0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Semoga Lebih Aman, Kerjakan 5 tips Mencegah Hack Kartu Kredit Berikut Penting

Sering memberikan promo menarik dalam bentuk rewards, cashback ataupun diskon, membuat kegiatan transaksi menggunakan kartu kredit meningkat. Namun, jikalau tidak digunakan dengan hati-hati, kartu kreditmu mungkin saja terkena hack atau dibobol oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Oleh alasannya adalah itu, sebelum hal tersebut terjadi, kau perlu mengenali beberapa cara menangkal hack kartu kredit.

Agar Lebih Aman, Lakukan 5 Cara Mencegah Hack Kartu Kredit Berikut Ini

Ini Cara Mencegah Hack Kartu Kredit Rekomendasi CekAja.com

Sebenarnya ada berbagai cara menangkal hack kartu kredit yang mampu kau kerjakan. Namun, lazimnya ada lima cara yang sering digunakan para pengguna kartu kredit saat terkena hack. Adapun lima cara menangkal hack kartu kredit tersebut, di antaranya:

Mencegah transaksi pakai koneksi Wi-Fi gratis

Mencegah transaksi pakai koneksi Wi-Fi gratis

Cara pertama yang mampu kau kerjakan ialah menyingkir dari atau menangkal acara transaksi kartu kredit menggunakan koneksi Wi-Fi gratis. Karena, hal itu membuka potensi untuk orang-orang tidak bertanggung jawab mengawasi dan mencuri data kartu kreditmu, seperti password.

Untuk itu, sebisa mungkin kau tidak menggunakan koneksi Wi-Fi gratis saat melaksanakan transaksi kartu kredit, meski koneksi Wi-Fi yang diberikan gratis dan tanpa kendala.

Gunakan username dan password yang merepotkan ditebak

username dan password yang sulit ditebak

Cara mencegah hack kartu kredit yang kedua adalah gunakan username dan password yang tidak mudah ditebak. Untuk username sendiri, tentukan kau memakai nama orisinil untuk membuat lebih mudah proses pengecekan data.

Sedangkan untuk password, hindari memakai tanggal lahir, angka-angka yang gampang ditebak atau angka-angka yang berhubungan dengan keluarga selaku password kartu kreditmu.

Karena, tiga hal tersebut ialah jenis password yang banyak dipakai oleh pengguna kartu kredit dan gampang ditebak oleh para hacker.

(Baca Juga: Modus Kejahatan Kartu Kredit yang Perlu Diketahui)

Teliti ketika ingin menggunakan promo kartu kredit di Internet

menggunakan promo kartu kredit di Internet

Seperti yang dimengerti, kartu kredit kerap kali menunjukkan banyak promo menarik yang mampu dicicipi para penggunanya. Informasi promo tersebut umumnya mampu kau peroleh di internet.

Namun, dikala kau menemukan promo di internet yang cocok dengan keperluan, kau harus waspada dikala ingin menggunakannya. Sebab, promo tersebut mampu saja meminta data identitas kartu kredit yang sebetulnya tidak diharapkan.

Data terkait identitas kartu kredit itu, ialah salah satu bentuk agresi licik oknum-oknum tidak bertanggung jawab, yang ingin melakukan hack kartu kreditmu.

Maka dari itu, sebisa mungkin kau tidak sembarang mengisi data kartu kredit ketika ingin menggunakan promo.

Pasalnya, bila kau kadung memasukan semua data yang dibutuhkan, maka kamu telah terkena jebakan dari oknum-oknum tersebut dan kartu kreditmu akan segera di hack.

Waspada saat melakukan transaksi

Waspada saat melakukan transaksi

Cara mencegah hack kartu kredit yang keempat adalah kau mesti senantiasa berhati-hati dikala melakukan transaksi. Hal ini sangat penting untuk kamu kerjakan, dimana saja dan kapan saja.

Termasuk dikala kamu sedang melakukan transaksi kartu kredit di bank, merchant-merchant dan pertokoan.

Ketika proses transaksi telah selesai, pastikan kau menyimpan struk belanja tersebut dan sesuaikan dengan billing kartu kreditmu.

Apabila jumlah transaksi tidak cocok, maka mampu saja kartu kreditmu sedang di hack oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Pilih kartu kredit yang memakai chip

Pilih kartu kredit yang menggunakan chip

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hack kartu kredit adalah menentukan kartu kredit yang menggunakan chip, pada dikala pembuatan kartu kredit.

Sebab, chip tersebut berisi semua info terkait identitas diri kamu selaku pengguna dan identitas dari kartu kredit itu sendiri.

Walaupun, ketika ini nyaris semua kartu kredit menggunakan chip, tetapi kau tetap harus memastikannya. Chip ini umumnya berwarna hitam dan terletak di bagian belakang kartu kredit.

Hal yang Perlu dikerjakan ketika Kartu Kredit diHack

Hal yang Perlu dilakukan saat Kartu Kredit diHack

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengenali lima cara menghalangi hack kartu kredit, maka di pembahasan kali ini kau akan mengetahui apa saja hal yang harus dilaksanakan saat kartu kreditmu terkena hack.

Untuk itu, di bawah ini CekAja.com sudah merangkum lima hal yang perlu kau kerjakan ketika kartu kredit terkena hack. Enam hal tersebut di antaranya, yakni:

Menghubungi bank penerbit kartu kredit

Menghubungi bank penerbit kartu kredit

Menghubungi bank penerbit kartu kredit yang kau gunakan, menjadi langkah awal yang perlu kamu lakukan sesudah kau mengenali bahwa kartu kreditmu telah di hack.

Kamu bisa menelepon pihak bank penerbit lewat telepon, atau datang pribadi ke kantor bank penerbit.

Pasalnya, makin cepat kau melapor, maka makin cepat juga bank melakukan pemeriksaan kasus peretasan yang kamu alami. Sehingga, bank mampu langsung mengubah kerugian yang nasabah alami.

Tidak hanya itu, pihak bank pun umumnya akan menghapus sementara tagihan yang terjadi akhir peretasan, selama proses pemeriksaan.

Kemudian, bank akan langsung menutup akun kartu kreditmu yang usang dan mengubahnya dengan kartu kredit gres.

Mengajukan surat sanggahan

Mengajukan surat sanggahan

Langkah berikutnya yang perlu kau lakukan ialah mengajukan surat sanggahan. Surat ini bisa kau peroleh dengan meminta formatnya terhadap pihak bank. Setelah itu, bank akan mengirimkannya lewat email.

Kamu bisa pribadi mengisi form tersebut dengan lengkap dan pribadi mengirimkannya kembali ke pihak bank, melalui email atau datang pribadi ke kantor bank penerbit kartu kredit. Dalam proses ini, kau mungkin akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, surat sanggah ini sungguh berkhasiat untuk menyanggah adanya transaksi yang dilaksanakan oleh pemilik kartu kredit bahu-membahu, selama kartu kredit di hack supaya kamu tidak membayar total transaksi yang pernah terjadi atau sedang berjalan.

Mengawasi aktivitas transaksi

mengawasi aktivitas transaksi

Langkah berikutnya adalah memantau kegiatan transaksi. Hal ini ialah langkah preventif yang perlu kau kerjakan, untuk menghalangi kemungkinan terjadinya hack yang kedua kalinya.

Pengawasan kepada acara transaksi ini, juga harus kamu lakukan pada kartu kredit barumu.

Caranya adalah dengan memantau saldo kartu kredit melalui SMS dan lain sebagainya. Sebab, setiap bank penerbit memiliki cara yang berlainan-beda dalam mengakses isu terkait saldo kartu kredit.

Disamping itu, seharusnya kau juga tetap melakukan transaksi dalam jumlah kecil. Karena, para hacker lazimnya menyalahgunakan kartu kredit seseorang, dengan melakukan transaksi dalam jumlah kecil, adalah di bawah Rp100 ribu.

Hal itu menjadi trik para hacker semoga pemilik kartu kredit tidak menyadari bahwa akun kartu kreditnya sedang diretas dan uangnya dihabiskan secara perlahan.

Lebih berhati-hati

lebih waspada

Hal terakhir yang perlu kau lakukan yakni lebih waspada, biar kejadian akun kartu kreditmu terkena hack tidak terulang kembali. Kamu bisa melaksanakan lima cara menangkal hack kartu kredit yang telah diulas di pembahasan sebelumnya.

Kamu bisa memulainya dengan tidak memakai koneksi Wi-Fi gratis, sampai memakai kartu kredit yang menggunakan chip selaku sumber data identitas pengguna dan kartu kredit tersebut.

Maka dari itu, untuk mempertahankan keselamatan kartu kredit dari risiko terkena hack, kamu mampu apalagi dulu menentukan bahwa kartu kredit yang kamu kehendaki sudah terpasang chip. Selain itu, tentukan juga bahwa kartu kreditmu menunjukkan pelayanan yang bagus dan cepat.

Sehingga, jika di saat-waktu kartu kreditmu terkena hack, maka bank penerbit kartu kredit dengan gesit membantumu menyelesaikan kasus tersebut, dan menawarkan tanggung jawab penuh.

(Baca Juga: Tips agar Kartu Kredit Tidak Mudah Dibobol)

Oleh alasannya itu, sebelum menetapkan untuk mengajukan kartu kredit, sebaiknya kau melaksanakan perbandingan apalagi dulu di CekAja.com.

Karena di sana, tersedia beragam jenis produk kartu kredit terkemuka yang bisa kamu jadikan pilihan.

Jika sudah menemukan kartu kredit yang cocok, kamu mampu langsung secepatnya mengajukannya. Sebab, proses pengajuan di CekAja.com mudah dan cepat.

Terlebih, CekAja.com juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk usikan kini!