0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Sekali Manggung, 5 Band Indonesia Penting Pasang Tarif Hingga Ratusan Juta

Bertepatan dengan Hari Musik Nasional, para musisi dan band Indonesia  kini berhak menerima royalti dari Prisindo. Prisindo sendiri merupakan LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional), selaku pemberi royalti kepada musisi dan grup band yang lagu-lagunya dipakai untuk kepentingan komersial oleh user.

5 Band Indonesia Paling Mahal Bayarannya

Lalu, Perindo mampu budget royalti untuk anggotanya dari manakah? Seperti dikutip dari laman fanpage @marcellsiahaan, Marcell Siahaan, Ketua Prisindo menuliskan, Prisindo melalui LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) melaksanakan penagihan terhadap para pengguna konten (user) berdasarkan tarif yang terdapat pada Permenkumham RI No. 29 Tahun 2014.

Pengguna membayar terhadap LMKN sesuai tanggung jawabnya, yang kemudian dimasukkan ke dalam kategori masing-masing, seperti karaoke, hotel, restoran, mall, dll. Kemudian LMKN mendistribusikan royalti terhadap Prisindo, yang lalu dilanjutkan dengan pendistribusian terhadap para anggota Prisindo.

Selain mengatakan soal royalti, tahukah kamu bahwa ada beberapa grup band Indonesia yang memiliki bayaran mahal? Sekali manggung, bisa dapat ratusan juta rupiah! Inilah mereka:

1. Band Slank

Band Slank - Band Indonesia Ini Pasang Tarif Sampai Ratusan Juta

Dibentuk semenjak 1983, Slank mempunyai ciri khas musik berbeda dari grup band lain. Tak heran jika mereka punya fanbase paling banyak se-Indonesia, adalah Slankers yang berbasis di Potlot. Hampir di setiap konser, fans fanatik tersebut selalu meluangkan hadir. dengan menenteng atribut dan bendera khasnya.

Band yang beranggotakan Kaka, Bimbim, Abdi, dan Ridho ini ternyata juga memasang tarif yang terbilang paling tinggi di Tanah Air. Sebanding lah dengan lagu-lagu mereka yang banyak diterima oleh penduduk Indonesia dan melegenda hingga abad Generasi Z sekarang. Pantas saja, sekali manggung saja mereka dibayar sekitar Rp500 juta.

2. NOAH

NOAH - Band Indonesia Ini Pasang Tarif Sampai Ratusan Juta

Meski sang vokalis, Nazril Irham atau Ariel pernah tersandung perkara aturan, Noah sampai sekarang masih terus eksis. Lagu-lagu yang dihidangkan tetap mempunyai kawasan di hati para fans dan pendengar.  Telinga siapa yang tak merasa dimanjakan ketika mendengar lagu ‘Separuh Aku’ atau ‘Meghapus Jejaskmu’? Semua orang pasti suka.

Band yang dulunya bernama ‘Peterpan’ ini ternyata juga memiliki bayaran fantastis, yaitu Rp400 juta untuk sekali manggung. Jika ketimbang Slank, secara nominal mungkin masih jauh berbeda. Namun dengan jadwal manggung dan kiprah di dunia musiknya yang moncer, grup band ini menjadi  juga tergolong yang paling kaya di Indonesia.

3. Band Ungu

Band Ungu - Band Indonesia Ini Pasang Tarif Sampai Ratusan Juta

Ungu juga mempunyai bayaran yang tak kalah fantastis jumlahnya. Sekalipun grup musik ini tengah mengalami kevakuman semenjak ditinggalkan oleh Sigit Purnomo, yang sekarang menjabat selaku Wakil Wali Kota Palu. Namun hingga kini, lagu hitsnya seperti masih terus dirasakan. Posisi mereka sebagai grup band dengan dalam daftar band termahal di Indonesia pun enggan tergeser. Untuk sekali manggung, Ungu umumnya dibayar mulai Rp350 juta.

(Baca Juga: Kumpulan Lagu TikTok Paling Hits 2020, Bikin Kamu Auto Joget!)

4. Nidji

Nidji - Band Indonesia Ini Pasang Tarif Sampai Ratusan Juta

Mengusung genre musik yang easy listening dengan sentuhan elektrik, Nidji tak harus menunggu lama untuk diterima musiknya oleh kelompok milenial di Tanah Air sejak tahun 2005. Lagu-lagunya juga banyak yang memberi gagasan anak muda. Tentu saja hal tersebut juga menimbulkan salah satu argumentasi kenapa grup musik ini memiliki tarif yang cukup mahal dengan bayaran Rp275 juta dalam sekali manggung.

Keberhasilan mereka pun telah dibuktikan dengan beberapa lagunya yang pernah menjadi soundtrack film, salah satunya film Laskar Pelangi. Film yang diadaptasi dari Novel karya Andrea Hirata ini sukses di Indonesia. Namun sayang, grup band yang terkenal lewat hits ‘Hapus Aku’ itu sekarang jarang terdengar pasca ditinggalkan Giring, sang vokalis.

5. GIGI

GIGI - Band Indonesia Ini Pasang Tarif Sampai Ratusan Juta

Band yang senantiasa hidup dengan agresi panggung sang vokalis, Armand Maulana ini mempunyai banyak lagu andalan sampai bisa diketahui luas oleh masyarakat Indonesia. Misalnya saja ‘Terbang’, ‘Andai’, ’11 Januari’, dan masih banyak lagi. Gigi juga pernah beberapa kali mengeluarkan album reliji yang laris di pasaran.

Eksistensinya semenjak 1994 tak sia-sia. Selain telah melahirkan karya yang legendaris, tarif mereka untuk sekali manggung juga cukup tinggi, yaitu Rp200 juta. Hingga sekarang, Gigi masih bertahan dan bisa dibilang termasuk paling awet di Tanah Air. Meski karir musik mereka tak semelejit band lain yang sekarang mulai redup, mereka tetap konsisten dengan gugusan serupa dari awal bangun.

Menurut data yang dilansir Kompas.com (9/3), Prisindo pun merilis daftar lima grup musik yang menerima royalti paling besar di antaranya, Armada, NOAH, Ungu, Seventeen, Naff. Meski band Armada, Seventeen dan Naff tidak termasuk grup musik termahal, tetapi lagu-lagu mereka sering diputar oleh user seperti di banyak kawasan karaoke. Selamat kepada para musisi dan grup band Indonesia. Semoga terus bisa melahirkan karya-karya menarik!

Hobi mengoleksi album musik dan aneka merchandise band favoritmu? Jangan lupa manfaatkan kartu kredit untuk membuat lebih mudah aneka macam transaksi pembelian dan nikmati aneka promonya. Cek pilihan kartu kredit sesuai kebutuhanmu cuma di CekAja.com!

(Baca Juga: BTS Mampu Hasilkan US$4,65 Miliar, Ternyata Cuma Segini Kekayaan Personelnya)