0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Selain Rokok, 4 Hal Penting Juga Picu Penyakit Paru-Paru

Tahukah kau, selain rokok, ada beberapa kebiasaan buruk yang mampu menjadi penyebab dari penyakit paru-paru? Ya, kebiasaan jelek sehari-hari yang kita lakukan secara tidak sadar dapat berakibat fatal pada paru-paru lho.

tips berhenti merokok _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Paru-paru merupakan organ terpenting dalam metode pernapasan insan. Karena itu, merawat bagian tubuh yang satu ini semoga senantiasa dalam kondisi baik adalah sebuah keharusan.

Fungsinya dalam pertukaran oksigen menjadi karbondioksida dan membersihkan darah dari kotoran mengakibatkan paru-paru sebagai organ badan yang turut andil dalam menjaga fungsi otak supaya berjalan dengan baik.

Sayangnya, ada kebiasaan-kebiasaan dari kita, baik yang disengaja maupun tidak sengaja, yang menyebabkan paru-paru berada pada kondisi yang tidak prima. Pada balasannya, kebiasaan tersebut menimbulkan penyakit paru-paru yang tentunya mampu berakibat fatal pada persoalan kesehatan.

Nah, supaya kamu terhindar dari penyakit paru-paru yang tak dikehendaki, yuk kenali kebiasaan-kebiasaan buruk yang mampu menjadi pemicunya!

1. Merokok

Poin ini sudah menjadi rahasia biasa , bahwa merokok ialah salah satu penyebab seseorang mampu terserang penyakit paru-paru. Asap rokok yang diisap dapat menyebabkan penumpukan lendir dan cairan di dalam paru-paru. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang terkena paru-paru basah alias pneumonia.

Kamu seorang perokok dan sering batuk? Hal itu wajar. Sebab, merokok dapat menimbulkan iritasi dan membuat paru-paru menjadi radang. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya batuk pada para perokok. Tak jarang pula batuk tersebut diikuti dengan dahak.

Begini, dikutip dari sehatq.com, merokok mampu memicu penghematan oksigen di dalam badan karena menyebabkan terjadinya kerusakan pada paru-paru. Merokok bakal menyebabkan produksi dahak yang terus meningkat dan mengental seiring dengan banyaknya asap rokok yang diisap.

Dahak yang berlebih itu tidak bisa dibersihkan secara menyeluruh oleh paru-paru. Akibatnya, dahak menumpuk dan pernapasan pun terhalang. Alhasil, kau pun bakal terbatuk-batuk. Di sini kau harus berhati-hati karena dahak yang berlebih dapat menurunkan metode imun di paru-paru dan mengakibatkan nanah paru-paru.

Selain itu, merokok juga akan memperlambat kerja silia serta mengurangi jumlah silia yang terdapat di paru-paru. Silia atau diketahui juga dengan sebutan rambut silia ini merupakan bulu-bulu kecil yang terdapat di paru-paru. Bagian ini bertugas membersihkan paru-paru layaknya sapu.

2. Jarang Olahraga

Olahraga bisa jadi sebuah kata yang mudah dan ringan untuk diucapkan namun kadang-kadang begitu berat untuk dilakukan. Padahal, semua telah tahu bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi paru-paru.

Mengapa demikian? Saat berolahraga, paru-paru akan bekerja lebih keras karena harus mengakomodasi lebih banyak oksigen untuk tubuh. Aktivitas olahraga akan direspons oleh tubuh dengan cara bernapas lebih dalam dan lebih sering guna mengambil oksigen yang diharapkan. Aktivitas olahraga itu pasti sangat bermanfaatkan untuk melatih dan merangsang fungsi paru-paru.

(Baca juga: Pengertian Cukai Rokok dan Kenaikan Tarifnya Per Januari 2020)

Kebayang kan jikalau kamu jarang berolahraga, apalagi seorang perokok? Beberapa olahraga yang dianjurkan demi mempertahankan kesehatan paru-paru kau antara lain berenang, jalan kaki, bersepeda, berlari, dan aerobik.

3. Lingkungan yang Kurang Bersih

Lingkungan yang kurang bersih bisa menjadi salah satu pemicu seseorang terjangkit penyakit paru-paru. Bagaimana tidak, abu-bubuk yang seolah telah menjadi bab dari kehidupan sehari-hari bisa menjadi bahaya bagi kesehatan paru-paru.

Menghirup abu dapat mengurangi fungsi paru-paru lama-kelamaan. Terlalu sering berada pada kondisi ini bisa menimbulkan seseorang pada kesudahannya mengalami gangguan pada paru-paru, mirip asma.

Karena itu, penting untuk mempertahankan kebersihan baik di tempat tinggal maupun di ruang kerja. Jangan hingga partikel-partikel bubuk yang berada di lingkungan sekitarmu menumpuk di terusan pernapasan kau sehingga menghalangi sirkulasi oksigen yang diperlukan oleh tubuh.

4. Stres

Stres kadang menjadi salah satu keadaan yang merepotkan untuk dikesampingkan dalam menjalani kehidupan kontemporer. Bagaimana tidak, tuntutan pekerjaan yang berat, sasaran yang belum tercukupi, kondisi jalanan, dan sebagainya mampu memicu seseorang mengalami gangguan mental yang satu ini.

Kendati demikian, keadaan ini harus mampu di-manage dengan baik. Sebab, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami penyakit paru-paru.

Kondisi stres bisa menghipnotis sistem pernapasan. Saat seseorang mengalami stres, beliau condong bernapas dengan tidak benar. Stres juga bisa membuat napas jadi tersengal-sengal yang juga mampu berakibat pada serangan ketakutan.

Karena itu, kelola stres dengan baik. Dalam keadaan tertentu, buat dirimu damai dengan cara menawan napas panjang lalu mengembuskannya secara perlahan. Cara ini bakal menciptakan oksigen dapat dihirup dengan lebih baik.

5. Pola Makan yang Buruk

Makanan memang merupakan kebutuhan primer, tetapi menertibkan pola makan yang bagus penting guna kesehatan. Dengan kata lain, ada beberapa masakan yang bisa memperlihatkan efek negatif bagi kesehatan, begitu pun sebaliknya.

Kebiasaan mengonsumsi kuliner yang tidak sehat mampu menjadi penyebab seseorang terjangkit penyakit paru-paru. Karena itu, perhatikan acuan makan yang bagus semoga terhindar dari penyakit yang satu ini.

(Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Bau Rokok dari Kabin Mobil Bekas)

Untuk mempertahankan kinerja paru-paru yang optimal, konsumsilah masakan yang mengandung vitamin dan mineral. Makanan yang kaya akan vitamin C dan vitamin E sungguh direkomendasikan untuk kesehatan paru-paru. Vitamin jenis ini bisa kau peroleh dari masakan seperti jeruk, kacang-kacangan, alpukat, brokoli, wortel, jahe, dan sebagainya.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang perlu kau jauhi supaya terhindar dari penyakit paru-paru. Kamu tentu tidak ingin organ vital pernapasan ini tidak melakukan pekerjaan dengan optimal bukan?

Terlebih, salah satu organ badan yang diserang virus Covid-19 alias Corona yang tengah mewabah ketika ini yakni paru-paru. Tentu kita harus lebih mencintai organ tersebut bukan?

Selain mengamati dan menghindari lima hal di atas, beri derma lebih bagi Kesehatan paru-paru kau dengan memiliki asuransi kesehatan yang mampu kamu pilih dan dapatkan sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.