0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Masih Wfh, Atur Duit Yuk Semoga Gak Jebol Bayar Tagihan Listrik

Belakangan, gosip wacana kenaikan tagihan listrik ketika WFH ramai diperbincangkan di dunia maya. Mulai dari rumor naiknya tarif listrik, jebolnya pembayaran tagihan listrik bulanan, hingga adanya token gratis untuk pengguna listrik 450 watt.

Banyak obrolan menarik yang terjadi di dunia maya terkait klaim naiknya biaya tagihan listrik.

Ada yang menduga bahwa naiknya tagihan bagi pelanggan pengguna 1.300 watt keatas ialah efek dari adanya token gratis untuk pengguna 450 watt dan potongan harga 50% pembayaran tagihan pengguna 900 watt.

Klaim tersebut bahu-membahu tidak mampu dibuktikan kebenarannya. Karena pihak PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), selaku biro listrik milik negara menyampaikan tidak memilki kewenangan untuk memaksimalkan tarif listrik.

Apalagi jika yang dimaksud ialah subsidi silang. Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Supretaka menyampaikan naik atau tidaknya tarif listrik meruppakan kewenangan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Kenaikan tagihan listrik dikatakannya ialah efek dari 24 jam dirumah, sesuai dengan kampanye #dirumahaja guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Nah buat kamu yang dikala ini masih menuntaskan pekerjaan dari rumah alias work from home (WFH), berikut merupakan 4 tips agar kamu bisa menjaga tagihan listrik tetap aman dan stabil selama bekerja dirumah.

(Baca juga: Daftar Situs Penyedia Game Online 2020 Terbaik untuk Nemenin Masa WFH)

1. Jangan pakai AC terus

Mulai beralihnya isu terkini penghujan ke demam isu kemarau membuat suhu udara lebih panas dari lazimnya .

Hal itu ditambah lagi dengan masuknya bulan bulan mulia yang membuat tubuh ingin mendapat kesejukan saat menjalani ibadah puasa, menahan lapar dan haus.

Alhasil, mesin pendingin alias air conditioner bisa jadi hidup nonstop selama 24 jam. Dari pagi, ke pagi lagi. Padahal, komponen AC menyumbang 60% dari total tagihan listrik bulanan para konsumen.

Kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kipas angina tau kipas manual. Karena memang tenteram memakai AC dikala bekerja, tetapi tubuh kau juga butuh panas.

Makara, selain kurang sehat, tagihan listrik kamu dijamin juga bakal membengkak karena AC yang hidup terus menerus.

2. Gunakan timer di televisi

Seringkali saat melakukan WFH, kau juga menonton channel televisi favorit.

Nah tanpa disadari, bila hal itu kamu lakukan terus menerus selama 1 bulanan lebih, pasti akan kuat terhadap tagihan listrik kamu.

Belum lagi kalau ternyata kebiasaan kau menonton televisi juga berlanjut hingga malam hari. Oleh alasannya itu, gunakan menu timer yang ada di remote televisi.

Dengan begitu, kamu bisa menertibkan kapan televisi akan mati dan kaoan akan menyala secara otomatis.

Prioritaskan menonton tayangan yang bermanfaat, jangan pilih tayangan yang malah menciptakan kau stress dan tidak bahagia.

Karena memang tantangan ketika melakukan WFH yakni banyaknya distraksi dari lingkungan rumah. Oleh karena itu, perlu seni manajemen khusus supaya WFH kau berjalan aman dan tagihan listrik nyaman.

3. Gunakan LED

Konsumsi lampu saat melaksanakan WFH biasanya juga meningkat. Kelihatanya kecil, hanya saja lampu jika dijumlah biaya listrik per unitnya lalu dikalikan selama 1 bulan, karenanya juga akan besar.

Oleh alasannya adalah itu, cobalah ganti lampu penerangan rumah ke lampu irit energi alias LED.

Meskipun harganya lebih mahal dari lampu biasa, tetapi konsumsi listrik dan juga rentang pemakaian menjadi lebih rendah dan tahan lama.

Makara biaya untuk mengubah lampu dan mengeluarkan uang tagihan listrik bisa lebih ditekan. Dana sisanya mampu kau gunakan untuk mengganti lampu lainnya untuk ke lampu LED.

(Baca juga: Lindungi Laptopmu Saat WFH dengan EI, Biar Tidak Bikin lelah Saat Bekerja)

4. Pakai KTA Dari Bank Permata

Untuk menekan biaya tagihan listrik, kau juga mampu melaksanakan pengurangan dengan menghemat pembayaran yang menggunakan dana pribadimu.

Mengapa? Karena dana pribadimu masih mampu dialokasikan ke sektor lain yang lebih bersifat keperluan dasar.

Nah untuk mencukupi keperluan bekerjamu, kamu bisa mendapatkan Kredit Tanpa Agunan dari Bank Permata

Sifatnya yang mampu dicicil maksimal 5 tahun, membuat kau gampang untuk mengendalikan dan merencanakan keuangan keluarga.

Urusan suku bunga tidak perlu cemas, yang diberikan oleh Bank Permata merupakan bunga yang kompetitif.

Proses pencairannya juga cepat, cuma 1 hari dengan maksimal pertolongan Rp300 juta. Akses CekAja.com untuk menerima akomodasi finansial lainnya sesuai dengan kebutuhanmu.