0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Penting 7 Tips Semoga Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

Bagi kamu yang tidak sudah biasa berpuasa selain puasa Ramadhan, mungkin puasa Ramadhan di ahad pertama ini akan terasa berat, utamanya bagi kau yang menderita sakit maag. Pasalnya, selama bulan Ramadhan akan ada pergantian teladan makan, tidur serta kegiatan dari biasanya. Oleh sebab itu, mengenali tips semoga lancar puasa bagi penderita maag sungguh penting.

Mengetahui 7 Tips Agar Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

Tips Agar Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, terjadinya pergantian teladan makan, tidur serta acara selama berpuasa membuat tubuh harus melakukan pembiasaan kembali. Begitu pula dengan kondisi lambung, yang juga melaksanakan penyesuaian.

Oleh karena itu, kamu dilarang mengonsumsi masakan yang berlebih alasannya akan memicu timbulnya penyakit maag. Atau bahkan, bagi kamu yang sudah menderita penyakit maag, perlu lebih mengamati acuan makan beserta kandungannya.

Untuk mengenali lebih jelas apa saja hal yang boleh dan dilarang dilaksanakan penderita maag selama berpuasa, yuk simak beberapa kiat biar tanpa hambatan puasa bagi penderita maag berikut ini.

1. Konsumsi Makanan yang Benar dan Tepat

Tips supaya tanpa gangguan puasa bagi penderita maag yang pertama yakni mengonsumsi makanan yang benar dan sempurna. Maksudnya ialah kau perlu memastikan bahwa acuan makan mu telah benar dan mempunyai kandungan yang sempurna sesuai dengan keperluan tubuh.

Seperti contohnya kau mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat atau pun makanan dengan proses pencernaan yang lambat ketika di dalam lambung. Pasalnya, kandungan tersebut akan memberikan mu rasa kenyang yang tahan usang.

Lebih dari itu, makanan yang lambat untuk dicerna tersebut juga akan menciptakan badan mu lebih berpengaruh dan tidak lemas selama berpuasa, khususnya ketika siang hari.

(Baca Juga: Ini 8 Tips Menjaga Stamina saat Puasa)

2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips semoga tanpa hambatan puasa bagi penderita maag yang kedua adalah perbanyak mengonsumsi air putih. Hal tersebut sebab 80 persen dari kandungan tubuh yaitu air.

Untuk itu, sebisa mungkin jaga tubuh mu dengan cara mengonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya, agar terhindar dari kekurangan cairan tubuh.

Selama bulan mulia Ramadhan ini, kamu bisa membagi 8 gelas air putih tersebut dengan contoh 242. Di mana, 2 gelas air putih dikala berbuka puasa, 4 gelas air putih dikala malam hari dan yang terakhir yakni 2 gelas air putih ketika sahur.

Jika kau rutin mengonsumsi air putih dengan acuan tersebut, maka tubuh mu sudah niscaya terhindar dari kehilangan cairan tubuh dan menjadi lebih fit dalam menjalani hari-hari saat berpuasa.

Lebih dari itu, air putih juga aman untuk lambung mu serta tidak akan memicu timbulnya penyakit maag, seperti minuman-minuman bersoda atau mengandung kafein yang lain.

3. Hindari Makanan yang Memicu Asam Lambung

Tips semoga tanpa kendala puasa bagi penderita maag yang berikutnya yakni hindari mengonsumsi makanan yang memicu timbulnya asam lambung.

Beberapa teladan makanan yang mampu memicu asam lambung, yakni kuliner dengan cita rasa pedas, asam, mengandung minyak berlebih dan makanan yang mengandung gas.

Pasalnya, masakan-kuliner tersebut menjadi larangan besar untuk dimakan oleh para penderita maag. Tentu saja alasannya adalah sebab para penderita maag memiliki lambung yang sungguh sensitif.

Sehingga, bila jenis makanan tersebut masuk ke dalam lambung mu, maka tidak menutup kemungkinan bila kau mencicipi timbulnya gejala penyakit maag, seperti mual, sakit perut dan sebagainya.

4. Hindari Langsung Tidur Setelah Makan

Tips supaya tanpa kendala puasa bagi penderita maag yang keempat adalah hindari aktivitas langsung tidur sesaat sesudah makan, baik ketika sahur maupun berbuka puasa. Hal tersebut dikarenakan kinerja lambung akan melambat dan menciptakan pencernaan mu menjadi tidak sehat.

Jika telah mirip itu, maka maag mu mampu saja terpicu untuk kembali kambuh. Dan pastinya, hal itu akan membuat tubuh mu menjadi tidak nyaman untuk melaksanakan acara, termasuk berpuasa.

Maka dari itu, alangkah lebih baik jika setelah makan, kau melakukan kegiatan apalagi dahulu, mirip misalnya membersihkan sisa kuliner, mencuci piring dan sebagainya. Karena, kinerja lambung akan berlangsung normal kalau tubuh mu telah melakukan kegiatan.

5. Konsumsi Makanan secara Bertahap ketika Buka Puasa

Mengonsumsi masakan secara sedikit demi sedikit saat buka puasa, nyatanya menjadi salah satu bagian dari kiat biar tanpa gangguan puasa bagi penderita maag. Bagaimana tidak? Pasalnya, lambung sedang berada pada kondisi yang kosong alasannya adalah berpuasa.

Tidak hanya itu, selama berpuasa lambung juga memproduksi asam yang lebih tinggi. Dengan begitu, maka lambung mu bisa saja menjadi sensitif pada masakan dan minuman yang kau konsumsi nantinya.

Oleh alasannya adalah itu, alangkah lebih baik kalau kau mengonsumsi kuliner secara bertahap saat berbuka. Kamu bisa memulainya dari makanan ringan yang aman untuk lambung, seperti kurma, biskuit atau pun jenis camilan yang lain.

Setelah itu, beri jeda sekitar 30 – 60 menit sebelum kamu mengonsumsi kuliner berat. Karena, bila kamu langsung mengonsumsi masakan yang berat, maka lambung mu yang dalam kondisi kosong tersebut akan eksklusif melakukan pekerjaan sangat keras, untuk mengolah makanan yang kau makan.

6. Hindari Konsumsi Rokok dan Kelola Stress

Tips agar tanpa gangguan puasa bagi penderita maag yang keenam ialah hindari konsumsi rokok dan sebisa mungkin mempunyai kontrol untuk mengorganisir depresi. Sebab, merokok cuma akan menciptakan lambung mu memproduksi asam dan gas berlebih yang hendak menyebabkan kambuhnya sakit maag.

Tetapi tidak cuma itu, alasannya sakit maag juga dapat muncul alasannya kamu tidak bisa mengelola dan mengontrol emosi. Jika telah begitu, maka kamu mampu dengan mudahnya merasa tertekan.

Untuk menangani hal tersebut, kamu mampu melaksanakan beberapa kegiatan yang menciptakan dirimu menjadi tenang. Seperti contohnya melaksanakan yoga atau mudahnya dengan berlatih pernapasan.

(Baca Juga: 7 Tips Sehat Berpuasa di Tengah Corona, Lebih Aman Pakai Asuransi Ciputra)

7. Melakukan Konsultasi ke Dokter

Tips terakhir yang mampu kau kerjakan yakni dengan melaksanakan konsultasi ke dokter. Pasalnya, kondisi maag setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, berkonsultasi ke dokter menjadi hal dasar yang sangat penting untuk kamu kerjakan.

Melalui konsultasi, maka kau akan mengenali keadaan badan serta lambung mu dikala itu. Dengan begitu, kau mampu mengetahui apa saja persiapan yang perlu kau lakukan, terutama untuk mempertahankan kesehatan badan selama menjalani puasa Ramadhan.

Beberapa persiapan untuk menjaga kesehatan badan contohnya, mirip memperhatikan jenis masakan yang dikonsumsi dan sebagainya. Namun, rasanya melakukan hal itu saja tidak cukup.

Alangkah lebih baik jika kamu juga melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Jika saat ini kamu belum memilikinya, jangan cemas. Sebab, kau mampu mengajukannya dengan gampang dan proses yang cepat cuma di CekAja.com. Jadi, tunggu terlebih? Yuk, olok-olokan sekarang!