0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Selama Psbb, Transaksi Non Tunai Merchant Penting Melesat

Aksi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dikala ini sudah mulai dijalankan di beberapa kawasan. Adalah DKI Jakarta yang pertama kali menggelar aksi strategis tersebut. Adanya PSBB menciptakan banyak orang menjadi beraktivitas dirumah, hal itu ternyata besar lengan berkuasa baik terhadap transaksi non tunai. Beberapa penyedia layanan atau merchant dilaporkan mengalami lonjakan transaksi yang siginifikan.

fenomena dompet elektronik

Betapa tidak, dengan diberlakukannya PSBB, jalan masuk jalan dan juga hukum berkendara diamati dengan cukup ketat.

Wilayah penyangga ibukota pun tak inginketinggalan, Kota dan Kabupaten Bogor serta Bekasi baru saja menggelar PSBB semenjak kemarin, menyusul Jakarta yang telah lebih dulu menjalankannya.

Alhasil banyak orang yang akhirnya memilih untuk beraktivitas dirumah. Makan dirumah, jajan dirumah, main dirumah, melakukan pekerjaan dari rumah, ibadah dari rumah dan mencar ilmu dirumah.

Seperti proposal pemerintah, semua itu dijalankan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Hingga dikala ini, jumlah orang terjangkit virus novel corona sudah menembus angka 5.000 jiwa. Setengah dari jumlah korban berasal dari kawasan DKI Jakarta.

Nah alasannya PSBB juga, ternyata jumlah transaksi non tunai bertumbuh cepat. Mengutip kata pepatah bijak, senantiasa ada pesan tersirat dibalik peristiwa.

(Baca juga: Intip 10 Tips Masak Hemat saat PSBB, Kantong Dijamin Aman!)

1. Transaksi non tunai di McDonald’s meningkat

Salah satu perusahaan makanan cepat saji asal negeri Abang Sam, McDonalds mengalami kenaikan transaksi non tunai yang tinggi khusus untuk transaksi non tunai lewat Youtap Indonesia.

Perusahaan tersebut ialah perusahaan teknologi yang berkonsentrasi pada transaksi keuangan digital.

Nah data menunjukkan, untuk transaksi non tunai pada layanan drive-thru McDonald’s sukses naik 4 kali lipat.

Transaksi hariannya naik hingga 170%. Adanya PSBB memang membuat McDonald’s menggenjot layanan McDelivery, drive-thru dan take-away yang seluruhnya tanpa kontak pribadi.

Hal itu dijalankan semata-mata untuk mendukung langkah pemerintah dalam melakukan social distancing guna mencegah laju penyebaran Covid-19.

Yanti Lawidjaja, Direktur IT dan Keuangan dari McDonald’s Indonesia menyampaikan penyelesaian digital non-tunai tersebut sungguh mendukung inisiatif non tunai perusahaan dan menawarkan kelonggaran terhadap pelanggan dalam melaksanakan pembayaran.

Dengan transaksi yang cepat dan kondusif melalui ini, kami juga melihat peningkatan yang signifikan untuk penggunaan non tunai pada transaksi drive-thru di masa pandemi ini, katanya dalam keterangan resmi.

2. Kenaikan juga terjadi di sektor lain

Sebelumnya, Youtap juga mencatat adanya peningkatan transaksi non-tunai pada merchant-merchant lainnya di seluruh Indonesia hingga 129%.

Hal itu terjadi menyusul pergantian kebiasaan konsumen yang lebih memilih pembayaran non-tunai di abad pandemi Covid-19.

Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia menyampaikan pandemi Covid-19 memang menawarkan efek pada banyak entitas bisnis.

“Kami pun mulai mengedukasi bagi merchant UMKM untuk memperlihatkan layanan pesan antar dengan transaksi non-tunai. Ini ialah saat-saat kita untuk mendorong adopsi transaksi digital yang tenteram dan kondusif, jelasnya.

(Baca juga: Sayangi Mobilmu! Selama Kebijakan PSBB, Hindari 5 Hal Ini)

3. Bank Indonesia imbau gunakan transaksi non tunai

Semangat untuk memutus mata rantai penyebaran virus novel corona juga digaungkan oleh regulator, dalam hal ini Bank Indonesia (BI).

BI mengimbau terhadap segenap penduduk untuk lebih memakai transaksi keuangan digital guna menghindari kontak pribadi.

Sebagai langkah konkritnya BI memperpanjang abad gratis merchant discount rate (MDR) untuk penggunaan QRIS. Sebelumnya penawaran khusus itu ditargetkan selsai di Mei tahun ini.

Namun adanya pandemi novel corona, jadinya diperpanjang hingga September 2020. Untuk memuluskan langkah tersebut, BI bekerjasama dengan Lembaga perbankan dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

Memang berat untuk terus berada di rumah, apalagi buat kau yang mempunyai acara segudang.

Tetapi cobalah untuk disyukuri, sebab masih banyak sahabat-teman yang masih harus berjuang di luar alasannya tidak mampu melakukan bekerja di rumah.

Nah sambil bekerja, asah segi bisnis kamu dengan menjadi usahawan kecil. Jalani apa yang kau sukai. Urusan modal, akses aja akomodasi kredit tanpa agunan dari Bank CTBC yang ada di CekAja.com. Pilihannya bermacam-macam dan kondusif, ejekan kini!