0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Perbedaan Service Bersiklus Dan Tune Up Mobil dan Motor Beroda Empat, Beserta Biayanya!

Bagi pemilik mobil, mungkin perumpamaan service bersiklus dan tune up, telah tidak gila lagi didengar. Akan namun, apa kamu tahu apa perbedaan service terpola dan tune up kendaraan beroda empat?

Terlebih, istilah ini memang wajib untuk dimengerti, untuk mengenal apa saja jenis perawatan kendaraan beroda empat.

Mobil sendiri, ialah jenis kendaraan yang juga membutuhkan perawatan, agar kondisinya tetap prima, sampai mempunyai usia yang panjang.

Mulai dari mesin, bodi, ban, fitur-fitur yang ada di dalamnya, karet beling kendaraan beroda empat, AC, sarung jok mobil dan yang lain.

Nah, biasanya mobil memiliki beberapa perawatan, di antaranya yaitu service terencana dan tune up.

Namun, perlu dikenali bagi kamu, bahwa kedua perawatan tersebut, merupakan perawatan yang berbeda.

Pasalnya, ternyata tidak semua pemilik mobil mengenali perbedaan service terpola dan tune up kendaraan beroda empat.

(Baca Juga: Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinarmas)

Meski begitu, kedua perawatan tersebut wajib dikerjakan, biar kendaraan beroda empat kamu tetap dalam keadaan yang prima.

Bagaimana? Penasaran dengan perbedaan service terencana dan tune up mobil? Yuk, kita kupas semuanya satu per satu di sini!

Perbedaan Service Berkala dan Tune Up Mobil

1. Service Berkala

Dalam membicarakan perbedaan service terencana dan tune up mobil, mari kita diskusikan jenis perawatan service terpola terlebih dulu.

Service berkala merupakan jenis perawatan, yang biasanya cuma dikerjakan pengecekan keadaan kendaraan beroda empat saja.

Service terpola sendiri juga berisikan banyak sekali macam, bahkan pengerjaannya pun berbeda-beda.

Umumnya, perawatan service berkala akan dikerjakan pertama kali (kendaraan beroda empat gres) pada saat jarak tempuh kendaraan beroda empat, sudah mencapai 1.000 km.

Lantas, perawatan apa saja yang dikerjakan ketika service bersiklus di 1.000 km pertama?

Untuk service terpola yang pertama, sebetulnya tidak banyak yang dilakukan, bahkan petugas bengkel umumnya hanya melakukan pembersihan, pengecekan unsur yang ada di mesin.

Berikut beberapa pengecekan yang dijalankan pada service berkala, utamanya pada 1.000 km pertama:

  • Bagian oli-oli pada mesin: Mulai dari oli transmisi, minyak rem, oli power steering, air radiator, dan kopling. Bagian kendaraan beroda empat yang mempunyai cairan, umumnya dicek apakah ada bagian yang kurang rembes atau bocor.
  • Pengecekan metode aki
  • Pengecekan sistem kemudi
  • Pengecekan tekanan angin
  • Pembersihan filter udara
  • Pengecekan idle mesin
  • Pengecekan baut pada roda

Bagaimana untuk ongkosnya? Biasanya, perawatan service terpola yang dilaksanakan kendaraan beroda empat gres di 1.000 km pertama, belum dikenakan biaya alasannya adalah masih dalam era garansi.

Namun, jika dijumlahkan total pembiayaannya, hal tersebut juga masih tergantung dari merk kendaraan beroda empat dan dealer masing-masing.

Misalnya saja, perawatan service terencana pada mobil brand Nissan. Biaya yang diberikan jasa service biasanya mulai dari Rp180.000 hingga Rp690.00.

Bahkan, ongkos tersebut juga akan berlainan tergantung jenis kendaraan beroda empat dari brand Nissan, dan dealer Nissan yang ada di Indonesia.

Tidak hanya service bersiklus yang dilakukan pada 1.000 km pertama. Karena kau juga wajib tahu macam-macam service terpola kendaraan beroda empat.

Macam-macam service mobil terpola, di antaranya ialah:

  • Service Berkala 1.000 km
  • Service Berkala 5.000 km
  • Service Berkala 10.000 km
  • Service Berkala 15.000 km
  • Service Berkala 20.000 km

2. Tune Up

Setelah menjawab apa itu service bersiklus, selanjutnya akan dibahas terkait tune up mobil. Agar kamu bisa menyaksikan perbedaan service terencana dan tune up kendaraan beroda empat.

Selain service terjadwal, kendaraan beroda empat juga wajib melaksanakan perawatan tune up. Jenis perawatan tune up sendiri merupakan suatu perawatan yang bermaksud untuk membuat keadaan unsur-komponen mobil, kembali pada kondisi yang prima atau gres.

Adapun perawatan ini berupa standarisasi suatu unsur kendaraan beroda empat, agar sistemnya mampu kembali seperti semula, saat kondisi mobil sudah tidak tenteram dikendarai.

Berbeda dengan service terencana, untuk ongkos pastinya perawatan tune up lebih mahal. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu akan seimbang dengan hasil yang ditemukan pemilik kendaraan beroda empat.

Adapun beberapa bagian kendaraan beroda empat ini, wajib diperiksa selama tune up:

  • Filter udara

Biasanya, dikala melakukan perawatan tune up, hal yang pertama kali dicek yakni filter udara. Jika filter udara masih anggun, maka akan dilakukan pembersihan saja. Namun jikalau kotor, maka akan diganti dengan yang gres.

  • Kerburator dan Throttle Body

Dalam perawatan ini, umumnya karburator akan diperiksa sekaligus penyetelan ulang RPM.

  • Celah Busi

Celah busi yang dibuat pabrik, memang sudah diset. Namun, alasannya adalah adanya interaksi busi dengan tekanan kompresi, maka besar kemungkinan bisa menyebabkan celah busi berganti.

  • Celah Katup

Tidak hanya busi, celah katup yang tidak sesuai posisi akan menyebabkan mobil menjadi berisik, sampai bisa terjadi kebocoran kompresor. Sehingga, biasanya celah katup akan dikelola ulang otomatis, dengan tekanan oli mesin.

  • Aki

Pengecekan aki juga tak kalah penting, apakah masih manis atau tidak. Jika telah lemah, maka aki perlu diganti.

  • Berbagai macam Cairan Fluida

Berbagai cairan fluida seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering, dan oli gardan, adalah jenis-jenis cairan yang mau diperiksa. Teknisi akan memeriksa apakah volumenya masih cukup, sampai kondisinya masih cantik atau tidak, sebab bisa dilaksanakan penggantian cairan gres.

Selain mengetahui perbedaan service berkala dan tune up kendaraan beroda empat, mungkin kau juga perlu tahu manfaat terkait perawatan tune up mobil berikut ini.

  • Bisa mengembalikan performa kendaraan beroda empat seperti semula
  • Mencegah kerusakan parah
  • Komponen-komponen mobil mampu diperbaiki atau diganti secepatnya

(Baca Juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Mudah Lewat HP)

Untuk ongkos perawatan tune up kendaraan beroda empat, umumnya berkisar antara Rp300.000 sampai jutaan rupiah, tergantung dari pembersihan, penggantian bagian yang dijalankan.

Nah, itu dia berita penting terkait perbedaan service terpola dan tune up mobil yang perlu diketahui, para pemilik kendaraan beroda empat.

Sehingga, kamu tidak gampang dibohongi oleh para teknisi, dikala mobilmu perlu di tune up, namun yang dikerjakan cuma service terjadwal saja.

Padahal, kau sudah membayar perawatan mahal. Terlebih, biaya perawatan mobil juga tak sedikit alias mahal.

Nah, nggak mau ambil risiko bukan, kalau mobil kau memiliki masalah alasannya salah perawatan, yang bisa berisiko terjadinya kecelakaan di jalan?

Maka dari itu, penting untuk teliti di setiap perawatan mobil kamu, dan jangan lupa daftarkan kendaraan kamu, di asuransi kendaraan terbaik, yang mampu diajukan lewat CekAja.com.

Pasalnya, kecelakaan bisa membuat banyak kerugian. Seperti kerugian kesehatan balasan kecelakaan, sampai kerugian finansial karena harus memperbaiki mobil yang rusak, akhir kecelakaan.

Di CekAja.com, kau bisa memilih sendiri produk asuransi kendaraan dari aneka macam perusahaan asuransi kendaraan terkemuka, di Indonesia.

Sebut saja mirip Adira dan Sinar Mas. Terlebih, kedua perusahaan asuransi kendaraan tersebut, juga memiliki banyak rekanan bengkel, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Makara, tunggu apa lagi? Segera usikan asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, cuma di CekAja.com!