0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Lagi Viral! Es Kopi Susu Kecap, Gimana Rasanya Ya?

Es kopi susu kontemporer makin jadi favorit banyak orang. Campuran susu dan gula arennya memberi cita rasa berlawanan, sehingga minuman ini terasa lebih manis. Jadilah sekarang nyaris semua orang–bahkan yang dulu tak menyukainya, jadi ketagihan jajan kopi.

Es Kopi Susu Kecap yang Lagi Viral

Apalagi semenjak menjamurnya kedai es kopi susu kontemporer di Indonesia. Deretan nama mulai dari Tuku, Kopi Kenangan, Fore, Kulo, Janji Jiwa, Kopi Soe setia bertengger dalam history pembelian millennials di aplikasi ojek online mereka. Harganya terjangkau, rasa pun tak kalah dengan S*arbucks Coffee.

Dengan berseraknya kedai es kopi kekinan, otomatis para owner mesti memutar otak agar mampu bertahan di tengah persaingan ketat ini. Selain promo, mereka juga menggugah rasa ingin tau pelanggan melalui penemuan sajian. Campuran susu dan gula aren mungkin sudah mainstream. Nah, belakangan es kopi susu kecap trend dan ramai dibicarakan orang-orang. Penasaran bagaimana rasanya?

Sensasi Es Kopi Susu Kecap Bango

Kamis (27/2) kemudian, netizen dibuat gempar dengan peluncuran ‘Es Kopi Susu Kecap Bango’. Menu ini dikeluarkan oleh kedai es kopi susu kontemporer, Ali Kopi yang berkolaborasi dengan Kecap Bango.  Fotonya pun viral setelah dunggah oleh akun @FOODFESS2 di Twitter. Dalam paid promote tersebut, tertera caption “Rasakan Keunikan Baru BANGO X ALI KOPI. Tersedia di ALI KOPI Mulai 26 Februari 2020.”

Pro kontra lantas timbul. Minuman kok dicampur rasa gurih yang lumrahnya ada di makanan? Tak terbayang seperti apa rasanya. Alhasil netizen menawarkan aneka macam rekasi atas kreasi minuman tak biasa tersebut. “Kecap uda paling bener sama telor ceplok, ini segala ditambahin ke kopi,” kata @astandini melalui Twitter.

Namun, ternyata penemuan ini juga cukup bikin ingin tau sebagian orang untuk berbelanja. Akun @hanjeera beropini, Kecap Bango mungkin ‘berperan’ sebagao pengganti gula aren.

Benar saja menurut yang telah mencoba, rasa es kopi susu kecap ini lezat. Kalau digambarkan, campurannya jadi mirip salted caramel.

Untuk mampu menikmati kelezatan es kopi susu Bango tersebut, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp20 ribu per gelas. Kolaborasi es kopi susu dengan pelopor kecap pertama ini, sementara cuma bisa didapat di Ali Kopi.

(Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Kopi Indonesia, Dari Gayo Hingga Bajawa)

Penggagas Ide Kopi Susu Kecap

Melansir Kompas.com (10/3), ilham es kopi susu kecap ini rupanya berasal dari Unilever Food Solutions, divisi khusus Business to Business (B2B) yang berkala bekerja sama dengan restoran, hotel, atau kawasan makan lainnya. Mereka pun kesannya memilih Ali Kopi untuk berkolaborasi meluncurkan menu es kopi susu kecap Bango.

Sebelumnya, inovasi es kopi susu kecap ini pernah dibawa ke suatu ekspo oleh pihak Unilever Food Solutions. Respons yang didapat cukup kasatmata, meski di awal minuman tersebut nampak nyeleneh. Makara, memang sudah ada riset pasar terlebih dulu.

Lagipula, kecap ini memiliki sederet kandungan alami. Tidak ada penyedap, pewarna atau pengawet berbahaya. Kalau menyaksikan iklan kecap Bango, pasti kamu familiar dengan kandungan Malika. Kedelai hitam pada kecap itu, teryata juga dicampir gula kelapa dan garam. Sehingga memberi after taste anggun yang pas dalam kopi.

Kopi Susu dengan Campuran Nyeleneh Lainnya

Jauh sebelum es kopi susu kecap, gabungan minuman nyeleneh lain pernah timbul lebih dulu. Kopi Kangen contohnya, mereka punya sajian es kopi susu Tolak Angin. Iya, kopi susu dicampur jamu herbal! Netizen kompak merasa heran hingga ngeri, tapi ada juga yang merasa umumsaja. “Di Hotel Tentrem Jogja udah beberapa tahun ada es krim Tolak Angin, ia juga ada beberapa menu yang pakai Tolak Angin, enak!,” imbuh salah satu di antara mereka.

Janji Jiwa pun sempat berkolaborasi dengan santan Sasa. Mereka memperlihatkan hidangan es kopi susu santan, gabungan dari kopi, susu, gula aren, dan santan untuk memperkaya rasa gurih. Mungkin ini masih agak lumrah, karena santan kerap diresepkan oleh sejumlah content creator ketika membuat kopi susu kekinian di internet.

Pada pada dasarnya, selain mempesona perhatian calon konsumen supaya mau berbelanja, kreasi es kopi kecap, jamu herbal, atau santan juga digunakan untuk mengimprovisasi rasa. Harapannya mungkin semoga tidak jenuh dengan es kopi susu gula aren biasa. Namun, bila ditanya mana yang paling yummy di antara tiga hal tersebut saat diaduk kopi? Hanya petualang rasa yang mampu menjawabnya.

Ingin mengikuti arus bisnis kopi kontemporer? Dapatkan derma modalnya dengan kemudahan KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari CekAja.com.

(Baca Juga: Gatel Pengen Buka Warung Kopi? Begini Cara Urus Izinnya)