0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Pilih Asuransi Pendidikan Atau Pinjaman Pendidikan? Cek Bedanya Di Sini!

Sudah punya rencana untuk mempunyai anak? Apa Anda juga telah memikirkan, hal apa saja yang mesti disiapkan ketika anak lahir?

Selain kesehatan dan berkembang kembangnya, pendidikan juga penting loh, untuk disiapkan semenjak dini.

Nah, untuk antisipasi periode depan si kecil, kira-kira Anda lebih pilih asuransi pendidikan atau perlindungan pendidikan?

pilih asuransi pendidikan atau pinjamana pendidikan?

Sama-sama Membantu Keuangan, Apa Perbedaan dari Keduanya?

Bicara ihwal asuransi pendidikan dan pinjaman pendidikan, bahwasanya apakah Anda telah paham, terkait perbedaan hingga kegunaan asuransi pendidikan dengan pemberian pendidikan?

Pasalnya, setiap keluarga setidaknya wajib mengalokasikan minimal 10 persen dari penghasilannya per bulan, untuk mempersiapkan pendidikan anak, hingga ke jenjang akademi tinggi. Nah, di sinilah produk finansial mirip asuransi pendidikan dan dukungan pendidikan, mampu membantu menertibkan keuangan Anda.

Yuk, bagi Anda yang masih gundah, mari simak dahulu pengertian, perbedaan, sampai kegunaan untuk jangka panjang dan pendek dari kedua produk pendidikan tersebut. Hal tersebut penting untuk dimengerti, semoga Anda mampu memilih mana yang lebih diharapkan, asuransi pendidikan atau derma pendidikan.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah)

Pengertian Asuransi Pendidikan

Pengertian Asuransi Pendidikan - Pilih Asuransi Pendidikan atau Pinjaman Pendidikan Cek Bedanya di Sini

Asuransi pendidikan ialah suatu produk finansial, berbentuklayanan derma atau proteksi sekaligus investasi, bagi pihak terjamin. Di mana tertanggung, bisa sekaligus menjadi jago waris pemegang polis.

Sedangkan untuk pembayaran premi perbulan atau tahunannya, dibayarkan oleh pemegang polis (kepala keluarga). Selain itu, produk asuransi pendidikan lazimnya juga sudah mencakup, dengan produk asuransi jiwa.

Perlu dikenali juga, bahwa premi asuransi pendidikan yang dibayarkan setiap bulannya, ternyata tidak diendapkan kolam simpanan. Melainkan, dananya, akan diatur menjadi bentuk investasi, baik berupa reksa dana maupun saham.

Maka dari itu, produk asuransi jiwa dananya mampu meningkat , setelah jangka waktu tertentu, dan lazimnya baru meningkat di tahun ke-6. Sehingga, memiliki asuransi pendidikan, dinilai cukup memperlihatkan keuntungan, alasannya mencakup asuransi jiwa sekaligus.

Misalnya, dikala pemegang polis (Anda sebagai orang renta) datang-datang meninggal dunia dan tidak melanjutkan pembayaran, maka ada uang pertanggungan yang hendak diterima hebat waris (anak, istri, dan keluarga).

Kegunaan Asuransi Pendidikan

Di dalam produk asuransi pendidikan, anak pasti dijadikan sebagai mahir waris atau tertanggung, dan di sinilah letak kegunaan asuransi pendidikan. Sehingga, anak tetap mampu menerima haknya mencapai pendidikan tinggi, ketika pemegang polis (orang tua) meninggal dunia atau mengalami cacat permanen, yang menjadikannya tidak lagi mampu mencari nafkah.

Jika dilihat dari manfaatnya, produk asuransi pendidikan mempunyai metode jangka panjang. Seperti misalnya asuransi pendidikan unit link, yang biasanya disediakan secara berjangka, untuk periode waktu 10, 15, dan 20 tahun.

Bahkan, sehabis periode pertanggungan tamat, asuransi pendidikan masih bisa untuk diperpanjang, sampai deadline yang sudah disepakati sebelumnya oleh pihak tertanggung dan perusahaan asuransi.

Pengertian Pinjaman Pendidikan

Pengertian Pinjaman Pendidikan - Pilih Asuransi Pendidikan atau Pinjaman Pendidikan Cek Bedanya di Sini

Setelah mengetahui apa itu asuransi pendidikan, selanjutnya ketahui juga pengertian dari tunjangan pendidikan, agar Anda tahu perbedaannya. Jika asuransi pendidikan memiliki metode bayar premi per bulan, dan akibatnya bisa dinikmati nanti (sesudah beberapa tahun), namun berlainan dengan produk pemberian pendidikan.

Adapun pengertian bantuan pendidikan yaitu suatu layanan derma yang ditawarkan bank atau Lembaga keuangan, guna membiayai keperluan pendidikan lanjutan (kuliah S2/S3), ataupun permulaan pendidikan (dikala baru masuk SD, SMP, Sekolah Menengan Atas, sampai kuliah S1).

Bahkan, sumbangan pendidikan juga mampu digunakan untuk mendanai biaya hidup, guna menunjang pendidikan. Pinjaman pendidikan, lazimnya diberikan oleh Lembaga keuangan bank maupun non bank, di mana memiliki bunga pinjaman yang condong rendah, dan bertenor panjang.

Kegunaan Pinjaman Pendidikan

Pinjaman pendidikan, biasa digunakan untuk menolong mendanai anak yang baru masuk sekolah hingga kuliah, atau para mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, mirip S2 atau S3.

Produk ini kadang kala dicari, alasannya mampu menawarkan penyelesaian dan bantuan dana yang cepat cair ketika itu juga. Sehingga, dana akan cair di awal, selanjutnya Anda tinggal mengeluarkan uang cicilan perbulan, sesuai tenor dan bunga yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sistem pembayaran cicilan dan besarannya pun, disesuaikan dengan penghasilan tetap Anda per bulan. Kaprikornus, pastikan Anda bisa dan tidak menyebabkan dilema gres, yang bisa mengakibatkan cicilan menumpuk dan berhutang.

Selain itu, suku bunga yang disediakan juga tergolong rendah, dengan jangka waktu yang mampu ditentukan sendiri oleh Anda, jangka panjang atau pendek.

Untuk plafon perlindungan yang disediakan, biasanya mulai dari Rp75 juta hingga Rp250 juta untuk Lembaga bank. Sedangkan suku bunga yang ditawarkan Lembaga bank, bermacam-macam mulai dari 0,65 persen – 0,72 persen per bulan sampai 6,5 persen per tahun.

(Baca Juga: Ini Rincian Persiapan Dana Pendidikan SD)

Itu ia produk finansial pendidikan yang bisa jadi pilihanmu, untuk menyiapkan kurun depan si kecil. Namun, jika dilihat mana yang paling anggun, semua kembali lagi kepada Anda, alasannya adalah hanya Anda yang mengenali kondisi finansial, kesanggupan dan kebutuhan Anda, apakah lebih membutuhkan asuransi pendidikan atau santunan pendidikan.

Nah, sehabis mengenali perbedaannya dari sisi kegunaan, sampai jangka waktu, kira-kira Anda lebih pilih asuransi pendidikan atau pinjaman pendidikan?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pastikan Anda memilih produk yang sesuai dengan keperluan dan kemampuan finansial Anda ya. Jangan hingga, produk sumbangan finansial ini, malah menjadi bumerang untuk Anda.

Ribet Cari Produk Finansial di Banyak Situs? Cari di CekAja.com Saja!

Untuk cara mengajukannya, Anda tak perlu repot-repot mencari satu per satu produk asuransi pendidikan maupun derma pendidikan, di banyak platform.

Karena Anda cuma butuh satu platform, untuk mencari, mengetahui berita terkait produk, membandingkan, menentukan yang tepat, hingga mengajukannya secara online, adalah cuma di situs CekAja.com.

Yuk, kapan lagi mempersiapkan dana pendidikan anak, mampu semudah ini? Segera datangi CekAja.com, dan dapatkan produk finansial pilihanmu!