0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan Untuk Masuk Kuliah

Tak sedikit orang yang terpaksa tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi alasannya terkendala oleh kondisi finansial. Oleh sebab itu, derma dana pendidikan untuk masuk kuliah hadir untuk membantu.

pinjaman dana pendidikan untuk masuk kuliah

Dewasa ini, pendidikan ialah salah satu hal terpenting di dalam kehidupan bermasyarakat. Mengapa? Karena dengan pendidikanlah setiap orang dapat mengembangkan teladan pikir mereka menjadi lebih maju sekaligus kunci utama dalam meraih kesuksesan.

Dikarenakan hal itulah, banyak negara-negara maju, khususnya di Eropa, yang bahkan membebaskan biaya pendidikan bagi penduduknya. Hanya saja, hal tersebut belum terjadi di Indonesia. Sebaliknya, ongkos pendidikan yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat banyak orang renta harus melakukan pekerjaan lebih keras lagi semoga mampu memberikan pendidikan yang layak untuk buah hatinya.

Lalu, bagaimana dengan keluarga yang memiliki keadaan finansial pas-pasan? Ada sebagian dari mereka yang berjuang untuk mendapatkan beasiswa, tetapi tak jarang pula yang terpaksa pribadi melakukan pekerjaan setelah lulus sekolah tanpa melanjutkan ke tingkat Perguruan Tinggi alasannya adalah terkendala oleh biaya.

Contents

(Baca Juga: Pinjaman Dana Pendidikan Terjangkau)

Tetapi, kini tampaknya kamu sudah tak perlu cemas lagi bila ingin menuntut ilmu hingga jenjang tertinggi. Karena, ketika ini telah lumayan banyak lembaga-lembaga keuangan yang siap memberikan dukungan dana pendidikan bagi siapapun yang membutuhkan.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas perihal tunjangan dana pendidikan untuk masuk kuliah yang bisa kau manfaatkan untuk menerima pendidikan hingga jenjang yang diharapkan. Penasaran apa sajakah itu? Yuk disimak tolong-menolong.

Apa itu Pinjaman Dana Pendidikan?

Pinjaman dana pendidikan ialah sebuah kemudahan yang disediakan oleh bank maupun lembaga keuangan yang diperuntukan bagi siapapun yang tengah membutuhkan biaya tambahan untuk pendidikan mereka.

Walaupun tak jauh berlainan dengan jenis santunan yang lain yang bersifat ‘utang’ dan pastinya wajib kamu bayar secara mencicil sesuai kesepakatan, tetapi rata-rata bantuan dana pendidikan ini membebankan suku bunga yang cenderung rendah dengan jangka waktu pelunasan yang panjang, sehingga pelunasan kamu pun akan terasa sedikit lebih ringan.

Fungsi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Mahasiswa

Kebijakan kampus pada umumnya mewajibkan setiap mahasiswa untuk mengeluarkan uang seluruh ongkos satu semester di wajah, kecuali jikalau kamu memang mengajukan dispensasi semenjak permulaan masuk.

Nah, kalau kondisi keuangan kau tidak memungkinkan untuk membayar ongkos yang dibebankan, mulai dari duit pangkal, semester, sampai bangunan, bantuan dana pendidikan untuk masuk kuliah ini bisa menolong dalam membayarkan seluruh biaya pendidikan, tetapi kamu tetap diharuskan untuk mengembalikan seluruh ongkos yang dipinjam dengan cara mencicil.

Tak hanya sekedar mengeluarkan uang uang kuliah, derma pendidikan ini bahkan juga bisa dipakai untuk menunjang seluruh keperluanmu dikala kuliah. Bedangnya dengan jenis sumbangan yang lain, pinjaman pendidikan umumnya menunjukkan jangka waktu cicilan yang relatif lebih usang alasannya adalah jumlah pinjamannya pun yang termasuk besar.

Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah

Banyaknya bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dana pendidikan mungkin akan membuatmu bingung dalam menentukan kawasan derma yang paling cocok. Oleh alasannya adalah itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas ihwal beberapa usulan bantuan dana pendidikan untuk masuk kuliah model CekAja yang mampu kamu jadikan pilihan. Yuk disimak!

1. Dana Cita

Dana Cita - Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah

Dana Cita ialah salah satu layanan sumbangan online yang mampu kau manfaatkan selaku biaya pendidikan, mirip mengeluarkan uang uang pangkal, ongkos semester, ongkos gedung, dan lain-lain. Nah, dana yang kamu usikan pada nantinya tidak akan masuk ke rekening pribadi melainkan langsung ke rekening forum pendidikan dengan jadwal yang telah diubahsuaikan dengan instansi terkait.

Setiap pengajuan sumbangan yang disetujui akan dikenakan ongkos administrasi sebesar Rp100 ribu dan biaya kesepakatan pinjaman sebesar 3 persen dari total perlindungan yang disetujui. Setiap peminjam yang berusia di bawah 21 tahun maka diharuskan untuk mengajukan perlindungan bareng seorang penjamin, ialah orang tua ataupun wali.

Sedangkan untuk kau yang telah berusia di atas 21 tahun, maka kau juga diharuskan untuk mempunyai penghasilan sendiri dalam mengajukan derma.

2. Mandiri Kredit Pendidikan

Mandiri Kredit Pendidikan - Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah

Pinjaman dana pendidikan untuk masuk kuliah selanjutnya adalah Mandiri Kredit Pendidikan yang merupakan bab dari Mandiri KSM (Kredit Serbaguna Mikro). Pinjaman ini menawarkan limit mencapai Rp75 juta dengan tenor maksimal 10 tahun. Sedangkan untuk suku bunga yang dibebankan pun tergolong rendah lho, adalah sekitar 6 persen saja per tahun atau 0,5 persen per bulan.

Hanya saja, Mandiri Kredit Pendidikan ini cuma diperuntukan bagi mahasiswa penerima program bantuan pendidikan miskin berprestasi (Bidikmisi) dari Universitas Gadjah Mada. Tak hanya mahasiswa bidikmisi, pemberian satu ini juga mampu diajukan untuk mahasiswa yang mempunyai perjuangan atau UKM berprestasi.

Jika ingin mengajukan, kamu cuma perlu tiba langsung ke kantor cabang bank Mandiri terdekat dengan menenteng sejumlah dokumen yang diharapkan, adalah:

  • Surat keterangan bidang kemahasiswaan
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy rekening simpanan Bidikmisi, surat Bidikmisi, atau rekening bank untuk mahasiswa pengusaha
  • Surat pernyataan orangtua
  • Surat kesepakatan bagan angsuran

3. KoinPintar

KoinPintar - Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah

KoinPintar merupakan program sumbangan dana pendidikan untuk formal maupun non formal dari suatu perusahaan peer to peer lending berjulukan KoinWorks. Seperti Dana Cita, sumbangan dana dari KoinPintar ini pada nantinya juga akan eksklusif dibayarkan terhadap institusi pendidikan terkait, guna menghalangi terjadinya penyalahgunaan dana.

Nah, dana pertolongan yang disediakan ini tidak cuma mampu digunakan untuk membayar kuliah saja lho, melainkan juga untuk mengikuti kursus.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Sekolah Menengan Atas)

Plafon yang ditawarkan mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp200 juta dengan suku bunga yang dibebankan sekitar 9 – 12,5 persen per tahun. Selain itu, kamu juga diharuskan untuk membayar biaya layanan sebesar 2 – 3 persen dengan duit wajah sebesar 10 persen dari total derma yang disetujui.

Jika ingin mengajukan, kamu hanya perlu mendaftar di situs resmi KoinWorks dan mengisi seluruh data diri yang diminta, mirip KTP, Kartu Keluarga, sampai mutasi rekening bank. Sementara itu, tenor dukungan yang ditawarkan mampu mencapai dua tahun abad studi, sehingga peminjam memiliki waktu yang cukup untuk mencari pekerjaan guna melunasi cicilan.

4. CekAja.com

CekAja com - Rekomendasi Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah

Pinjaman dana pendidikan untuk masuk kuliah yang hendak kita diskusikan terakhir ialah perlindungan dana dari CekAja.com. CekAja itu sendiri merupakan sebuah platform layanan keuangan yang datang untuk menolong kau dalam memecahkan aneka macam masalah finansial yang dialami, salah satunya seperti derma dana pendidikan.

Di CekAja.com, terdapat produk KTA yang tak cuma mampu kau gunakan selaku ongkos pendidikan, melainkan juga mampu kamu pakai untuk menyanggupi kebutuhan yang lain, seperti modal usaha, renovasi rumah, biaya pengobatan, dan masih banyak lagi.

Dengan tolok ukur yang mudah serta proses pengajuan yang begitu cepat, dana perlindungan pendidikan telah mampu cair ke dalam rekening kamu hanya dalam waktu hitungan hari saja. Nah, salah satu keunggulan dari CekAja yakni kau mampu melaksanakan seluruh proses pengajuan tanpa perlu keluar rumah sama sekali, alias online.

Hanya dengan bermodalkan saluran internet dan laptop, kamu telah mampu mendapatkan dana bantuan yang dibutuhkan. Bagus banget kan!

Maka dari itu, daripada kau bingung mencari kawasan terbaik untuk mengajukan dana pinjaman pendidikan untuk masuk kuliah, lebih baik segera usikan saja di CekAja.com yang sudah terjamin kepercayaannya karena telah terdaftar di OJK. Oleh sebab itu, yuk segera olok-olokan bantuan dana mu cuma di CekAja.com.