0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Segini Jumlah Telur Yang Aman Dikonsumsi Dalam Sehari

Jumlah telur yang aman dikonsumsi wajib kamu pahami. Sebab, walaupun mengandung banyak nutrisi baik, ada kandungan kolesterol pula yang mesti kamu waspadai. Agar kau kian tahu, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kandungan dan Manfaat Telur

Telur yaitu sumber protein hewani yang mempunyai sederet nutrisi bagi badan. Jenisnya pun beragam, mulai dari telur ayam ras, telur ayam kampung, telur bebek, dan telur puyuh. Namun, kita lebih sering mengonsumsi telur ayam ras selaku lauk makanan.

Dalam setiap satu butir telur ayam ras terkandung 150 kalori, yang berisikan 10 gram lemak, 1 gram karbohidrat, 12,5 protein, dan 185 gram hingga 200 gram kolesterol. Kemudian, ada pula beberapa vitamin serta senyawa lainnya yang bagus untuk kesehatan.

Dari kandungan telur tersebut, tetap saja telur tak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari agaknya perlu kamu pahami.

Manfaat telur pun bermacam-macam untuk kesehatan. Di antaranya selaku berikut:

Menambah energi tubuh

Telur mengandung lemak, karbohidrat, vitamin dan dan selenium yang membuat energi di dalam badan bertambah.

Rasa kenyang setelah mengonsumsi telur juga lebih abadi, sehingga kamu lebih bertenaga dan daya tahan badan terjaga.

Menjaga kekuatan otot, tulang, dan gigi

Kandungan vitamin D dan protein juga membantu memperkuat otot, tulang, dan gigi. Sebab, telur membuat perembesan kalsium menjadi lebih baik.

Meningkatkan kinerja otak

Vitamin, mineral, dan kolin di dalam telur menciptakan metode kerja saraf otak akan tersadar kesehatannya.

Menjaga kesehatan mata

Telur rebus yang kamu konsumsi juga memiliki manfaat untuk menghalangi hilangnya penglihatan atau yang disebut dengan degenerasi makula. Katarak pun mampu dicegah juga dengan konsumsi telur.

Mencegah kanker

Antioksidan di dalam telur dapat menangkal radikal bebas yang umumnya menjadi penyebab timbulnya kanker.

Membantu menurunkan berat tubuh

Sudah tak asing lagi jikalau telur menjadi kuliner diet. Seseorang yang diet dan mengonsumsi telur akan merasa kenyang lebih usang tanpa mesti cemas merasa lemas. Telur memperlihatkan stamina pelengkap bagi orang yang memakannya.

(Baca Juga: Manfaat Telur Setengah Matang dan Bahayanya Bagi Kesehatan)

Jumlah Telur yang Aman Dikonsumsi Dalam Sehari

Lalu, berapa sih jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari? Mengingat ada kandungan baik dan kurang baik pada telur, maka jumlah telur yang kondusif disantap sebenarnya bergantung pada kondisi kesehatan setiap individu.

Setiap harinya, jumlah kolesterol yang diharapkan manusia rata-rata adalah 300 mg. Sedangkan dalam satu butir telur, terkandung 185 mg sampai 200 mg kolesterol.

Sumber kolesterol itu berasal dari bagian kuning telur. Ini mempunyai arti, pemenuhan kolesterol harian sudah terpenuhi lebih dari setengahnya.

Angka itu masih bisa bertambah jika telur dimasak dengan cara digoreng yang melibatkan kolesterol dari minyak. Inilah yang harus kamu pikirkan.

Meskipun begitu, memang jenis kolesterol pada telur tidak akan menciptakan kadar kolesterol di dalam badan pribadi naik dalam waktu cepat.

Sehingga konsumsi telur tidak mampu dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Jadi, bagi seseorang yang sehat, tidak memiliki keluhan kesehatan apapun, dan tidak mempunyai kadar kolesterol tinggi, maka jumlah telur yang kondusif dimakan dalam sehari adalah satu butir.

Dan jumlah telur yang kondusif dikonsumsi dalam seminggu yaitu enam butir.

Sedangkan bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit atau sedang menderita penyakit jantung, diabetes, dan mempunyai kadar kolesterol di dalam badan yang tinggi, maka jumlah telur yang kondusif dimakan dalam sehari ialah sekitar setengah butir saja.

Artinya, dalam seminggu, jumlah telur yang aman dikonsumsi orang yang mempunyai kondisi kesehatan yang kurang baik maksimal hanya tiga butir.

Pembatasan jumlah telur yang kondusif dimakan itu disarankan untuk mengurangi risiko kenaikan kolesterol yang mampu berakibat pada penurunan keadaan kesehatan.

Tindakan persiapan ini semestinya dituruti untuk menangkal hal jelek terjadi.

(Baca Juga: 11 Makanan Tinggi Kolesterol yang Patut Dihindari)

Telur Sebaiknya Diolah dengan Cara Direbus

Telur biasa kita nikmati sebagai salah satu lauk pauk yang diolah menjadi aneka macam macam sajian masakan.

Mulai dari telur dadar atau ceplok dengan cara digoreng, telur rebus, atau telur mata sapi yang dimasak di atas penggorengan panas tanpa minyak.

Selain mengetahui jumlah telur yang kondusif disantap, kau juga seharusnya menentukan cara pembuatan telur yang baik dan menyehatkan.

Untuk menjaga nutrisi dan membuat lebih mudah kau menakar porsi telur yang disantap, semestinya olahlah telur dengan cara direbus.

Telur rebus akan lebih gampang diiris, sehingga seseorang yang perlu menghalangi jumlah telur yang aman dikonsumsi per hari bisa menakarnya dengan gampang dengan cara diiris.

Kemudian, telur rebus juga tidak terkotori dengan minyak goreng yang mengandung perhiasan kolesterol atau lemak bosan. Sehingga lebih sehat disantap.

Untuk merebus telur dengan matang sempurna, masukkan telur ke dalam air mendidih dan rebus selama 12 menit.

Lama perebusan ini dijamin menghilangkan bakteri Salmonella yang menjadi pemicu timbulnya penyakit pada tata cara pencernaan badan.

Sertakan Asuransi Kesehatan untuk Melindungi Diri

Itulah klarifikasi tentang jumlah telur yang aman disantap dalam sehari.

Selain menimbang-nimbang kandungan, batasan konsumsi, serta cara mengolah yang baik pada setiap sumber makanan, berikan pula santunan ekstra untuk kesehatanmu dengan mempunyai asuransi.

Jenis asuransi kesehatan sekarang wajib banget kamu miliki, terlebih di era pandemi yang mencemaskan ini.

Kesehatan diri merupakan aset terpenting dalam hidup, karena segala aktivitas akan terjalankan dengan sempurna berkat kondisi kesehatan yang prima.

Maka dari itu, miliki asuransi kesehatan untuk dirimu dan keluarga sesegera mungkin. Melalui CekAja.com, kau bisa membandingkan dan mengajukan produk asuransi dari berbagai perusahaan penyuplaiasuransi.

Semuanya akan disesuaikan dengan keperluan, profil finansial, dan besaran premi serta duit pertanggungan yang kau kehendaki.

Jika berminat, pengajuan asuransi kesehatan melalui CekAja.com sangat mudah. Kamu cukup mengisi formulir pengajuan secara online serta mengeluarkan uang premi di bulan pertama.

Segala transaksi di CekAja.com juga dijamin kondusif karena telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, bandingkan dan miliki asuransi kesehatan untukmu kini juga!