0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Sekolah Di Kala New Wajar , Penting 5 Persiapan Yang Perlu Orangtua Lakukan

Hidup berdampingan dengan Covid-19 sekarang menjadi realita yang mau tak ingin harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Keputusan ini terpaksa menjadi plihan terakhir di era perkara faktual virus corona tak kunjung menurun, sementara ekonomi nasional sendiri tetap harus bangun.

5 Tips Mempersiapkan Anak Sekolah di Era New Normal.

Sejak PSBB transisi menuju new normal diberlakukan, hampir semua aktivitas mulai berjalan seperti biasa. Para karyawan telah melakukan pekerjaan dari kantor lagi, serta mal dan sentra perbelanjaan kembali dibuka. Hanya saja untuk sekolah dan kuliah, kegiatan berguru-mengajarnya masih dikerjakan secara online dari rumah.

Lantas, mungkinkah bawah umur kembali sekolah di kala new normal yang notabene hampir semua kota masih belum terbebas sedikit pun dari pandemi Covid-19?

Skema Belajar-Mengajar Saat Pandemi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kini tengah berancang-ancang membuka kembali kegiatan sekolah di tengah pandemi Covid-19 mulai Juli atau permulaan tahun ajaran baru 2020/2021. Rencananya, sekolah akan dibuka secara sedikit demi sedikit. Mulai dari tingkat SMP-SMA sederajat, disusul oleh tingkat Sekolah Dasar-sederajat dua bulan kemudian, dan tingkat PAUD-sederajat empat bulan setelahnya.

Skema acara belajar-mengajar pun sudah disusun selama penerapan new normal ini. Menurut Mendikbud Nadiem Makarim, cuma sekolah di zona hijau saja yang diperbolehkan menggelar acara belajar-mengajar tatap tampang, itu pun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Melansir Kumparan, cuma ada sekitar 6 persen saja penerima didik yang berada di tempat zona hijau. Sedangkan 94 persen lainnya tersebar di zona merah, oranye, dan kuning. Jika ternyata kawasan tersebut berubah statusnya menjadi zona kuning, oranye, atau merah, kegiatan mencar ilmu-mengajar tatap muka mesti dilarang.

(Baca Juga: Prosedur Melakukan Swab Test Untuk Mendeteksi Virus Corona)

5 Tips Aman Kembali ke Sekolah di Era New Normal

Seperti melakukan pekerjaan , acara mencar ilmu-mengajar secara tatap paras tentu saja tak mungkin ditinggalkan terlalu usang. Mau tak ingin agar kembali aktif dan produktif, anak-anak harus kembali ke sekolah. Bahkan hal ini bisa saja mempengaruhi prestasi mereka, mengenang tak semua lingkungan rumah mampu dikatakan aman untuk homeschooling.

Lalu, bagaimana cara sebaiknya orang bau tanah bersikap agar anak bisa menjalani kehidupan new normal di sekolah, sekaligus terhindar dari paparan virus corona? Merangkum banyak sekali sumber, berikut 5 kiat aman sekolah di tengah pandemi yang bisa diterapkan para orangtua terhadap anak:

1. Beri gambaran mirip apa era new wajar

Beri gambaran seperti apa era new normal - Sekolah di Era New Normal Ini 5 Persiapan yang Perlu Orangtua Lakukan

Pertama, beri gambaran mirip apa kala new normal. New normal ialah keadaan dimana kegiatan tetap berlangsung seperti biasa tergolong sekolah, namun bukan memiliki arti virus corona sudah mereda. Orangtua perlu memberi citra ini kepada anak biar mereka tetap waspada ketika nantinya kembali ke sekolah. Selain itu bagi anak yang hendak memasuki jenjang pendidikan gres, beri juga gambaran perihal lingkungan barunya tersebut. Semisal dari SD ke Sekolah Menengah Pertama, hal apa saja yang membedakan? Kalau dari sisi mata pelajaran, ada beberapa tambahan baru mirip Fisika atau Ekonomi. Yakinkan pula sang buah hati bila mereka mampu menyesuaikan diri dan menjalani seluruhnya dengan tanpa gangguan.

2. Ingatkan lagi bahaya virus corona

Ingatkan lagi bahaya virus corona - Sekolah di Era New Normal Ini 5 Persiapan yang Perlu Orangtua Lakukan

Mewabahnya virus corona ini tentu akan membawa dampak kurang mengenakkan bagi kehidupan anak, terlebih ketika akan masuk sekolah di kurun new normal. Sebelum itu, orang tua perlu memberi pengertian lagi kepada anak tentang ancaman virus corona. Pemahaman yang baik tentu tak akan membuat anak takut, namun lebih waspada dengan lingkungan yang baru. Kita mampu menunjukkan edukasi terhadap anak perihal apa yang boleh dan dihentikan dilaksanakan jikalau masuk sekolah selama pandemi virus corona masih berlangsung.

3. Ajari dan biasakan anak dengan protokol kesehatan

Ajari dan biasakan anak dengan protokol kesehatan - Sekolah di Era New Normal Ini 5 Persiapan yang Perlu Orangtua Lakukan

Tahun pemikiran baru kali ini amat berlainan dari sebelumnya. Anak diharuskan kembali ke sekolah walaupun pandemi belum juga selsai. Dengan keadaan tersebut, pastinya orang renta harus membiasakan anak dengan protokol kesehatan sekalipun wilayahnya termasuk zona hijau. Nah, protokol kesehatan yang harus ditaati selama di sekolahantara lain:

  • Memakai masker kain.
  • Selalu menjinjing hand sanitizer di saku seragam semoga tidak terlupa.
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun yang disediakan di lingkungan sekolah.
  • Menjaga jarak dengan sahabat dikala di sekolah.
  • Bawakan anak bekal atau penganan dari rumah agar lebih bersih.
  • Hindari bersalaman dengan semua warga sekolah.
  • Menjauhi kontak dengan orang di lingkungan sekolah yang terlihat sakit.
  • Tidak sharing atau membuatkan kuliner dan minuman dengan sahabat.

4. Latih kedisiplinannya

Latih kedisiplinannya - Sekolah di Era New Normal Ini 5 Persiapan yang Perlu Orangtua Lakukan

Belajar di rumah selama membuat anak cukup susah beradaptasi dengan kegiatan rutin sekolah jikalau tahun aliran gres telah tiba. Hal ini menjadi tugas orang renta untuk membekali anaknya supaya lebih disiplin, serta tidak merasa canggung untuk memasuki lingkungan barunya. Anak-anak harus kembali disiplin membiasakan diri untuk  menata ulang kehidupannya mirip biasa. Disiplin yang dikerjakan bisa dimulai dari tidur tidak terlampau larut malam, bangun pagi, sarapan pagi, mempersiapkan keperluan sekolah, dan lain sebagainya.

5. Tak perlu cemas berlebih

Tak perlu cemas berlebih - Sekolah di Era New Normal Ini 5 Persiapan yang Perlu Orangtua Lakukan

Kecemasan yang berlebih cuma akan menumbuhkan sikap overprotective kepada sang buah hati. Wajar memang perasaan cemas tumbuh ketika mesti melepas anak di lingkungan gres, ditambah lagi masih dalam kondisi pandemi mirip sekarang. Namun, kita juga perlu mempertimbangkan dampaknya terhadap anak. Selain menciptakan anak tidak nyaman, beliau pun nantinya akan merasa tak percaya diri dan ikut khawatir sebab termakan perilaku orangtuanya. Maka itu, hindari kecemasan berlebih sebab bukannya jadi penyelesaian, tetapi justru akan memperkeruh kondisi.

Seperti itulah kira-kira antisipasi yang harus dijalankan ketika anak masuk sekolah di abad new normal. Jika orangtua sudah menunjukkan edukasi yang cukup wacana bagaimana cara menghadapi lingkungan gres selama kurun pandemi ini, setelahnya cukup percayakan semua yang sudah diajarkan terhadap sang anak. Selain itu, jalin pula komunikasi sebaik mungkin dengan penanggung jawab di sekolah, mirip wali kelas untuk mengawasi kondisi lingkungan sekitarnya.

Lengkapi pemberian untuk sang buah hari dengan Asuransi Kesehatan Cigna. Cigna Family Care menjadi fitur paling cocok untukmu karena memperlihatkan derma lima anggota keluarga inti. Rasakan banyak sekali faedah perawatan kesehatannya, apply kini juga melalui CekAja.com. Yuk, sedia payung sebelum hujan biar belajar lebih nyaman, anak pun kembali berprestasi di sekolah!

(Baca Juga: Tips Mendidik Anak yang Benar Sesuai Fase Pertumbuhannya)