0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Penting Kiat Kondusif Bersepeda Di Jalan Raya, Biar Gak Mengganggu Pengendara Lain

Pasca karantina di rumah, penduduk Indonesia kini tengah menggemari kegiatan bersepeda. Tren ini tak hanya dibarengi oleh kalangan muda namun juga orangtua. Meski begitu, pesepeda wajib mengenali tips aman bersepeda di jalan raya ini, agar tidak mengganggu pengendara lainnya.

Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya

5 Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya

Akhir-final ini, banyak penduduk Indonesia yang kembali kepincut untuk menggunakan sepeda, entah sebagai pendukung acara sehari-hari ataupun cuma sekedar berolahraga. Selain menyehatkan tubuh, bersepeda juga dianggap mampu meminimalkan polusi udara, khususnya di kota yang padat penduduk.

Namun sayangnya, euforia bersepeda ini tidak disertai dengan edukasi yang sempurna, utamanya perihal kiat kondusif bersepeda di jalan raya. Sehingga enggak sedikit bermunculan info perihal pelanggaran yang dilakukan oleh para pesepeda.

Sebagai pola, sebuah video di mana terlihat segerombol pesepeda yang melanggar lampu merah di Tegal, Jawa Tengah. Video tersebut sempat booming di Twitter, sebab salah satu pengguna sosmed ini ialah @alexjourneyID mengunggahnya pada 28 Juni 2020 lalu dengan caption, “Rombongan gowes malam terobos lampu merah berjamaah. Jangan ditiru yes!”

Dari kejadian ini, mampu disimpulkan bahwa pesepeda selayaknya mematuhi hukum kemudian lintas yang ada, biar enggak merugikan diri sendiri dan pengendara yang lain.

Nah, jika kamu juga menyukai acara gowes, seharusnya perhatikan dahulu tips kondusif bersepeda di jalan raya, berikut ini.

1. Cek keadaan fisik sepeda

Cek kondisi fisik sepeda - Ini Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya Biar Gak Mengganggu Pengendara Lain

Sebelum mengayuh sepeda, ada baiknya kamu mengevaluasi dahulu kondisi fisik dari sepedamu. Mulai dari menganalisa rem, stang sepeda, ban, hingga rantai agar hal-hal tak terduga selama mengendarainya tidak terjadi, mirip rem kendur atau bahkan putus.

Tips kondusif bersepeda di jalan raya ini tidak cuma dipraktekkan ketika sebelum kamu ingin bersepeda saja. Namun memang, harus dijalankan secara berkala, yang mana kau perlu menganalisa dan merawat sepeda agar fisiknya selalu prima.

Caranya juga cukup mudah, ialah denganmengganti rem secara terjadwal, mengaplikasikan pelumas pada rantai, dan jangan lupa untuk sesekali membawanya ke bengkel khusus sepeda.

(Baca Juga: 4 Sepeda Lipat Murah Dibawah 2 Juta)

2. Gunakan perlengkapan sesuai dengan medan jalan

Gunakan perlengkapan sesuai dengan medan jalan - Ini Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya

Bagi sebagian orang, bersepeda enggak perlu memakai perlengkapan memadai, terlebih jika cuma ingin berkeliling saja. Padahal, nyatanya dengan menggunakan peralatan yang cocok mempunyai arti kau telah memenuhi protokol keselamatan, salah satunya ialah menggunakan helm khusus pesepeda.

Dengan helm ini, kepala akan terlindungi semisal terjadi kecelakaan atau risiko lainnya yang tidak diinginkan. Bayangkan saja, jikalau dikala itu kamu tidak memakai helm? Bisa jadi bencana alam yang dialami berujung fatal.

Selain memakai helm, kau juga wajib melengkapi sepedamu dengan lampu, baik dibagian helm ataupun bagian belakang sepeda. Tips ini sungguh penting untuk kamu terapkan terutama ketika malam hari.

3. Taati aturan kemudian lintas

Taati aturan lalu lintas - Ini Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya Biar Gak Mengganggu Pengendara Lain

Kalau hal yang satu ini sih memang harus ditaati. Sebab, fatal balasannya kalau kiat aman bersepeda di jalan raya ini masih juga kau tabrak. Tidak hanya mencelakai diri sendiri, akan tetapi besar kemungkinan kau juga bakal merugikan pengendara yang lain, terlebih jika menerobos lampu merah.

Tidak hanya itu saja, kau juga tidak disarankan untuk melawan arus jalan, menyalip kendaraan dari kiri dan memakai trotoar ataupun bahu jalan. Tujuannya untuk mempertahankan keselamatan dan kenyamanan selama bersepeda di jalan raya.

4. Tidak memakai earphone

Tidak menggunakan earphone - Ini Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya Biar Gak Mengganggu Pengendara Lain

Tips aman bersepeda di jalan raya yang selanjutnya dan pantas kau terapkan yaitu dengan tidak memakai earphone, utamanya ketika sedang mengayuh sepeda.

Pasalnya, penggunaan earphone sembari menyimak musik dengan volume kencang bakal menciptakan kamu enggak fokus, dan sulit mendengar klakson atau aba-aba dari pengendara yang lain.

Alhasil, bukannya berujung sehat justru kamu mampu mengalami kecelakaan atau bahkan meninggal. Enggak ingin kan kejadian mengerikan tersebut terjadi? Makanya, jangan gunakan earphone ketika mengendarai dan tetap fokus selama bersepeda ya!

(Baca Juga: Ini Jenis Sepeda dengan Harga Mahal)

5. Beri isyarat tangan

Beri isyarat tangan - Ini Tips Aman Bersepeda di Jalan Raya Biar Gak Mengganggu Pengendara Lain

Tidak seperti motor yang memiliki lampu selaku penanda, sepeda cuma mampu dilengkapi dengan lampu untuk di malam hari, supaya tampakoleh pengendara yang lain. Lalu, bagaimana cara memberikan instruksi dengan sepeda untuk orang lain saat di jalan raya?

Dalam bersepeda di jalan raya, tangan mampu dipakai sebagai syarat untuk memperlihatkan apa yang bakal dijalankan. Seperti dikala ingin berbelok atau pindah jalur, kau bisa mengangkat tangan kiri kira-kira setinggi bahu untuk menawarkan kode bagi pengendera lainnya.

Pelajari juga arahan tangan yang lain supaya kegiatan bersepedamu menjadi aman dan nyaman, serta tidak merugikan orang lain.

Lengkapi Perlindungan dengan Asuransi Ketika Bersepeda

Enggak bakal ada yang tahu bagaimana keadaan kau berjam-jam atau bahkan menit lalu. Makanya selain memahami kiat aman bersepeda di jalan raya tersebut, lebih baik jika kau memperbesar perlindungan dengan asuransi kesehatan, guna menghemat risiko kecelakaan.

Cakupan tunjangan dari asuransi kesehatan pun cukup luas, mulai dari rawat jalan, rawat inap, hingga bantuan meninggal dunia. Dengan begitu kau tak hanya mendapatkan pemberian kesehatan saja, namun juga finansial.

Masih resah untuk memilih produk asuransi yang ingin digunakan? Bandingkan saja di CekAja.com. Lewat layanan kami, kau juga bisa apply produk asuransi kesehatan terbaik dari beberapa kawan terkemuka mirip Asuransi Ciputra Life, Asuransi Cigna, dan Asuransi PFI Mega Life.

Yuk, bandingkan kini dan dapatkan produk asuransi kesehatan dari CekAja.com dengan pemberian lengkap serta bantuan klaim cepat!