0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Perbedaan KTA Dan Kartu Kredit, Mana Yang Lebih Baik?

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dan kartu kredit nyatanya tidak terlampau luas, alasannya keduanya memiliki fungsi yang relatif sama, yakni menunjukkan sumbangan dana bagi siapapun yang memerlukan.

Perbedaan KTA dan Kartu Kredit

Namun, perlu dimengerti bahwa KTA dan kartu kredit itu berbeda. Makara, jangan hingga kau salah menentukan. Walaupun keduanya sama-sama menunjukkan perlindungan dalam hal finansial, tetapi apabila kau menggunakannya dengan cara yang salah, justru akan memperlihatkan kerugian. Oleh sebab itu, di dalam peluang kali ini kita akan membahas perihal perbedaan KTA dan kartu kredit yang mungkin perlu kamu pahami.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Sesuai dengan namanya, Kredit Tanpa Agunan atau yang bisa disingkat selaku KTA ialah salah satu produk yang disediakan oleh bank untuk menunjukkan akomodasi setiap orang dalam memecahkan urusan finansial yang mereka hadapi, yakni dalam bentuk derma dana.

Jika ingin mengajukan KTA, maka kau sudah mesti mengetahui kira-kira berapa besar dana yang tengah diperlukan. Setelah itu, kau bisa pribadi mengajukannya ke bank terkait dengan melampirkan sejumlah dokumen yang diperlukan tanpa harus adanya jaminan.

Biasanya, setiap bank mempunyai ketentuan dan kebijakannya masing-masing, tetapi pemberian dana itu sendiri bisa dimulai dari Rp5 juta sampai mencapai ratusan juta rupiah dengan bunga yang kebanyakan sebesar 1,55 hingga 2,2 persen per bulannya.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Pendidikan untuk Masuk Kuliah)

Karena tidak memerlukan jaminan, untuk ketika ini KTA cuma mampu diajukan untuk siapapun yang sudah memiliki penghasilan tetap dan dianggap bisa mengeluarkan uang cicilan. Selain itu, kamu juga tidak mampu asal menyebut angkat derma, alasannya adalah sebelum pihak bank memperlihatkan dana, mereka akan mengecek jumlah penghasilan kau. Sehingga, dana yang dipinjamkan oleh bank murni sesuai dengan honor yang kau peroleh perbulannya.

Sebagai teladan, jika saat ini honor kamu sebesar Rp5 juta per bulan, maka kau tidak mungkin mampu menerima pemberian Rp100 juta. Sebaliknya, biasanya kau cuma mampu mengajukan perlindungan sebesar Rp15 juta sampai Rp20 jutaan saja.

Manfaat KTA

Perbedaan KTA dan kartu kredit terletak pada keuntungannya. KTA itu sendiri terkadang dipakai hanya untuk memenuhi keperluan yang bersifat darurat saja atau yang memerlukan dana besar, mirip:

  • Biaya Pendidikan

Pertama, KTA kadang kala digunakan untuk menjadi ongkos pelengkap pendidikan. Karena bunga yang cenderung rendah dengan rentang waktu pelunasan yang lama, pinjaman KTA menciptakan banyak orang merasa lebih ringan bila mereka ingin menggunakannya selaku dana pendidikan.

Karena, jangka waktu yang panjang menciptakan kau memiliki waktu yang cukup untuk mencari pekerjaan dan mengeluarkan uang cicilan. Sehingga, dengan mengajukan KTA kau telah tak perlu cemas lagi dengan pembayaran cicilan.

  • Modal Usaha

Sebagai pemula yang ingin mengawali bisnis namun belum memiliki modal yang cukup, dana KTA ini dapat turut dimanfaatkan. Karena tidak memerlukan jaminan, jadi kamu juga tak perlu khawatir lagi. Hanya saja, sebelum menetapkan untuk mengajukan pertolongan, ada baiknya kalau kamu yakinkan kepada diri sendiri bahwa keuntungan yang didapat dari bisnis yang kamu jalani memang seimbang dengan cicilan KTA dan bunga setiap bulannya.

  • Renovasi Rumah

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai modal perjuangan, KTA nyatanya juga mampu kau manfaatkan untuk ongkos renovasi rumah lho. Selain itu, dana yang cair juga bisa turut digunakan untuk membeli aneka macam perabotan rumah tangga yang dirasa kurang.

Namun, meskipun dapat dipakai untuk kebutuhan semacam ini, ada baiknya bila kau tetap mengamati besaran jumlah perlindungan supaya pada ketika pelunasan tidak akan menunjukkan beban dalam hal keuangan setiap bulan. Jadi, tentukan bahwa nominal kredit yang diajukan memang setara dengan kesanggupan kamu dalam melunasi.

  • Dana Darurat

Ini beliau salah keunggulan KTA yang menunjukkan kita cukup banyak kemudahan, yaitu bisa kau gunakan selaku dana darurat. Berbeda dengan jenis pinjaman yang lain yang umumnya memerlukan waktu cukup usang untuk verifikasi, sebab KTA tidak membutuhkan jaminan, maka proses verifikasi pun relatif lebih singkat. Bahkan dengan jangka waktu pencairan yang hanya dalam hitungan jam sampai hari saja.

Jika kamu menentukan dengan teliti, banyak bank-bank yang mampu menuntaskan proses pengajuan cuma dalam hitungan jam. Kaprikornus, kamu tak perlu khawatir lagi jikalau sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat, alasannya KTA siap membantu.

Kartu Kredit

Kartu Kredit - Perbedaan KTA dan Kartu Kredit Mana yang Lebih Baik

Kartu kredit merupakan sebuah kartu keluaran bank atau lembaga keuangan sejenisnya yang berfungsi sebagai pengganti duit tunai dalam melakukan transaksi. Namun, berlainan dengan kartu debit yang mana transaksi murni memakai duit yang kita miliki, kartu kredit justru dapat dibilang pula selaku berhutang.

Sehingga, seluruh transaksi yang kita gunakan lewat kartu kredit tersebut akan dicatat oleh bank dan wajib kita lunasi setiap bulannya berikut suku bunga yang dibebankan. Oleh sebab itu, kartu kredit ini acap kali dipakai untuk berbelanja barang-barang yang condong mahal tanpa memberikan beban lebih terhadap kondisi keuangan kita. Karena pada nantinya kita dapat melakukan pembayaran dalam bentuk mencicil.

Manfaat Kartu Kredit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya perbedaan KTA dan kartu kredit terletak pada keuntungannya. Apabila KTA lebih dianjurkan untuk dipakai dalam keperluan darurat dan dalam jumlah banyak, maka kartu kredit kadang kala digunakan justru sebagai kebutuhan yang bersifat konsumtif, mirip:

  • Belanja Online

Saat ini, berbelanja online telah kian tren di golongan penduduk alasannya proses transaksinya yang begitu gampang. Hanya berdiam diri di rumah, kau telah mampu memenuhi berbagai keperluan. Selain itu, dengan kartu kredit kau juga mampu meminimalkan risiko saat berbelanja, mirip penipuan yang mengakibatkan kerugian finansial.

Karena ketika kamu memperoleh suatu kecurigaan, kau mampu secepatnya menghubung bank yang mempublikasikan kartu kredit tersebut sehingga pihak bank dapat membekukan dana yang sudah kadung dikeluarkan.

  • Berburu Diskon dan Promo

Perbedaan KTA dan kartu kredit selanjutnya yaitu, KTA hanya berupa pertolongan dana yang mampu kau pakai untuk keperluan yang bersifat darurat, sementara lewat kartu kredit kau justru berkesempatan untuk mendapatkan terlalu banyak potongan harga dan promo, tak cuma saat membeli di toko retail atau swalayan, namun juga di kedai makanan, taman hiburan, bioskop, dan masih banyak lagi.

Makara, dengan adanya potongan harga dan promo tersebut, tentu hal tersebut mampu menciptakan pengeluaranmu menjadi jauh lebih hemat.

  • Traveling

Menggunakan kartu kredit, perjalanan piknik kau akan menjadi lebih hemat biaya dan hemat. Karena, penggunaan kartu kredit itu sendiri berlaku tak cuma di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara yang lain.

Kamu juga akan menerima sejumlah promo menarik yang mendukung perjalanan kau menjadi lebih menggembirakan lho, mirip promo tiket pesawat, tiket kereta, hotel, serta banyak sekali keperluan yang lain yang hendak kamu perlukan selama berlibur.

  • Mendukung Gaya Hidup

Jika kau gemar makan di kedai makanan, nonton di bioskop, nongkrong di coffee shop, atau justru sering mengisi bensin sebab menggunakan kendaraan eksklusif, kartu kredit terang akan sangat kamu perlukan. Karena dengan banyak sekali jenis kartu kredit yang ada, pola hidup kamu mampu dengan gampangnya tercukupi dan jauh lebih ekonomis.

Tak hanya kamu bisa menerima promo dan potongan harga, sering memakai kartu kredit juga bisa memberikanmu banyak point reward yang pada nantinya bisa ditukar dengan benefit-benefit yang lain yang menguntungkan.

KTA dan Kartu Kredit, Mana yang Lebih Baik?

Makara, setelah mengetahui tentang Perbedaan KTA dan kartu kredit, manakah yang lebih baik? Perlu dikenali bahwa walaupun sama-sama merupakan santunan, tetapi keduanya mempunyai faedah yang berlainan-beda. Sehingga, antara KTA dan kartu kredit tak ada yang jauh lebih baik, karena keduanya sama-sama dibutuhkan namun dengan cara yang berlainan.

Jika ketika ini kamu tengah galau mencari dana aksesori untuk modal usaha ataupun ongkos melanjutkan kuliah, maka kamu bisa memakai KTA. Sedangkan jikalau kau lebih bahagia membeli, nongkrong di café, ataupun melakukan berbagai gaya hidup konsumtif lainnya, maka kartu kredit akan memberikanmu lebih banyak laba.

Dengan masih mewabahnya pandemi di sebagian besar dunia, sampai dikala ini masyarakat masih dihimbau untuk tidak terlalu banyak melaksanakan kegiatan di luar rumah. Oleh karena itu, membeli jelas menjadi sering dilaksanakan melalui online.

(Baca Juga: Kartu Kredit Terbaik 2020)

Nah, apakah kau dikala ini telah memiliki kartu kredit untuk berbelanja banyak sekali keperluan? Jika belum, kau bisa lho mengajukannya di CekAja.com.

Tak cuma untuk mengajukan kartu kredit saja, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbedaan ihwal jenis kartu kredit manakah yang paling cocok dengan keperluan dan pola hidup kau. Makara, yuk segera usikan kartu kredit di CekAja.com.