0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Mengenali Kandungan, Pengobatan Dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki

Siapa di antara kamu yang tidak tahu jamur enoki? Salah satu jenis jamur yang biasa digunakan dalam sajian mirip ramen dan shabu-shabu ini, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun disamping itu, apakah jamur enoki juga menunjukkan efek samping? Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan mengulas kandungan, faedah dan imbas memakan jamur enoki khusus untuk kau.

Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki

Kandungan Jamur Enoki

Sebelum membahas lebih jauh ihwal faedah dan efek menyantap jamur enoki, ada baiknya kalau kamu apalagi dulu mengenali kandungan apa saja yang dimiliki jamur tersebut.

Pasalnya, selain segar dan menyehatkan, jamur yang memililki nama latin Flammulina Velutipes ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Dua di antaranya, adalah sumber antioksidan ergothioneine dan antioksidan hidrofilik.

Di luar itu, masih ada segudang kandungan nutirsi, vitamin dan mineral dari jamur enoki yang bagus untuk kesehatan badan.

Lantas, apa saja kandungan-kandungan tersebut? Berikut CekAja akan mengulasnya satu persatu, mulai dari kandungan nutrisi, vitamin dan mineral.

Kandungan nutrisi 100 gram jamur enoki

  • Lemak sebanyak 3 persen (terdiri dari 0,23 gram lemak jenuh, 1,0 gram lemak tak jenuh ganda dan 1,2 gram lemak total tak bosan)
  • Protein sebanyak 26 persen
  • Serat masakan sebanyak 26 persen
  • Karbohidrat sebanyak 53 persen (berisikan 31 persen karbohidrat kompleks dan 22 persen kandungan gula yang lain)
  • Kalori sebanyak 346

Kandungan vitamin dan mineral jamur enoki

Untuk kandungan vitamin dan mineral sendiri, jamur enoki memiliki kandungan yang terdiri dari:

  • Vitamin B6, B9 (asam folat), B12 dan B5
  • 10,9 mg B5 (asam pantotenat)
  • 8,3 mg zat besi
  • 0,35 mg tiamin
  • 19 mg natrium
  • 3,100 mg kalium
  • 0,61 mg tembaga
  • 54 mcg selenium
  • 14 mg kalsium
  • 61 mg niasin
  • 1,69 mg riboflavin

(Baca Juga: Manfaat Jamur Kuping yang Baik untuk Kesehatan)

Manfaat Jamur Enoki

Setelah kau mengenali kandungan jamur enoki di pembahasan sebelumnya, maka kini saatnya untuk kamu mengetahui manfaat dan efek mengkonsumsi jamur enoki untuk badan.

Hanya saja, di pembahasan kali ini CekAja akan mengulas faedah jamur enoki terlebih dulu.

Seperti yang diketahui, jamur enoki mempunyai berbagai manfaat. Mulai dari menurunkan risiko diabetes hingga mencegah risiko terkena anemia.

Dan di bawah ini, ada delapan faedah jamur enoki yang telah CekAja rangkum dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Diabetes

Menurunkan Risiko Diabetes - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki.png

Pada dasarnya, badan memerlukan asupan serat yang cukup untuk membantu memajukan bikinan insulin.

Yang mana, insulin tersebut berkhasiat dalam memperlambat laju peresapan gula dalam darah. Sehingga, risiko diabetes akan menurun bila kebutuhan badan akan insulin tercukupi.

Salah satu cara yang mampu dikerjakan, untuk memenuhi keperluan badan akan insulin adalah dengan mengkonsumsi jamur enoki.

Pasalnya, jamur ini memiliki kandungan asupan serat yang diharapkan oleh tubuh, khususnya orang-orang dengan risiko diabetes tinggi.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan Sistem Pencernaan - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki.jpg

Manfaat dari menyantap jamur enoki yang berikutnya adalah dapat melancarkan tata cara pencernaan. Sifat antivirus, antibakteri serta antimikroba yang dimiliki jamur enoki, mampu melawan basil jahat pada usus yang mengakibatkan gangguan pencernaan.

Tidak hanya itu, vitamin B kompleks dan serat tinggi yang terkandung dalam jamur enoki, juga dinilai bisa melancarkan pencernaan dengan baik, karena mampu meningkatkan produksi enzim di pencernaan.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan Metabolisme Tubuh - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki.jpg

Efek antivirus, antimikroba dan antiinflamasi yang dimiliki jamur enoki dipercaya mampu melindungi tubuh dari jerawat maupun serangan berbagai macam penyakit.

Selain itu, jamur ini juga diklaim mengandung senyawa protein yang berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Pernyataan tersebut diperkuat dengan adanya suatu observasi di Taiwan, yang melakukan percobaan kandungan jamur enoki pada tikus.

Percobaan itu dinyatakan berhasil, karena bisa meminimalisir perkembangan tumor dan mengembangkan tata cara kekebalan badan tikus.

Meski begitu, sampai dikala ini belum ada observasi terkait yang telah dijalankan pada manusia.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Menurunkan Risiko Kanker - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki.jpg

Melansir dari doktersehat.com, faedah jamur enoki selaku obat untuk menurunkan risiko kanker pertama kali diteliti oleh Dr. Tetsuro Ikekawa, seorang ahli epidemiologi di Institut Penelitian Pusat Kanker Nasional di Tokyo.

Dari observasi tersebut, Dr. Tetsuro Ikekawa mendapatkan hasil bahwa orang-orang yang tinggal di Prefekur Nagano, Jepang memiliki angka akhir hayat yang rendah, karena mereka tinggal di tempat yang menjadi pusat budidaya jamur enoki dan memakan lebih banyak dibandingkan orang-orang yang lain di Jepang.

Pasalnya, jamur enoki ditemukan memiliki kandungan proflamin, yang bisa melawan kanker dan memajukan metode kekebalan badan.

Proflamin sendiri ialah senyawa dengan kandungan protein lebih dari 90 persen, dan karbohidrat kurang dari 10 persen.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Mengurangi Tekanan Darah - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki.jpg

Manfaat jamur enoki untuk tubuh yang kelima adalah bisa meminimalkan tekanan darah. Hal itu dikarenakan jamur enoki mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi. Sehingga dipercaya mampu menangani dan mengurangi tekanan darah.

Selain itu, badan juga membutuhkan kalium untuk melancarkan pedoman darah di arteri. Terlebih, kalium memiliki tugas selaku vasodilator untuk meredakan tegang pada pembuluh darah yang menyumbat aliran darah.

6. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Menurunkan Tingkat Kolesterol - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki

Kandungan serat tinggi yang dimiliki jamur enoki nyatanya mampu mengontrol kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Terlebih, jamur enoki juga ternyata mengandung kolesterol rendah.

Dengan begitu, jamur enoki aman untuk dikonsumsi orang-orang yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi. Karena risiko untuk terkena kolesterol dapat dikurangi atau menurun.

7. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga Kesehatan Otak - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki.png

Manfaat selanjutnya adalah bisa menjaga kesehatan otak. Pasalnya, jamur enoki mempunyai kandungan sumber asam amino.

Seperti yang diketahui, asam amino merupakan senyawa organik yang berisikan nitrogen, hidrogen, karbon, dan oksigen yang terdapat pada rantai yang beraneka ragam.

Tidak cuma itu, kandungan asam amino dalam jamur enoki juga bisa meningkatkan daya ingat, serta mempertahankan kesehatan otak secara menyeluruh.

8. Mencegah Terserang Anemia

Mencegah Terserang Anemia - Mengetahui Kandungan, Manfaat dan Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki (1).jpg

Manfaat terakhir dari jamur enoki ialah menghalangi dari kemungkinan terjangkit anemia. Di mana, anemia ialah gangguan fungsi kerja tubuh, yang terjadi akhir badan kekurangan sel darah merah. Sehingga tubuh menjadi tidak bertenaga.

Oleh alasannya itu, orang-orang yang memiliki riwayat penyakit anemia disarankan untuk mengonsumsi jamur enoki.

Pasalnya, jamur enoki sangat kaya akan kandungan zat besi yang mampu mengurangi risiko anemia.

Efek Mengkonsumsi Jamur Enoki

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui faedah dari jamur enoki, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa efek yang ditimbulkan dari memakan jamur enoki.

Sebenarnya, tubuhmu akan baik-baik saja kalau mengkonsumsi jamur enoki dengan benar. Namun berbeda kisah, jika yang memakan ialah oran-orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu.

Sebab, orang-orang tersebut akan mencicipi beberapa imbas samping, seperti rasa lelah berlebih, alergi, halusinasi, hingga keracunan.

Terlebih, baru-baru ini jamur enoki ditemukan mengandung bakteri Listeria Monocytogenes yang dapat menjadikan bengkak fatal untuk beberapa golongan, seperti bayi, anak-anak, lanjut usia, orang yang sedang sakit serta orang-orang dengan metabolisme tubuh yang rendah.

Bagi orang yang sehat, jika terinfeksi basil Listeria, umumnya orang tersebut akan merasakan beberapa tanda-tanda, mulai dari pegal-pegal, mual, sakit perut, diare, hingga demam tinggi.

Sedangkan pada masalah yang lebih kronis, tanda-tanda yang ditimbulkan pun akan kian parah. Orang tersebut akan mencicipi kaku pada leher, kehilangan keseimbangan (ataksia), kebingungan, sampai kejang-kejang.

(Baca Juga: Budidaya Jamur Tiram Putih)

Oleh alasannya itu, Badan Ketahanan Kementerian Pertanian (Kementan), memerintahkan para importir untuk secepatnya menarik dan memusnahkan produk jamur enoki keluaran Green Co Ltd yang berasal dari Korea Selatan.

Hal itu dilakukan selaku langkah pencegahan, supaya penduduk Indonesia terhindar dari penyakit Listeriosis, adalah penyakit yang disebabkan oleh basil Listeria Monocytogenes pada jamur enoki.

Pengambilan keputusan ini dilakukan oleh Kementan, menurut berita yang didapat dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN), yang ialah jaringan otoritas keselamatan pangan internasional, yang berada di bawah WHO/FAO tekait terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) di tiga negara besar, ialah Amerika Serikat, Kanada dan Australia pada Maret – April 2020.

Maka dari itu, untuk menolong pemerintah dalam mencegah timbulnya penyakit Listeriosis, kamu mampu menghentikan apalagi dulu konsumsi jamur enoki sampai ada info selanjutnya, yang menyatakan bahwa penyakit ini sudah sungguh-sungguh musnah, dan jamur enoki kembali kondusif untuk disantap.

Atau setidaknya, kau mampu lebih pilih-pilih dan hati-hati dalam menentukan produk jamur enoki, jika benar-benar harus mengkonsumsinya. Dan akan kian baik juga, jika kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab bila terjadi sesuatu, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kau sakit.

Jadi, buat kau yang belum mempunyai asuransi kesehatan, tunggu apalagi? Langsung saja ajukan lewat CekAja.com!