0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Salat Tarawih Di Rumah Aja, Begini Niat Dan tips Lengkapnya

Alhamdulillah, kesannya pemeluk agama Islam melakukan ibadah Puasa-nya mulai hari ini, Jumat (24/4). Setelah tadi malam pemerintah menginformasikan hasil sidang Isbat yang memutuskan 1 bulan mulia jatuh pada hari ini.

Selain berpuasa dari dini hari hingga maghrib, ibadah lainnya yang identik dengan bulan rahmat yakni salat tarawih. Salat tarawih merupakan ibadah sunah yang pengerjaannya sangat direkomendasikan selama bulan bulan mulia. Rasulullah SAW sangat mengusulkan umatnya untuk melakukan salat tarawih baik secara berjamaah maupun sendiri.

Namun, bulan puasa kali ini suasananya sedikit berlainan dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, Indonesia dan ratusan negara lainnya tengah menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19. Pada bulan pahala tahun ini, seluruh umat Islam di Indonesia diusulkan untuk tidak melakukan salat tarawih di masjid, melainkan di rumah saja.

Hal itu ialah sebuah antisipasi untuk menghalangi penularan virus corona lebih luas lagi. Adapun imbauan untuk salat tarawih di rumah saja sudah disampaikan dalam Surat Edaran Kemenag Nomor 6 Tahun 2020. Dalam surat edaran tersebut, Kemenang meminta supaya penduduk Indonesia untuk bisa melakukan salat tarawih di rumah saja, baik berjamaah maupun sendiri.

Surat edaran tersebut pun sejalan dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19. Dalam pedoman itu, MUI menyatakan boleh untuk meninggalkan salat 5 waktu dan tarawih di masjid bagi mereka yang tinggal di dalam zona merah atau dengan potensi penularan virus corona yang sangat tinggi.

(Baca juga: 7 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Corona, Lebih Aman Pakai Asuransi Ciputra)

Salat tarawih di rumah mampu dilakukan secara sendiri atau berjamaah bersama keluarga. Jika berjamaah, pastinya mesti ada imam dan makmumnya. Selain itu, niat yang dilafalkan pun berlainan antara salat tarawih sendiri dan berjamaah. Berikut ini niat dan cara menggelar salat tarawih di rumah.

1. Niat salat Tarawih seorang Imam

Niat menjadi salah satu rukun dalam rangkaian salat, baik yang bersifat wajib maupun sunah. Tak terkecuali salat tarawih. Jika menjadi imam dalam salat tarawih maka berikut ini niat yang mesti dilafalkan.

“Ushalli sunnatat Taraawiihi rak’atayni mustaqbilal qiblati adaa’an imaaman lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku sengaja salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat selaku imam alasannya adalah iman kepada Allah ta’ala.”

2. Niat salat Tarawih bagi Makmum

Sedangkan untuk kau yang menjadi makmum cukup mengganti kata imaaman menjadi ma’muuman. Berikut ini niat secara lengkapnya.

“Ushalli sunnatat Taraawiihi rak’atayni mustaqbilal qiblati adaa’an ma’muuman  lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku sengaja salat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat selaku makmum sebab keyakinan kepada Allah ta’ala.”

3. Tata Cara Salat Tarawih Berjamaah di Rumah

Sama seperti salat berjamaah pada salat wajib lima waktu. Salat tarawih berjamaah di rumah bisa dijalankan sekurang-kurangnyaoleh dua orang, satu orang selaku imam dan satu orang lainnya selaku makmum.

Namun, yang berlainan adalah jumlah rakaat yang mampu dilaksanakan. Selama bulan rahmat berlangsung ada perbedaan pendapat antar ulama tentang jumlah rakaat dalam salat tarawih.

Ada yang menjalankan 8 rakaat salat tarawih dengan 3 rakaat salat witir dan ada juga yang melakukan 20 rakaat salat tarawih dengan diakhiri 3 rakaat salat witir.

Salat tarawih, baik 8 rakaat maupun 20 rakaat semuanya boleh untuk dijalankan. Adapun untuk salat tarawih 8 rakaat biasanya dijalankan dengan cara salat 2 rakaat sebanyak 4 kali dan ditambah salat witir sebanyak 3 rakaat.

Cara lainnya untuk pelaksaanan salat tarawih 8 rakaat yakni dengan salat 4 rakaat sebanyak 2 kali dan diakhiri 3 rakaat salat witir. Sementara untuk salat tarawih 20 rakaat lazimnya dilaksanakan dengan salat 2 rakaat sebanyak 10 kali dan ditambah dengan salat witir 3 rakat.

Makara secara total, rangkaian salat tarawih dan salat witir bisa dilaksanakan dalam 11 rakaat dan 23 rakaat. Seluruh umat muslim yang melakukan salat tarawih sendiri atau berjamaah diperbolehkan untuk mengerjakan atau mengikuti 2 pendapat terkait ibadah salat tarawih tersebut.

Adapun tata cara salat tarawih berjamaah di rumah yakni selaku berikut:

  • Melafalkan niat salat tarawih sesuai dengan posisinya, baik selaku imam maupun makmum
  • Mengucapkan takbir saat takbiratul ikhram
  • Membaca surah Al-Fatihah
  • Membaca salah satu surah dalam Al-Qur’an
  • Rukuk sambil membaca doa
  • ‘Itidal sambil membaca doa
  • Sujud pertama sambil membaca doa
  • Duduk antara dua sujud sambil membaca doa
  • Sujud kedua sambil membaca doa
  • Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan sama mirip rakaat pertama mulai dari membaca Al-Fatihah hingga sujud kedua
  • Duduk tasyahud akhir sambil membaca doa dan kemudian diakhiri dengan salam. Begitu seterusnya sampai berjumlah 8 atau 20 rakaat.

Itu tadi niat dan cara lengkap melaksanakan salat Tarawih di rumah. Semoga ibadah kamu dan keluarga pada bulan puasa tahun ini tidak menyusut kualitasnya karena virus Corona ya.

(Baca juga: Daftar Rumah Sakit Rujukan Corona Terbaru)

Tingkatkan juga pemberian kesehatan serta keselamatan diri dan keluarga dengan mempunyai asuransi kesehatan yang meng-cover risiko penyakit yang disebabkan oleh Corona.

Salah satu asuransi kesehatan terbaik yang menawarkan santunan tersebut ialah Ciputra Life. Lewat polis asuransi Citra Proteksi Kesehatan Aktif, ongkos rawat inap rumah sakit hingga sembuh dari Covid-19 akan diganti dan premi pun kembali 110 persen.

Lalu bila kemungkinan terburuknya pihak tertanggung meninggal dunia, maka keluarganya berhak atas 100 persen pengembalian premi yang sudah dibayarkan.

Bagi para karyawan yang diberi jaminan asuransi oleh kantor, Ciputra Life bahkan memperbolehkan nasabahnya untuk melakukan double cover. Sehingga dua asuransi bisa dipakai sekaligus selama abad penyembuhan dari virus Corona.

Dapatkan asuransi Ciputra Life yang mau melindungi diri kau dan keluarga dari risiko paparan virus Corona melalui CekAja.com, sekarang juga.