0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Penting 9 Pengobatan Cabe Yang Belum Banyak Dikenali!

Meski cabai populer pedas dan berbahaya jikalau dikonsumsi dalam jumlah berlebih, tetapi ternyata cabai memiliki sederet faedah yang belum banyak dimengerti, loh. Menariknya, beberapa faedah tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat cabe yang belum banyak dikenali? Yuk simak gotong royong ulasan berikut ini.

Ini Dia 9 Manfaat Cabai yang Belum Banyak Diketahui

Kandungan Buah Cabai

Siapa yang sangka bila buah yang terkesan “galak” dan “angker” ini, menyimpan segudang kandungan vitamin dan nutrisi baik, salah satunya kandungan manfaat cabai terbanyak yakni Vitamin C.

Melansir dari mitalom.com, kandungan Vitamin C pada buah cabe sungguh tinggi, melampaui buah jeruk.

Jika dihitung kandungan per 100 gram nya, buah dengan nama ilmiah Capsicum Annum ini mengandung sebanyak 240% Vitamin C.

Sedangkan, pada buah jeruk sendiri, kandungan Vitamin C yang dimiliki per 100 gram nya hanya berkisar 59%.

Kini mampu dilihat bukan, bahwa buah yang populer dengan rasa pedas ini kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sebab, berperan selaku antioksidan yang larut dalam air dan diharapkan untuk proses pembentukan kolagen dalam tubuh, anti-radikal bebas, serta memajukan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, manfaat cabe juga memiliki kandungan senyawa capsaicin yang mampu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah melalui rasa pedas yang beliau hasilkan.

Ada pula beberapa nutrisi, vitamin serta mineral lainnya yang terkandung di dalam buah cabe, di antaranya adalah:

  • Sumber vitamin A, B, dan E
  • Magnesium
  • Tembaga
  • Folat
  • Thiamin
  • Mangan
  • Kalium
  • Molibdenum
  • Senyawa alkaloid

(Baca Juga: Makanan Pedas Ngehits yang Wajib Dicoba)

Manfaat Cabai yang Belum Banyak Diketahui

Di pembahasan sebelumnya kau telah mengetahui sekilas informasi tentang kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang dimiliki buah cabe. Selanjutnya, kau akan mengetahui beberapa faedah cabe yang belum banyak diketahui.

Namun, manfaat-faedah cabe itu nantinya akan diulas berdasarkan tiga kategori jenis cabai, ialah cabai merah, cabai hijau dan cabai rawit. Penasaran apa saja manfaat dari cabe-cabe tersebut? Yuk, simak ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Cabai Merah

Manfaat Cabai Merah - Ini Dia 9 Manfaat Cabai yang Belum Banyak Diketahui

Kategori pertama yang mau diulas yakni manfaat cabe merah. Cabai yang populer dengan kadar rasa pedas yang rendah ini, memiliki tampilan warna merah gelap. Terlihat seram namun nyatanya memberikan banyak faedah bagi badan, seperti:

1. Mampu Menyembuhkan Luka

Sebuah fakta menawan, dimana salah satu manfaat cabai merah adalah menjadi salah satu obat yang bisa menyembuhkan luka.

Terlebih, buah yang satu ini juga mampu menghalangi nanah, meredakan rasa sakit serta pendarahan yang terjadi akhir luka.

Jika kamu berpikir bahwa menyembuhkan luka menggunakan cabe merah akan sungguh menyakitkan, hal tersebut salah besar.

Pasalnya, cabai merah memiliki kandungan zat capsaicin yang bisa menghilangkan rasa sakit.

Cara menggunakan cabai merah selaku obat luka pun sangat gampang. Kamu cuma perlu mengeringkan beberapa buah cabai, lalu tumbuk sampai halus.

Setelah itu, taburkan abu cabe secara merata di bagian badan yang luka. Agar hasil yang ditemukan optimal, kerjakan hal itu secara rutin supaya manfaat cabai ini dirasa khasiatnya.

2. Mengatur Kadar Gula Darah

Manfaat cabai yang belum banyak diketahui selanjutnya ialah bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hal itu dikarenakan, adanya kandungan vitamin B6 yang berperan selaku pengatur kadar gula darah yang terjadi di dalam badan (gluconeogenesis).

Dengan begitu, adanya kegiatan pengaturan gula darah dalam badan yang dijalankan oleh vitamin B6 ini, menciptakan kadar gula darah tak normal yang dimiliki orang-orang dengan pola hidup tidak sehat ini menjadi terkontrol.

3. Meredakan Hidung Tersumbat

Manfaat cabe merah yang terakhir yakni bisa meredakan hidung tersumbat. Manfaat ini mampu dirasakan sebab adanya senyawa capsaicin pada cabai yang berperan sebagai pengencer lendir.

Sehingga ketika rongga hidungmu tersumbat alasannya adalah pilek ataupun sinusitis, kamu mampu eksklusif mengonsumsi cabai sebagai alternatif obat. Tidak hanya itu, penggunaan cabai juga mampu kau terapkan untuk meredakan batuk berdahak.

Manfaat Cabai Hijau

Manfaat Cabai Hijau - Ini Dia 9 Manfaat Cabai yang Belum Banyak Diketahui

Setelah mengenali tiga manfaat cabai yang belum banyak dikenali dari cabe merah, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tiga manfaat cabai hijau, yang di antaranya:

4. Mampu Meredakan Masalah Kulit

Mampu meredakan duduk perkara kulit, menjadi salah satu faedah cabe yang belum banyak diketahui.

Karena intinya, cabai mempunyai kandungan antioksidan dan phytonutrient yang bisa menangkal timbulnya infeksi dan keriput.

Selain itu, kandungan antioksidan yang dimiliki cabai juga bisa meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Sehingga, bagi kamu yang mempunyai duduk perkara kulit paras , bisa coba mengonsumsi cabai atau makan-masakan pedas.

5. Memberikan Nutrisi pada Tulang dan Gigi

Bagi kamu yang ingin mempunyai tulang dan gigi yang kuat, rasanya kamu perlu memperbanyak konsumsi cabai hijau.

Sebab, salah satu faedah cabe hijau yaitu memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga mampu memperlihatkan nutrisi lebih pada tulang dan gigi agar semakin kuat.

Selain itu, kalsium juga menjadi salah satu kandungan nutrisi yang paling dibutuhkan tulang dan gigi.

Berbeda dengan kandungan kalsium pada cabe merah, yang memiliki kegunaan untuk memajukan produksi sel darah baru.

6. Menurunkan Risiko Peradangan

Rasa sakit yang terjadi pada tulang biasanya disebabkan oleh peradangan. Jika dibiarkan terus menerus, nantinya mampu mengakibatkan penyakit arthritis, osteoarthritis ataupun rematik.

Maka dari itu, sebelum kemungkinan penyakit-penyakit itu terjadi, kamu mampu menangkal atau menurunkan hasilnya dengan mengonsumsi cabai hijau.

Pasalnya, faedah cabai hijau salah satunya memiliki kandungan antioksidan yang diandalkan mampu meredakan rasa sakit serta abses yang terjadi di tulang.

Manfaat Cabai Rawit

Manfaat Cabai Rawit - Ini Dia 9 Manfaat Cabai yang Belum Banyak Diketahui

Beberapa manfaat cabe yang belum banyak dimengerti, untuk kategori cabe merah dan cabai hijau telah diulas lengkap di atas.

Dengan begitu, sisa manfaat cabe rawit yang perlu diulas di pembahasan kali ini, yang di antaranya yaitu:

7. Mampu Meredakan Panas Tinggi

Sebagian dari kau mungkin akan mengonsumsi paracetamol bila demam atau panas tinggi. Namun, ternyata kau mampu menggantinya dengan mengonsumsi cabai rawit selaku pereda panas tinggi, loh!

Selain meminimalisir penggunaan obat-obatan kimia, mengonsumsi cabe rawit juga menjadi salah satu cara yang mudah dan murah untuk menyembuhkan demam. Kamu cuma perlu mengambil beberapa helai daun cabe rawit dan menumbuknya hingga halus.

Setelah itu, tambahkan satu sendok minyak selada lalu aduk hingga merata. Jika sudah, kau bisa eksklusif menaruhnya di ubun-ubun kepala atau dibalurkan ke seluruh badan.

Selimuti tubuh dengan selimut tebal, tak lama kemudian badan akan mengeluarkan keringat dan panas tinggi reda secara perlahan.

8. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Cabai rawit nyatanya bisa menghalangi risiko penyakit jantung karena mempunyai kandungan vitamin B6, potassium, beta karoten dan asam folat. Tidak hanya itu, cabe rawit juga mempunyai manfaat dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

Sehingga, bagi kamu yang suka mengonsumsi masakan pedas dengan kandungan cabe rawit di dalamnya, kecil kemungkinan untuk bisa terkena penyakit jantung. Karena, salah satu aspek penyebab penyakit jantung yakni tekanan darah yang tinggi.

9. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat cabai yang belum banyak dikenali orang yang terakhir yakni bisa meredakan sakit kepala. Hal itu disebabkan oleh rasa pedas yang dihasilkan oleh kandungan senyawa capsaicin pada cabai rawit.

Untuk itu, dikala sedang menderita sakit kepala, kau mampu coba mengonsumsi makan-makanan pedas, terutama yang mengandung cabai rawit.

Sebab, imbas pedas yang ditimbulkan dari cabai rawit bisa mengeluarkan lendir pada hidung. Jika sudah begitu, maka pusing yang kau rasakan secara perlahan akan mereda.

(Baca Juga: Makanan Penangkal Corona Wajib Dikonsumsi)

Namun perlu dikenang, konsumsi lah cabe sesuai dengan takarannya. Apabila kamu mengonsumsinya secara berlebih, maka yang kamu dapatkan bukan faedah, tetapi penyakit.

Kamu mampu saja terjangkit beberapa gangguan pencernaan, seperti diare, maag akut, dan lain sebagainya yang membahayakan jalan masuk pencernaan.

Jika sudah terjangkit penyakit semacam itu, obat umummungkin sudah tidak mampu mengatasinya.

Kamu perlu berobat ke rumah sakit dan mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit. Tetapi jangan khawatir, hal itu tidak menjadi duduk perkara apabila kamu mempunyai asuransi kesehatan.

Pasalnya, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatanmu, mulai dari ongkos konsultasi sampai biaya obat-obatan.

Sangat menguntungkan bukan? Kamu tidak perlu lagi sakit kepala memikirkan besarnya biaya pengobatan yang mesti kau tanggung.

Maka dari itu, buat kau yang belum mempunyai asuransi kesehatan, langsung saja ajukan melalui CekAja.com.

Terlebih, sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kaprikornus, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!