0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Mampu MembuatSendiri Di Rumah, Penting Hidangan Bukaan Dan Buka Puasa Sehat

Buka puasa ialah momen yang paling dinantikan-tunggu sehabis seharian menahan dahaga dan lapar. Maka menu kuliner pun seringkali disuguhkan beragam demi memenuhi keharusan berbuka puasa. Apakah kau tergolong orang yang doyan bikin makanan di rumah?

Meskipun bulan mulia tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bedana kini ini yaitu orang-orang lebih memilih di rumah daripada beraktivitas di luar alasannya adalah adanya pandemi. T

api hal tersebut jangan hingga menyurutkan semangat kamu dalam beribadah. Maka dari itu kau perlu ditunjang dengan makanan dan minuman sehat.

Nah bagi kau yang umum membeli kudapan di luar. Kini saatnya kau mampu berkreasi di rumah dengan membuat berbagai olahan menu bukaan bersama keluarga.

Mau tahu apa saja sajian takjil yang menyegarkan dan menyehatkan? Berikut ini kau simak ya!

(Baca juga: Menu Takjil yang Mudah Dibuat untuk Peneman Berbuka Puasa)

1. Sop buah

Sop buah - Bisa Bikin Sendiri di Rumah Ini Menu Takjil dan Buka Puasa Sehat

Menu takjil ini paling banyak dicari dikala ingin berbuka puasa. Banyak orang yang memilih bukaan dengan sop buah. Selain rasanya menyegarkan, dan bisa menetralisir dahaga sesudah sepanjang hari beraktivitas di Ramadan.

Bahan-materi yang digunakannya pun tidak sukar didapatkan. Bahan utama yang kamu butuhkan yakni berbagai jenis buah segar ditambah dengan sirup, susu, gula dan es.

Jangan salah lo, sop buah ini juga tergolong hidangan kudapan yang baik bagi kesehatan. Campuran materi-bahan seperti mangga, strawberry, melon, anggur dan buah-buah lainnya memiliki banyak kandungan di dalamnya.

Terutama kandungan vitamin C yang ada di dalam buahan-buahan tersebut salah satunya bisa menangkal radikal bebas.

2. Kolak pisang dan ubi

Kolak pisang dan ubi - Bisa Bikin Sendiri di Rumah Ini Menu Takjil dan Buka Puasa Sehat

Menu yang satu ini mungkin bisa dikatakan sajian kudapan paling legendaris di Indonesia. Biasanya bila kamu pergi pada sore hari keluar rumah, kamu akan banyak memperoleh pedagang yang menjajakan sajian tajil kolak ini.

Menu ini juga sangat mudah dibikin di rumah lo. Bahan yang diperlukan ialah gula merah, santan, pisang, labu, dan isi kolak ini juga bisa memakai ubi.

Selain enak, sajian bukaan ini juga berguna bagi kesehatan lo. Salah satunya kandungan yang terdapat di dalam ubi yang bagus untuk kesehatan mata.

Ubi ini mengandung vitamin A. Di dalam satu buah ubi ternyata mengandung kurang lebih 400% kebutuhan vitamin A harian kita. Vitamin A dalam ubi ini berupa beta karoten, suatu senyawa dasar yang membentuk vitamin A oleh badan.

3. Es bubur kacang ijo

Es bubur kacang ijo - Bisa Bikin Sendiri di Rumah Ini Menu Takjil dan Buka Puasa Sehat

Es bubur kacang ijo ini juga menu yang yummy disantap saat berbuka puasa. Selain yummy, cara bikinnya juga sangat gampang.

Kamu cuma perlu menyiapkan materi bakunya diantaranya kacang ijo, gula, santan, dan yang terakhir es batu. Makanan yang satu ini juga sungguh membangkitkan selera dan punya banyak faedah untuk kesehatan.

Kacang ijo ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi lo gaes. Diantaranya mengandung kalsium, kalium, zat besi, zinc, vitamin A, B, C, E dan K.

Ternyata, dalam 100 gram kacang ijo terdapat 347 kalori dan 1,15 gram lemak. Selain itu terdapat asam lemak omega 3, zat besi, antioksidan dan serat.

Khasiat dari makanan ini diandalkan bisa melancarkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, menjaga berat tubuh, menurunkan kolesterol.

4. Puding kurma

Puding kurma - Bisa Bikin Sendiri di Rumah Ini Menu Takjil dan Buka Puasa Sehat

Bulan ramadan ialah momen yang paling identik dengan kurma, selain itu juga konsumsi kurma pada dikala berbuka yakni sunnah.

Nah, kalau kamu tak mau ketinggalan momentum ini, cobalah untuk mulai membuat hidangan tajil dengan kurma. Salah satunya dengan menciptakan puding kurma coklat.

Bahan yang kau butuhkan untuk membuat puding kurma ini diantaranya semoga-biar jeli coklat, gula pasir, susu coklat, dan buah kurma.

Pantas saja bila menyantap kurma ini sebagai sunnah, ternyata banyak khasiatnya lo. Kurma ini ialah sumber serat yang baik bagi pencernaan.

Dalam 3,5 ons kurma terdapat 7 gram serat, serat ini berfungsi untuk menghalangi sembelit. Dikutip dari Healthline, orang yang mengonsumsi tujuh kurma saban hari mampu melancarkan buang air besar.

(Baca juga: Ini Ragam Kurma yang Asyik Untuk Berbuka!)

5. Jus Jeruk

Jus Jeruk - Bisa Bikin Sendiri di Rumah Ini Menu Takjil dan Buka Puasa Sehat

Satu lagi menu tajil menyegarkan dan menyehatkan ini ialah jus jeruk. Cara membuatnya pun gampang, kamu tinggal menyiapkan beberapa butir jeruk yang sudang matang, gula cair, air mineral secukupnya, es kerikil serta mesin blender.

Gunakanlah buah jeruk mutu baik supaya ketika diolah menjadi menu bukaan yang lezat.

Khasiat dari jeruk ini juga telah tak diragukan lagi. Vitamin C pada jeruk dipercaya bisa menyembuhkan batuk serta bisa melegakan tenggorokan.

Anti kuman dan antioksidan dalam jeruk pun secara efektif mampu mengembangkan metode imun serta dapat mencegah aneka macam penyakit pencernaan.

Itulah 5 menu takjil yang bisa kamu membuatdi rumah secara mudah. Tak hanya bikin menghalau dahaga kau, sajian tajil di atas pun sangat bagus bagi kesehatan. Selamat menjajal ya gaes!

Oh ya, kamu juga mampu mengakibatkan hidangan bukaan tersebut selaku bahan untuk meraup untung. Menu yummy dan sehat itu bisa kamu jual di lapak toko online atau eksklusif di jajakan di halaman rumah. Urusan modal kau mampu pakai dana cepat dari Uang Teman.