport, alangkah baiknya kalau kamu mencari tahu beberapa hal perihal perusahaan tersebut.

Dilansir dari situs Bezinga.com, beberapa usulanyang perlu dikerjakan sebelum menentukan perusahaan asuransi yang tepat yakni sebagaimana berikut ini:

  • High Claims Satisfaction

Hal pertama yang harus dikenali adalah bagaimana kepuasan konsumen yang pernah menggunakan produk dari perusahaan asuransi tersebut. Apakah membuat puas atau tidak?

Biasanya, ini mampu kamu cari tahu lewat internet begitu pula dengan situs resmi perusahaan mengenai pertimbangan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam berbelanja produk asuransi mereka.

  • Financial Strength

Financial strength atau kekuatan finansial biasanya dapat kamu lihat dari rating yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Apakah perusahaan yang kau pilih mempunyai rating yang bagus atau tidak?

Nah, biasanya rating ini mampu kamu lihat dari situs resmi perusahaan yang kau tuju. Poin satu ini juga bekerjasama dengan poin sebelumnya perihal kepuasan pelanggan.

  • Agent Network

Walaupun berbelanja asuransi secara online memang sangat cepat dan condong praktis, namun alangkah baiknya bila perusahaan asuransi yang kau tuju juga mempunyai kantor dalam bentuk fisik yang bisa kamu kunjungi.

Tentu saja hal ini akan mempermudahmu pada nantinya bila sebuah dikala kau mempunyai urusan atau pertanyaan seputar asuransi dan kau ingin menanyakannya secara pribadi kepada staf yang ada.

  • Online Policy Management

Di setiap perusahaan asuransi pastinya mereka akan memiliki kebijakannya dan ketentuannya masing-masing. Perhatikanlah secara cermat kebijakan dan ketentuan yang ada.

Biasanya, kebijakan ini akan berlaku saat perusahaan asuransi memperlihatkan penawaran tertentu, seperti potongan harga, bagian harga, dan sebagainya.

Perusahaan Asuransi Kecelakaan Mobil Sport Terbaik

Memilih perusahaan asuransi kecelakaan kendaraan beroda empat sport memang tidak semudah memilih asuransi untuk kendaraan beroda empat pada umumnya.

Bahkan, mampu dibilang bahwa di Indonesia itu sendiri, penyedia produk asuransi untuk kecelakaan mobil sport masih tergolong sangatlah jarang.

Namun, bagi kamu yang dikala ini tengah galau memilih perusahaan asuransi untuk kendaraan beroda empat sport yang kau miliki, inilah beberapa usulan perusahaan asuransi untuk mobil sport yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

  • Chubb

Asuransi Chubb memang diketahui selaku salah satu perusahaan asuransi terbaik yang pernah ada, terutama untuk mobil sport.

Penawaran yang mereka berikan pun relatif sangatlah menggairahkan. Sebagai teladan, bila kendaraan beroda empat mengalami kerusakan atau kehilangan, maka perusahaan akan mengcover seluruh ongkos kerugian tanpa adanya pengurangan.

Selain itu, apabila kamu memerlukan perbaikan, maka Chubb juga akan mengcover seluruh biaya spare part yang dibutuhkan untuk memperbaiki kendaraan beroda empat tersebut.

  • Allstate

Selanjutnya ada perusahaan asuransi Allstate yang juga menjadi salah satu anjuran dalam memilih asuransi kecelakaan mobil sport terbaik.

Allstate ialah perusahaan yang memang bergerak di banyak sekali jenis asuransi yang ada, mirip asuransi jiwa, asuransi khusus untuk kendaraan roda dua, dan asuransi bisnis.

Dengan membeli produk dari perusahaan asuransi satu ini, kamu juga berkesempatan untuk menerima berbagai promo mempesona, seperti diskon dan pecahan harga, yang sekaligus juga mampu meringankan pengeluaranmu dalam hal ongkos.

  • State Farm

State Farm ialah salah satu perusahaan asuransi terbesar di Amerika Serikat yang memberikan produk mewah namun dengan pelayanan kaki lima.

Perusahaan satu ini acap kali menawarkan aneka macam promo menarik yang membuatnya menjadi salah satu perusahaan asuransi pilihan.

(Baca Juga: Pilihan Mobil untuk Pemilik Gaji 10 Juta)

Jadi, kini kau tahu bahwa ternyata asuransi kecelakaan kendaraan beroda empat sport memang berlawanan kalau ketimbang mobil pada umumnya. Tentu saja perbedaan tersebut hadir bukan tanpa argumentasi.

Harganya yang lebih mahal dibandingkan mobil biasa membuat mobil sport memerlukan perawatan khusus. Bahkan, sebagian besar spare part nya pun juga berasal dari import, yang mampu kamu peroleh di beberapa e-commerce internasional seperti Alibaba dan Amazon.

Tetapi, jikalau kamu saat ini justru tengah gundah mencari perusahaan asuransi terbaik untuk kendaraan beroda empat kesayangan di rumah, yuk jangan ragu untuk segera ajukan di CekAja.com.