0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Penting tips Mendaftarkan Mesin Edc Untuk Toko Yang Wajib Dikenali

Munculnya mesin Electronic Data Capture atau umumdisebut EDC tentu akan membuat lebih mudah kau sebagai pemilik usaha. Dengan memakai mesin ini, para pelanggan dapat lebih leluasa melaksanakan pembayaran tanpa harus ribet menenteng banyak duit tunai. Nah, jika kamu tertarik untuk beralih ke mesin EDC, sebaiknya pahami dahulu cara mendaftarkan mesin EDC untuk toko di bawah ini.

Cara Mendaftarkan Mesin EDC untuk Toko

Apa itu Mesin EDC?

Sejatinya mesin EDC yaitu alat yang dibentuk khusus untuk transaksi non tunai dengan kartu debit ataupun kartu kredit, yang mampu langsung terhubung ke rekening bank pengguna, dan lalu dipindahkan sesuai dengan total pembelian untuk pembayaran dikala itu juga.

Mesin EDC lazimnya ditawarkan oleh pihak bank yang mampu digunakan oleh pelanggan tidak hanya untuk transaksi belanja saja. Tetapi mampu juga untuk kebutuhan transaksi lainnya seperti pembayaran biaya tol, tiket pesawat, sampai gesek tunai.

Apabila dilihat sekilas, bentuk fisik mesin EDC mungkin tampak seperti itu-itu saja. Tapi nyatanya, alat transaksi terbaru ini dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan konektivitasnya. Berikut jenis-jenis mesin EDC.

  • Fixed Line: Mesin EDC dengan menggunakan line telpon dari Telkom, yang mana ongkos untuk satu kali transaksi sebesar Rp250 atau sesuai dengan ketentuan dari Telkom.
  • GPRS Mobile: Jenis mesin EDC yang mudah dan dapat dibawa kemana saja alasannya metode kerjanya memanfaatkan sinyal seluler.
  • GPRS: Mesin EDC yang masih bergantung pada stop kontak PLN sebagai sumber powernya dan juga sinyal seluler. Jenis ini yang umumnya sering digunakan oleh toko-toko yang tidak menggunakan jenis fixed line.

(Baca Juga: Ini Cara Kerja Mesin EDC)

Perlukah Pemilik Usaha Memiliki Mesin EDC?

Seperti yang diketahui, mesin EDC merupakan alat transaksi modern untuk mempermudah pemilik usaha maupun konsumen dalam hal pembayaran. Oleh alasannya itu, jika ditanya seberapa pentingnya mempunyai mesin EDC bagi para pemilik perjuangan mirip toko, terperinci saja jawabannya sungguh penting.

Apalagi di zaman serba canggih seperti ketika ini yang mana transaksi bisa dilaksanakan secara digital tanpa mesti repot menenteng duit tunai dalam jumlah banyak.

Apa itu Mesin EDC - Ini Cara Mendaftarkan Mesin EDC untuk Toko yang Wajib Diketahui

Nah, jika kini perjuangan yang kau lakukan masih memakai metode pembayaran tunai, maka cobalah lakukan peningkatan dengan mengubah tata cara tersebut memakai mesin EDC.

Masih kurang percaya terhadap kinerja mesin EDC? Yuk, simak dahulu sederet manfaatnya berikut ini.

1. Memudahkan pedagang dan konsumen dalam bertransaksi

Mesin EDC tentu saja akan mempermudah transaksi baik untuk penjual maupun pelanggan. Betapa tidak, dengan menggunakan alat pembayaran ini kau enggak perlu repot lagi mengkalkulasikan uang kembalian untuk konsumen, alasannya transaksi di mesin EDC akan secara otomatis sesuai dengan nominal yang ditagihkan.

2. Lebih efisien

Penggunaan mesin EDC diperuntukan bagi pengusaha yang tidak ingin ribet utamanya dikala mengkalkulasikan uang kembalian. Makanya enggak heran, jikalau mesin EDC dianggap lebih efisien dan mudah, sehingga banyak usahawan yang kesannya memutuskan untuk mencari tahu cara mendaftarkan mesin EDC untuk toko mereka.

3. Sebagai alat meningkatkan penjualan

Biasanya bank penerbit kartu debit maupun kartu kredit kerap kali menyelenggarakan promo besar untuk tiap kali melakukan transaksi belanja. Alhasil, banyak pengguna yang alhasil ingin menerima promo tersebut. Dengan bertransaksi menggunakan mesin EDC, maka persentase spenjualan di toko kamu secara tidak pribadi akan meningkat.

Cara Mendaftarkan Mesin EDC untuk Toko

Sudah tahu kan faedah dari penggunaan mesin EDC? Selanjutnya, gimana bila kau mengerti cara mendaftar mesin EDC untuk toko, sebelum nantinya mengajukan kepemilikan atas mesin transaksi tersebut.

Untuk mendaftarkan mesin EDC, pertama-tama kau mesti terdaftar dan menjadi nasabah di bank terkait. Misal, kau ingin memakai mesin EDC Bank BCA, berarti kau perlu membuka rekening di Bank BCA. Alasannya, alasannya seluruh dana hasil transaksi memakai mesin EDC akan langsung ditransfer ke rekening kau.

Apabila telah mempunyai rekening, selanjutnya cara mendaftar mesin EDC untuk toko yang perlu diperhatikan ialah dengan menyanggupi sejumlah syarat yang diminta dalam bentuk dokumen.

Secara lazim, berikut syarat-syarat dokumen yang wajib dipenuhi oleh pemohon:

  • Menyertakan KTP/Paspor
  • NPWP eksklusif atau Badan Usaha
  • SIUP/TDP/Surat Keterangan Domisili
  • Akta Pendirian Usaha
  • Sertifikat Kepemilikan Tempat/Surat Keterangan Sewa Tempat Usaha
  • Buku rekening simpanan

Apabila seluruh dokumen telah dipenuhi, maka kamu mampu pribadi mengunjungi bank terkait untuk mendaftarkan mesin EDC. Nantinya, pihak bank akan meminta kamu mengisi formulir permintaan yang mana berikutnya akan dilakukan cek kelayakan menurut standar administrasi serta usulanbisnis.

Namun yang perlu diingat, setiap bank mempunyai kebijakan masing-masing terkait cara mendaftar mesin EDC. Sebagai contoh, Bank BCA dan Bank BNI yang mana keduanya memberlakukan syarat berbeda untuk pengajuan kepemilikan mesin EDC.

(Baca Juga: 6 Kartu Kredit untuk Belanja Online)

Cara Mendaftarkan Mesin EDC untuk Toko di Bank BCA

Permohonan EDC di Bank BCA terkesan lebih simple alasannya mampu dikerjakan secara online, khususnya untuk merchant gres. Dan berikut penjelasan lengkapnya:

  • Akses laman resmi BCA di https://www.bca.co.id/Bisnis/Produk-dan-Layanan/E-Banking/edc/Apply-BCA-EDC.
  • Isi formulir selengkap-lengkapnya, mulai dari nama perjuangan, alamat usaha, kota domisili usaha, nama pemilik perjuangan, nomor KTP pemilik perjuangan, email pemilik perjuangan, sampai nomor telepon pemilik perjuangan.
  • Setelah itu, centang kolom ‘Dengan ini aku menyatakan Benar bahwa saya Belum Pernah mempunyai EDC BCA’ dan kolom ‘Maksimal lima hari kerja, tim BCA akan menghubungi Anda untuk konfirmasi data dan tanda tangani Formulir Data Merchant’.
  • Tunggu sampai lima hari kerja untuk ke tahap lebih lanjut adalah pengumpulan data pemohon.

Cara Mendaftarkan Mesin EDC untuk Toko di Bank BNI

Tidak jauh dari berbeda dari Bank BCA, berikut cara mendaftar mesin EDC untuk toko di Bank BNI:

  • Menyertakan fokotopi KTP dan NPWP untuk dokumen individual.
  • Foto lokasi.
  • Fotokopi SIUP/TDP.
  • Fotokopi Legalitas lokasi usaha.
  • Fotokopi akta pendirian diatas 2007 (untuk dokumen Badan Usaha).
  • Fotokopi sertifikat pergantian bila ada 2007 keatas (untuk dokumen Badan Usaha).
  • Fotokopi KTP direksi yang bertandatangan (untuk dokumen Badan Usaha).
  • Fotokopi NPWP PT (untuk dokumen Badan Usaha).
  • Fotokopi SIUP/TDP Perusahaan (untuk dokumen Badan Usaha).
  • Fotokopi lokasi dan plang nama (untuk dokumen Badan Usaha).

Nah, itu tadi berita perihal cara mendaftarkan mesin EDC untuk toko. Informasi mempesona yang lain seputar pola hidup sampai cara memilih produk finansial yang sempurna mampu kamu dapatkan melalui laman CekAja.com.

Melalui CekAja pula kau mampu membandingkan dan mengajukan kartu kredit yang tentu saja irit serta sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk, miliki kartu kredit dari CekAja dan dapatkan beragam promo menarik!