0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Menyusul Jakarta, 4 Wilayah Penting Juga Akan Lakukan Pembatasan Sosial

Demi meminimalkan laju penyebaran virus novel corona, beberapa daerah sudah mengajukan untuk dilaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar. (PSBB). Wilayah pertama yang mendapatkan kesepakatan untuk menggelar acara tersebut ialah Jakarta. Sedangkan wilayah Bogor, Depok, Bekasi dan Banten menyusul akan segera melakukan hal yang sama.

pengertian psbb

Wilayah ibukota Jakarta menjadi episentrum dalam penyebaran virus novel corona di Indonesia.

Betapa tidak, dari total jumlah korban konkret terserang Covid-19 secara nasional, lebih dari separuhnya berasal dari Jakarta.

Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyepakati tawaran Gubernur DKI Jakarta untuk melaksanakan PSBB selama 14 hari (tentatif). Berdasarkan data Pemprov DKI, jumlah korban corona hingga hari ini (13/4) meraih 2.242 orang.

Sementara sekitar 209 orang dilaporkan meninggal balasan corona di Jakarta.

Hal itu pastinya menciptakan miris. Jakarta sebagai Ibukota akhirnya menentukan untuk membatasi aktivitas ekonomi, sosial dan juga keagamaan warganya.

Melalui PSBB, dibutuhkan pandemi ini bakal mengalami tren yang menurun. Nah berikut ialah beberapa kawasan yang telah direstui oleh kemenkes untuk melaksanakan PSBB.

(Baca juga: Harap Bersabar, 3 Daerah Ini Ditolak PSBB-nya Oleh Menkes Terawan)

1. Kota Bogor dan Kabupaten Bogor

Wilayah Bogor dikabarkan baru menjalankan PSBB pada hari Rabu mendatang (15/4). Hal itu dibilang oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Hingga kemarin (12/4) jumlah korban positif terserang virus novel corona di Kabupaten Bogor meraih 36 orang. Selain itu terdapat 332 masalah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 395 masalah Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Wilayahnya yang berdekatan dengan Jakarta dikhawatirkan dapat menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu, PSBB diiharapkan mampu menjadi senjata pamungkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19

Sementara di wilayah Kota Bogor, jumlah korban nyata terserang novel corona tercatat mencapai 55 kasus.

Bahkan orang nomor satu di Kota Bogor, Bima Arya juga sempat terserang virus novel corona, meski ketika ini Walikota Bogor tersebut telah dilaporkan sembuh.

Karena adanya PSBB, beberapa simpang jalan di Kota dan Kabupaten Bogor dibentuk check point alias posko pengecekan.

Selain itu, pengaturan jumlah penumpang di transportasi langsung dan umum, penggunaan masker setiap hari juga bakal diterapkan.

2. Banten

Provinsi Banten juga sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenkes untuk melakukan PSBB. Meski begitu bukan bermakna pembatasan sosial akan dijalankan di seluruh wilayah.

Adalah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan yang mau menerapkan PSBB.

3 kawasan administratif yang berdeketan dengan Jakarta itu paling lambat melakukan PSBB pada tanggal 18 April.

3. Bekasi

Kota Jakarta setiap harinya di penuhi oleh penduduk yang berasal dari luar Jakarta.

Aktivitas bisnis dan juga perekonomian yang ada selama ini, banyak yang berasal bukan dari warga ber KTP Jakarta.

Sebagai catatan, pada tahun ini, jumlah masyarakatdi Ibukota meraih kisaran 10 juta.

Jumlah itu akan menggelembung kian besar di siang hari dan Kembali mengempis di sore hari.

Salah satu daerah yang penduduknya banyak beraktivitas di Jakata adalah Bekasi. Nah untuk menghindari laju penyebaran, Rapid Test atau tes virus sudah digelar di Bekasi. Selain itu, di wilayah itu juga rencananya akan digelar PSBB.

Jadi kamu yang tinggal di daerah Bekasi, rencanakan diri dengan baik ya. Ikuti hukum pemerintah dan tetap jaga jarak jikalau terpaksa keluar rumah.

(Baca juga: Jakarta Terapkan PSBB, Bakal Ada Jaminan Rp600 Ribu Per Bulan)

4. Depok

Wilayah Depok menjadi daerah yang pertama kali dilaporkan terjangkit virus novel corona.

Namun sesudah ditelusuri, pasien yang terjangkit terpapar di kafetaria yang berada di Jakarta. Letaknya yang sungguh erat dengan ibukota menciptakan Depok menjadi alternatif daerah tinggal bagi beberapa warga Jakarta.

Karena letaknya yang sungguh akrab, di Depok juga akan dikerjakan PSBB. Salah satu titik perbatasan antara Jakarta dengan Depok berada di kawasan terowongan Universitas Indonesia (UI).

Nantinya bila PSBB telah dilaksanakan, proses penyaringan dan juga pemberlakuan hukum perihal memakai masker, jumlah penumpang dan lain sebagainya juga akan dijalankan.

Rencananya, kawasan Depok gres mulai melakukan PSBB pada tanggal 15 April 2020. Kaprikornus kamu juga harus mulai mengurangi aktivitasmu ya. Itu semua dilakukan biar Indonesia Kembali sehat.

Nah kalau mau belanja-belanja, juga jangan keluar rumah. Ada banyak laman e-commerce yang mampu kamu gunakan. Jangan lupa, gunakan kartu kredit untuk membeli, jadi arus uang kau tidak terganggu.