0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Mengenal Rekreasi Taman Nasional Lorentz, Nirwana Tersembunyi Di Papua

Wisata Taman Nasional Lorentz mungkin masih terdengar asing di telingamu. Padahal, ini yaitu taman nasional yang menyimpan keindahan hebat di Papua, dan belum banyak dijelajahi orang-orang. Berikut objek wisata Taman Nasional Lorentz yang wajib kau tahu.

Mengenal Wisata Taman Nasional Lorentz, Surga Tersembunyi di Papua

Keindahan Wisata Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz didirikan oleh Pemerintah pada tahun 1997. Luasnya area yang mencapai 2,4 juta Ha membuatnya selaku taman nasional paling besar di Asia Tenggara. Pada tahun 1999, UNESCO menetapkan wisata Taman Nasional Lorentz sebagai salah satu dari situs warisan dunia.

Keindahan wisata Taman Nasional Lorentz sangat beraneka ragam. Hal ini terbukti dengan adanya 34 tipe vegetasi yang ada. Mulai dari area padang rumput, perbukitan dan tebing, danau, hutan hujan, sungai, pantai pasir karang, hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan bakau, sampai gunung dengan puncak gletser dan masih banyak lagi lainnya.

(Baca Juga: Beberapa Pengecualian Asuransi Perjalanan Ini Wajib Diketahui)

Ya, rekreasi Taman Nasional Lorentz meliputi objek wisata Puncak Jaya atau Piramida Carstensz yang tidak lain yaitu satu-satunya puncak gletser (es) tropika di Indonesia.

Selain keindahan alam, Taman Nasional Lorentz juga mempunyai persediaan mineral, dan area tambang yang sungguh memiliki potensi.

  • Pemetaan Belum Jelas

Meskipun menyimpan keindahan yang luar biasa, nirwana tersembunyi di Papua ini masih jarang dijelajahi oleh para traveler, pun dengan staf andal dari Kementerian Kehutanan RI. Sehingga pemetaan area wisata Taman Nasional Lorentz sendiri masih tidak jelas.

Padahal, pastinya Taman Nasional Lorentz akan lebih banyak dikenal dan dikunjungi pelancong jikalau pemetaannya terperinci. Karena hal tersebut mendorong terjaminnya keselamatan area wisata Taman Nasional Lorentz, serta ketersediaan terusan.

Hewan dan Tumbuhan Khas Taman Nasional Lorentz

Selain keindahan alam, Taman Nasional Lorentz juga mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat banyak, mengingat lokasinya yang luas dan masih belum terjamah banyak orang.

Tumbuhan yang ada di Taman Nasional Lorentz antara lain nipah, bakau, talas, kacang karuka, kayu gempol, buah api-api putih (sejenis bakau), dan Podocarpus Pilgeri.

Sedangkan jenis-jenis satwa yang sudah diidentifikasi di Taman Nasional Lorentz terdiri dari 630 jenis burung, mulai dari burung merpati, kakatua, burung udang, dan burung madu.

Jenis burung yang menjadi ciri khas taman nasional ini ada dua jenis kasuari, empat megapode, burung pigeon crowned selatan, cendrawasih ekor panjang (Paradigalla carunculata) dan puyuh salju (Anurophasis monorthonyx).

Kemudian mamalia khas antara lain babi duri moncong panjang (Zaglossus bruijnii), babi duri moncong pendek (Tachyglossus aculeatus), kuskus, walabi, kucing hutan, dan kanguru pohon, burung penghisap madu manis, dan burung paradigala ekor panjang.

Panduan Wisata Taman Nasional Lorentz

Untuk menuju ke Taman Nasional Lorentz kau mesti merencanakan energi yang maksimal, alasannya adalah areanya yang luas serta medan yang beraneka ragam. Pastikan keadaan fisikmu dalam keadaan prima, dan sering berolahraga.

Kemudian, sebab aksesnya yang masih sulit, kamu mungkin akan dihadapkan dengan dilema jaringan komunikasi atau izin dengan warga setempat yang masih didominasi oleh suku pedalaman.

Area Taman Nasional Lorentz ditinggali oleh Suku Dani, Suku Lani, Suku Yani, dan Suku Asmat. Untuk alasan keamanan dan kemudahan komunikasi, kau diusulkan mengunjungi Taman Nasional Lorentz dengan tour guide atau warga setempat selaku pendamping jadwal eksplorasi.

  • Cara Menuju Taman Nasional Lorentz dari Wamena dan Timika

Untuk menuju Taman Nasional Lorentz, kamu harus menjangkau Bandara Sentani di Jayapura, kemudian melanjutkan penerbangan ke Wamena atau Timika Selatan.

Dari Kota Timika bagian Selatan, kau melanjutkan penerbangan dengan pesawat perintis menuju Kabupaten Panilia yang masuk ke dalam area Taman Nasional Lorentz bagian Utara.

Kemudian menyebrang dengan kapal laut melalui Pelabuhan Sawa Erma, dilanjutkan dengan jalan setapak ke beberapa lokasi.

Sedangkan bila dari kota Wamena, kau mampu lanjut menggunakan mobil menuju Danau Habema, dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Puncak Trikora.

(Baca Juga: 10 Tujuan Wisata Wajib Dikunjungi Tahun 2020 di Indonesia)

Objek Wisata Taman Nasional Lorentz

Saat menyusuri Taman Nasional Lorentz, kamu mampu menikmati bermacam-macam pemandangan dari vegetasi yang ada. Namun, ada beberapa objek rekreasi Taman Nasional Lorentz yang cukup iconic, di antaranya selaku berikut:

1. Danau Habema

Danau Habema - Mengenal Wisata Taman Nasional Lorentz Surga Tersembunyi di Papua

Danau Habema adalah danau tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.225 meter di atas permukaan maritim (mdpl). Danau ini berjarak 42 kilometer dari Kota Wamena.

Butuh waktu perjalanan darat sekitar 2 sampai 3 jam menggunakan motor maupun kendaraan beroda empat, dengan medan jalan yang berkelok.

Waktu terbaik mendatangi Danau Habema yakni ketika pagi hari, dimana pemandangan indah berbentukdanau yang luas dan puncak Trikora yang seolah seperti negeri di atas awan.

Hal yang perlu kau waspadai adalah pergantian cuaca pada sore menuju malam hari yang bisa saja membahayakan pengunjung.

2. Lembah Baliem

Lembah Baliem - Mengenal Wisata Taman Nasional Lorentz Surga Tersembunyi di Papua

Daerah tempat tinggal Suku Dani ini bisa kau kunjungi selaku objek rekreasi suku pedalaman yang menyimpan budaya menarik. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari Kota Wamena.

Bulan terbaik mengunjungi Lembah Baliem yakni di bulan Agustus, saat digelarnya Festival Budaya Lembah Baliem. Acara ini ialah pekan raya sabung kekuatan antar-suku Dani, Lani dan Yali dengan skenario perang sebagai lambang kemakmuran.

3. Puncak Jaya

Puncak Jaya - Mengenal Wisata Taman Nasional Lorentz Surga Tersembunyi di Papua

Terakhir, ada Puncak Jaya sebagai objek wisata paling fenomenal di Taman Nasional Lorentz. Puncak Jaya yakni puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl dengan gletser di atasnya. Puncak Jaya juga masuk dalam tujuh puncak tertinggi dunia.

Untuk mendaki Puncak Jaya, pastikan kamu mempunyai keadaan fisik yang bagus serta peralatan yang lengkap. Sebab selain medan yang merepotkan, kau juga dihadapkan pada cuaca yang tak menentu.

Agenda jalan-jalan sampai ke Papua kini makin murah. Nikmati berbagai promosi di agen perjalanan dengan pembayaran memakai kartu kredit. Butuh kartu kredit cicilan ringan? Ajukan saja lewat CekAja.com.