0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Macbook Pro Atau Macbook Air? Ketahui 9 Hal Penting Sebelum Membeli

Jika kau berniat ingin mengganti laptop lamamu ke Macbook Pro atau Macbook Air, namun masih resah ingin menentukan yang mana, jangan cemas! Sebab, baik Macbook Pro atau Macbook Air sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Macbook Pro atau Macbook Air? Perhatikan 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Kamu cuma perlu melaksanakan riset terlebih dulu sebelum memilih ingin berbelanja satu di antara dua jenis Macbook tersebut. Kamu mampu melaksanakan riset dan perbandingan melalui internet ataupun tiba eksklusif ke tokonya.

Namun, akan lebih efektif jika kamu melaksanakan riset lewat internet. Sebab, kau mampu mencari tahu lebih banyak informasi ihwal laptop tersebut. Mulai dari ukuran, sasaran pasar, daya tahan baterai, tampilan, memori penyimpanan hingga konektivitas.

Macbook Pro atau Macbook Air?

Jika berbicara perihal Macbook Pro atau Macbook Air, sebenarnya kedua jenis laptop keluaran Apple tersebut sama-sama mempunyai keunggulan dan kelemahan. Kamu hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan finansial mu.

Hanya saja, untuk bisa menentukannya, kamu perlu mengenali terlebih dulu spesifikasi serta keunggulan dan kekurangan dari Macbook Pro dan Macbook Air.

Setelah itu, kau bisa melakukan perbandingan dan memilih apakah Macbook Pro atau Macbook Air yang akan kamu pilih selaku laptop idamanmu.

Maka dari itu, buat kamu yang ingin melakukan perbandingan antara Macbook Pro dan Macbook Air, di bawah ini CekAja.com akan mengulas secara lengkap apa saja hal-hal yang harus kau ketahui. Simak tolong-menolong, yuk!

(Baca Juga: Daftar Laptop 16GB Terbaik)

1. Target Pasar

Target Pasar - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Hal pertama yang perlu kau ketahui sebelum menentukan Macbook Pro atau Macbook air adalah target pasar dari kedua jenis laptop tersebut. Pasalnya, Apple mengeluarkan kedua jenis laptop untuk karakteristik pengguna yang berlawanan.

Untuk Macbook Pro sendiri, sesuai dengan namanya ialah ditujukan untuk para profesional, mirip desainer, content creator, dan lain sebagainya.

Sebab, pekerja-pekerja semacam itu membutuhkan fitur-fitur profesional, dengan perangkat kinerja yang lebih canggih dan kapasitas atau memori penyimpanan yang lebih besar.

Sedangkan, Macbook Air lebih ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan daya yang besar, seperti pekerja kantoran, pelajar dan lain sebagainya.

Hal itu dikarenakan, pengguna tersebut hanya memerlukan laptop yang compact dengan mutu terbaik, dan bisa menunjang semua acara yang dikerjakan.

2. Desain

Desain - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Hal berikutnya yang perlu kamu ketahui antara Macbook Pro atau Macbook Air ialah rancangan yang diberikan Apple untuk kedua jenis laptop tersebut. Pasalnya, bila dilihat sekilas, rancangan dari kedua jenis laptop itu tidak ada yang berlainan.

Keduanya sama-sama terbuat dari alumunium dengan permukaan laptop yang matte. Terlebih, Macbook Pro dan Macbook Air juga dilengkapi dengan logo Apple yang bisa menyala, dikala laptop sedang digunakan.

Namun jikalau ditelaah lebih dalam, Macbook Air lebih memfokuskan dirinya pada fitur-fitur yang lain seperti sensor Touch ID. Yang mana, sensor ini berkhasiat untuk masuk atau melakukan pembayaran di website menggunakan Apple Pay.

Selain itu, kamu juga akan lebih gampang membedakan Macbook Pro dan Macbook Air melalui varian warna yang dihadirkan. Karena, Macbook Air kini hadir dengan varian warna terbaru selain warna grey dan silver, adalah gold yang tidak dimiliki oleh Macbook Pro.

3. Layar

Layar - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Poin ketiga yang harus diketahui antara Macbook Pro atau Macbook Air ialah layar. Jika berbicara ihwal mutu layar, Macbook Pro memiliki Retina Display yang resolusinya diadaptasi dengan ukuran laptopnya.

Untuk Macbook Pro ukuran 13,3 inci, resolusi Retina Display yang digunakan meraih 2.560 x 1.600 piksel. Sementara untuk ukuran 16 inci, resolusi yang digunakan meraih 3072 x 1920 piksel.

Kemudian, Macbook Air sendiri memakai layar Retina berskala 13,3 inci yang telah dilengkapi dengan LED Backlit Glossy Widescreen. Di mana, LED ini mendukung resolusi layar hingga 2.500 x 1.600 piksel.

Selain memakai layar Retina Display, belum lama ini Macbook Air juga telah memakai fitur True Tone, yang menciptakan pengguna akan kian nyaman menggunakan perangkat tersebut dalam rentang waktu yang usang.

Fitur True Tone yang dipakai Macbook Air nyatanya sudah dipakai semenjak lama oleh Macbook Pro. Hanya saja, yang membedakan antara Macbook Pro dan Macbook Air yakni tingkat kecerahan dan range warnanya.

Untuk Macbook Pro, tingkat kecerahan yang diberikan sebesar 500 nit. Sedangkan, Macbook Air dilengkapi dengan tingkat kecerahan sebesar 40 nit. Dengan begitu, untuk tingkat kecerahan warna Macbook Pro lebih unggul dari Macbook Air.

4. Daya Tahan Baterai

Daya Tahan Baterai - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Mengetahui daya tahan baterai dari sebuah laptop sangat penting, sebelum kamu menetapkan untuk menentukan Macbook Pro atau Macbook Air. Pasalnya, sebuah laptop akan dinilai sangat baik apabila baterainya mempunyai daya tahan yang lama.

Untuk Macbook Pro, laptop ini mempunyai baterai yang bisa bertahan selama 10 jam, kalau dipakai untuk memutar video dan mengakses internet secara bersama-sama. Sementara, Macbook Air memiliki daya tahan baterai yang lebih berpengaruh dari Macbook Pro.

Sebab, Macbook Air bisa bertahan hingga 12 jam saat dipakai untuk mengakses internet, dan bertahan sampai 13 jam kalau cuma dipakai untuk memutar video saja. Bagaimana, daya tahan baterai dari dua jenis laptop ini sangat menakjubkan, bukan?

5. Performa

Performa - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Jika mengatakan wacana performa, Macbook Pro atau Macbook Air tentu mempunyai penampilan yang berlainan. Macbook Pro menggunakan prosesor Intel Core i5 quad-core untuk ukuran 13 inci, dengan Turbo Boost hingga 3,9 Ghz.

Sedangkan untuk ukuran 16 inci, Macbook Pro memakai prosesor Intel Core i7 dan i9 dengan Turbo Boost hingga 4,8 GHz.

Lalu, untuk tampilan Macbook Air, laptop ini menggunakan prosesor Intel Core i3 quad-core hingga Intel Core i5 quad-core, dengan Turbo Boost sampai 3,5 Ghz.

6. Ukuran

Sebelum menentukan Macbook Pro atau Macbook Air, kau perlu mengetahui ukuran yang diberikan oleh masing-masing laptop keluaran Apple ini.

Adapun ukuran untuk Macbook Pro dan Macbook Air seperti yang dilansir dari situs apple.com, di antaranya ialah:

Macbook Pro 13 Inci

Ukuran Macbook Pro 13 Inci - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

  • Tinggi: 1,56 cm
  • Lebar: 30,41 cm
  • Tebal: 21,24 cm
  • Berat: 1,4 kg

Macbook Pro 16 Inci

Ukuran Macbook Pro 16 Inci - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

  • Tinggi: 1,62 cm
  • Lebar: 35,79 cm
  • Tebal: 24,59 cm
  • Berat: 2,0 kg

Macbook Air

Ukuran Macbook Air - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

  • Tinggi: 0,41-1,61 cm
  • Lebar: 30,41 cm
  • Tebal: 21,24 cm
  • Berat: 1,29 cm

7. Memori Penyimpanan

Memori Penyimpanan - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Baik Macbook Pro atau Macbook Air sudah niscaya mempunyai kapasitas atau memori penyimpanan yang berbeda-beda. Seperti contohnya Macbook Pro ukuran 13 inci, yang mempunyai memori penyimpanan SSD 256 GB – 512 GB.

Sedangkan untuk ukuran 16 inci, Macbook Pro mempunyai memori penyimpanan yaitu SSD 512 GB – 1 TB.

Kemudian, untuk Macbook Air, memori penyimpanan yang diberikan laptop ini yakni SSD 256 – 512 GB. Dari semua memori penyimpanan yang diberikan antara Macbook Pro dan Macbook Air tersebut, kau mampu memilih salah satu yang tepat dengan kebutuhanmu.

8. Konektivitas

Konektivitas - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Hal berikutnya yang perlu kau pahami dari Macbook Pro atau Macbook Air adalah konektivitasnya. Macbook Pro ukuran 13 inci dilengkapi dengan dua dan port Thunderbolt 3 (USB-C), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11ac, jek headphone 3,5 mm dan port daya USB-C.

Sementara, Macbook Pro ukuran 13 inci telah dilengkapi dengan empat port Thunderbolt 3 (USB-C), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11ac, jek headphone 3,5 mm dan port daya USB-C.

Lalu untuk Macbook Air, konektivitas yang melengkapi laptop ini, di antaranya dua port Thunderbolt 3 (USB-C), Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11ac, jek headphone 3,5 mm dan port daya USB-C.

9. Harga

Harga - Macbook Pro atau Macbook Air Ketahui 9 Hal Ini Sebelum Membeli

Poin terakhir namun sangat penting untuk kau ketahui adalah harga. Baik Macbook Pro atau Macbook Air, dikenali mempunyai harga yang sangatlah mahal. Namun, harga tersebut tentu sesuai dengan fitur-fitur yang diberikan serta spesifikasinya.

Jika kau berencana untuk berbelanja Macbook Pro 13 inci, maka kamu harus mempersiapkan biaya sekitar Rp21 juta.

Kemudian, Macbook Pro 16 inci memiliki harga sekitar Rp37,3 juta dan Macbook Air sekitar Rp16,5 juta. Sangat mengagumkan, bukan?

Jadi, Pilihanmu Jatuh ke Macbook Pro atau Macbook Air?

Nah, sesudah membaca ulasan perihal Macbook Pro dan Macbook Air di pembahasan sebelumnya, kini kamu sudah tahu bukan perbedaan dari keduanya? Kamu bisa eksklusif menyesuaikannya dengan keperluan dan kesanggupan finansial mu.

Apabila kau seorang profesional yang memerlukan perangkat dengan kinerja cepat, maka kau bisa menimbulkan Macbook Pro sebagai opsi yang sempurna untukmu.

Tetapi, kalau kamu hanya seorang pelajar dan karyawan biasa, yang tidak terlampau memerlukan perangkat dengan kinerja cepat, maka kau mampu memilih Macbook Air.

Terlebih, jikalau dilihat dari segi harga yang ditawarkan, Macbook Pro dan Macbook Air tidak memiliki perbedaan harga yang sungguh signifikan.

Sehingga, kau mampu memikirkannya dengan matang terlebih dahulu, laptop mana yang sesungguhnya mampu memenuhi keperluan dan tidak memberatkanmu dari segi finansial.

Pasalnya, selain mempunyai harga beli yang mahal, laptop ini juga mampu menghabiskan biaya yang besar untuk perbaikan atau service apabila mengalami kerusakan. Sebab, nyaris semua perangkat Macbook yang original dijual begitu mahal.

Maka dari itu, sebelum membeli Macbook Pro atau Macbook Air, kau perlu memutuskan terlebih dahulu bahwa kemampuan finansial mu mencukupi, untuk memenuhi semua ongkos terkait laptop.

Namun, jikalau kau merasa sudah percaya dengan kesanggupan finansial mu, maka kamu bisa langsung membelinya.

(Baca Juga: Laptop dengan Desain Grafis Terbaik)

Setelah itu, akan lebih baik jikalau kau eksklusif melindungi laptop tersebut dengan asuransi elektronika.

Karena mirip yang dikenali, asuransi elektro mampu menjamin semua elektronika yang kamu miliki dari berbagai risiko kerugian.

Sehingga, bila di saat-waktu terjadi kerusakan, maka asuransi elektronik akan menunjukkan jaminan berbentukganti rugi untuk kerusakan yang terjadi.

Dengan begitu, kau tidak perlu pusing menimbang-nimbang besarnya ongkos perbaikan atau penggantian perangkat yang mesti dikeluarkan.

Oleh sebab itu, buat kau yang belum mempunyai asuransi elektronika, tunggu apalagi? Segera ajukan di CekAja.com.

Di sana, tersedia beberapa perusahaan asuransi elektronika terkemuka dan terpercaya yang mampu kau jadikan pilihan.

Terlebih, dengan mengajukan asuransi elektronika di CekAja.com, kamu juga akan mendapatkan pelayanan yang gampang, cepat dan aman sebab telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Makara, tunggu terlebih? Yuk, usikan kini!