0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Negara Dengan Pulau Terbanyak Di Dunia, Ada Yang Capai Ratusan Ribu!

Selain Indonesia, beberapa negara yang lain, mirip Swedia, Finlandia, Norwegia bahkan Yunani, ternyata juga menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia. Banyaknya pulau yang dimiliki beberapa negara tersebut tidak cuma ribuan, tetapi mencapai ratusan ribu pulau.

Semua pulau yang tersebar di beberapa negara itu, pasti mempunyai abjad dan kontur yang berlawanan-beda.

Terlebih, keindahan alam yang disuguhkan setiap pulau dari negara-negara tersebut sangat mempesona, dan mempunyai keunikannya masing-masing.

Nah, buat kau yang ingin tahu negara apa saja yang menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia, yuk simak ulasan berikut ini!

Daftar Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bila ternyata ada banyak negara selain Indonesia, yang menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia.

Pada kesempatan kali ini, CekAja.com sudah merangkum 10 negara dengan pulau terbanyak di dunia, yang mau diulas secara lengkap, sebagai berikut.

1. Swedia

Estimasi Jumlah Pulau: 267.570 Pulau

Negara dengan pulau terbanyak di dunia yang pertama yakni Swedia. Melansir dari worldatlas.com, Swedia mempunyai pulau sebanyak 267.570. Tetapi, dari jumlah pulau yang dimiliki tersebut, hanya ada 984 pulau saja yang berpenghuni.

Selain itu, pulau-pulau yang tersebar di Swedia pun biasanya didominasi oleh pulau kecil, mirip yang ada di Stockholm dan Kepulauan Smaland. Pulau-pulau kecil tersebut lazimnya ditumbuhi oleh banyak pepohonan rimbun.

Namun, ada satu pulau di Swedia yang sungguh terkenal dengan keindahan pantainya yang menawan . Bahkan, pulau yang satu ini telah diakui UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia, ialah pulau Oland.

(Baca Juga: Negara Terpadat di Dunia)

2. Finlandia

Estimasi Jumlah Pulau: 179.584 Pulau

Berikutnya adalah Finlandia, yang menjadi negara dengan pulau terbanyak di dunia. Ini terlihat dari 179.584 pulau yang tercatat menduduki negara Finlandia, dengan 455 pulau yang hingga sekarang dihuni secara permanen oleh masyarakatnya.

Pulau-pulau yang ada di negara Finlandia, umumnya tersebar di bab barat daya, tepatnya adalah di sepanjang tepi pantai selatan teluk Finlandia dan Kepulauan Aland.

Selain diketahui dengan pulau yang banyak, Finlandia juga dikenal dengan ribuan danau, yang tercatat sebanyak 187.888 danau.

3. Norwegia

Estimasi Jumlah Pulau: 55.000 Pulau

Menduduki posisi ketiga, Norwegia hingga saat ini tercatat memiliki sekitar 55.000 pulau, yang terbentang dari Svalbard ke Pulau Bouvet.

Dengan luas kawasan meraih 385.525 km persegi, pulau-pulau yang tersebar di Norwegia mempunyai bentang alam yang sangat indah.

Ada satu pulau yang menduduki peringkat, selaku pulau terbesar di negara yang disebut dengan mother of flags ini, yakni pulau Spitsbergen. Bagaimana tidak, pulau ini pasalnya memiliki luas sekitar 39.000 km persegi.

Kemudian, di Norwegia sendiri ada pulau bernama Sommaroy, atau yang juga dikenal dengan Summer Island. Pulau ini sungguh unik, alasannya adalah memberlakukan zona bebas waktu.

Yang mana, saat animo panas, pulau ini tidak akan mengalami matahari terbenam selama lebih dari dua bulan.

Namun, zona bebas waktu tersebut tidak hanya berlaku ketika trend panas saja. Pada musim hambar, pulau Sommaroy pun tidak akan pernah menerima sinar matahari. Bagaimana, ingin tau ingin datang langsung ke pulau yang satu ini?

4. Kanada

Estimasi Jumlah Pulau: 52.455 Pulau

Selain tiga negara di atas, Kanada juga menjadi salah satu negara dengan pulau terbanyak di dunia. Tercatat, sampai dikala ini ada sekitar 52.455 pulau yang tersebar dari perbatasan Amerika hingga Kutub Utara.

Uniknya, nyaris semua pulau yang terletak di kawasan utara Kanada, ditutupi oleh salju tebal. Sementara, untuk pulau yang terletak di wilayah selatan Kanada, nyaris semuanya ditutupi oleh hutan lebat.

5. Indonesia

Estimasi Jumlah Pulau: 17.504 Pulau

Bukan sesuatu yang mencengangkan, kalau Indonesia masuk sebagai bab dari negara dengan pulau terbanyak di dunia. Melansir dari worldatlas.com, Indonesia tercatat memiliki jumlah pulau sebanyak 17.504.

Namun, dari 17.504 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, cuma ada sembilan ribu saja yang sampai saat ini dihuni secara permanen. Sisanya yaitu pulau-pulau tidak berpenghuni, yang mungkin belum pernah terjamah.

6. Australia

Estimasi Jumlah Pulau: 8.222 Pulau

Negara dengan pulau terbanyak di dunia yang selanjutnya adalah Australia. Negara yang dikenal selaku negara Kanguru ini mempunyai jumlah pulau sebanyak 8.222.

Semua pulau tersebut, tersebar di beberapa kawasan Australia, seperti Australia Barat, Queensland, Tasmania, Australia Selatan dan Northern Territory.

Untuk daerah Australia Barat, pulau yang tersebar di wilayah ini ada sebanyak 3.747. Kemudian di Queensland tersebar 1.955 pulau, Tasmania 1.000 pulau, Australia Selatan 346 pulau dan Northern Territory sebanyak 346 pulau.

7. Filipina

Estimasi Jumlah Pulau: 7.641 Pulau

Menjadi bab dari negara dengan pulau terbanyak di dunia, Filipina memiliki jumlah pulau sebanyak 7.641, seperti yang dilansir worldatlas.com. Salah satu pulau di Filipina yang dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, yaitu pulau Palawan.

Maka dari itu, tidak heran apabila banyak orang dari aneka macam negara, sangat menganjurkan pulau Palawan, selaku pulau yang wajib dikunjungi saat datang ke Filipina.

Tetapi, selain pulau Palawan masih banyak lagi pulau lainnya, yang juga pantas dikunjungi di Filipina, dengan berbagai keunikan dan keindahannya.

Disamping banyaknya keindahan yang ditawarkan beberapa pulau di Filipina, ternyata ada salah satu pulau berjulukan Luzon, yang menjadi pulau terpadar dan terbesar di negara lumbung padi ini.

8. Jepang

Estimasi Jumlah Pulau: 6.853 Pulau

Berdasarkan data dari StatistaCharts, Jepang menduduki posisi kedelapan sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Ini terlihat dari 6.853 pulau yang tercatat tersebar di nyaris seluruh bab Jepang.

Dari jumlah tersebut, pulau paling besar yang dimiliki Jepang cuma ada empat, di antaranya ialah pulau Hokkaido, Shikoku, Honshu dan Kyushu, yang 97 persen daerah Jepang ternyata terletak di keempat pulau besar itu.

Meskipun Jepang mempunyai 6.853 pulau, namun cuma 430 pulau saja yang hingga dikala ini dihun permanen oleh masyarakatnya. Selebihnya, pulau-pulau yang ada di Jepang cuma pulau tak berpenghuni.

9. Britania Raya

Estimasi Jumlah Pulau: 6.289 Pulau

Siapa sangka, jikalau negara yang lebih dikenal dengan sebutan UK atau United Kingdom ini, ternyata ialah negara dengan pulau terbanyak di dunia.

Ya, negara yang berisikan Inggris, Wales, Irlandia Utara dan Skotlandia ini mempunyai 6.289 pulau. Hanya saja, dari total pulau tersebut, cuma ada 123 pulau yang memiliki penghuni permanen, di antaranya adalah, Inggris dengan 19 pulau dan sebagian dari Britania Raya.

Kemudian Wales, yang memiliki enam pulau dan sebagian Britania Raya. Irlandia Utara dengan satu pulau dan sebagian Irlandia, serta Skotlandia dengan 97 pulau dan sebagian dari Britania Raya yang berpenghuni permanen.

Tidak hanya itu, menariknya dari sekitar enam ribuan pulau yang dimiliki Britania Raya, semua pulau yang ada merupakana campuran dari beberapa pulau kecil dan besar.

10. Yunani

Estimasi Jumlah Pulau: 6.000 Pulau

Negara dengan pulau terbanyak di dunia yang terakhir ialah Yunani. Negara yang juga disebut selaku Negeri Para Dewa ini, mempunyai 6.000 pulau.

Yang mana, dari 6000 pulau ini 166 pulau di antaranya dihuni secara permanen, mirip pulau Euboea, Kreta, Lesbos, Rhodes dan lain sebagainya.

Selain itu, beberapa pulau di Yunani pun diketahui sangat indah. Seperti pulau Crete misalnya, yang terkenal dengan banyaknya peninggalan antik.

Kemudian ada pulau Milos, yang terkenal dengan keindahan pantainya, pulau Lefkada yang sangat sesuai untuk pelancong yang suka olahraga selancar angin dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Negara Termiskin di Dunia)

Itulah 10 negara dengan pulau terbanyak di dunia yang telah kau pahami. Semua negara tersebut bukanlah negara baru yang abnormal didengar.

Beberapa dari kau mungkin ada yang sudah pernah mengunjungi negara-negara tersebut, atau bahkan gres bermaksud berkunjung dan berwisata kesana.

Meskipun rencana perjalananmu tetap berjalan, tentukan kau mematuhi protokol kesehatan, ya!

Jangan lupa bersungguh-sungguh cuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, dan menenteng beberapa perlengkapan kesehatan, mirip hand sanitizer, masker, tisu kering dan tisu basah.

Pasalnya, tidak ada yang bisa menjamin kalau negara yang mau kamu kunjungi nantinya, telah terbebas dari pandemi virus Covid-19.

Maka dari itu, salah satu cara yang mampu kau kerjakan untuk mempertahankan kesehatan diri selama berlibur, yakni dengan mengikuti protokol kesehatan.

Selain itu, semoga perlindungan kesehatanmu lebih optimal, kamu juga sebaiknya melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Seperti yang diketahui, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Tidak hanya jaminan kesehatan untuk penyakit, tetapi asuransi juga akan menjamin ongkos pengobatan dan perawatan jika kamu mengalami kecelakaan.

Maka dari itu, keberadaan asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki semua orang, baik bawah umur, orang dewasa maupun lansia.

Nah, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, ini saat yang sempurna untuk kau menjadikannya.

Kamu bisa memilih dan mengajukan asuransi kesehatan terbaikmu, secara online lewat CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan terkemuka dan terpercaya, yang mampu kamu pilih sesuai dengan keperluan dan kesanggupan finansial. Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com pun mudah, cepat dan kondusif.

Hal tersebut dikarenakan, CekAja.com telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ejekan asuransi kesehatan terbaikmu kini juga, dan dapatkan pemberian kesehatan yang optimal!