0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Sejarah Mcd Sarinah, Gerai Pertama Di Indonesia Dengan Berjuta Ingatan

Media sosial Twitter (08/05/2020) ramai membincangkan perihal kabar ditutupnya McD Sarinah. Gerai pertama McD di Indonesia ini, menyimpan sejumlah ingatan bagi sebagian orang yang sering menyediakan waktu di sana. Lantas, bagaimana sebetulnya sejarah McD Sarinah hingga berhasil membuat pelanggannya bersedih?

Sejarah McD Sarinah, Gerai Pertama di Indonesia dengan Berjuta Kenangan

McD Sarinah rencananya akan tutup pada 10 Mei 2020 nanti, setelah hampir 30 tahun berada di salah satu sudut kota di Jakarta yang diketahui menyimpan banyak sejarah era itu.

Penutupannya sendiri dikabarkan atas usul manajemen gedung Sarinah untuk renovasi sekaligus pengubahan taktik bisnis.

Pihak McD Indonesia juga dimengerti memberikan secara pribadi kabar tersebut lewat media sosial Twitter. Bahkan cuitan ini ramai diretweet oleh warga Twitter hingga meraih angka 11.600 akun.

“Terlalu banyak cerita dan juga kenangan yang pernah kita tinggalkan bareng di sini. Mulai dari berbagi kesedihan sampai kebahagiaan”

“McDonald’s Sarinah – Thamrin menjadi McDonald’s pertama di Indonesia dan hampir 30 tahun hadir untuk membagi kebahagiaan untuk semua” tulis akun Twitter @McDonalds_ID.

(Baca Juga: Deretan Restoran Romantis untuk Dinner di Jakarta)

Sejarah McD Sarinah, Restoran Cepat Saji Pertama di Hari Valentine

Sejarah McD Sarinah Restoran Cepat Saji Pertama di Hari Valentine

Melalui surat resmi yang diterima oleh administrasi McDonald’s Indonesia pada Jumat (01/05/2020), dengan berat hati pihaknya akan mengucapkan selamat tinggal kepada seluruh pelanggan setia.

Padahal, ada banyak sejarah McD Sarinah yang menciptakan siapa saja merasa duka akan penutupan gerai pertama restoran cepat saji di Indonesia tersebut.

Sejarahnya sendiri dimulai pada 1991 silam. Di mana restoran waralaba asal Amerika Serikat ini hadir pertama kali di pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta. Kala itu, McDonald’s membuka cabangnya pada 14 Februari, sempurna di hari Valentine.

Sayangnya pada 2009, McD Sarinah sempat meninggalkan kawasan gedung Sarinah – Thamrin. Hal ini lantaran pembawa merek jualan McDonald’s di Indonesia, Bambang Rachmadi mengalami pertentangan dengan McDonald Co.

Perseteruan yang dimenangi oleh Bambang Rachmadi itu pun kesannya mengubah nama McDonald’s dengan merek restoran cepat saji yang lain, yaitu Tony Jacks. Namun penggunaan merek gres itu tidak bertahan usang dan justru mengalami kebangkrutan.

Lalu pada 2011 melalui proses tender yang dilaksanakan oleh Rekso Group, gerai McDonald’s Indonesia kembali merebut lokasi di Sarinah, sampai dikenal luas oleh banyak orang hingga dikala ini.

McD Sarinah Jadi Saksi Bisu Tragedi Banjir hingga Kerusuhan di Jakarta

Sejarah Mcd Sarinah yang lain yang sampai detik ini akan senantiasa dikenang oleh penduduk adalah peristiwa banjir, serangan bom, hingga kerusuhan massa yang menimpa Jakarta dikala itu.

Melansir dari Media Indonesia, tepatnya pada 2013 kemudian, tempat Sarinah sempat diterjang banjir besar sampai selutut orang sampaumur. Banjir itu merupakan kali pertama bagi daerah ring satu Jakarta, sehabis sekian usang tidak pernah dilanda banjir dengan intensitas genangan air yang cukup tinggi.

Selang tiga tahun dari bencana banjir tersebut, pada 14 Januari 2016 daerah Mcd Sarinah kembali menorehkan sejarah sebab menjadi saksi bisu serangan bom di Thamrin.

Teror ini terjadi sekitar pukul 10.30 WIB, dimana bom pertama diketahui meledak di gerai Starbuck Gedung Cakrawala, berseberangan dengan gerai McD Sarinah.

Baku tembak sempat terjadi antara pihak polisi dan komplotan teroris sehabis bom kedua diledakan tepat di pos polisi Sarinah dan menewaskan setidaknya tiga teroris serta satu polisi yang terluka.

Tragedi mencekam juga sempat terulang kembali pada 22 Mei 2019, saat aksi unjuk rasa terjadi di Bawaslu, sebrang McD Sarinah, hingga berujung kerusuhan. Saat itu, massa adu tinju menyerang polisi dengan watu dan petasan secara terus-menerus. Bahkan pelataran Sarinah juga menjadi amukan massa unjuk rasa.

(Baca Juga: Sejarah Indomie di Nigeria Beserta Faktanya yang Bikin Tercengang)

Cuitan Netizen Mengenai Kenangan Mereka di McD Sarinah

Usai menulis cuitan tentang penutupan gerai McD di Sarinah, akun Twitter McDonalds_ID langsung ramai dibanjiri komentar dari para netizen yang menceritakan ingatan mereka, periode menghabiskan waktu di restoran tersebut. Dan berikut CekAja rangkum gugusan komentar netizen itu dari media sosial Twitter.

“Bakalan jadi ingatan bgt samb nungguin travel nongki disini,” tulis akun @almiracalista8.

“Terima kasih McD Sarinah, ikon ibukota saksi konferensi banyak orang. Angkat gelas kita bersulang!” tulis akun @sirewog.

“Tempat terPW nongkrong semenjak 2006 bersama konco kenthel SMAku, dari jaman McCafe belom ada, kemudian dibangun 3×4 nyempil di pojok dalam, hingga McCafenya 1 lantai sendiri di atas,” tulis akun @ayirazaq.

“Seediihh… Tempat nongkrong dari kecil ampe sekarang. Secara rumah di kstd.. Ke McD Sarinah cuman jalan kaki. Pulang pergi kerja jalur nya melalui sini pula,” cuit akun @oifalea.

“Ya Allah kenangan gue disini ketemu ama orang yang di jodohin emak dan gue demen orangnya, sejarah banget ini mcd,” tulis akun @Enjelinnaa.

Itulah gosip perihal sejarah McD Sarinah yang memang menurut sebagian warga Jakarta memiliki banyak ingatan bagus.

Buat kamu yang juga pernah mengunjungi gerai ini, enggak perlu duka hingga berlarut-larut loh. Kamu masih mampu mencicipi banyak sekali menu andalan McD di gerai lainnya. Biar lebih hemat dan mampu banyak promo, gunakan saja kartu kredit.

Nikmati Promo Berlimpah dari McD dengan Kartu Kredit

Promo yang disediakan oleh McDonald’s Indonesia lumayan banyak loh. Apalagi kalau kamu memakai kartu kredit selaku sistem pembayarannya.

Beberapa potongan harga yang dimaksud ini diantaranya mirip potongan harga Rp30 ribu dengan kartu kredit dari Permata Bank, diskon 30 persen memakai kartu kredit BCA (Visa/MasterCard), serta cashback 40 persen dengan transaksi minimum Rp50 ribu khusus pengguna kartu kredit BRI, OCBC, Permata Bank dan Standard Chartered.

Bagaimana, menggiurkan bukan promonya? Kalau kau belum mempunyai kartu kredit, jangan cemas. Kamu bisa mengajukannya atau mungkin ingin membandingkan terlebih dulu di CekAja.com.

Di fintech ini, kamu mampu mendapatkan berbagai produk kartu kredit dari mitra ternama yang pastinya kondusif dan sudah terdaftar di OJK. Yuk, apply kini juga dan nikmati disko lainnya di gerai McDonald’s Indonesia!